7 algoritma Google yang paling dikenal dan sangat sering dibicarakan oleh para pelaku SEO ini sangat memegang peranan penting dalam menentukan hasil pencarian. Oleh karena itu sangat penting bagi setiap orang yang ingin melakukan optimasi website untuk mengenal 7 algoritma ini.

algoritma GooglePengetahuan tentang 7 algoritma ini bisa membantu anda dalam memutuskan langkah-langkah optimasi apa yang akan anda lakukan ke depannya. Jadi di sini saya akan mencoba memberikan gambaran singkat tentang masing-masing algoritma dan bagaimana itu bisa mempengaruhi peringkat website anda….

Langsung saja…

 

1. PANDA

algoritma pandaAlgoritma ini diluncurkan pada 24 Februari 2011

Algoritma Panda dibuat untuk mencari halaman yang duplikat, menumpuk kata kunci, tidak berbobot, dan bersifat spam. Jika algoritma panda menemukan halaman seperti ini, maka algoritma panda akan memberikan penilaian yang buruk, sehingga bisa mempengaruhi peringkat.

Algoritma panda ini pada mulanya hanya sebagai filter tambahan, namun sejak Januari 2016 sudah dimasukkan ke dalam algoritma inti.

Jadi pastikan anda selalu mengecek kondisi website untuk menghindari halaman yang duplikat, atau tidak bermutu, atau menumpuk kata kunci.

Kalau website anda merupakan website jual online yang sulit mempunyai konten yang unik, maka usahakan untuk memakai gambar yang berbeda, atau aktifkan komentar sehingga komentar yang bertambah panjang bisa membuat halaman anda unggul dari yang lainnya.

 

2. Penguin

algoritma penguinAlgoritma ini diluncurkan pada tanggal 24 April 2012

Algoritma ini berbeda dengan Panda yang mengawasi kualitas konten. Algoritma Penguin berfungsi untuk mengamati profil backlink yang masuk ke dalam website kita. Jika profilnya terlihat tidak alami, maka algoritma penguin akan “mengibarkan bendera” yang bisa membuat website kita diamati. Atau bisa juga memberikan penalti.

Untuk menghindari masalah dengan algoritma penguin ini, maka perlu membiasakan mengecek profil dari backlink yang masuk. Apakah ada lonjakan backlink dalam waktu yang sangat dekat dengan begitu banyak penumpukan kata kunci yang tidak alami?

Untungnya saat ini algoritma Penguin tidak seagresif dulu. Saat ini jika algoritma penguin merasa ada backlink yang tidak aman, maka backlink tersebut hanya akan di-demotion atau diabaikan. Hal ini karena banyak yang memanfaatkan teknik backlink spam ini untuk melakukan SEO negatif ke pesaingnya.

 

3. Hummingbird

Algoritma ini diluncurkan pada 22 Agustus 2013

Algoritma hummingbird berfungsi untuk mencari artikel berkualitas yang bisa memenuhi kebutuhan pembaca, walaupun di dalamnya tidak ada kata kunci yang sama persis dengan yang dimasukkan pembaca ke pencarian Google.

Jadi algoritma hummingbird ini bisa memberikan hasil pencarian yang lebih luas, karena algoritma ini dibentuk untuk memahami isi dari konten suatu artikel. Algoritma ini sangat membantu bagi para pelaku SEO yang membutuhkan trafik yang lebih besar, karena selama artikelnya berkualitas maka Google bisa merujuk artikel tersebut walaupun di dalamnya tidak ada kata kunci yang persis sama.

Jadi ini yang membuat banyak pelaku SEO yang melakukan riset sinonim, akronim, dan Latent Semantic Index keyword lainnya untuk membuat artikelnya bisa melayani banyak pencarian kata kunci…. Padahal tujuan sebenarnya dari algoritma ini justru untuk membuat kita lebih santai dalam menulis artikel yang lebih enak dibaca, karena hummingbird bisa mengerti tujuan dari artikel kita….

 

4. Pigeon

algoritma PigeonAlgoritma ini diluncurkan pada tanggal 24 Juli 2014

Algoritma Pigeon dari google ini mempengaruhi hasil pencarian lokal. Jadi jika website anda adalah website yang dioptimasi untuk pencarian kata kunci lokal, maka Google akan mengutamakan website anda untuk setiap pencarian yang terdekat dari lokasi yang anda optimasi.

Pigeon mempengaruhi website yang memakai kata-kata lokasi seperti JAKARTA, BALI, MAKASSAR, dll. Jadi ini akan sangat menguntungkan bagi pebisnis lokal dalam mendapatkan pembeli yang terdekat dari lokasi mereka. Sangat direkomendasikan jika anda adalah website bisnis lokal untuk mendaftarkan website anda ke Google My Business.

 

5. MOBILE

algoritma mobileAlgoritma ini diluncurkan pada tanggal 21 April 2015

Algoritma mobile atau mobilegeddon ini dari namanya sudah sangat jelas bertujuan untuk mencari halaman-halaman yang mobile friendly untuk pengguna gadget mobile. Jadi algoritma mobile ini yang bertugas mencari halaman-halaman yang mobile friendly bagi pencarian yang berasal dari perangkat mobile.

Website yang tidak mempunyai versi mobile akan dikeluarkan dari hasil pencarian atau akan diturunkan rankingnya di hasil pencarian mobile. Ini yang menjadi alasan dari banyaknya website yang mengganti temanya ke tema yang mobile friendly. Jika tidak mereka akan kehilangan lebih dari 50 persen pencarian, karena saat ini pencarian mobile lebih dominan dibandingkan pencarian desktop.

 

6. Rankbrain

algoritma rankbrainAlgoritma ini diluncurkan pada tanggal 26 Oktober 2015

Algoritma Rankbrain adalah algoritma yang dibuat khusus untuk memahami pencarian kata kunci baru, yaitu kata kunci yang belum pernah diketikkan sebelumnya.

Algoritma ini disebut sebagai algoritma yang bisa belajar sendiri karena algoritma ini diberi kemampuan untuk mengenali reaksi pengguna Google dan juga kemampuan untuk mengubah persentase faktor-faktor SEO untuk menemukan hasil pencarian yang paling memuaskan pengguna Google.

Rankbrain adalah algoritma yang membuat hasil pencarian menjadi sangat dinamis. Hasil ini dinamis mengikuti respon dari pengguna Google. Jadi jika anda mau mendapatkan manfaat dari rankbrain, maka website anda harus dioptimasi berorientasi pengguna atau pengunjung dari Google.

Sedapat mungkin buatlah website yang anda rasa akan disukai dan akan bermanfaat bagi banyak orang.

 

7. Possum

algoritma possumAlgoritma ini diluncurkan pada tanggal 1 September 2016

Algoritma Possum bekerjasama dengan algoritma Pigeon untuk melayani pencarian lokal. Algoritma Possum ini bekerja dalam cakupan yang lebih spesifik, di mana algoritma Possum akan berusaha menyediakan hasil yang terdekat dari alamat pencari.

Bagi anda yang sering mencari tempat atau lokasi dengan pencarian kata kunci “terdekat”, maka anda sudah merasakan manfaat layanan dari Algoritma Possum ini. Jadi sekali lagi diingatkan untuk anda yang mau mendapatkan manfaat dari algoritma SEO lokal, segera daftarkan website anda di Google My Business.

 


 

Inilah 7 Algoritma yang saat ini berperan sangat penting di dalam sistem Google dalam penentuan peringkat. Sebenarnya total jumlah algoritma yang ada di dalam sistem Google itu ada banyak sekali, namun fungsinya sangat spesifik sehingga tidak dimasukkan dalam pembahasan ini.

 

Kategori: SEO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *