Ini adalah salah satu mitos yang saya kira sudah hilang ternyata masih ada beberapa orang yang menanyakan. Anggapan bahwa TLD edu, gov, go.id dan ac.id lebih baik dari TLD lain saat dijadikan backlink itu cuma hoax saja. Tapi mungkin anda belum tahu dari mana hoax ini berasal.TLD untuk nama domainDulu di negeri berflower +62 ini ada banyak sekali mastah SEO wannabe yang menjual buku-buku optimasi SEO dalam format PDF. Mereka menjual buku ini dengan harga yang cukup mahal sehingga menjadi pundi-pundi keuangan yang besar untuk mereka….

Yang menjadi masalah adalah ada beberapa ajaran yang mereka masukkan di dalam buku panduan itu yang tidak benar. Misalnya tentang cara menilai persaingan dan juga masalah backlink dari TLD edu, gov, go.id dan ac.id ini. Pemahaman ini mereka dapatkan dari mana? Ya dari pengalaman pribadi…

Jadi mereka melakukan beberapa penanaman backlink di website edu, gov, go.id dan ac.id tadi dan hasilnya memang sangat positif. Jadi mereka dengan tidak punya dasar yang kuat mengira bahwa itu adalah faktor TLD-nya….

Sebenarnya efek yang sangat positif itu bukan karena faktor TLD-nya, tapi dikarenakan pengelolaan website instansi resmi pemerintahan dan akademisi memang saat itu lebih terjaga, maka poin dari website-website itu lebih besar.

Hanya saja setelah itu malah jadi banyak orang yang spam ke website pemerintahan dan website kampus. Ternyata hasilnya semakin lama semakin biasa saja. Malah saat ini ada banyak yang benar-benar tidak membantu sama sekali.

Ada beberapa kampus yang membuka kolom blog untuk mahasiswanya sehingga mahasiswanya bisa menulis artikel di blog subdomainnya sendiri. Akhirnya link di dalam halaman website kampus itu semakin banyak.

Jadi website kampus bukannya menjadi rujukan dari banyak website lain, malah website kampus memberi banyak rujukan link ke website lain yang isinya ngak jelas dan kontennya berkualitas rendah. Jadi sekarang website kampus banyak yang sangat rendah nilai trustnya dalam penilaian Google.

Bandingkan kalau anda mendapatkan backlink dari halaman blog mahasiswa di website TLD ac.id kampus tertentu, dengan mendapatkan backlink dari website alodokter.com. Pasti backlink dari alodokter ini akan mengangkat website anda dengan sangat cepat. Padahal website ini memakai TLD .com ….

Jadi backlink itu sama sekali bukan masalah TLD, tapi masalah pengelolaan websitenya seperti apa. Mudah-mudahan sekarang tidak ada yang mempersulit dirinya karena hanya mencari backlink dari TLD edu, gov, go.id dan ac.id ini saja.

Cari backlink dari TLD mana saja, selama otoritasnya tinggi itu akan membantu anda. Keberagaman TLD justru akan membuat profil backlink anda terlihat lebih alami.

Kategori: SEO

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *