Karena anda sampai di halaman ini, maka saya asumsikan anda sedang mencari plugin cache untuk website anda. Jika anda belum paham apa tujuan penggunaan plugin cache, maka jawabnya adalah membantu mempercepat situs WordPress dan meningkatkan performa.

Plugin cache ini sangat diperlukan oleh website yang memakai hosting sendiri, terlebih lagi jika performa hostingnya kurang bisa diandalkan. Plugin caching WordPress inilah yang akan membantu mempercepat situs web Anda.

Apa itu Cache?

Cache sebenarnya adalah penyimpanan sementara. Jadi pada saat halaman website anda diakses oleh pengunjung, maka server akan menjalankan beberapa proses untuk menampilkan halaman website tersebut. Jadi komputer anda akan mendownload semua komponen halaman.

Pada saat anda menggunakan plugin cache, maka beberapa elemen akan disimpan sementara di komputer yang mengakses halaman website anda. Jadi pada saat komputer ini membuka lagi halaman website anda, atau membuka halaman lain yang mempunyai beberapa elemen yang sama, maka elemen tersebut sudah tidak perlu di download lagi. Inilah yang membuat website lebih cepat disajikan.

cara kerja cache

Nah, karena cache ini sifatnya sementara, maka biasanya anda harus mengatur berapa lama anda menginginkan cache dari file website anda disimpan di komputer pengunjung.

Mengapa Caching Penting

Menggunakan plugin cache pada website wordpress anda akan sangat membantu meringankan kerja server dari website anda. Jadi penggunaan bandwidth dari pengunjung juga bisa diminimalkan, karena sebagian elemen sudah ada di komputer pengunjung

Perbaikan kecepatan ini akan sangat membantu untuk memperbaiki pengalaman pengguna yang mengunjungi website anda. Hal-hal seperti ini akan sangat menunjang SEO dari website anda nantinya. Jadi secara tidak langsung plugin cache akan memastikan proses optimasi SEO yang anda lakukan tidak berakhir sia-sia, karena pengalaman pengguna yang buruk.

Jadi langsung saja kita lihat plugin-plugin cache apa saja yang bisa anda gunakan saat ini…

1. WP Rocket

WP Rocket merupakan salah satu plugin cache WordPress terbaik di pasar. Plugin ini sangat mudah digunakan bahkan oleh para pemula yang kurang mengetahui beberapa istilah teknis di dalam dunia website. Jadi inilah alasan kami memasukkan plugin ini di dalam daftar kami.

wp rocket

Dengan memakai plugin ini, maka anda bisa dengan mudah memasang sistem cache di website anda hanya dengan sekali klik saja. Plugin ini secara otomatis akan mengambil halaman wordpress anda untuk membuat cache. Plugin ini juga secara otomatis menggunakan pengaturan cache wordpress yang sudah dioptimalkan. Jadi kompresi gzip, cache halaman, atau bahkan pre-loading cache sudah diaktifkan.

WP Rocket juga mempunyai beberapa fitur tambahan yang dapat Anda gunakan untuk memaksimalkan kinerja. Fitur ini termasuk lazy load images, dukungan CDN, pengambilan awal DNS, minifikasi, dan banyak lagi.

2. W3 Total Cache

W3 Total Cache merupakan salah satu plugin cache wordpress yang sudah sangat dikenal saat ini. Ini adalah plugin caching WordPress yang sedikit lebih kompleks dan memberikan beberapa opsi pengaturan yang mungkin saja bisa membuat pemula merasa pusing.

w3 total cache

Fitur dari plugin cache wordpress W3 TOTAL CACHE ini meliputi cache halaman, cache objek, kompresi gzip, dukungan minimalisasi, dukungan CDN, dan banyak lagi.

3. WP Super Cache

WP Super Cache merupakan plugin hosting yang sangat banyak direkomendasikan saat ini oleh perusahaan-perusahaan hosting WP. Plugin ini sudah mempunyai semua fitur yang direkomendasikan untuk mempercepat waktu muat situs anda. Mulai dari kompresi gzip, cache halaman, pre-loading cache, dukungan CDN, preload cache lanjutan, dan masih banyak lagi fitur lainnya.

wp super cache

WP Super Cache memakai tab-tab terpisah untuk memberikan kemudahan dalam pengaturan. Jadi ini adalah plugin komprehensif yang bisa kami rekomendasikan ke para pengguna website wordpress.

4. Sucuri Firewall

Sebenarnya Sucuri adalah plugin firewall dan fungsinya memberikan perlindungan keamanan untuk website wordpress. Tapi plugin ini mempunyai fitur bawaan yang bisa menyimpan konten situs web dan mengaktifkan kompresi gzip.

sucuri

Ini bisa menjadi pilihan yang terbaik untuk anda, karena sucuri merupakan firewall pada level DNS. Ini berarti plugin ini bisa menampilkan konten-konten yang di-cache ke pengunjung website anda, bahkan sebelum request ini dikelola oleh server kita. Jadi ini bisa memberikan peningkatan kinerja yang luar biasa untuk website kita.

5. Plugin Cache bawaan dari Hosting

Selain plugin-plugin di atas masih ada plugin-plugin bawaan dari layanan hosting. Biasanya layanan hosting juga menggunakan sistem cache mereka sendiri karena ini bisa membantu mereka untuk meringankan beban kerja dari server mereka. Jadi mereka bisa meningkatkan performa server mereka yang berujung pada berkurangnya komplain dari pengguna layanan mereka.

Ada beberapa merek plugin cache yang digunakan oleh beberapa layanan hosting tertentu. Jika anda ingin tahu, maka anda harus menanyakan kepada penyedia layanan hosting anda.

=================

Jadi menggunakan plugin cache pada website wordpress anda memang sangat baik untuk meningkatkan performa dari website anda. Mudah-mudahan artikel ini bisa membantu anda memutuskan plugin cache mana yang akan anda pergunakan.

Kategori: Wordpress

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *