Ini adalah salah satu hal yang paling banyak ditanyakan oleh para pemula yang bermain di SEO. Saya biasa merekomendasikan agar membuat tulisan yang mendetil tentang suatu topik. Pada umumnya artikel yang mendetil memang panjang dan lebih dari 1000 kata, tapi bukan berarti anda harus selalu membuat tulisan yang panjang. MENDETIL tidak selalu berarti panjang.

menulis artikel panjang atau pendek

Definisi dari MENDETIL adalah memuat semua informasi yang dibutuhkan. Walaupun anda membuat sebuah artikel sepanjang 5000 kata, tapi jika artikelnya tidak selengkap artikel 500 kata, maka anda tetap saja anda akan kalah dalam relevansi konten. Jadi setiap pelaku SEO harus tahu bagaimana cara membuat artikel yang lengkap dan bukan bertele-tele.

Untuk membuat artikel yang mendetil anda harus melakukan riset terlebih dahulu. Tentu banyak di antara anda yang malas melakukan riset. Saya sendiri juga tidak selalu melakukan riset. Saya hanya melakukan riset pada artikel-artikel yang mempunyai jumlah pencarian yang besar saja.

Bagaimana cara melakukan riset secara gratis? Setidaknya anda harus membaca 10 artikel teratas. Tapi jangan hanya membaca saja … catat semua informasi yang tersedia di dalamnya.

Misalnya jika anda membuat artikel tentang gunung maka anda harus memastikan semua informasi yang dibutuhkan ada di dalam. Misalnya:

  1. Di mana lokasinya?
  2. Berapa ketinggiannya dari permukaan laut
  3. Seberapa sulit medannya untuk para pendaki?
  4. Suhu selama pendakian dan di puncak gunung
  5. Tempat yang berpotensi bahaya
  6. Foto tampilan beberapa area di gunung
  7. Apakah kendaraan bisa sampai puncak secara off-road?
  8. Gunung terdekat atau gunung yang serupa
  9. Perlengkapan yang diperlukan untuk pendakian
  10. Durasi pendakian sampai puncak
  11. Tempat-tempat istirahat selama pendakian, dll

Jadi anggap saja anda sudah melakukan riset menyeluruh dari 10 artikel dan menemukan bahwa ada 15 hal yang dibahas oleh 10 artikel itu. Maka tugas anda adalah membuat artikel yang membahas setidaknya 15 hal tersebut, atau bahkan lebih … jika anda bisa menambahkan yang lainnya.

Jadi menulis 5000 kata tidak akan banyak membantu anda memenangkan persaingan jika anda hanya membahas 10 poin saja dari daftar di atas, sedangkan ada pesaing lain yang menulis 750 kata dengan memuat 15 pokok pembahasan.

Google bukan hanya melihat berapa kali pengulangan kata kunci yang lakukan. Google juga berusaha memahami apa yang anda bahas. Misalnya untuk memahami bahwa anda membahas masalah ketinggian gunung … Google akan mengenali kata “dari permukaan laut” atau “above sea level”. Atau untuk mengetahui apakah anda membahas tingkat kesulitan pendakian … Google akan mencari kata “mudah” atau “sulit”.

Google akan membandingkan kelengkapan informasi yang anda bahas dibandingkan dengan pesaing lainnya. Ini bukan LSI, ini lebih spesifik dari LSI. Google mencari sesuatu yang lebih dari sekedar LSI. LSI biasanya tidak perlu diperhatikan, karena itu akan terjadi dengan sendirinya jika kita membahas suatu topik.

Jadi untuk optimasi SEO … kelengkapan informasi lebih penting daripada tulisan panjang bertele-tele. Jika anda bisa memberikan informasi yang lengkap adalam 500 kata, maka tidak perlu memaksakan tulisannya menjadi 2000 kata.

Kategori: SEO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *