Salah satu hal yang sangat berpengaruh pada kesuksesan SEO website anda adalah struktur dari website itu sendiri. Jika struktur website anda sangat buruk, maka optimasi SEO anda tidak akan berjalan dengan efektif.

struktur website

Untuk itu kami akan memberikan panduan bagaimana cara membuat struktur yang SEO ready untuk website anda. Setidaknya ada 6 hal yang perlu anda perhatikan untuk melakukan hal ini.

Harus Bisa Dirayapi

Mesin pencari menggunakan mesin perayapan untuk mengunjungi semua halaman website. Mesin atau robot ini akan membaca halaman-halaman yang ada di dalam website anda dan menyusunnya ke dalam sebuah index.

Pada saat pengguna mesin pencari melakukan pencarian kata kunci, maka sistem peringkat mesin pencari akan melakukan proses scan dan filter. Hasil dari proses ini yang akan menentukan halaman-halaman yang ditampilkan di hasil pencarian.

Masalah perayapan bisa saja terjadi jika anda tidak melakukan internal link dengan benar; atau halaman anda lambat dimuat; atau URL-nya bermasalah, atau anda memblokir mesin pencari tanpa sengaja, dan masih ada beberapa penyebab lain dari kegagalan perayapan ini.

Tips untuk anda: Untuk memastikan Google bisa merayapi halaman-halaman utama di website anda dengan benar, maka sangat direkomendasikan untuk memasang link sitemap. Anda juga harus memperhatikan hirarki yang ada pada URL untuk membantu Google memahami struktur website anda.

Pastikan Google tidak mengindeks halaman-halaman yang tidak seharusnya diindex dengan melakukan pemblokiran di robots.txt. Semakin banyak Google mengindeks halaman-halaman yang tidak perlu dan halaman-halaman yang berkualitas rendah, maka akan semakin sulit website anda untuk mendapatkan ranking yang lebih baik.

Mobile Friendly

Anda harus memastikan bahwa website anda bisa diakses dengan mudah dan nyaman dibaca oleh pengguna gadget mobile. Hal ini sangat penting karena saat ini Google sudah menerapkan sistem Mobile First Index. Google akan cenderung melakukan penilaian peringkat berdasarkan tampilan mobile dari website anda.

Beberapa hal yang perlu anda hindari agar website anda menjadi lebih mobile friendly, antara lain adalah:

  1. Kesalahan redirect/pengalihan,
  2. Kecepatan yang lambat,
  3. Ukuran teks yang tidak nyaman dibaca,
  4. Elemen yang diklik terlalu berdekatan, dan
  5. Tampilan pop up yang menghalangi pembaca.

Tips untuk anda: Jika anda sedang bingung untuk memilih apakah anda akan memakai tema yang responsive atau tema AMP, maka kami lebih merekomendasikan anda menggunakan tema responsive.

Tentu saja bukan sembarang tema responsive. Tema responsive yang anda gunakan sebaiknya mempunyai tampilan yang minimalis dan ringan. Ini akan memastikan website anda mempunyai konten yang sama antara versi desktop dengan versi mobile-nya.

Konten Duplikat / Hampir Duplikat

Yang dimaksud dengan konten duplikat adalah 2 halaman yang mempunyai isi yang sama di dalam website anda. Jadi di sini kita tidak membahas tentang website yang mencuri konten orang lain.

Ada banyak pemilik website yang tidak sadar jika websitenya mempunyai 2 halaman atau lebih yang isinya benar-benar sama. Biasanya hal ini terjadi karena website tersebut menyediakan berbagai versi dari satu konten.

Kesalahan seperti ini seringkali membuat Google salah memilih halaman untuk ditampilkan di halaman hasil pencarian.

Apakah ini bisa mempengaruhi ranking? Tentu saja.

Bayangkan jika anda sudah habis-habisan memasang backlink menuju halaman A, sedangkan Google memilih halaman B untuk ranking. Itu berarti ranking yang anda dapatkan akan lebih rendah dari seharusnya, karena poin backlink di halaman B sangat rendah.

Tips untuk anda: Sebaiknya anda memblokir halaman-halaman duplikat yang tidak anda inginkan dengan memakai robots.txt atau meta robots. Atau anda bisa menggunakan rel canonical untuk mengarahkan Google memilih versi halaman yang anda inginkan.

Hal lain yang perlu anda perhatikan adalah konten yang hampir duplikat.

Konten yang hampir duplikat ini biasanya terjadi karena pemilik website beberapa kali menulis artikel tentang hal yang sama. Konten yang hampir duplikat ini juga bisa membuat Google bingung dalam memilih halaman yang paling relevan.

Jika website anda mempunyai banyak halaman yang membahas topik yang sama, maka sangat direkomendasikan untuk memilih satu halaman yang paling berkualitas di antara semuanya.

Tips untuk anda: Supaya otoritas kata kunci bisa terpusat di satu halaman, maka anda harus memasang link di dalam artikel-artikel yang lainnya. Link ini harus menuju artikel yang anda optimasi dan memakai kata kunci yang anda inginkan sebagai teks jangkarnya. Ini adalah solusi yang bisa memastikan Google memilih halaman yang sesuai dengan keinginan anda.

Kecepatan Website

Saat ini kecepatan website sudah jadi faktor SEO. Jadi jika semua faktor SEO yang ada di website anda sama kuat dengan website-website pesaing; … website yang lebih cepat yang akan memenangkan ranking yang lebih baik.

Kecepatan website ini juga bisa mempengaruhi peringkat secara tidak langsung.

Jika website anda sangat lambat, maka pengunjung akan segera meninggalkan website anda. Ini akan menimbulkan sinyal user experience yang buruk untuk website anda. Apalagi jika pengunjung sampai membuka website lainnya dan mereka puas dengan konten halaman tersebut.

Hal seperti ini bisa membuat Google menaikkan peringkat website yang sebelumnya ada di bawah website anda. Itu berarti akan terjadi penurunan peringkat untuk website anda di hasil pencarian.

Internal Link

Banyak orang tidak menyadari bahwa internal link juga bisa menjadi pengacau di dalam optimasi website mereka. Bagi praktisi SEO, …. sudah menjadi pengetahuan umum bahwa poin halaman itu mengalir melalui link.

Internal link ataupun external link akan sama-sama mengalirkan poin. Bedanya internal link akan membuat poin bersirkulasi di dalam website anda sampai terjadi “keseimbangan”; sedangkan external link akan mengalirkan poin menuju website lain.

Kesalahan umum yang dilakukan oleh banyak pemilik website adalah memasang banyak internal link di header, sidebar, dan footer.

Pada saat anda memasang link menuju ratusan halaman, itu sama saja anda mau mengangkat ratusan halaman secara bersamaan. Apakah anda mempunyai cukup banyak backlink untuk melakukan ini?

Jika backlink anda tidak cukup banyak, maka poin yang masuk tadi akan disebar ke ratusan halaman. Akibatnya, setiap halaman hanya akan mendapatkan poin yang kecil sehingga tidak ada kata kunci yang terangkat.

Tips untuk anda: Jika website anda belum mempunyai banyak backlink, maka batasi internal link yang muncul di semua halaman. Usahakan link yang ada pada menu header tidak lebih dari 10 dan link yang ada di sidebar tidak lebih dari 20 link.

Ini akan membantu anda mengalirkan poin-poin yang masuk ke dalam website anda menuju halaman-halaman yang anda prioritaskan.

Yang paling parah adalah pemasangan ratusan internal link di bagian header. Hal ini akan membuat setiap halaman di dalam website anda mempunyai ratusan hingga ribuan kata yang mendahului konten utama. Tentunya ini benar-benar akan merusak relevansi kata kunci yang ada di semua halaman.

External Link

Salah satu masalah yang sering ditemui di website-website yang baru melakukan optimasi adalah link sosial media di bagian header halaman. Ini adalah sesuatu yang akan sangat menyulitkan optimasi SEO di website anda.

Link media sosial ini adalah external link yang akan membocorkan poin website anda menuju website-website sosial media. Terlebih jika anda meletakkannya di bagian header halaman, karena link yang ada pada bagian header akan mendapatkan aliran poin yang paling besar.

Tips untuk anda: Jika website anda belum mempunyai cukup banyak backlink, maka sebaiknya anda tidak perlu memasang link menuju sosial media. Anda bisa merujuk orang-orang yang ada di sosial media menuju website anda, tapi jangan sebaliknya.

Tidak ada gunanya anda memasang link sosial media di halaman website anda; jika website anda belum mempunyai banyak pengunjung. Anda bisa memasang link-link ini jika website anda sudah ramai atau sudah mempunyai otoritas yang tinggi di kata kunci yang anda targetkan.

===========

Jadi inilah beberapa tips yang bisa anda praktekkan untuk memperbaiki struktur website anda. Dengan menerapkan tips-tips ini akan memudahkan website anda untuk memenangkan kata-kata kunci yang anda targetkan.

Kategori: SEO

2 Komentar

Mas Sapto · 8 Desember 2020 pada 8:06 pm

Mas indikasi duplikat konten dari beberapa halaman di situs kita itu gi mana cara nilainy ya mas, mana yang di nyatakan duplikat sama yang tidak.
Terus pada beberapa kata kunci yang saya target, pas saya analisis posisi peringkatnya kebnyakan mereka juga hampir membahas satu kata kunci yang sama di halaman yang berbeda dan mereka tetap rangking.

    kepoin · 13 Desember 2020 pada 11:54 am

    Yang duplikat itu biasanya mempunyai title tag dan konten yang sama. Biasanya ini ditemukan di website yang menyediakan berbagai versi selain tampilan web. Misalnya tampilan pdf, atau tampilan print. Cukup jarang website yang seperti ini. Biasanya yang cukup umum itu adalah website yang membahas hal yang sama berulang kali. Bukan berarti websitenya tidak bisa ranking mas. Hanya saja Google bisa salah mengenali halaman yang ditargetkan untuk ranking. Ada beberapa kasus di mana pemilik website maunya halaman A yang ranking, tapi justru halaman B yang dipilih oleh Google. Padahal halaman A ini sudah mendapatkan banyak backlink…. Seandainya backlink ini di arahkan ke halaman B yang dipilih Google, maka rankingnya bisa lebih baik lagi….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *