Backlink adalah tautan yang ada dalam suatu halaman website yang jika diklik akan membuka sebuah halaman di website lain. Jika seseorang memberikan tautan atau link menuju website anda, maka itu berarti anda mendapatkan backlink dari mereka. Dan sebaliknya, jika anda memberikan link ke website orang lain, maka mereka mendapatkan backlink dari anda.

backlink masih penting

Jadi kali ini kami mau membahas beberapa hal, yaitu:

  1. Kenapa backlink penting?
  2. Apa Kriteria Backlink yang baik?
  3. Bagaimana cara cek backlink suatu website?
  4. Bagaimana untuk mendapatkan lebih banyak backlink?

KENAPA BACKLINK PENTING

Backlink bisa membantu 3 hal untuk website anda, dan itu yang membuat backlink tersebut menjadi penting. Ketiga hal yang terkait dengan backlink antara lain adalah:

1. RANKING

Mesin pencari seperti Google melihat backlink yang masuk ke dalam website anda sebagai voting. Singkat kata, semakin banyak voting yang didapatkan website anda untuk suatu kata kunci, maka akan semakin besar kemungkinan website anda ranking di kata kunci tersebut.

Sudah ada banyak sekali orang yang mempelajari kaitan antara backlink dengan peringkat di mesin pencari ini. Hasil penelitian dari banyak pelaku optimasi website menunjukkan bahwa semakin banyak backlink unik dari website lain (referral nama domain), maka akan semakin bertambah trafik dari hasil pencarian yang menuju website anda.

REFERRAL NAMA DOMAIN sangat mempengaruhi kenaikan trafik menuju website anda

2. PERAYAPAN

Semakin banyak backlink yang masuk ke dalam website anda, maka akan semakin sering juga Google berkunjung ke dalam website anda. Hal ini akan membuat website yang banyak mendapatkan backlink akan lebih sering dirayapi.

Jika website anda sering dirayapi, maka itu akan membuat artikel-artikel baru anda akan lebih cepat terindeks. Hal yang baik dari banyaknya backlink yang masuk adalah menaikkan otoritas website anda. Jadi suatu saat nanti artikel-artikel baru anda akan bisa ranking begitu saja di halaman pertama setiap kali anda melakukan posting.

3. TRAFIK KIRIMAN

Jika anda mendapatkan backlink dari website lain dengan cara yang benar, maka backlink anda akan berada di dalam suatu artikel sebagai informasi pendukung. Hal ini tidak jarang akan membuat orang mengklik backlink tersebut untuk membaca halaman website anda.

Tapi bukan berarti backlink di website lain harus diklik dulu baru menjadi backlink untuk website anda. Selama backlink itu sudah terpasang dan sudah ditemukan oleh robot Google, maka backlink tersebut sudah akan terhitung sebagai backlink anda.

APA KRITERIA BACKLINK YANG BAIK?

Setiap backlink mempunyai kualitas yang berbeda satu dan yang lainnya. Jadi berikut ini adalah beberapa hal yang menentukan kualitas dari suatu backlink….

1. RELEVANSI

Google memberikan nilai lebih pada backlink yang mempunyai tingkat relevansi yang tinggi karena orang-orang akan sangat mungkin mengklik link seperti ini. Jadi jika halaman website anda berbicara tentang otomotif, lalu mendapatkan backlink dari halaman resep masakan dan halaman bengkel mobil …. Maka jelas backlink yang berasal dari halaman bengkel mobil akan mempunyai poin yang lebih besar.

Jadi jika anda berusaha mencari backlink dengan kualitas tertinggi, maka tentunya anda berusaha mendapatkan backlink dari website yang membahas hal yang sama. Ada yang mencari backlink seperti ini dengan cara white hat, di mana mereka mempromosikan konten mereka ke banyak website yang relevan. Namun karena biasanya cara seperti ini sulit, maka banyak juga yang membeli review, atau bahkan melakukan ternak PBN atau Private Blogs Network.

2. OTORITAS

Backlink yang bersumber dari website yang mempunyai otoritas yang tinggi biasanya akan memberikan nilai yang lebih besar. Jadi kita bisa melihat bahwa website-website yang mendapatkan backlink dari website yang populer biasanya akan lebih cepat naik di hasil pencarian Google.

Inilah alasannya kenapa ada banyak orang yang bersedia mendapatkan paid review untuk website mereka walaupun harus membayar antara Rp.500.000 hingga Rp.1.000.000. Memang sekuat itu efek dari website yang mempunyai otoritas di suatu niche.

Satu hal yang perlu anda ketahui, yaitu paten Google mengatakan bahwa poin akan dibagi secara sama besar menuju setiap link keluar yang ada di dalam satu halaman website. Jadi semakin sedikit jumlah link keluar yang ada di dalam suatu halaman, maka akan semakin besar nilai otoritas yang diberikan ke website anda.

Otoritas backlink akan sangat mempengaruhi jumlah pengunjung yang masuk

3. PELETAKAN BACKLINK

Ada posisi-posisi di dalam suatu halaman website yang mempunyai potensi klik lebih besar dari yang lainnya. Posisi-posisi yang seperti ini akan memberikan otoritas yang lebih besar dibandingkan yang lainnya.

Bukan hanya itu saja. Jika suatu backlink bahkan mempunyai warna atau ukuran yang lebih mencolok dibandingkan yang lainnya sehingga lebih cenderung untuk diklik, maka itu bisa memberikan poin yang lebih besar dibandingkan link yang lainnya di dalam halaman tersebut.

4. LINK NOFOLLOW VS DOFOLLOW

Jika anda mendapatkan backlink yang nofollow, maka itu cenderung tidak akan memberikan pengaruh apapun pada peringkat website anda. Jadi jika anda menghabiskan banyak waktu untuk mencari backlink, maka sebaiknya anda berfokus untuk mendapatkan backlink yang dofollow.

5. TEKS JANGKAR

Google dengan jelas mengatakan di dalam patent mereka bahwa teks jangkar memberikan pengaruh pada peringkat. Hanya saja menurut banyak penelitian yang dilakukan beberapa praktisi di moz.com dan ahrefs.com bisa terlihat bahwa kaitan antara teks jangkar dan kata kunci yang dipasangkan itu tergolong lemah.

Jadi walaupun teks jangkar itu memang memberikan pengaruh tapi pengaruhnya tidak sekuat faktor-faktor lainnya.

CARA CEK BACKLINK

Ini yang perlu anda ketahui bahwa saat ini tidak ada cara untuk mengetahui dengan persis jumlah backlink yang masuk ke dalam halaman website anda. Ada beberapa tools yang bisa kita pergunakan untuk melakukan pengecekan jumlah backlink yang masuk ke dalam website kita seperti search console, dan ahrefs backlink checker …. tapi tidak ada yang memberikan laporan yang realtime yang sama dengan yang ada di dalam sistem Google.

Ya! Google search console memang merupakan produk Google, namun mereka tidak memberikan laporan yang realtime. Sesekali anda akan melihat jumlah backlink yang ada di dalam laporan ini menjadi 0 dan peringkat anda di hasil pencarian akan baik-baik saja. Hal itu dikarenakan laporan backlink di search console memang tidak ada kaitannya dengan penentuan peringkat.

Lalu dengan ahrefs pun sama saja. Mereka hanya mengindeks sekitar 50-an% dari jumlah halaman yang diindeks oleh Google. Jadi backlink yang bisa mereka laporkan juga hanya berkisar separuh dari yang ada di dalam sistem Google.

2 tools ini merupakan tools terbaik untuk melakukan pengecekan backlink, dan tidak satupun yang memberikan angka yang sebenarnya. Jadi dari sini kita bisa berkesimpulan bahwa saat ini belum ada cara untuk mengetahui jumlah backlink yang sebenarnya yang dimiliki oleh website anda.

Tapi jika anda mau mengetahui jumlah backlink anda di Search console, maka pastikan website anda sudah terdaftar di Search Console. Jika belum … anda bisa mendaftarkan website anda terlebih dahulu di search console.

Setelah anda mendaftarkan website anda di search console, maka dalam beberapa hari data backlink anda mulai menerima laporan. Anda bisa cek laporan ini pada menu LINKS di bagian EXTERNAL LINKS.

backlink pada search console

Atau anda bisa juga menggunakan tools AHREFS BACKLINK CHECKER. Anda cukup memasukkan URL anda dan melakukan verifikasi captcha, maka laporan backlink menuju URL yang anda masukkan akan ditampilkan. Yang perlu anda ketahui adalah jika anda memasukkan URL homepage, maka pada saat anda melakukan pencarian … hasil yang ditampilkan adalah semua backlink yang menuju semua halaman di dalam nama domain anda.

backlink checker ahrefs

CARA MENDAPATKAN BACKLINK

Jika anda mau mendapatkan backlink untuk website anda, maka anda bisa menempuh 3 cara, yaitu: MEMBUAT, MENDAPATKAN, atau MEMBANGUN backlink anda.

1. MEMBUAT BACKLINK

Ini yang anda lakukan pada saat anda berusaha mendapatkan backlink dengan cara melakukan submit di direktori bisnis, berkomentar di blog orang lain, atau membuat balasan di thread pada suatu forum.

2. MENDAPATKAN BACKLINK

Anda dikatakan mendapatkan backlink untuk website anda jika backlink anda ini berasal dari orang-orang yang mengunjungi website anda. Para pengunjung ini bisa berasal dari mesin pencari, ataupun melalui social media. Jadi mendapatkan backlink terjadi secara alami. Anda bisa memperbesar peluang anda mendapatkan backlink ini jika anda mempunyai konten berkualitas yang bisa membantu mereka yang datang ke website anda.

3. MEMBANGUN BACKLINK

Ini adalah yang anda lakukan pada saat anda menghubungi beberapa pemilik website lainnya dan meminta mereka untuk memberikan backlink untuk halaman website anda. Anda tidak bisa melakukan ini jika anda tidak menawarkan keuntungan yang jelas pada penawaran anda. Jadi berikut ini adalah beberapa taktik link building yang bisa anda coba.

  1. GUEST BLOGGING: Di sini anda menawarkan untuk memberikan 1 postingan artikel yang berkualitas untuk suatu website.
  2. BROKEN LINK BUILDING: Untuk melakukan ini anda berusaha mencari link yang mati atau link yang menuju halaman yang sudah tidak ada lagi. Setelah anda menemukan link yang mati ini anda bisa memberikan link dari halaman website anda sebagai rekomendasi pengganti.
  3. TEKNIK GEDUNG PENCAKAR LANGIT: Carilah konten yang relevan yang mempunyai banyak links. Setelah itu anda coba membuat konten yang lebih baik dan setelahnya anda bisa mencoba menghubungi website-website yang memberikan link ke website tadi untuk memberikan backlinknya untuk website anda.
  4. BRAND YANG BUKAN LINK: Anda bisa mencoba mencari halaman-halaman website yang menyebutkan brand atau merek anda tapi bukan dalam bentuk link. Anda bisa meminta mereka untuk mengubah brand tadi agar diubah menjadi link.

========

Ok, jadi ini adalah beberapa hal yang bisa anda pelajari tentang backlink. Backlink jelas masih sangat penting dalam penentuan peringkat. Hanya saja anda perlu mengetahui hal-hal apa saja yang benar-benar berpengaruh dan apa saja yang tidak memberikan efek yang besar.

Satu aturan yang perlu anda ketahui adalah, SEMAKIN MUDAH anda mendapatkan sebuah backlink, maka biasanya nilainya akan SEMAKIN KECIL. Google memang memberikan penilaian pada backlink berdasarkan tingkat kesulitan untuk mendapatkannya.

Kategori: SEO

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *