Google baru saja mengumumkan bahwa sebuah algoritma baru akan diluncurkan tahun depan. Dari search engine land dituliskan bahwa ini akan menjadi update algoritma “page experience”. Jika Google melakukan pengumuman update atau penambahan algoritma baru jauh sebelum peluncuran algoritma tersebut, maka biasanya itu akan menjadi algoritma yang akan sangat mempengaruhi peringkat di hasil pencarian.

algoritma baru google hadir tahun 2021

Tujuan dari pemberitahuan yang lebih cepat beberapa bulan ini biasanya ditujukan agar pemilik website bisa menyesuaikan websitenya dengan tuntutan algoritma terbaru nanti. Oleh karena update kali ini tentang page experience, maka banyak praktisi SEO yang beranggapan bahwa update kali ini akan memantau kecepatan, mobile friendly, safe browsing, https, elemen yang mengganggu tampilan, dan sekarang juga akan memantau pergeseran tata letak di dalam halaman.

Jadi di bawah ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dari kondisi website kita saat ini untuk memastikan website kita siap untuk menghadapi algoritma baru Google di tahun 2021 nanti.

faktor page experience dari algoritma Google

Lebih jelasnya silahkan membaca penjelasan dari masing-masing sinyal di bawah ini:

  1. Waktu Muat; yang dimaksud dengan waktu muat di sini adalah waktu yang diperlukan untuk memberikan tampilan penuh pada layar.
  2. Waktu Respon; yang dimaksud dengan waktu respon ini adalah waktu yang diperlukan oleh website anda untuk memberikan respon pertama sejak pengguna mengklik link atau memasukkan alamat web anda ke browser.
  3. Jumlah Pergeseran Tata Letak adalah penilaian seberapa stabil tampilan halaman anda. Apakah ada pergeseran konten di saat-saat tertentu? Apakah anda pernah mau mengklik suatu link dan tiba-tiba layar bergeser sehingga anda mengklik yang lain? Nah faktor ini mengukur kejadian seperti itu….
  4. Mobile Friendly adalah seberapa baik website anda menyesuaikan tampilannya dengan layar gadget pengunjung.
  5. Safe Browsing adalah penilaian apakah halaman website anda memuat malware atau sesuatu yang bisa membahayakan dan merugikan pengunjung dari Google.
  6. Https adalah faktor protokol telekomunikasi yang ditujukan untuk keamanan transfer data antar server anda dengan browser pengunjung.
  7. Elemen menutupi konten adalah segala sesuatu yang ditampilkan di atas teks utama sehingga menghalangi pembaca untuk melihat artikel.

Kurang lebih ini adalah faktor-faktor yang harus dibenahi untuk menghadapi algoritma page experience yang akan datang di tahun 2021 nanti.

Sebenarnya praktisi SEO sudah cukup terbiasa dengan faktor-faktor ini, karena sudah dari tahun yang lalu faktor user experience ini menjadi pembahasan di komunitas SEO. Namun algoritma yang benar-benar melakukan pengukuran untuk semua faktor ini memang masih dalam proses pengembangan.

Untuk faktor waktu muat penuh biasanya kita menetapkan batasan 2,5 detik. Sedangkan untuk faktor waktu respon server biasanya kita berharap itu di bawah 0,1 detik.

Yang perlu menjadi perhatian dari update algoritma baru ini adalah jumlah pergeseran tata letak yang tampil di layar yang menilai kestabilan tampilan. Google mengatakan bahwa nilai pergeseran yang diterima adalah di bawah 0,1. Halaman dengan tampilan yang stabil seperti ini dianggap menyenangkan untuk dibaca.

Untuk membantu anda menilai apakah website anda sudah memenuhi sinyal inti dari page experience ini, maka anda bisa menggunakan pagespeed insight tool. Tampilan dari hasil pengecekan akan terlihat seperti di bawah ini.

laporan pagespeed insight

Banyak praktisi yang beranggapan bahwa algoritma terbaru Google ini tidak akan berdampak luas, karena beberapa faktornya adalah faktor lama. Namun, banyak juga yang kuatir dengan dampak yang lebih besar dari algoritma baru ini, karena saat ini masih banyak website di halaman pertama yang mempunyai elemen yang menutupi konten utama. Ada juga elemen yang lambat yang membuat pergeseran halaman cukup besar. Jika faktor-faktor ini menjadi benar-benar penting di dalam algoritma baru Google, maka banyak halaman yang akan tersingkir dari halaman pertama….

Kategori: SEO

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *