Jika anda sedang mencari layanan CDN untuk website anda, maka anda bisa membaca ulasan singkat kami di bawah ini. Layanan CDN bisa bisa mempercepat waktu muat website anda, karena CDN akan menyajikan konten statis website anda dari server yang terdekat dari pengunjung website anda. Jadi silahkan lanjut membaca artikel ini karena kami akan memberikan info lengkap layanan CDN terbaik.

MENCARI JASA CDN TERBAIK

Apa Itu CDN?

CDN adalah singkatan dari Content Delivery Network. Ini merupakan jaringan server yang mengirimkan konten statis yang di-cache dari situs website menurut lokasi terdekat dari pengunjung website. Jadi CDN bukanlah layanan hosting, anda masih akan memerlukan layanan hosting jika anda mau membuat website.

Biasanya pengunjung website anda akan mengakses anda dari berbagai lokasi dan yang melayani mereka hanya server hosting anda. Jika website anda diakses dari negara lain yang sangat jauh dari Indonesia, maka kemungkinan besar waktu pemuatan akan cukup lama.

Hasil survey menunjukkan bahwa untuk setiap perlambatan 1 detik, maka jumlah tayangan halaman anda akan berkurang sampai 11%. Bayangkan jika website anda lambat sekali sampai 20 detik untuk terbuka. Itu bisa membuat website ada kehilangan pengunjung dan user experience yang buruk seperti ini bisa membuat anda kehilangan ranking anda di Google.

lambat 1 detik

Jadi penggunaan CDN bisa berpengaruh ke SEO website anda, tapi biasanya CDN ini hanya akan diperlukan oleh website yang menargetkan market Global. Jika market anda adalah market dalam negeri dan anda menggunakan layanan hosting yang memadai, maka biasanya anda tidak memerlukan layanan CDN ini.

Tapi untuk anda yang memerlukan layaanan CDN, maka anda bisa memilih satu dari 7 CDN di bawah ini.

1. Max CDN

maxcdn

Max CDN adalah CDN wordpress yang terbaik di pasar saat ini. Server Max CDN ini sudah mempunyai drive SSD yang tersebar di seluruh belahan dunia. MaxCDN juga sangat mudah untuk dipasang dan diatur di WordPress anda. Ini bekerja dengan menggunaan plugin cache WordPress yang populer seperti W3 Total Cache dan WP Super Cache.

Anda bisa mengelola CDN anda menggunakan Control Panel yang sangat mudah ddigunakan oleh pemula. Ini memungkinkan anda untuk membersihkan cache, melihat laporan, mengatur lokasi, dan masih banyak lagi. MaxCDN juga memungkinkan anda untuk memasang sertifikat SSL sehingga konten yang dicache juga bisa disajikan melalui HTTPS.

Adapun harga dari layanan ini dimulai dari 9 USD per bulan.

2. Sucuri

Sucuri adalah perusahaan keamanan situs web yang sudah sangat dikenal. Mereka membuka layanan firewall WordPress dan CDN yang kuat yang bisa melindungi website anda dari serangan DDOS, Malware atau ancaman keamanan WordPress lainnya.

Firewall akan melihat semua permintaan yang masuk ke website anda dan itu dilakukan sebelum permintaan anda mencapai website anda. Ini akan memblokir serangan seperti spam, malware, ataupun DDOS.

Sucuri mempunyai jaringan yang tersebar di seluruh dunia, jadi para pengunjung anda akan mendapat akses dari server terdekat. Jadi anda akan mendapatkan manfaat ganda, yaitu kecepatan dan keamanan untuk website anda.

Bahkan Sucuri bekerjasama dengan semua CDN yang kami masukkan di daftar ini. Jadi anda bisa menggunakannya bersama CDN lain. Sucuri bisa memblokir begitu banyak serangan sehingga bisa sangat meringankan beban kerja server.

Anda bisa menggunakan layanan Sucuri ini dengan mengeluaran biaya mulai dari 9,99 USD per bulan untuk satu website.

3. Cloudflare

cloudflare

Ini adalah CDN yang paling terkenal karena mempunyai paket CDN gratis. Ini merupakan paket CDN yang paling disukai blogger Indonesia yang memang sangat menyukai yang gratis. Namun tentunya anda harus mengetahui bahwa paket ini tidak mempunyai perlindungan yang sangat terbatas.

Anda bisa menggunakan versi berbayar mereka untuk mendapatkan perlindungan yang lengkap.

Sangat mudah untuk mengatur setelan Cloudflare di WordPress. Cloudflare juga mempunyai jaringan server yang sangat luas dan tersebar Global. Clouddflare menawarkan control panel yang mudah untuk digunakan dalam membersihkan cache dan memantau kinerja dari server ini.

Bahkan anda akan mendapatkan fitur “SAYA SEDANG DISERANG”. Fitur ini akan memperlihatkan laman keamanan ke pengunjung selama beberapa detik untuk menganalisa keamanan sebelum mengirimkan trafik ke website anda.

Harga paket berbayar mulai dari 20 USD per bulan.

4. StackPath

stackpath

StackPath mempunyai CDN yang handal yang menggunakan platform yang terus dikembangkan. Mereka memiliki jaringan server yang sangat besar dan tentunya tersebar di seluruh dunia. CDN StackPath akan melindungi website anda dari serangan DDOS dengan fitur load balancing dan blocking.

Semua paket memiliki fitur firewall yang bisa mengurangi beban server di situs anda, jadi ini bisa meningkatkan waktu buka halaman. CDN StackPath ini mudah digunakan oleh pemula dan juga mempunyai beberapa tools dan juga API yang bisa digunakan oleh para pengembang. Jadi pengembang bisa mengintegrasikan aplikasi atau situs web ereka ke dalam StackPath API untuk mendapatkan interface yang kuat.

Anda bisa mendapatkan CDN ini dengan harga mulai dari 20 USD per bulan.

5. KeyCDN

keycdn

KeyCDN juga termasuk pilihan yang bagus karena mereka menawarkan jaringan server yang kuat yang tersebar di wilayah Amerika Utara, Eropa, dan Asia Pasifik.

KeyCDN menawarkan pembayaran menurut berbagai PLAN, yang berarti anda membayar untuk apa yang anda gunakan, dan bukannya pembayaran bulanan yang tetap. Ini akan sangat membantu mengurangi harga untuk penggunaan pada website-website yang kecil.

Harga dari layanan ini adalah 0,04 per GB, dengan penggunaan minimum di 40 USD per tahun.

6. Rackspace

rackspace

Rackspace sudah menjadi nama yang dikenal dalam cloud computation, hosting, dan solusi cloud untuk perusahaan. Mereka juga mempunyai CDN yang mempunyai infrastruktur cloud yang kuat. Hanya saja pengaturannya agak lebih rumit dari layanan CDN lainnya karena banyaknya solusi cloud yang ditawarkan.

Ini bisa berfungsi dengan baik pada WordPress sebagai CDN, namun tidak mempunyai perlindungan DDOS.

Anda harus membayar mulai dari 0,16 USD per GB untuk menggunakan layanan dari RackSpace ini.

7. Incapsula

incapsula

Incapsula juga merupakan pilihan CDN wordpress lainnya yang cukup populer. Mereka memakai server pada beberapa lokasi yang strategis di seluruh dunia termasuk di Amerika Selatan. Anda bisa menggunakan Incapsula ini dengan sangat mudah memakai plugin wordpress.

Adapun fitur dari capsula ini adalah firewall untuk situs website anda, dukungan 24/7, dan mitigasi DDoS sebagai bagian dari paket CDN berbayar mereka. Incapsula juga mempunyai paket CDN gratis, hanya saja tidak menyertakan fitur-fitur ini.

Adapun paket dari incapsula ini adalah mulai dari 59 USD per bulan. Jadi ini tergolong layanan yang mahal.

====================

KESIMPULAN

Jadi jika mau mengevaluasi semua penyedia layanan CDN di atas, maka saat ini MaxCDN adalah CDN WordPress terbaik di pasar. CDN ini mempunyai banyak fitur yang paling dibutuhkan saat ini dengan harga yang wajar, dan sangat mudah digunakan oleh pemula.

Tapi kalau budget anda benar-benar tipis, maka Cloudflare yang gratis tentunya bisa menjadi solusi yang terbaik untuk anda. Setidaknya anda bisa mendapatkan percepatan website anda di seluruh belahan dunia.

Mudah-mudahan artikel ini bisa membantu anda memutuskan mana layanan CDN yang paling sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda.

Kategori: Wordpress

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *