Faktor SEO adalah sesuatu yang sudah sangat lama menjadi pembicaraan di dunia optimasi website. Mesin pencari terbesar saat ini, yaitu Google … tidak pernah membocorkan semua komposisi algoritmanya ke publik. Jadi faktor SEO yang beredar di luar sana pada umumnya adalah hasil riset dari banyak praktisi SEO.

apa saja faktor SEO?

Pernah ada yang bertanya ke salah satu pimpinan Google. Dia bertanya apa yang bisa membuat websitenya ranking untuk suatu kata kunci. Pertanyaan ini dijawab dengan satu kata saja, yaitu:

AWESOMENESS

Ya! Untuk bisa ranking di suatu kata kunci anda harus melakukan hal-hal yang luar biasa. Kalau anda melakukan hal yang biasa-biasa saja, maka sulit bagi anda untuk masuk di halaman pertama Google.

Banyak orang bermimpi bisa menguasai kata kunci yang bisa menghasilkan milyaran rupiah per bulan dengan teknik-teknik blogger amatiran. Itu tidak akan berhasil bro or sis. Kata kunci itu seperti kawasan perumahan, ada yang RSS, ada yang sederhana, ada yang mewah, dan ada yang high class. Hanya karena seseorang bisa membeli rumah sederhana, bukan berarti dia bisa membeli rumah yang high class.

Di forum SEO … belakangan ini banyak yang mengatakan “Tidak perlu melakukan SEO, saya bisa mendapat trafik dari Google hanya karena rajin menulis”….

Yang tidak diketahui orang adalah “RAJIN MENULIS” adalah salah satu FAKTOR SEO yang tidak banyak orang yang bisa dan mau melakukan itu. Rajin menulis ini bisa membantu kita memenangkan kata kunci persaingan ringan dan menengah. Tapi jika mau lebih dari itu, anda harus memperhatikan seluruh faktor SEO yang dihitung oleh Google….

Yang harus diingat….

GOOGLE TIDAK MEMPERLAKUKAN SEMUA KATA KUNCI SECARA SETARA

Jadi hanya karena ada orang yang berhasil di kata kunci persaingan ringan; orang itu tidak bisa menasehatkan metode yang dipakainya ke orang yang mengincar kata kunci persaingan berat. Satu-satunya jawaban yang berlaku untuk semua kata kunci adalah “AWESOMENESS” alias “luar biasa” alias “lebih dari yang lain”.

Tapi…. “kelebihan” apa yang dimaksud?

Setidaknya anda harus mengusahakan “kelebihan” dalam 3 faktor utama SEO, yaitu:

  • Konten
  • Backlink
  • Rankbrain

Ini dikatakan sendiri oleh pihak Google dalam sebuah webinar. Videonya ada di bawah ini….

Jadi apakah anda harus melakukan semua faktor SEO yang TOP 3 ini? Tidak juga, itu tergantung persaingan. Ingat, anda hanya perlu menjadi lebih dari yang lain….

Saya beri contoh di bawah ini:

Anggap saja anda mau memenangkan kata kunci yang amat sangat ringan sekali seperti “Pak Bejo lurah paling ganteng se-Indonesia”….

Yang perlu anda lakukan hanyalah membuat sebuah artikel dengan judul seperti ini. Bahkan tanpa isi konten sekalipun anda sudah bisa masuk halaman pertama. Kenapa? Karena dengan menulis judul seperti ini saja, anda sudah “melakukan lebih” dari semua makhluk penghuni planet bumi ini.

Saingan anda mungkin cuma website ini, karena saya baru saja menuliskan kata kuncinya … walaupun bukan di judul….

Jadi di level ini kita bahkan tidak perlu membahas detil penerapan 3 faktor SEO utama tadi….karena ini terlalu mudah.


Selanjutnya, mungkin anda mau memenangkan kata kunci level ringan. Anggap saja kata kuncinya “Jasa Digital Print Murah Di Ciamis”

Apakah cukup hanya dengan menulis judul?

Tentu tidak, karena ada banyak orang yang membuat artikel dengan judul yang memuat kata kunci di atas. Kalau anda hanya menulis judul, anda tidak lebih dari yang lain…. Di sini konten sudah mulai bermain. Anda sudah harus menulis artikel yang panjangnya tidak kurang dari 500 kata dan cukup signifikan menyebutkan kata kunci yang ditargetkan.

Di level ini juga sudah mulai memerlukan sedikit backlink. Khusus kata kunci persaingan lokal seperti ini sangat direkomendasikan anda mendaftarkan website yang dioptimasi ke Google My Business untuk memverifikasi alamat riil anda, karena ini bisa sangat menaikkan TRUST RANK dari Google

Di level ini anda juga harus memperhatikan agar kecepatan website anda tidak lemot. Tidak perlu terlalu cepat, yang penting jangan lemot saja.


Setelah itu anda mau menargetkan kata kunci menengah seperti “Dealer Mobil Honda Jakarta”. Apakah cukup hanya menulis artikel dan mencari sedikit backlink? Tentu tidak, ada banyak orang yang melakukan lebih baik dari itu, anda tidak akan bisa memenangkan persaingan jika anda sama dengan yang lain….

Lakukan Faktor SEO Top 3 ini dengan lebih serius….

Buat satu website yang fokus membahas masalah dealer mobil anda dan semua varian mobil Honda. Setelah itu usahakan cukup banyak website yang memberikan backlink untuk anda.

Di sini website anda juga sudah harus mempunyai tampilan yang profesional dan bukan hanya sekedar cepat. Banyak orang ragu membeli mobil jika tampilan websitenya terlalu amatiran. Jadi ini juga bisa menjadi alasan mereka meninggalkan website anda dan meninggalkan sinyal user experience yang buruk untuk rankbrain.

Yang mau membaca masalah user experience silahkan menuju halaman: OPTIMASI USER EXPERIENCE


Selanjutnya anda mau menargetkan kata kunci “Cara Menghilangkan Bekas Jerawat” yang masuk level berat…

Di sini anda bukan hanya harus membuat sebuah website yang fokus masalah kesehatan dan mempunyai cukup banyak halaman terindeks. Anda juga harus membuat tulisan yang cukup mendetil dan biasanya itu berarti sebuah artikel yang panjang.

Di level ini juga anda sudah akan memerlukan banyak sekali backlink yang berkualitas tinggi. Jadi kalau ada orang yang mengatakan bisa ranking di kata kunci ini hanya dengan modal menulis, maka jawabnya adalah ya bisa saja kalau dia membuat sebuah website yang terdiri atas lebih dari 5000 halaman artikel berkualitas tinggi yang PANJANG MENDETIL, UNIK dan FOKUS di kesehatan….

Mencari backlink berkualitas itu sulit; jadi anda bisa saja tidak perlu mencari banyak backlink selama anda menggantinya dengan sesuatu yang tingkat kesulitannya sepadan. Sesuatu yang luar biasa dan tidak banyak orang yang sanggup melakukannya.

Di level ini, website anda sudah harus sangat memperhatikan kebutuhan pembaca dan berfokus untuk memberikan user experience yang terbaik. Jika tidak, maka semua usaha anda di atas tidak akan ada gunanya.

Anda juga sudah harus memperhatikan dengan serius semua faktor SEO yang ada selain 3 faktor yang sudah kita bahas di atas….


Terakhir, anggap saja anda sudah sangat profesional dan mau bersaing di dunia internasional mengejar kata kunci “FOOTBALL” yang masuk kategori amat sangat berat sekali.

Di level ini, anda tidak bisa mengandalkan menulis konten saja. Ada ribuan orang yang menulis konten jauh lebih baik dan lebih banyak dari anda. Ini adalah level persaingan di mana para pesaing mempunyai ratusan ribu hingga jutaan halaman terindeks.

Backlink di level ini juga sangat luar biasa. Di level ini anda akan dituntut mempunyai backlink yang sangat berkualitas dalam jumlah yang sangat banyak. Di level ini jasa backlink kelas nasional tidak akan bisa membantu anda. Anda akan memerlukan sebuah tim kerja yang cukup besar hanya untuk mengusahakan backlink menuju website anda.

Di level ini tampilan dan kecepatan website sudah menjadi sesuatu yang mutlak diperhitungkan. Bahkan semua faktor SEO yang lebih kecil dari 3 faktor SEO utama tadi; bisa saja menjadi pembeda di dalam persaingan.

Di level kata kunci ini sudah tidak akan ada yang bisa mengatakan “saya tidak butuh melakukan SEO untuk ranking”…. Karena level kata kunci FOOTBALL ini benar-benar mempunyai tingkat kesulitan yang sangat tinggi.


Jadi sekarang anda sudah tahu 3 faktor SEO yang paling utama, dan sudah mendapatkan gambaran seberapa besar peranan dari ketiga faktor ini untuk setiap level persaingan kata kunci. Nanti kita akan membahas lebih lengkap lagi masalah konten, backlink dan algoritma Rankbrain ini.

 

Kategori: SEO

3 Komentar

Ida Tahmidah · 18 Desember 2018 pada 2:08 pm

Artikelnya bermanfaat sekali walau harus dicerna dulu

    kepoin · 18 Desember 2018 pada 5:04 pm

    Iya, untuk banyak orang memang sistem kerja dari mesin pencari seperti Google memang sesuatu yang sulit dipahami. Jadi artikel faktor SEO ini walau diusahakan untuk dibuat dalam bahasa yang sederhana, tetap saja bukan sesuatu yang bisa dipahami dengan mudah. Terima kasih sudah mau mampir membaca (^_^)

itank · 1 Maret 2019 pada 10:10 pm

Wah… berat sekali rasanya mikir persaingan yang sangat ketat saat ini, dimana para web develop dan blogger sangat bersaing ketat, hampir tidak ada kalimat lagi yang bisa dijadikan keyword di google, artikel ini cukup mencerahkan sedikit tips,, walau harus bekerja dan mencerna pasar dengan keyword planner yang tepat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *