Search intent adalah tujuan dari setiap orang yang melakukan pencarian di mesin pencari. Setiap pencarian pasti mempunyai tujuan yang khusus. Jika anda gagal mengenali search intent untuk kata kunci anda, maka itu bisa menjadi masalah untuk optimasi anda.

Kenapa Search Intent Penting Untuk SEO?

Ada banyak sekali pemilik website yang berpikiran bahwa artikel harus selalu panjang tanpa memperhatikan search intent atau tujuan pencarian dari pengunjungnya. Hasilnya mereka malah sulit untuk ranking karena konsep kontennya tidak sesuai dengan keinginan pencari….

search intent

Memang kita bisa melihat di hasil pencarian Google bahwa pada umumnya yang ranking di hasil pencarian Google adalah artikel-artikel yang panjang. Karena memang pada umumnya yang dicari adalah kata kunci dengan search intent informasi yang memang membutuhkan informasi yang mendetil.

Namun ada search intent yang lain, seperti yang mencari link download. Mereka tidak memerlukan artikel yang panjang lebar. Jika itu adalah halaman download software untuk PC, maka cukup berikan penjelasan mengenai system requirements saja dan berikan link downloadnya.

Atau jika anda menargetkan kata kunci transaksional jual beli, cukup jelaskan spesifikasi produk saja, dan tidak perlu membuat artikel 1000 atau 2000 kata. Rasanya jauh lebih ada gunanya jika anda membuat 10 artikel produk dengan deskripsi 200 kata, daripada 1 artikel produk dengan deskripsi 2000 kata.

Pertimbangkan juga apakah kata kunci yang dicari oleh pembaca anda memerlukan media penunjang. Misalnya anda membuat website desain grafis atau jasa arsitek atau illustrator, maka biasanya pengunjung ingin melihat gambar-gambar hasil kerja anda sebagai pertimbangan.

Jika anda sedang berjualan MIXER ADONAN KUE, maka sebaiknya anda tidak perlu menghabiskan waktu membuat landing page untuk kata kunci Mixer Adonan Kue Terbaik. Google saat ini mulai paham bahwa yang dicari oleh penggunanya bukan orang yang jualan mixer, tapi orang yang membuat review perbandingan antar produk mixer….

Di tahun 2008-2011 ada banyak sekali perusahaan mobil yang membuat kontes SEO dengan kata kunci MOBIL KELUARGA TERBAIK, dan memang mereka bisa ranking pada saat itu. Namun sekarang yang ranking adalah halaman-halaman yang membuat perbandingan antar mobil keluarga….

Nah, kalau mereka pintar … mereka akan membuat website yang membahas perbandingan mobil. Bersikap seolah-olah mereka pihak yang netral, namun isi kontennya sedikit memuji produknya sendiri….

Inilah pentingnya memperhatikan Search Intent untuk SEO website anda. Jadi pada saat anda membuat suatu konten dan menargetkan kata kunci tertentu …. sebaiknya anda mempertimbangkan dengan matang halaman seperti apa yang diinginkan pengunjung.

Untuk membantu anda memahami ini, maka terlebih dahulu anda harus mengenal 4 jenis search intent:

Search Intent: INFORMASI

Untuk mereka yang mencari informasi biasanya akan berharap menemukan halaman yang penjelasannya lengkap, namun tidak bertele-tele.

Misalnya untuk kata kunci CARA MENGOBATI KANKER PAYUDARA

Biasanya tujuannya memang untuk mencari pengobatan, namun pembaca pada umumnya tidak akan keberatan mendapatkan informasi yang selengkap-lengkapnya; karena itu bisa memberikan mereka pemahaman terhadap penyakit yang dihadapi….

Inilah sebabnya anda akan melihat halaman-halaman yang ranking berupa website niche kesehatan yang bukan hanya membahas cara pengobatan saja. Mereka juga membahas penyebab, gejala, tahap perkembangan kanker, pengobatan, yang boleh dan tidak boleh dilakukan, dan lain-lain.

Pada saat anda membuat artikel informasi sebaiknya anda membiasakan diri dengan kata-kata tanya: Apa, Siapa, Kapan, Di mana, Kenapa, Bagaimana, dan Berapa. Kata-kata tanya ini akan membantu anda membuat artikel yang lengkap dan terstruktur.

Search Intent: Navigasi

Untuk tujuan pencarian yang ini biasanya orang sedang mencari website tertentu namun tidak yakin dengan link yang harus dituju. Tentunya anda tidak akan bisa memenangkan kata kunci search intent populer seperti Bank Mandiri, karena pasti pencari akan menemukan jawabannya langsung dari mesin pencari.

Tapi anda masih bisa menargetkan kata-kata kunci navigasi di pencarian yang kurang populer. Misalnya DAFTAR WEBSITE STREAMING BOLA atau DAFTAR WEBSITE BERITA ISLAM, dan lain sebagainya.

Halaman web anda bisa menjadi penyedia link menuju website-website seperti ini, karena persaingannya lebih ringan.

Search Intent: Transaksi / Jual Beli

Ini adalah salah satu search intent yang juga banyak pencarinya. Jadi tujuannya sudah jelas yaitu mau membeli sesuatu. Biasanya kata kunci dengan tujuan ini memakai kata kunci JUAL, HARGA, TOKO, dan MURAH.

Mereka yang mencari kata kunci transaksi seperti ini biasanya berharap menemukan halaman toko online atau marketplace…. Sayangnya, kata kunci seperti ini biasanya sudah dikuasai oleh Marketplace, jadi anda sebaiknya mencoba menguasai kata kunci panjang (5 kata ke atas)…. Usahakan ada kata-kata MURAH atau bahkan TERMURAH di judul anda untuk memancing pembeli mengklik halaman website anda.

Search Intent: Investigasi Komersil

Jika search intent TRANSAKSI sudah dengan niatan membeli suatu produk; maka search intent INVESTIGASI KOMERSIL ini belum menjatuhkan pilihan pada produk tertentu. Mereka masih mencari perbandingan-perbandingan untuk menentukan keputusan mereka.

Biasanya kata kunci ini memakai kata TERBAIK, DAFTAR, VS, REVIEW, dll. Jadi pencari berharap menemukan halaman yang memberikan perbandingan fitur yang jelas antar produk.

Cara Mengoptimasi Search Intent

Saya bisa membuat penjelasan ini menjadi panjang lebar, namun biasanya blogger Indonesia banyak yang tidak tahan membaca tulisan yang panjang. Jadi saya persingkat saja menjadi ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) dari pesaing anda.

Jadi untuk menentukan bagaimana jenis konten yang perlu anda buat dan apa saja hal yang perlu anda bahas, maka anda perlu melihat bagaimana bentuk website pesaing anda. Google akan menampilkan hasil yang dianggap paling sesuai dengan search intent dari penggunanya.

 

Kategori: SEO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *