Backlink adalah sesuatu yang sangat penting dalam penentuan peringkat di Google. Sudah sejak lama Google menggunakan backlink sebagai salah satu faktor utama di dalam algoritma penentuan peringkat.

Jika anda adalah seorang pemula, maka yang paling pertama yang perlu anda ketahui adalah “tidak semua backlink itu sama”…. Ada backlink yang setara dengan ratusan ribu backlink. Jika anda bisa mendapatkan backlink yang seperti ini, maka anda bisa bersaing di kata kunci persaingan berat walaupun backlink di website anda sangat minim.

faktor backlink penentu peringkat di Google

Agar backlink anda bisa memberikan poin yang maksimal, maka ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, yaitu:

  1. Profil Backlink Yang Masuk
  2. Kualitas Backlink Yang Masuk
  3. Kondisi website Anda

Jika anda gagal di salah satu faktor ini, maka optimasi anda pasti akan berjalan sangat berat….

PROFIL BACKLINK YANG MASUK

Pada saat kita berbicara tentang profil backlink untuk SEO, maka tujuannya adalah untuk mendapatkan profil yang terlihat alami di dalam penilaian Google.

Profil backlink yang alami haruslah beragam dalam segala hal. Adapun hal-hal yang dinilai dari profil backlink kita antara lain adalah:

  1. Variasi nama domain dan IP website
  2. Variasi teks jangkar backlink, dan
  3. Variasi narasi yang mengapit backlink

Variasi Nama Domain dan IP Website

Ini adalah variasi yang paling penting di dalam profil backlink anda. Pada saat anda mencari backlink; anda harus mengusahakan keberagaman nama domain. Jangan menghabiskan waktu anda memasang ratusan backlink dalam 1 nama domain yang sama.

Anda cukup memasang sekitar 5 backlink saja untuk setiap nama domain. Setelah itu sebaiknya anda beralih mencari nama domain yang lainnya. Variasi nama domain inilah yang akan mendorong dengan cepat kenaikan Domain Authority website anda.

Biasanya IP website akan menjadi sangat beragam dengan sendirinya jika anda mencari sumber backlink secara acak. Keberagaman IP website ini hanya ditujukan untuk mencegah seseorang beternak website di satu layanan hosting untuk dijadikan sumber backlink.

Ini adalah teknik yang pernah trend di tahun 2010 hingga 2013. Anda akan bisa menemukan banyak orang yang membuat puluhan website di satu layanan hosting untuk dijadikan backlink websitenya.

Variasi Teks Jangkar

Ada banyak sekali pemula yang dengan sengaja menargetkan kata kunci yang pendek atau kata kunci yang paling komersil di nichenya.

Ini sebenarnya sesuatu yang tidak perlu anda lakukan. Pada umumnya website yang ranking 1 saat ini adalah website yang mempunyai kurang dari 1% kata kunci pendek. Selebihnya mereka menggunakan kata kunci panjang, kata kunci non-rich seperti “klik di sini”, dan kata kunci berupa nama domain sebagai teks jangkar.

Untuk menentukan besar nilai backlink untuk website anda; biasanya Google akan menilai relevansi konten halaman sumber backlink dengan halaman website anda. Jadi teks jangkar tidak memberi pengaruh yang besar untuk hal yang satu ini.

Variasi Narasi

Narasi adalah teks yang ada di sekitar backlink anda. Narasi inilah yang memberikan poin relevansi yang besar untuk backlink anda. Jika anda harus memasang backlink di halaman yang tidak relevan, maka sangat direkomendasikan untuk memasang narasi yang relevan di sekitar backlink anda.

Narasi ini akan memberikan efek pemasangan yang lebih kuat dari teks jangkar yang anda pasang di dalam link. Usahakan narasi ini tidak kurang dari 50 kata, dan di dalamnya ada setidaknya 3 pengulangan kata kunci yang ditargetkan.

Tentunya yang terbaik adalah mendapatkan link dari dalam artikel yang alami. Website yang bisa mendapatkan puluhan backlink alami dari website berotoritas tinggi akan lebih mudah menaikkan rankingnya di hasil pencarian Google.

KUALITAS BACKLINK YANG MASUK

Seperti yang sudah saya singgung sedikit di atas…. Anda tidak memerlukan banyak backlink jika anda bisa mendapatkan backlink yang berkualitas tinggi. Tapi apakah anda tahu apa saja standar kualitas backlink yang digunakan oleh Google?

Google sendiri menyatakan bahwa ciri utama dari backlink yang berkualitas adalah tingkat kesulitan yang sangat tinggi untuk memperoleh backlink tersebut. Oleh karena itu Google menerapkan beberapa faktor di bawah ini untuk menilai seberapa berkualitas backlink yang anda dapatkan….

Otoritas

Ini adalah faktor yang memberikan poin yang besar untuk website anda. Semakin tinggi otoritas website yang memberikan backlink untuk website anda, maka akan semakin besar pertambahan poin otoritas yang diperoleh website anda.

Dulu otoritas ini dinilai dengan menggunakan pagerank. Tapi sekarang Google sudah merahasiakan nilai dari pagerank; jadi ada banyak pelaku SEO yang beralih ke metrik Domain Authority yang dihitung oleh moz.com.

Semakin tinggi nilai Domain Authority website yang memberikan backlink, maka akan semakin besar efeknya untuk peringkat anda.

Relevansi

Walaupun anda mendapatkan backlink dari website yang mempunyai otoritas yang sangat tinggi, namun tingkat relevansi yang akan menentukan seberapa besar pengaruh backlink ini untuk peringkat anda.

Semakin rendah relevansi dari sumber yang memberikan backlink, maka semakin sedikit juga poin otoritas yang berguna untuk website anda. Jadi anda bisa melakukan trik-trik narasi yang sudah saya tuliskan di atas untuk menaikkan relevansi dari backlink-backlink anda.

Posisi

Posisi backlink di dalam halaman akan sangat menentukan besar poin yang dialirkan menuju website anda. Anda akan mendapatkan poin yang terbesar jika backlink anda terpasang di dalam artikel atau konten utama halaman website tersebut.

Semakin “di atas” atau semakin “di kiri” posisi backlink anda, maka akan semakin besar poinnya. Jadi link yang ada di kolom komentar atau sidebar dan footer, akan mendapatkan poin yang lebih kecil.

Halaman Penting Atau Tidak Penting

Di dalam sebuah website ada halaman-halaman yang penting dan ada juga halaman-halaman yang tidak penting. Halaman-halaman yang penting adalah halaman yang paling banyak mendapatkan internal link di dalam website tersebut. Biasanya ini ditandai dengan nilai page authority yang tinggi.

Sedangkan halaman yang tidak penting adalah halaman yang mendapatkan internal link sangat sedikit, atau bahkan tidak mendapat internal link sama sekali (halaman yatim).

Jadi jangan sampai anda berpikir website anda pasti mendapatkan poin yang besar jika backlinknya terpasang di website universitas atau akademi pendidikan yang nilai DA-nya sangat tinggi.

Walaupun nama domainnya memakai TLD ac.id, tapi bisa saja backlink anda terpasang di dalam subdomain atau halaman-halaman yang tidak penting. Halaman-halaman yang seperti ini tidak akan memberikan poin yang besar untuk website anda.

KONDISI WEBSITE ANDA

Ok, sekarang anggap saja anda sudah bisa mendapatkan backlink yang sangat berkualitas dan juga mempunyai profil yang sangat alami. Apakah itu berarti ranking anda akan naik? Tentu saja tidak sesederhana itu….

Kondisi halaman web anda juga akan sangat menentukan. Semakin berbobot kondisi website anda, akan semakin sedikit pula backlink yang anda butuhkan.

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan untuk membuat website dengan bobot onpage yang baik. Beberapa di antaranya adalah…

  1. Kualitas postingan anda (lengkap dan informatif)
  2. Keunikan postingan anda (teks, gambar, dan video yang unik)
  3. Jumlah postingan unik di dalam website anda
  4. Fokus di dalam satu niche
  5. Internal link yang dibatasi di setiap halaman
  6. Jika anda mengembangkan website bisnis, maka wajib terdaftar di Google My Business

Jika website anda kalah untuk setiap faktor di atas, maka bisa dipastikan website anda akan memerlukan backlink yang lebih banyak.

==========

Jadi inilah faktor-faktor yang perlu saudara ketahui untuk memastikan backlink yang saudara dapatkan bisa menaikkan ranking website anda. Silahkan menilai apakah ada kesalahan optimasi backlink dan optimasi onpage yang sudah anda lakukan,…. yang membuat SEO website anda tidak berkembang.

Kategori: SEO

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *