Pemula biasanya akan sangat sulit untuk mempelajari SEO karena ada ratusan faktor yang terlibat di dalamnya. Jadi kali ini saya mau menyederhanakan faktor-faktor ini menjadi faktor yang paling berpengaruh di dalam penentuan peringkat Google.

7 faktor SEO

Jika salah satu dari faktor ini tidak dilakukan dengan benar, maka pasti website anda akan sangat sulit untuk bersaing di kata kunci persaingan menengah ke atas.

Adapun faktor-faktor SEO yang paling penting ini antara lain adalah:

  1. Kualitas konten
  2. Kesegaran konten
  3. Tujuan Pencarian
  4. Frekuensi Update
  5. Backlink
  6. User Experience
  7. Expertise-Authority-Trustworthiness

Kualitas Konten

Ini adalah salah satu faktor SEO yang sangat penting. Jika anda gagal membuat konten yang berkualitas, maka website anda bisa saja sangat sulit untuk bersaing. Di bawah ini saya membuat beberapa poin sub faktor yang sangat mempengaruhi kualitas konten di dalam penilaian Google…

  1. Pembahasan yang lengkap dan menyelesaikan masalah pengunjung website tersebut
  2. Dilengkapi media gambar atau video yang memudahkan pemahaman
  3. Konten unik dan bukan hasil copy paste

Jika pengunjung masih kembali ke halaman pencarian Google dan membuka halaman website lain; itu berarti konten anda tidak bisa menyelesaikan masalah dari pembaca. Google akan menganggap itu sebagai voting yang mengurangi poin website anda.

Selain itu konten yang tidak unik juga akan mendapatkan poin yang rendah. Google sangat menghargai konten yang unik dan menyediakan sesuatu yang tidak bisa ditemukan di website lain. Jadi jika anda bisa memberikan faktor keunikan yang tinggi, maka besar kemungkinannya Google akan mengangkat halaman website anda.

Tujuan Google mengangkat halaman website anda adalah untuk melihat bagaimana pengguna Google bereaksi terhadap informasi yang hanya tersedia di website anda.

Jadi jika saat ini konten andalan di website anda belum unik, maka sangat direkomendasikan agar anda segera mengedit konten tersebut.

Kesegaran Konten

Segala sesuatu di dunia ini terus saja berubah. Bahkan untuk niche-niche yang evergreen masih sering muncul perubahan-perubahan kecil yang perlu diinformasikan.

Dalam niche SEO saja terjadi perubahan besar setiap tahun. Teknik yang digunakan tahun 2010 sudah tidak akan berhasil saat ini. Jadi konten pun harus diedit dari waktu ke waktu.

Jika anda membuat website kuliner, maka akan selalu saja ada kreasi makanan baru yang lebih kreatif dari sebelumnya. Jika anda membuat website otomotif, maka tekbologi otomotif juga selalu berkembang dari waktu ke waktu.

Jadi faktor kesegaran konten ini menuntut 2 hal dari anda, yaitu:

  1. Rutin mengedit konten yang sudah basi, dan
  2. Rutin menulis info terbaru yang terjadi di niche anda.

Jika anda konsisten melakukan 2 hal ini, website anda akan lebih mudah ranking di hasil pencarian Google.

Tujuan Pencarian

Mungkin pemula yang baru belajar SEO tidak paham apa itu tujuan pencarian. Tujuan pencarian adalah faktor “harapan” dari pengguna. Jika anda mengetikkan kata “jual jam tangan G-Shock” maka biasanya anda berharap akan mendapatkan referensi toko-toko online yang menjual jam tangan G-Shock.

Anda tidak mengharapkan sebuah artikel blog yang membahas jam tangan G-Shock dan spesifikasinya.

Sebaliknya jika anda mengetikkan “Motor Matic Terbaik” biasanya anda berharap mendapatkan artikel blog yang membahas beberapa jenis motor matic. Anda berharap artikel tersebut memperlihatkan kelebihan dan kekurangan dari setiap type motor matic.

Jika anda mengembangkan website “toko online” untuk kata kunci “daftar terbaik”, maka biasanya anda akan sangat sulit ranking di hasil pencarian Google.

Frekuensi Update

Ada beberapa niche yang tidak memerlukan penambahan postingan secara rutin. Kita cukup mengedit konten-konten yang sudah ada agar selalu sesuai dengan kondisi terbaru. Sedangkan di sisi lain ada beberapa niche yang selalu memerlukan postingan-postingan baru, karena selalu saja ada perkembangan terbaru di niche tersebut.

Anda tidak bisa membuat website politik yang tidak rutin melakukan update atau postingan, karena setiap saat terjadi sesuatu yang perlu dilaporkan dari dunia politik. Jika anda update hanya sekali seminggu, maka anda tidak perlu bermimpi mendapatkan trafik yang besar dari website politik yang anda buat.

Jadi kalau saat ini anda baru memulai sebuah website di niche tertentu; dan anda melihat pesaing di halaman pertama sudah mempunyai lebih dari 1000 halaman di dalam index Google; maka itu adalah sinyal bahwa anda harus bekerja keras untuk mengembangkan website anda.

Backlink

Backlink adalah tautan atau link yang ada di website lain yang jika diklik akan membuka halaman website anda. Semakin banyak backlink yang didapatkan oleh website anda, maka Google akan beranggapan bahwa website anda mempunyai pengaruh di niche anda.

Tapi backlink ini tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya jika faktor-faktor SEO yang sudah kita bahas di atas tidak dikembangkan dengan benar.

Backlink ini seperti bensin yang anda beli untuk perjalanan anda. Sedangkan website anda adalah kendaraannya. Jadi kita juga harus melihat kondisi website anda untuk melihat seberapa efektif pengaruh dari backlink yang anda dapatkan.

Tentu ada juga yang namanya kualitas bensin… ada bensin yang oplosan, dan ada yang berkualitas terbaik.

Jika kendaraan anda boros, maka anda membutuhkan banyak bensin untuk bisa sampai ke tempat tujuan anda. Tapi jika kendaraan anda tidak punya piston, maka sebanyak apapun bensin yang anda beli tidak akan ada gunanya. Anda harus melengkapi kendaraan anda dengan piston, barulah bensin tadi akan berguna untuk anda.

Jadi seperti itulah backlink. Ada banyak pendaftar jasa backlink yang harus kami tolak, karena terlalu menumpukan kesuksesan websitenya pada backlink yang dibelinya.

Salah satu contohnya adalah pemilik website yang membeli backlink seharga Rp.500.000 dan berharap websitenya bisa masuk halaman pertama untuk kata kunci JUAL RUMAH BANDUNG hanya dengan mengandalkan website yang hanya mempunyai 7 halaman. Jelas ini tidak mungkin.

Kami pasti akan merekomendasikan mereka untuk memposting lebih banyak halaman lagi, atau kalau perlu membuat website yang sistemnya User Generated Content. Kalau mereka tidak bisa melakukan ini, maka rekomendasi kami adalah lupakan saja website ini. Tidak perlu membuang-buang waktu lebih banyak lagi.

Ini bukan kejam ya. Justru ini adalah opsi terbaik untuk pemilik website yang mempunyai keterbatasan anggaran, tenaga, dan waktu yang bermimpi bisa ranking di persaingan berat.

User Experience

Nah ini adalah salah satu masalah yang sering tidak disadari oleh para pemilik website, karena mereka tidak memakai Google Analytics di websitenya.

Jika anda memakai Google Analytics anda akan bisa melihat apakah ada banyak kunjungan yang berakhir dengan sangat cepat. Anda juga bisa melihat apakah pembaca anda mengklik halaman yang lainnya atau langsung meninggalkan website anda.

User experience yang buruk akan membuat kita kehilangan peringkat kita jika ada terlalu banyak pengguna yang pergi begitu saja. Untuk meningkatkan faktor SEO user experience ini ada beberapa hal yang bisa anda lakukan, yaitu:

  1. Mengusahakan website yang ringan dan cepat dimuat.
  2. Mengusahakan tampilan website yang nyaman di baca. Jangan menggunakan huruf yang terlalu kecil atau warna yang terlalu kontras sehingga tidak nyaman di mata.
  3. Sistem navigasi yang sederhana, sehingga pengguna dengan gampang menemukan halaman-halaman yang mereka butuhkan.

Jika anda sudah mencoba memperbaiki kualitas konten website anda dan menambah backlink, tapi peringkat anda tidak ke mana-mana, atau bahkan terus saja merosot … mungkin sudah saatnya anda mencari tahu apakah ada masalah dengan user experience website anda

Expertise – Authority – Trustworthy

Ada banyak sekali website yang bersaing di kata kunci jual beli, layanan kesehatan, produk kesehatan, asuransi, jasa finansial, dan website-website komersial lainnya yang terjun bebas di tahun 2018 – 2020. Posisi mereka digantikan oleh website-website raksasa seperti marketplace, business startup, media nasional, dll.

Penyebab dari rontoknya website-website individu dan digantikan oleh website-website korporasi besar dan marketplace adalah keinginan Google untuk meningkatkan keamanan para pengguna Google. Mesin pencari terbesar ini berusaha menghindarkan penggunanya dari website-website penipu.

Website-website yang bersaing di kata-kata kunci seperti ini kemudian dikategorikan sebagai website YMYL atau Your Money Yourl Life. Ini adalah kumpulan website yang bisa mempengaruhi kesehatan, keamanan, dan kebahagiaan pengguna Google.

Anda tidak akan bisa bersaing di niche YMYL ini dengan website yang dibuat seadanya saja. Anda harus menunjukkan bahwa anda mempunyai faktor Expertise – Authority – Trustworthy yang terbaik di niche anda.

Apa yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki penilaian Google terhadap website anda untuk faktor Expertise – Authority – Trustworthy ini? Jika anda benar-benar tidak tahu apa saja yang bisa meningkatkan E-A-T dari website anda, maka anda bisa mencoba beberapa hal di bawah ini:

Expertise

Usahakan website anda mempunyai pembahasan yang paling lengkap tentang sesuatu yang ada di niche anda. Tentunya ini akan menuntut frekuensi update dan frekuensi posting yang sangat tinggi. Ini akan sangat meningkatkan faktor expertise atau keahlian dari website anda.

Authority

Usahakan untuk mendapatkan backlink dengan kualitas yang sangat tinggi. Kalau anda bisa mendapatkan backlink dari website yang memang terkenal di niche anda, maka ini akan sangat menaikkan otoritas dari website anda. Tentu ini bukan hal yang mudah ataupun murah. Google sengaja memberlakukan faktor-faktor ini agar website-website amatir yang tidak serius, atau bahkan website penipu yang tidak mungkin berinvestasi besar-besaran … tidak bisa masuk ke halaman pertama hasil pencarian Google

Trustworthy

Ini adalah faktor yang sangat penting namun banyak di antara para pelaku SEO yang tidak tahu bagaimana cara meningkatkan faktor TRUST dari Google.

Tujuan utama dari faktor TRUST Google ini adalah memastikan penggunanya tahu siapa yang harus bertanggung jawab jika ternyata terjadi penipuan. Jadi yang harus anda lakukan antara lain adalah:

  1. Menampilkan nomor kontak anda di website
  2. Jangan pernah mengubah nomor kontak anda ini. Jika anda mau mengubah nomor kontak, maka anda harus memasang nomor baru terlebih dahulu bersama-sama nomor lama setidaknya untuk 3 bulan. Setelah itu baru anda menghapus nomor kontak yang lama.
  3. Menampilkan email yang sama yang anda gunakan untuk mendaftarkan nama domain
  4. Jangan memasang proteksi WHOIS untuk nama domain anda
  5. Usahakan membeli nama domain setidaknya untuk 3 tahun
  6. Daftarkan website anda ke Google My Business dan lakukan verifikasi alamat kantor offline anda
  7. Pasang alamat dan google map bisnis anda di dalam website
  8. Dalam kategori YMYL ini usia domain bisa cukup membantu jika anda sudah membuka usaha anda lebih dari 5 tahun.

==========

Jadi inilah hal-hal yang bisa anda lakukan untuk menaikkan E-A-T dari website anda jika mau bersaing di kategori YMYL.

Mungkin ada beberapa di antara anda yang sudah mulai paham bagaimana sulitnya melakukan SEO untuk website YMYL. Dalam judul di atas memang dituliskan 7 faktor utama, namun ada banyak hal yang harus anda lakukan untuk mengangkat ketujuh faktor SEO yang paling mempengaruhi ranking website anda di Google.

Kategori: SEO

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *