Konten yang berkualitas adalah nyawa dari SEO saat ini. Jika konten anda tidak berkualitas, maka website anda akan sulit bersaing di persaingan menengah ke atas. Tidak peduli berapa banyak backlink yang saudara pasangkan menuju konten tersebut.

tips menulis konten SEO yang berkualitas

Jadi saat ini kami mau membahas cara membuat konten berkualitas untuk mempermudah SEO website anda.

Ada beberapa tips yang perlu anda perhatikan jika anda mau membuat konten yang “disukai” oleh Google….

Pertama: Kualitas Konten

Coba pikirkan apa yang diharapkan pembaca dari konten yang anda buat. Anda harus memahami tujuan mereka melakukan pencarian di Google dan berusaha menyediakan konten yang dibutuhkan oleh mereka.

Salah satu ciri khas dari konten yang berkualitas adalah anda merasa bangga untuk mempromosikannya ke orang lain. Selain itu anda juga merasa yakin bahwa konten anda bisa menyelesaikan masalah pembacanya…

Jika anda merasa sangat bangga untuk mempromosikan konten anda, maka kemungkinan besar konten tersebut memang salah satu yang terbaik di internet.

Konten yang berkualitas menurut standar SEO Google adalah konten yang menyediakan pembahasan yang dibutuhkan dan isinya unik. Hanya saja anda perlu mengetahui bahwa standar kualitas untuk setiap konten … itu ditentukan dari niche-nya dan juga search intent (tujuan pencarian) dari kata kuncinya.

  1. Kriteria konten berkualitas menurut Google adalah:
  2. Konten Informasional harus akurat, komprehensif, asli dan ditampilkan dengan profesional.
  3. Konten Seni harus asli, unik, dan dibuat dengan tingkat keahlian yang tinggi

Konten Berita, harus menyajikan pembahasan yang mendalam, mengutip sumber dengan tepat, akurat, dan memuat laporan yang asli.

Jika anda bermain di area YMYL atau Your Money Your Life seperti kesehatan, keuangan, perpajakan, bisnis, dll; Anda harus memperhatikan bagaimana cara menyajikan konten anda untuk mendapatkan poin E-A-T yang lebih berbobot.

Kedua: Lakukan Riset

Riset kata kunci adalah sesuatu yang sangat penting untuk anda lakukan. Riset kata kunci ini akan membantu anda membuat perencanaan untuk pembuatan konten anda.

Riset kata kunci akan sangat membantu anda memenangkan peringkat di Google, karena salah satu faktor ranking adalah kelengkapan informasi. Anda bisa memberikan informasi yang lengkap jika anda bisa mengetahui informasi-informasi apa saja yang dicari oleh pengguna Google.

Tips untuk anda: Cobalah untuk mengelompokkan kata-kata kunci menurut tujuan pencariannya. Kata-kata kunci informasi, navigasi, ataupun transaksi harus anda pisahkan satu sama lain.

Kenapa harus dipisahkan?

Karena cara penyajian konten untuk setiap search intent itu berbeda. Sebagai contoh; jika anda mencari kata kunci informasi, maka biasanya hasil pencarian akan dipenuhi artikel blog. Namun jika anda mencari kata kunci transaksi, maka hasil pencarian akan dipenuhi toko online.

Jika anda mengembangkan tipe konten yang salah, maka anda akan sangat sulit untuk ranking.

Selain itu, ada kata-kata kunci yang sifatnya lokal. Yang dimaksud dengan lokal ini adalah Google akan menyajikan website-website yang usahanya berdiri di kota yang sama dengan lokasi pengguna Google.

contoh pencarian kata kunci lokal

Untuk kata-kata kunci seperti ini anda mungkin mau mempertimbangkan untuk menerapkan optimasi SEO lokal. Optimasi seperti ini akan menekankan pemunculan kata kota atau propinsi di dalam artikel.

Ketiga: Menyebar Kata Kunci

Setelah anda mengumpulkan kata kunci, maka tahapan selanjutnya adalah memasukkan kata kunci tersebut ke dalam artikel anda. Sangat direkomendasikan agar anda memasukkan kata-kata kunci ini secara natural.

Anda tidak harus memasukkan kata kunci dalam urutan yang sama dengan kueri pencarian yang dimasukkan pengguna google. Anda bisa mengubah-ubah urutan katanya agar terlihat alami. Atau bahkan anda tidak perlu memikirkan susunannya sama sekali….

Yang penting anda tidak lupa menyebutkan kata kuncinya di dalam konten anda.

Ada banyak orang yang menulis konten tentang kata kunci A. Namun ternyata jumlah pemunculan kata kunci A di dalam artikelnya tidak sampai 0,5%.

Bahkan ada banyak kata yang jumlahnya lebih signifikan dari kata kunci utama ini. Jika kondisinya seperti ini … Google tidak akan yakin dengan inti pembahasan halaman anda.

Keempat: Konten Baru

Google sangat menyukai konten baru. Yang dimaksud dengan konten baru ini bukanlah konten yang baru dibuat. Tapi konten yang menyajikan informasi yang baru. Walaupun anda rajin menulis konten, tapi isinya hanya meniru website lain, atau bahkan copy paste dari website lain; …. maka itu tidak akan banyak membantu website anda.

Salah satu trik yang sering dilakukan oleh website yang sudah besar adalah memperbarui isi dari kontennya yang sudah lama. Jadi anda harus rutin mengecek artikel-artikel utama di website anda setidaknya setahun sekali. Anda perlu membuat perencanaan untuk memperbarui konten-konten ini jika diperlukan.

Jika anda melakukan ini; Google akan berpikir “mungkin ada informasi baru yang ditampilkan di halaman ini”.

Hal itu akan membuat Google memberikan masa trial untuk halaman website anda …. dan menampilkannya di peringkat yang lebih baik.

Jika perbaruan yang anda lakukan cukup memuaskan pengguna Google, maka posisi tersebut akan bertahan lebih lama.

Tips untuk anda: Sebaiknya anda memasang Google Alert agar anda selalu mendapatkan informasi terbaru tentang perkembangan niche yang anda bahas. Ini akan sangat membantu anda untuk rutin melakukan update di saat yang tepat.

Kelima: Konten Yang Bisa Menyelesaikan Masalah

Poin dari website anda akan jauh lebih besar jika pengguna Google tidak mengklik website lainnya untuk kata kunci yang sama. Jadi semakin sering anda membuat pengguna Google berhenti di halaman website anda dan tidak lanjut ke website lain, maka semakin kuat posisi anda.

Mungkin ada yang merasa bingung, karena jelas ranking 1 akan lebih banyak menerima kunjungan. dibandingkan ranking 5. Bagaimana bisa ranking 5 ini mengalahkan jumlah pengunjung yang berhenti di halaman ranking 1?

Tentu saja website ranking 5 ini tidak akan bisa mengalahkan website ranking1 dari sisi jumlah pengunjung. Namun dari sisi persentase pengunjung yang puas di halamannya bisa saja ranking 5 ini lebih tinggi dari ranking 1 tadi.

Tentu saja Google menerapkan standar kepuasan yang berbeda antara ranking 5 dan ranking 1.

Jika ranking 5 bisa memenuhi standarnya, sedangkan ranking 4 gagal memenuhi standarnya, maka Google akan mengangkat ranking 5 untuk melihat apakah ranking 5 ini bisa memenuhi standar yang ditetapkan untuk ranking 4 tadi…

Tentu perhitungan ranking tidak sesederhana itu, tapi ini bisa menjadi ilustrasi bagaimana pentingnya menyediakan konten yang bisa menyelesaikan masalah pengunjung website anda.

Tips untuk anda: Jika anda berusaha membuat konten yang bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan spesifik di dalam artikel anda, maka sebaiknya anda menggunakan heading h2. Tujuan penggunaan heading H2 ini adalah untuk membagi artikel ke dalam beberapa sub judul.

Hal ini bisa membantu pembaca yang singgah di website anda untuk menemukan jawaban yang dibutuhkannya dengan lebih cepat.

Mungkin ada beberapa di antara anda yang berpikir kalau itu akan merugikan karena mengurangi waktu berkunjung di halaman anda.

Anda perlu mengetahui fakta bahwa kebanyakan orang yang kesulitan menemukan jawaban di halaman website anda tidak akan menghabiskan waktunya mencari jawaban tersebut. Mereka akan pergi begitu saja membuka halaman website lain.

Keenam: Penggunaan Multimedia

Memang saat ini Google belum terlalu mampu mengenali konten berupa gambar, video dan audio. Namun Google akan mempertimbangkan variasi multimedia yang anda sediakan di dalam halaman website anda…. sebagai keberagaman bentuk informasi.

Tips untuk anda: Sebaiknya anda mempertimbangkan untuk menambahkan video, gambar, audio, atau lampiran cuitan twitter di halaman website yang menjadi sumber trafik utama di website anda. Jika anda menggunakan gambar, maka usahakan gambar yang anda gunakan itu unik dan belum pernah digunakan di website lain.

Anda bisa mencari gambar di internet dan mengeditnya di corel draw atau pun photoshop. Tidak diperlukan pengeditan yang rumit untuk membuat gambar menjadi unik. Anda cukup menambahkan teks atau bangunan geometri tertentu di dalam gambar tersebut.

==================

Ini adalah pengetahuan mendasar yang perlu anda miliki untuk membuat konten yang bisa bersaing di kata kunci persaingan menengah ke atas. Tapi sekali lagi kami ingatkan, SEO itu merupakan gabungan banyak faktor. Melakukan hal-hal di atas tidak menjamin website anda akan ranking …. jika anda mengabaikan faktor-faktor SEO yang lainnya….

Kategori: SEO

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *