Search Engine Marketing atau yang biasa disingkat sebagai SEM adalah kerabat dari SEO… tapi yang ini adalah versi berbayar. Tujuannya sama dengan SEO yaitu untuk bisa masuk halaman pertama Google. Tapi SEO melakukannya dengan optimasi dan promo selama berbulan-bulan, sedangkan Search Engine Marketing (SEM) cukup dengan membayar iklan untuk tayang di hasil pencarian.

Begitu bayar, langsung tayang di halaman pertama … mudah kan?

Anda akan mendapatkan trafik dengan sangat cepat, hanya saja anda harus membayar untuk setiap trafiknya. Jadi pastikan trafik tersebut bisa menghasilkan keuntungan yang lebih besar dari biaya iklan….

iklan Google

Berapa biaya iklan di Google?

search engine marketing

Jika anda menggunakan Search Engine Marketing (SEM), maka anda perlu memastikan bahwa ini adalah metode yang akan memberikan keuntungan untuk anda. Jadi hal pertama yang perlu anda ketahui adalah berapa biaya yang harus anda bayarkan?

Biaya yang harus anda bayar itu sangat bergantung dari kata kunci yang anda pilih.

Kata-kata kunci yang banyak dicari orang dan juga keras persaingannya biasanya akan lebih mahal. Adapun biaya untuk kata kunci persaingan lokal di Indonesia biasanya akan berkisar dari Rp1.000 hingga Rp10.000.

Tapi anda bisa mencoba memasang bid iklan yang rendah dulu untuk melihat apakah iklan anda ditayangkan di kata kunci yang anda targetkan…. Jika posisi iklan anda cukup di bawah dan anda ingin menaikkan iklan ke posisi yang lebih tinggi, maka anda bisa menaikkan biaya maksimal dari iklan anda.

Untuk anda yang bersaing di dunia internasional ada beberapa kata kunci yang sangat mahal. Bahkan ada yang biayanya hingga 600 US Dollar per kliknya.

Search engine marketing bisa menjadi strategi yang baik untuk pemasaran anda; selama anda bisa mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar dari biaya beriklan. Ada banyak sekali perusahaan internasional yang menghabiskan hingga puluhan ribu dolar untuk Kampanye iklan di Google Ads tetapi berakhir dengan kerugian.

rugi Google ads

Jadi,… syarat utama untuk bermain search engine marketing adalah Anda menawarkan produk atau jasa yang berbayar.

Jika saat ini Anda masih dalam tahapan untuk membuat konten secara gratis untuk mendapatkan pembaca, maka jangan habiskan uang anda untuk melakukan search engine marketing. Membayar Rp2.000 atau Rp3.000 untuk mendapatkan seorang pembaca rasanya bukan hal yang cerdas. Mungkin beriklan di sosial media akan jauh lebih sesuai untuk tujuan anda.

======

Jadi artikel ini akan menjadi pembuka dari serangkaian artikel panduan cara melakukan search engine marketing di Google.

Sebelum kita membuat lebih banyak lagi postingan-postingan tentang search engine marketing; di sini saya mau membagikan beberapa istilah yang nanti akan sering kita pergunakan di dalam panduan search engine marketing ini….

Istilah di dalam Search Engine Marketing

Advertising Network
Ini adalah jaringan website di mana iklan Anda dapat ditayangkan oleh perusahaan iklan. Iklan Anda bisa saja ditampilkan di berbagai website yang terikat kontrak dengan perusahaan. Keuntungan yang dihasilkan oleh perusahaan iklan akan dibagi dengan jaringan iklan.

Algoritma
Algoritma adalah sistem otomatisasi yang digunakan oleh perusahaan search engine untuk menampilkan hasil pencarian … baik itu yang berbayar maupun yang organik.

Teks jangkar
Ini adalah text pada Link yang bisa diklik. Penggunaan teks ini adalah untuk memberitahu pengunjung dan mesin pencari tentang isi dari halaman yang dituju oleh link tersebut.

Click Through Rate
Ini adalah nilai rata-rata dari jumlah klik yang dihasilkan oleh pengguna pada suatu iklan. Ini dihitung dengan cara membagi jumlah klik yang diperoleh terhadap jumlah penayangan iklan. CTR ini akan membantu pengiklan untuk mengukur performa dari iklan mereka.

Cost per Action
Ini adalah biaya yang akan dibayarkan oleh seorang pengiklan untuk setiap aksi yang dilakukan oleh pengunjung. Aksi ini bisa berupa pendaftaran, telepon, atau melakukan pembelian.

Cost per Click
Ini adalah biaya yang akan dibayarkan oleh seorang pengiklan untuk setiap klik yang terjadi pada sebuah iklan. Ini juga dikenal dengan istilah PPC atau Pay Per Click. Sebagian besar iklan teks yang dipasang di search engine menggunakan model CPC ini.

Cost per Thousand
Ini adalah biaya yang dibayarkan oleh seseorang pengiklan untuk setiap 1000 kali penayangan iklan ke pengunjung. Kebanyakan iklan banner menggunakan model iklan ini.

Geo Targeting
Geo targeting adalah pembatasan wilayah target penayangan iklan. Jadi anda bisa menentukan iklan anda hanya tampil di suatu provinsi atau di suatu negara tertentu saja.

Quality Score
Ini adalah penilaian yang dilakukan oleh search engine terhadap sebuah website atau iklan dengan cara mengukur CTR, landing Page, performa kata kunci dan faktor-faktor penting lainnya. Quality score bisa sangat mempengaruhi harga dari iklan anda. Semakin baik quality score dari iklan anda maka akan semakin murah biaya iklannya.

 

Mana yang lebih baik SEO atau SEM?

Untuk Anda yang bisa menghasilkan keuntungan yang lebih besar dari biaya beriklan; maka mungkin anda akan beranggapan bahwa search engine Marketing adalah solusi yang lebih baik. Hal itu dikarenakan search engine marketing bisa dilakukan secara instant.

Website anda akan langsung ditampilkan di hasil pencarian pada saat anda melakukan pembayaran. Jadi keuntungan dari search engine Marketing ada dari sisi waktu.

Sedangkan SEO atau search engine optimization adalah proses yang yang sangat lama. Tapi pada saat SEO sudah berhasil mendapatkan peringkat yang tinggi, maka SEO akan unggul karena tidak adanya biaya yang diperlukan untuk setiap kunjungan.

Bukan hanya itu saja, nilai CTR dari SEO jauh lebih tinggi dari nilai CTR search engine marketing.

Jika Anda menggunakan iklan Google anda akan melihat bahwa CTR dari iklan anda akan berada di kisaran 4% sampai 8%. Sangat sedikit kasus yang bisa lebih besar dari ini.

Berbeda dengan CTR SEO yang walaupun penayangan hasil pencarian organik berada di bawah iklan, namun bisa mendapatkan CTR di Kisaran 30% sampai 60%.

Jadi Bagi anda yang membutuhkan traffic dalam waktu cepat , maka search engine Marketing adalah solusi yang tepat untuk anda. Tetapi bagi Anda yang yang menginginkan traffic yang besar dalam jangka panjang, maka SEO adalah pilihan yang terbaik untuk anda.

Jadi ini adalah gambaran yang singkat tentang search engine marketing. Saya akan membahas ini dalam pembahasan-pembahasan selanjutnya sebagai alternatif dari SEO (bagi anda yang membutuhkan trafik yang mendesak).

 

Kategori: Internet Marketing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *