BELAJAR SEO UNTUK PEMULA

“Website anda terjun bebas di tahun 2018? Atau masih baru di dunia optimasi website?”

SILAHKAN MEMBACA PANDUAN BELAJAR SEO TERBARU 2019 DI BAWAH INI

PERKENALAN SINGKAT

Website ini adalah website baru kami setelah kami bermigrasi dari trikmudahseo.blogspot.com ke wordpress. Kami sudah 7 tahun mendalami bidang optimasi SEO, dan sampai saat ini sudah mengembangkan 5 website adsense dan afiliasi untuk market global. Selain itu kami juga sudah membuka layanan jasa backlink selama 5 tahun.

Tentunya ada perbedaan besar antara gaya optimasi SEO global dan lokal, dan kami sangat paham  itu karena kami bermain di dua market ini. Khusus untuk jasa backlink, kami kebanyakan bermain di market lokal dan sudah mengerjakan lebih dari 3000 website dan lebih dari 15.000 kata kunci.

Di tahun 2018 yang lalu, Google melakukan beberapa update besar yang membuat banyak website yang sudah sangat dioptimasi terjun bebas dari rankingnya. Ada banyak sekali pemilik website yang bingung kenapa website mereka bisa drop. Padahal alasannya sederhana saja, yaitu websitenya gagal memenuhi tuntutan algoritma terbaru Google.

Pengalaman kami mengelola 3000 website memberikan kami banyak sekali data dari ribuan website yang berbeda. Data-data inilah yang menjadi acuan kami dalam mempelajari perbedaan antara website-website yang terjun bebas dan yang berhasil bertahan di tahun 2018 yang lalu. Tentunya kami juga mempelajari rilis dari Google tentang algoritma-algoritma terbaru mereka.

Jika anda mempelajari rilis-rilis terbaru dari Google, anda bisa sangat kagum atau sangat ketakutan dengan masa depan perkembangan Artificial Inteligent atau kecerdasan buatan yang sedang mereka kembangkan….

Tapi kita tidak akan membahas itu. Di sini kami hanya mencoba menghidangkan tuntutan terbaru dari algoritma Google untuk website anda di tahun 2020 ini. Anda bisa menggunakan panduan belajar SEO ini untuk menilai kesalahan optimasi apa yang sudah anda lakukan sebelumnya….

Anda juga akan paham kenapa banyak website yang tersingkirkan oleh website berita, marketplace, dan juga startup website. Ke depannya SEO akan semakin berat untuk mereka yang tidak paham perubahan apa yang terjadi.

MODAL UTAMA BELAJAR SEO

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, materi belajar SEO ini bisa sangat membantu anda yang mengalami kejatuhan peringkat yang sangat besar di tahun 2018 yang lalu. Grafik di bawah ini adalah salah satu contoh dari website-website yang harus kehilangan trafik dalam jumlah besar di tahun 2018, dan banyak di antara website ini yang belum normal trafiknya sampai hari ini.

pengurangan trafik awal agustus uodate algoritma

Banyak pemilik website yang tidak sadar akan adanya perubahan besar di dalam algoritma Google. Mereka mencoba teknik yang sama pada website yang berbeda dan mendapatkan hasil yang berbeda pula. Akhirnya mereka malah bingung, kenapa teknik yang sama bisa gagal dan bisa juga berhasil. Untuk itulah kami menghadirkan materi panduan belajar SEO yang sudah diperbarui ini.

Tapi modal utama dari melakukan SEO tetap sama, yaitu DISIPLIN dan SABAR ….

Pemula cenderung berharap teknik yang ajaib, karena tidak sabar mau disebut mastah, dan lebih tidak sabar lagi mau memegang puluhan juta per bulan, biar tetangga sekitar terkagum-kagum. Kalau anda tidak mau bersabar, maka anda kemungkinan besar tidak akan pernah sampai ke tahapan puluhan juta. Kalaupun anda bisa mendapatkan puluhan juta, biasanya itu hanya sesaat dan sudah itu website anda terjun bebas.

Itu sudah menjadi fakta sehari-hari di beranda maupun di grup facebook pelaku SEO. Mereka yang sesumbar menulis kesuksesannya hari ini biasanya akan muncul sebulan kemudian mengeluh blognya deindex. Atau sesumbar dengan keberhasilan kecil, dan langsung membuka tutorial, dan seminggu kemudian ramai dibicarakan sebagai penipu.

Sukses itu ada prosesnya, dan bagi anda yang mau membayar harganya silahkan membaca lebih lanjut panduan belajar SEO di bawah ini….

DAFTAR ISI

Materi ini sudah cukup lengkap untuk membantu anda menguasai SEO terbaru di tahun 2019 ini. Tapi jika anda memerlukan proses pembelajaran yang lebih jelas dengan menggunakan materi audio visual (video tutorial), maka anda bisa mencoba mendaftarkan diri di program KURSUS SEO 2019 kami ini.

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Ini adalah upaya kita untuk bisa ranking di halaman hasil pencarian mesin pencari seperti Google. Banyak pemula yang baru belajar SEO tidak bisa membedakan antara SEO dan internet marketing. Jadi sering ada yang bertanya “Saya sudah ranking 1, tapi kenapa penjualan saya hanya sedikit?”

optimasi website dengan SEO

SEO hanya bertanggungjawab untuk mendatangkan trafik saja ke website anda; dan bukan untuk mengubahnya menjadi pembeli. Untuk mengubah pengunjung menjadi pembeli akan sangat bergantung pada strategi anda mengolah trafik yang masuk.

Mudah-mudahan sudah jelas, kalau di sini kita hanya berusaha mendapatkan trafik dari mesin pencari seperti Google.

Berita baiknya adalah trafik dari Google merupakan trafik yang sangat mudah untuk dikonversikan menjadi pembeli, atau bentuk konversi apapun yang anda inginkan. Hal ini dikarenakan trafik dari Google pada umumnya berisi orang-orang yang memang sedang membutuhkan produk, jasa ataupun pengetahuan anda.

Tingkat kemudahan melakukan konversi trafik dari SEO inilah yang membuat banyak pemilik website masih tertarik belajar SEO untuk memenangkan kata-kata kunci di mesin pencari seperti Google ini.

Sebelum kita lanjut belajar masalah SEO ini; kami mau memperkenalkan istilah web spam. Dalam komunitas SEO ini biasa disebut teknik black hat. Jadi dalam sudut pandang Google; SEO selalu berada di sisi white hat, dan segala sesuatu yang melanggar aturan mereka adalah Web Spam.

Kalau anda sudah lama menjadi praktisi SEO, anda pasti akan tahu bahwa SEO itu adalah sesuatu yang sangat kompleks, makan waktu, dan menguras biaya yang tidak sedikit. Ini menjadi masalah karena kebanyakan pemilik website di Indonesia adalah golongan low budget. Akibatnya teknik web spam menjadi sangat laris di kalangan pemula.

Jadi materi belajar SEO ini juga akan mengupas masalah teknik SEO black hat alias Web Spam ini nantinya.

Ok, jadi sekarang kita bisa mulai membahas hal-hal teknis dari optimasi SEO itu sendiri, dan kita akan mulai dengan membahas beberapa istilah di dalam SEO….

Anda tidak akan bisa mengikuti proses belajar SEO ini, jika anda tidak paham istilah-istilah yang ada di dalamnya. Jadi di sini saya memberikan beberapa penjelasan dari istilah-istilah dasar di dalam SEO.

  1. Kata Kunci adalah semua kata atau frasa yang dimasukkan ke dalam kotak pencarian mesin pencari seperti Google  (contoh: Jasa Cuci Sofa, Cara Mengobati anemia, dan lain sebagainya.
  2. Niche adalah batasan market atau batasan topik pembahasan. Niche itu seperti kuliner, otomotif, olahraga, dll
  3. SERP adalah singkatan untuk Search Engine Result Page atau halaman hasil pencarian. Di dalam setiap SERP biasanya ada 10 hasil pencarian.
  4. Algoritma adalah sistem perhitungan yang digunakan mesin pencari seperti Google untuk menentukan banyak hal seperti relevansi dan peringkat di dalam suatu kata kunci. Algoritma Google adalah sistem yang kompleks dan ada banyak sekali algoritma yang masing-masing memegang fungsi yang spesifik.
  5. Backlink/Inbound Link adalah Link pada website lain, yang jika diklik akan membuka halaman web kita
  6. Outbound Link/External Link adalah Link pada halaman website kita yang jika diklik akan membuka nama domain lain

Ok, cukup 6 istilah di atas saja. Kalau terlalu banyak nanti malah menimbulkan kebingungan…. 😀 Sekarang anda sudah siap untuk memulai optimasi website anda.

ayo mulai belajar SEO dari awal

Saat ini adalah masa di mana website yang mempunyai reputasi tinggi menjadi sangat dominan di hasil pencarian Google. Hal ini terjadi karena saat ini sudah ada banyak sekali website berkualitas hampir di setiap niche, sehingga Google mempunyai lebih banyak pilihan untuk ditampilkan di halaman pertama mereka.

Website-website baru akan semakin sulit bersaing di kata kunci pendek karena hampir di semua niche sudah ada website-website besar yang menguasai kata kunci pendek.

Berbeda dengan 5-10 tahun yang lalu di mana jumlah website masih sangat sedikit, sehingga website yang dibuat seadanya saja masih punya peluang yang baik. Saat ini persaingan sudah jauh lebih berat, dan sebaiknya anda menahan diri dari mengejar kata kunci pendek ini.

cara melakukan riset kata kunci

Jika website anda masih baru, dan anda adalah pemula di dunia webmaster, maka sebaiknya anda membaca dengan seksama bagian pemilihan kata kunci ini. Anda akan membuang banyak sekali waktu jika anda melangkahi bagian pemilihan kata kunci dalam proses belajar SEO anda.

Di dalam artikel ini anda akan diajarkan cara menargetkan kata kunci yang lebih cepat mendapatkan trafik, dan pada akhirnya anda juga akan menguasai kata kunci pendek yang anda inginkan….

Salah satu masalah di mana banyak optimasi berakhir sia-sia adalah website yang sulit dirayapi oleh Googlebot. Ada banyak masalah yang bisa membuat perayapan yang dilakukan Google menjadi gagal.

googlebot

Beberapa hal yang menjadi penyebab umum gagalnya perayapan adalah server yang lambat, server yang memblokir perayapan robot, atau kesalahan robots.txt dan meta robots. Jika website anda gagal perayapan, maka jelas website anda tidak akan bisa ranking. Kalaupun website anda sudah ranking, maka gagal perayapan akan membuat website anda turun peringkat secara bertahap.

Saat anda belajar SEO, sangat penting untuk memastikan website anda bisa dirayapi dengan benar. Pelajari cara membuat perayapan website anda berjalan dengan baik dengan panduan di bawah ini….

Masalah terbesar dari SEO saat ini adalah USER ORIENTED. Dulu SEO sudah cukup dengan memuaskan mesin saja, tapi ini sudah menjadi gaya optimasi yang ketinggalan zaman. Sekarang Google akan merasa puas hanya jika anda bisa memuaskan pembaca. Jadi kita berbicara masalah USER EXPERIENCE OPTIMIZATION. optimasi user experience Jadi untuk anda yang baru pertama kali belajar optimasi website sangat perlu memahami apa saja yang bisa membuat pengunjung anda merasa nyaman. Sebagai kilasan singkat, kami akan memberikan anda garis besarnya saja, yaitu:
  1. Website yang cepat
  2. Navigasinya jelas
  3. Konten utamanya lengkap dan memenuhi kebutuhan pembaca
  4. Desain yang nyaman di mata
Untuk lebih lengkapnya silahkan membaca artikel di bawah ini….

Di sini anda akan belajar bagaimana cara melakukan optimasi SEO pada halaman-halaman website anda untuk membantu Google mengindeks halaman-halaman website anda pada kata kunci yang tepat. Kegagalan melakukan optimasi SEO On-page ini bisa membuat website anda kehilangan ranking yang anda harapkan.

Di tahun 2020 ini anda harus memperhatikan onpage website anda lebih dari sebelumnya. Guncangan algoritma di bulan Januari, dan Mei 2020 ini membuat ada banyak orang yang kehilangan peringkatnya. Peringkat yang hilang ini bukan dikarenakan masalah backlink namun lebih kepada masalah onpage.

cara melakukan SEO on-page

Jika anda tidak mengetahui perbaikan apa saja yang perlu anda lakukan pada website anda, maka website anda tidak akan kembali dari hantaman algoritma ini. Google mengatakan bahwa tidak ada perbaikan yang bisa anda lakukan selain membuat website anda mempunyai konten yang lebih berkualitas dari pesaing anda. Bagaimana cara melakukan ini akan kami bahas dalam panduan SEO On-page yang sudah kami buat.

SEO on-page ini sebenarnya cukup mudah, karena SEO On-page ini sepenuhnya berada di dalam kendali anda. Tidak seperti SEO Off-page yang tidak bisa anda kendalikan karena berada di website lain. Walaupun tahapan SEO on-page ini tergolong mudah, namun anda tidak akan mendapatkan apa-apa jika anda salah dalam melakukan penataan onpage di website anda.

Optimasi SEO bukan hanya terjadi pada halaman-halaman website kita. Ada banyak hal di luar halaman website kita yang bisa membuat Google memberikan peringkat pada kata kunci yang kita targetkan.

SEO Off-page

Beberapa teman pemula mungkin tidak mengetahui bagaimana cara melakukan optimasi SEO Off-page ini, karena memang optimasi SEO Off-page adalah optimasi yang paling sulit dilakukan. Perlu anda ketahui, tidak ada teknik baku untuk yang namanya SEO Off-page. Setiap orang bisa membuat gaya optimasi SEO Off-pagenya sendiri.

Sebagian dari pengunjung website baru ini berasal dari sosial media (facebook ads). Mungkin ada yang berpikir, website SEO kenapa memakai facebook ads? Kenapa tidak? Realistis saja, website baru tidak akan bisa bersaing di niche ini, setinggi apapun skill SEO anda (kecuali membidik low competition keywords). Jadi facebook ads, atau iklan berbayar lainnya termasuk dalam kategori SEO Off-page untuk membangun popularitas sebuah website.

Jadi, untuk membantu anda melakukan optimasi SEO off-page ini, silahkan membaca artikel di bawah ini….

Tujuan akhir dari semua optimasi SEO adalah menjadikan website anda mempunyai E-A-T yang terbaik. Pada saat anda sudah sampai di level ini, setiap postingan anda akan mempunyai poin yang tinggi dan secara instan akan berada di halaman pertama atau bahkan ranking pertama.

apa itu e-a-t

Saya sangat merekomendasikan anda membaca artikel E-A-T ini. Ini adalah singkatan dari Expertise, Authoritativeness, Trustworthiness. Ini adalah materi belajar SEO yang akan membuat website anda sangat sulit untuk disingkirkan oleh pesaing di masa yang akan datang.

Selain teknik SEO yang alami, ada banyak sekali teknik SEO yang tidak alami. Banyak yang melabeli ini sebagai BLACK HAT SEO, sedangkan Google menyebut ini sebagai Web Spam. Biasanya pemula selalu ingin hasil yang instant, karena pemula tidak sabar mau dikatakan keren oleh orang-orang di sekitarnya karena bisa menghasilkan duit secara instant dari internet.

Ini yang membuat teknik black hat SEO sangat laris di dunia optimasi. Tapi Google juga tidak mau kalah dan berusaha mengembangkan algoritma untuk mendeteksi black hat SEO. Jadi saat kita bermain black hat SEO, maka fokus utamanya adalah berusaha tidak terdeteksi oleh Google… jadi di situ seninya.

black hat SEO

Karena SEO black hat adalah hal-hal yang berlawanan dengan aturan Google, maka tentu saja melakukan teknik SEO black hat mempunyai resiko suatu saat website anda akan drop dan tidak bisa bersaing lagi di hasil pencarian Google.

Jadi rekomendasi kami ke setiap pemilik website adalah membangun 2 website secara bersamaan. 1 Website dikembangkan secara white hat, sedangkan yang lainnya secara black hat. Website yang black hat akan ranking lebih dulu, sedangkan yang white hat akan menyusul kemudian.

Walaupun website yang anda kembangkan secara white hat akan menyusul belakangan, tapi sangat besar kemungkinannya akan jauh lebih kuat dari website black hat anda.

JENIS-JENIS SEO BLACK HAT

Karena SEO sendiri terdiri dari 2 hal, yaitu SEO off-page dan SEO on-page, maka jelas juga bahwa webspam terdiri dari 2 aspek ini.

SEO On-page

Perlu anda ketahui bahwa SEO on-page black hat sudah banyak yang tidak berfungsi. Tentu saja saat ini kita masih bisa melihat beberapa website yang melakukan SEO on-page black hat ini muncl di hasil pencarian, tapi sangat meragukan jika itu karena efek dari black hat yang dilakukan.

Kesimpulan ini didapatkan karena banyak website yang mencoba mengadopsi beberapa teknik black hat on-page ternyata gagal mendapatkan perbaikan ranking. Jadi kenaikan peringkat yang terjadi seharusnya disebabkan oleh faktor yang lainnya.

Beberapa teknik black hat SEO on-page yang paling dikenal adalah:

  1. Penumpukan kata kunci
  2. Menyembunyikan kata kunci
  3. Cloacking, dan
  4. AGC atau Automatic Generated Content

Teknik yang masih sering memperlihatkan efeknya adalah AGC, tapi teknik ini juga biasanya tidak tahan lama. Banyak pelaku AGC yang melihat kenaikan trafik hanya beberapa bulan saja, dan setelah itu website mereka mulai menghilang.

Jadi ini memang resiko dari melakukan black hat, anda harus bersiap-siap untuk gali lubang dan tutup lubang jika mengandalkan teknik ini saja.

SEO Off-page

Berbeda dengan SEO on-page, saat ini masih sangat banyak teknik SEO off-page yang memperlihatkan efek yang sangat tahan lama.

Beberapa teknik SEO off-page yang masih berfungsi sampai saat ini adalah:

  1. Paid Review
  2. PBN, dan
  3. Spam Komentar, forum, direktori, profil, dll

Tapi penjelasan dari SEO off-page black hat ini cukup panjang. Jadi untuk anda yang baru belajar SEO silahkan mengunjungi artikel di bawah ini…

Selanjutnya anda bisa bertanya dalam kolom komentar di bawah, tapi sebaiknya anda membaca beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan yang sudah saya tuliskan di bawah ini.

10 FREQUENTLY ASKED QUESTIONS

Karena kami sudah 6 tahun bergerak di dunia optimasi website, jadi ada banyak sekali pertanyaan yang selalu saja berulang kali kami terima dari teman-teman pemula yang baru saja belajar bermain SEO. Untuk menghemat waktu teman-teman yang bisa saja menanyakan pertanyaan yang berulang-ulang ini, maka kami sengaja membuat pojok FAQ di artikel belajar SEO kami ini. Jadi kita mulai saja….

Pertanyaan 1: Untuk orang yang baru belajar SEO, sebaiknya memulai dari blogspot atau wordpress?

Dulu, pertanyaan seperti ini akan kami jawab seperti ini “Bisa yang mana saja”. Hanya saja belakangan ini semakin sedikit pengguna platform blogspot yang ranking di halaman pertama Google. Pengalaman optimasi SEO kami juga memperlihatkan platform blogspot lebih susah dioptimasi karena beberapa hal yang menjadi sifat dasar dari blogspot itu sendiri. Jadi saat ini kami lebih merekomendasikan pemula untuk sedikit berinvestasi dengan menggunakan CMS WordPress.

Pertanyaan 2: Niche apa yang baik untuk dioptimasi? Apakah bisa mengerjakan banyak niche sekaligus?

Jika anda serius mau mengembangkan sebuah website, maka saat ini Google menekankan agar anda mengembangkan niche yang anda kuasai atau sangat minati. Itu akan membantu anda untuk membuat konten yang bisa bersaing dengan website lain. Sangat tidak direkomendasikan anda membuat website dengan banyak niche, karena itu akan seperti anda membangun banyak website yang berbeda. Anda akan sangat kewalahan melakukan optimasi. Jadi pilih satu niche saja saat anda baru belajar SEO. Anda bisa menambahkan niche yang lain saat satu niche sudah sangat kuat.

Pertanyaan 3: Berapa lama website saya bisa ranking?

Itu tergantung persaingan kata kunci yang anda targetkan. Kalau anda membidik kata kunci persaingan rendah, maka sebulan sudah akan sangat memadai…. Jika anda membidik kata kunci persaingan menengah, maka 3 bulan hingga 6 bulan adalah waktu yang ideal untuk memenangkan kata kunci tersebut. Sedangkan untuk kata kunci yang berat dan sangat berat, ya sabar saja …. karena biasanya itu akan dipenuhi website raksasa dengan budget optimasi puluhan hingga ratusan juta rupiah. Jadi untuk anda yang baru saja mulai belajar optimasi SEO sangat direkomendasikan untuk menargetkan kata kunci persaingan ringan (biasanya ini adalah long tail keyword). Jika anda langsung membidik kata kunci berat, …. dijamin anda tidak akan melihat pengunjung untuk waktu yang sangat lama.

Pertanyaan 4: Bagaimana caranya supaya ide untuk artikel mengalir terus?

Salah satu hal yang sering menjadi kendala saat seseorang baru mulai belajar SEO adalah mengalami kebuntuan ide untuk penulisan artikel. Jadi apa yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kebuntuan ini? Caranya sudah dijelaskan di atas; yaitu Anda harus melakukan riset kata kunci. Jika anda sudah bisa mengumpulkan banyak koleksi kata kunci panjang; itu berarti anda sudah mempunyai banyak bahan untuk penulisan artikel ke depannya.

Pertanyaan 5: Jika saya tidak tahu ada cara mengedit HTML atau PHP; alternatif apa yang tersedia supaya saya bisa mengedit SEO on-page dari website saya?

Jika anda benar-benar pemula dan sama sekali tidak tahu tentang bahasa pemrograman, maka opsi yang tersedia bagi anda adalah minta tolong pada kenalan ada yang paham bahasa pemrograman. Jika anda tidak mempunyai kenalan yang paham dengan bahasa pemrograman; jangan kuatir karena ada banyak sekali jasa pengeditan SEO on-page yang tersedia di internet. Anda bisa Googling, atau Anda bisa juga masuk ke forum-forum blogger dan meminta bantuan pengeditan. Untuk masalah biaya; biasanya pengeditan on-page dari sebuah website akan dikenai biaya mulai dari Rp100.000 sampai Rp2.000.000. Itu tergantung dari seberapa rumit pengeditan yang anda minta. Semakin banyak fungsi yang anda harapkan yang melibatkan begitu banyak script, maka tentunya biaya pengeditan nya akan semakin mahal. tapi kalau anda hanya ingin meminta pengeditan struktur dasar saja, maka biasanya Rp100.000 atau Rp200.000 sudah sangat memadai.

Pertanyaan 6: Jika saya terlalu sibuk untuk membuat artikel, Apakah bisa menggunakan tools spin content?

Di bulan maret 2018 yang lalu Google melakukan update algoritma yang oleh komunitas SEO internasional disebut sebagai algoritma “bracket” atau algoritma “tanda kurung”. ini adalah algoritma yang dibuat oleh Google untuk mendeteksi artikel-artikel yang Spin content. Saat ini algoritma ini masih bersifat percobaan, tapi akan menjadi masalah untuk website anda kalau algoritma ini sudah masuk ke dalam algoritma inti. Jadi sebaiknya Anda tidak membiasakan diri untuk menggunakan tools spin content karena ke depannya ini bisa mendatangkan pinalti untuk website anda.

Pertanyaan 7: Apa kesalahan yang paling sering dilakukan pemula saat belajar SEO?

Ada 3 kesalahan umum yang dilakukan pemula, yaitu:
  1. Judul yang tidak mengedepankan kata kunci dan terlalu panjang (lebih dari 10 kata)
  2. Konten yang tidak relevan. Misalnya mereka mengincar kata kunci “kredit mobil” tapi di artikelnya tidak ada satupun kata kredit.
  3. Konten yang tidak berbobot juga menjadi masalah yang umum. Walaupun artikelnya sudah relevan, tapi kontennya sangat pendek. Seringkali panjang konten hanya 300 kata sampai 500 kata, sedangkan pesaing yang masuk halaman pertama mempunyai artikel antara 1000-3000 kata.

Pertanyaan 8: Apakah SEO masih akan bertahan?

SEO pasti akan selalu ada selama mesin pencari masih menggunakan algoritma. SEO tidak lebih dari bentuk adaptasi pada algoritma mesin pencari untuk mendapatkan ranking pertama. Yang menjadi masalah adalah ke depannya akan semakin sulit melakukan teknik-teknik black hat. Sejak 2012, ada banyak teknik black hat yang sudah tidak berhasil lagi seperti dulu.

Pertanyaan 9: Apa faktor SEO terpenting saat ini?

Kalau ditanya apa yang menjadi faktor SEO yang paling penting saat ini, maka ada 3 yang sangat penting untuk diperhatikan yaitu:
  1. Konten berkualitas tinggi
  2. User Experience
  3. Domain berotoritas

Pertanyaan 10: Lebih penting konten atau backlink?

Keduanya akan saling menunjang. Tapi bisa saya katakan konten lebih penting dari backlink. Jika website anda mempunyai lebih banyak konten yang berkualitas dibandingkan pesaing yang terberat, maka biasanya anda akan bisa masuk halaman pertama walaupun dengan backlink yang sangat minim.

68 Komentar

Januar · 15 Desember 2018 pada 5:03 pm

Terima kasih mas sudah berbagi materi pembelajaran SEO-nya… Mantap sekali

    kepoin · 15 Desember 2018 pada 5:05 pm

    Sama-sama mas Januar. Singgah lagi mas, soalnya materi belajar SEO di sini masih akan dilengkapi. Siapa tahu ada pertanyaan, silahkan ditanyakan….

banjarmasin · 16 Desember 2018 pada 1:59 pm

Jadi ini pindahan dari trikmudahseo mas?? MANTUL mantap Betul mas. Jadi semangat lagi belajar seo dengan tampilan baru.

    kepoin · 17 Desember 2018 pada 4:17 pm

    Iya mas, mengungsi dari trikmudahseo nih 🙂 …. Silahkan mampir baca-baca di sini…

Santi · 19 Desember 2018 pada 7:15 am

Mas saya sudah 2 tahun buat website toko online, konten sudah banyak, dan backlink pernah pakai jasa orang, tapi sampai sekarang trafiknya masih sedikit sekali. Apa ada yang salah dari proses saya mas. Saya baca artikel belajar SEO-nya tapi sepertinya yang saya lakukan sudah lumayan?

    kepoin · 19 Desember 2018 pada 7:35 am

    Bisa saja tidak ada masalah sama sekali. Bisa saja memang mbak berada di bidang yang belum banyak dicari orang di internet. Maksud saya seperti ini, di dunia nyata saja penjual sayur akan selalu lebih ramai dari penjual hp, itu karena tingkat kebutuhan, dan jumlah market yang berbeda. Jadi toko online yang jualan mobil pasti lebih sepi dari yang jualan daster…. jadi mengenali market juga bagian dari proses belajar SEO. Tapi, kalau ternyata potensi trafiknya besar, maka harus dicek, apakah artikelnya unik, apakah servernya cepat, atau apakah backlinknya benar cara pasangnya… 3 masalah ini yang biasanya jadi penyakit umum gagalnya optimasi SEO.

Denny Chandra · 20 Desember 2018 pada 2:21 pm

Mau balajar SEO itu dasar yang paling dibutuhkan itu apa ya mas Ricky, apakah harus pintar cari backlink atau apa?

    kepoin · 24 Februari 2019 pada 6:25 pm

    Dasar paling penting dari SEO kalau mas mau belajar SEO:
    Bisa mengedit website
    Bisa menulis artikel yang berkualitas dan sebaiknya rutin
    Bisa mempromosikan website untuk mendapatkan backlink
    Bisa mencari backlink sendiri (black hat)
    Kalau sudah punya semua dasar di atas pasti lancar melakukan hal-hal yang dijabarkan di atas mas

Syahrul · 23 Desember 2018 pada 12:09 pm

Maksud domain berotoritas pada jawaban pertanyaan no.9 di atas: apakah harus domain yg sesuai kata kunci Mas?

    kepoin · 26 Januari 2019 pada 1:45 pm

    Domain berotoritas artinya domain yang mempunyai banyak backlink yang relevan dan kontekstual mas Syahrul. Saat kita belajar SEO memang ada banyak sekali istilah yang perlu dipahami.

Rapikan dotCom · 24 Desember 2018 pada 3:16 am

Terima kasih mas jabarannya. Lengkap sekali pokoknya. Sudah dibaca sampai tuntas dan semoga bisa diaplikasikan tahap demi tahap.
Satu hal yang mengena, hampir blog saya menjadi gado2, padahal otoritas masih rendah.
.
Ditunggu pembahasan seo selanjutnya mas Kepoin.

    kepoin · 26 Januari 2019 pada 1:44 pm

    Iya mas, terima kasih juga sudah mampir di website ini 🙂

isfaudin · 26 Desember 2018 pada 3:27 pm

Salam kenal sebelumnya buat mas yang punya blog, maaf saya masih baca baca mengenai materi yang ada di web anda, jika di kaitkan dengan blog saya yang baru dapat 175 artikel dengan pengunjung setiap harinya hanya 100 an apakah itu normal menurut mastah, nggih maturnuwun

    kepoin · 24 Februari 2019 pada 6:27 pm

    Itu tergantung blognya mas membahas apa. Kalau memang marketnya sedikit, jumlah artikel ribuan juga tidak akan banyak membantu mas. Yang perlu mas lakukan saat baru belajar SEO itu adalah MENGETAHUI JUMLAH PENCARIAN DENGAN MELAKUKAN RISET KATA KUNCI dan setelah itu PANTAU TERUS PERINGKAT KATA KUNCI…. Itu yang akan menentukan berapa banyak pengunjung yang akan mas dapatkan di website anda.

millenial · 29 Januari 2019 pada 12:06 am

weeww..

enak bacanya mas jadi melek internet nih

    kepoin · 24 Februari 2019 pada 6:32 pm

    Terima kasih sudah mampir di website ini mas

Juanda · 23 April 2019 pada 9:30 am

Mas kalau kita mau belajar SEO itu paling bagusnya dari mana ya?

    kepoin · 23 April 2019 pada 9:51 am

    Kalau mau belajar SEO itu paling bagus itu dari hal-hal mendasar, seperti cara membuat website yang SEO ready, lalu cara menulis artikel yang baik, dan cara mendapatkan backlink. Ini adalah hal mendasar yang harus dikuasai jika kita mau bermain di dunia SEO. Tapi sia-sia juga kita belajar SEO kalau pada dasarnya masalah kita ada pada rasa malas.

    SEO itu pekerjaan yang akan sangat memakan waktu. Apalagi kalau kita berniat menguasai persaingan di kata kunci berat. Biasanya jika kita ingin bersaing di kata kunci berat, maka yang paling kita perlukan adakah kerja tim. Sangat sulit untuk memenangkan kata kunci persaingan berat jika kita hanya sendirian saja. Jadi mengetahui level persaingan yang kita hadapi adalah tahapan belajar SEO yang sangat penting.

    Untuk mengetahui level persaingan ini biasanya kita lakukan setelah kita sudah cukup jauh belajar SEO. Karena dibutuhkan pengetahuan SEO untuk menilai tingkat SEO yang dilakukan oleh pesaing-pesaing kita.

Supriadi · 23 April 2019 pada 9:32 am

Wah…lengkap juga materi di sini. Lumayan juga untuk belajar SEO dari websitenya mas. Mas pertama kali belajar SEO tahun berapa ya? Apakah SEO begini-begini saja atau ada perubahan yang sangat mencolok….

    kepoin · 23 April 2019 pada 1:34 pm

    Belajar SEO itu dari tahun 2011 mas. Dulu SEO tidak seperti sekarang ini. Dulu masih jauh lebih mudah, karena pesaingnya sesama website amatiran. Sekarang ada banyak sekali website yang dibuat secara prrofesional jadinya persaingan sekarang semakin berat. Kalau cuma untuk bermain di kata kunci ringan masih bisalah. Tapi kalau mau bersaing di kata kunci yang berat, harus belajar SEO yang menyeluruh… karena semua aspek dari website kita harus dioptimasi.

    Perubahan yang paling mencolok ada di rankbrain, dan YMYL…. ini ada di dalam materi belajar SEO di atas mas.

Hadi Purnomo · 23 April 2019 pada 9:35 am

Saya pembaca setia dari trikmudahseo mas. Sudah lama sekali saya belajar SEO dari tulisan-tulisannya mas. Tulisannya lumayan bisa saya cerna dan alur berpikirnya paling masuk akal menurut saya. Mas belajar SEO dari mana saja mas, kalau boleh tahu. Siapa tahu bisa jadi referensi.

    kepoin · 23 April 2019 pada 1:38 pm

    Terima kasih sering mampir mas 😀 . Kalau saya belajar SEO dari banyak sumber luar mas, misalnya seroundtable, moz, neil patel, search engine land, search engine journal, AI Google press release, dll.

Zahra · 24 April 2019 pada 4:57 pm

Kenapa ya website saya ada yang gampang banget ranking dan ada yang susah sekali ranking? Sudah belajar setahun ini saya masih bingung mas
Balas

    kepoin · 25 April 2019 pada 2:48 pm

    Tergantung siapa pesaing yang mas hadapi. Kalau mas cuma menghadapi blog amatir yang dipunyai orang per orang, maka kemungkinan untuk ranking lumayan besar. Tapi kalau menghadapi website besar, maka kemungkinan untuk rankingnya itu juga kecil. Belajar SEO itu tidak menjamin mas bisa menang. Belajar SEO itu sekedar untuk menyadarkan orang apakah suatu kata kunci ada di dalam batas kemampuannya atau dia harus mencari kata kunci lain atau sekalian lupakan saja SEO. Ya memang itu tujuannya, sekedar menyadarkan seseorang apakah dia boleh berharap dari SEO atau harus mencari jalan lain.

Bimbim · 24 April 2019 pada 4:59 pm

Belajar SEO itu susah sekali mas, sepertinya setiap tahun ada perubahan besar. Bagaimana caranya supaya bisa terus ranking di hasil pencarian Google ya?

    kepoin · 25 April 2019 pada 2:37 pm

    Belajar SEO itu bukannya susah, tapi eksekusinya yang susah. Kalau cuma sekedar belajar SEO itu mudah. Tapi setelah belajar SEO ada banyak sekali orang yang justru sampai pada kesimpulan bahwa dia tidak punya apa yang diperlukan untuk melakukan SEO. Entah dia tidak punya waktu, atau tidak punya uang, atau tidak punya kesabaran. Kalau mau terus ranking ya lakukan saja apa yang diminta Google dalam artikel di atas secara konsisten, nanti juga akan ranking sendiri mas, dan awet 😀

Purnomo Agung · 26 April 2019 pada 1:18 pm

Wah lengkap sekali mas materinya untuk belajar SEO. Sepertinya ini memang materi terbaru untuk SEO. Ada banyak sekali website lain yang materinya sudah tidak diupdate lagi. Thank u mas bro

    kepoin · 26 April 2019 pada 5:02 pm

    Iya mas ini adalah update dari materi SEO yang terbaru, karena materi yang lama banyak yang sudah tidak relevan lagi sekarang. Kalau mau belajar SEO tidak bisa dihabiskan dalam sehari mas. Jadi sering-sering mampir mas dibaca satu per satu materi di sini 🙂

Rajawali Herbal · 26 April 2019 pada 1:19 pm

Ampun 😀 Saya belajar SEO malah stres. Pantasan saja website saya jatuh rankingnya. Ternyata naik kelas persaingan, dan sekarang pesaingnya malah marketplace dan website kesehatan raksasa. Ada saran ngak nih om?

    kepoin · 26 April 2019 pada 4:15 pm

    hahaha… Iya mas. Efek belajar SEO ya bisa seperti itu. Entah mas merasa senang atau mas justru merasa frustasi. Kalau websitenya mas naik persaingan ya tidak ada jalan lain selain menaikkan kualitas dari websitenya mas. Update yang lebih rutin dan backlink yang lebih banyak biasanya akan dibutuhkan. Kalau mas tidak melakukan ini maka websitenya mas akan tertinggal.

    Yang menjadi masalah adalah apakah sepadan hasilnya jika mas melakukan optimasi. Biasanya orang-orang yang melakukan optimasi adalah orang-orang yang sudah menemukan jalan untuk membuat trafik yang masuk itu sepadan hasilnya. Belakangan ini kita dipaksa untuk bersaing dengan website besar dan memang kita harus menaikkan daya saing website….

    Kalau pesaing yang mas hadapi itu adalah website berita, mas masih bisa unggul dengan membuat website yang sangat spesifik di niche atau bahkan sub niche tertentu.

Pardamean · 27 April 2019 pada 7:08 am

Saya yang kemarin ikut kursus SEO mas, ada yang lupa saya tanyakan. Website saya itukan ada di YMYL, dan persaingannya melawan website-website besar. Jadi rasanya sulit sekali untuk bisa ranking 1 di kata kunci utama yang populer. Apakah ada cara lain untuk memenangkan kata kunci yang pendek dan bukan hanya kata kunci yang panjang saja?

    kepoin · 27 April 2019 pada 7:24 am

    Tidak ada jalan lain mas. Justru usaha mas untuk menguasai sebanyak mungkin kata kunci panjang itu untuk mempermudah mas menguasai kata kunci yang pendek. Mas sudah belajar SEO di kursus kemarin kan. Ini termasuk materi awal sewaktu kita membahas masalah riset kata kunci. Kita mengumpulkan sebanyak mungkin kata kunci panjang, lalu kita kuasai supaya kita bisa menguasai kata kunci pendeknya dengan lebih mudah. Tapi tentunya artikel untuk kata kunci panjang ini kita tulis paling awal karena memerlukan waktu untuk artikel kita memenangkan persaingan berat.

Rachmat Saleh · 27 April 2019 pada 7:16 am

Saya bingung sekali mas. Ini pertama kali saya belajar SEO, dan rasanya banyak sekali yang harus dipelajari. Kepala bisa pecah kalau dimasukin semua. Puyeng saya 😀

    kepoin · 27 April 2019 pada 7:22 am

    Benar mas Rachmat ada banyak hal yang harus mas pelajari kalau mau paham tentang SEO. Itu yang menjadi alasan kenapa tidak banyak yang berminat menguasai SEO. Tapi kalau mas mau belajar SEO ini tips saya…. Perlakukan materi belajar SEO ini seperti segudang penuh makanan. Jangan berpikiran untuk menghabiskan semua makanan sekaligus. Ambil saja satu per satu makanannya dari depan. Kalau kenyang berhenti lagi biar makanannya dicerna dulu. Kalau sudah lapar lanjut lagi… Sebulan atau 2 bulan bisa habis juga isi gudang makanannya… Jelas kalau mas mau belajar SEO sampai habis dalam sehari atau 2 hari mas bisa kejang-kejang tuh 😀 Saya juga tidak sanggup… saya perlu 6 bulan mencerna materi dan praktek langsung

niam · 27 April 2019 pada 9:16 pm

mas jika tetap menggunakan blogspot, dan melihat perkembangannya yang menurut pendapat mas sekarang blogspot yang semakin sulit, dalam skala 10 untuk keberhasilan maksimal jika menggunakan worpress, berapakah nilai keberhasilan maksimal yang dapat diraih jika menggunakan blogspot dengan katakunci yang sedang?

    kepoin · 2 Mei 2019 pada 7:54 pm

    Bukan seperti itu juga mas. Blogspot tetap bisa ranking di persaingan berat juga tidak masalah, hanya saja memerlukan usaha yang mungkin berkisar 3x atau 5x lebih keras dari website wordpress atau self hosted lainnya.

Guno · 2 Mei 2019 pada 10:51 am

Saya punya website sejak tahun 2015 cukup stabil di halaman pertama Google mas. Tapi tidak tahu kenapa website saya rankingnya turun terus di tahun 2018 lalu, padahal tidak saya apa-apakan. Website saya membahas masalah produk herbal, jadi ini adalah sumber penghasilan tambahan untuk keluarga saya. Saya sudah coba belajar SEO tapi belum tahu masalah dari website saya di mana… 🙁

    kepoin · 2 Mei 2019 pada 9:28 pm

    Produk herbal berarti masuk YMYL mas. Silahkan dibaca lagi materi belajar SEO di atas khususnya yang membahas YMYL

Sutisna · 2 Mei 2019 pada 10:53 am

Sekarang ini tambah sulit saja untuk ranking ya mas. Dulu di tahun 2014 saya bisa ranking dalam 3 bulan saja di kata kunci berat. Sekarang sudah setahun lebih saya optimasi belum ranking-ranking juga. Saya jadi bingung apa yang berubah di SEO. Perasaan saya SEO itu onpage dan offpage saja dan itu rasanya sudah dimaksimalkan.

    kepoin · 2 Mei 2019 pada 9:14 pm

    Di tahun ini mas harus memperhatikan apakah websitenya mas bermain di wilayah YMYL atau tidak. Kalau websitenya mas bermain di wilayah YMYL maka mas harus belajar cara bermain SEO yang lebih serius lagi. Biasanya wilayah YMYL ini akan dipenuhi website yang otoritasnya sangat tinggi. Jadi mas harus bersaing dengan website marketplace, atau website berita nasional, dan website-website besar lainnya. Mas harus bekerja ekstra keras atau bermain tim kalau mas mau menang di wilayah YMYL ini.

Hendra T · 3 Mei 2019 pada 7:37 am

Terima kasih bang untuk artikel belajar SEO-nya. Saya berusaha mencari artikel yang baru tapi susahnya bukan main. Rata-rata yang ada di Google adalah materi lama yang sudah tidak banyak membantu lagi di tahun 2019. Hanya saja setelah membaca artikelnya perasaan hati jadi kecut-kecut asam gitu. Hahaha… harus kerja keras nih.

    kepoin · 5 Mei 2019 pada 11:38 am

    Benar sekali mas Hendra, SEO di tahun 2019 ini menjadi sangat sulit untuk beberapa niche karena Google menerapkan aturan YMYL. Aturan ini memberikan keistimewaan ke website-website yang mempunyai domain authority yang sangat tinggi sehingga mereka bisa menyingkirkan banyak website kecil dan dikelola individu.Kalau mas membaca materi belajar SEO di atas dengan lengkap mas akan melihat dua solusi yang sangat terbatas. Entah itu mas mau bermain di area kata kunci yang sangat spesifik, atau mas mencoba membangun website secara team work. Jadi mas harus menaikkan “level” permainannya mas karena level pesaing yang diberikan Google juga meningkat.

Loverz0n · 3 Mei 2019 pada 7:40 am

Niche obat kuat jadi sangat susah untuk ditembus mas. Apa ada tips, soalnya saya sangat sibuk jadi kemampuan untuk melakukan optimasi SEO jadi sangat terbatas. Mohon sarannya mas.

    kepoin · 5 Mei 2019 pada 11:49 am

    Obat kuat masuk dalam niche herbal yang bisa mempengaruhi kesehatan jadi jelas persaingannya menjadi lebih berat mas. Mas bisa mencoba untuk menulis artikel yang lebih panjang dan rajin melakukan update rutin setiap hari. Kalau mas belum punya backlink, maka usahakan mas bisa mendapatkan beberapa backlink untuk websitenya mas.

    Tidak ada cara murah meriah yang bisa saya rekomendasikan ke pemilik website, jika websitenya sudah berada di jalur YMYL. Pemilik website wajib melakukan usaha yang lebih keras untuk membuat website yang lebih serius dan lebih profesional yang bisa disukai Google dan pengunjung.

ZenZen · 5 Mei 2019 pada 9:35 am

Trims mas buat artikel belajar SEO yang mas buat. Sepertinya ini yang paling update, dan saya dapat banyak masukan. Tapi saya masih bingung masalah website YMYL, kenapa website di niche ini tiba-tiba menjadi sangat sulit untuk dimenangkan. Bukannya yang menjadi lawan kita adalah website lain. Apa tiba-tiba bermunculan website-website hebat begitu saja.

    kepoin · 5 Mei 2019 pada 12:45 pm

    Bukan websitenya baru dibuat mas. Pesaing-pesaing marketplace ini sudah lama ada, hanya saja belakangan ini Google memberikan keistimewaan ke website-website raksasa ini untuk bisa lebih mudah tampil di hasil pencarian. Kemudahan ini diperoleh karena otoritas dari website tersebut. Jadi kalau mas mau bersaing, maka sebaiknya mas juga berusaha menaikkan trust dan otoritas dari websitenya mas.

Serlyana · 5 Mei 2019 pada 9:38 am

Website saya adalah toko online mas, dan sudah setahun ini website saya drop, padahal sebelumnya website saya selalu ranking. Produk yang dijual adalah tas wanita, dan busana muslimah. Kalau bisa kasih masukan mas apa yang harus saya kerjakan untuk memperbaiki website saya?

    kepoin · 5 Mei 2019 pada 12:41 pm

    Pada umumnya toko online sekarang harus berhadapan dengan marketplace jadi toko online yang mempunyai kualitas rendah akan tersingkir. Kualitas rendah ini seperti konten yang duplikat, backlink yang sedikit, navigasi buruk, dan kecepatan lambat. Kalau mau bersaing di era SEO 2019 ini memperbanyak konten yang unik dan relevan sudah sangat wajib dilakukan. Pada umumnya orang belajar SEO dengan niat mau melakukan cara-cara yang curang atau blackhat, tapi khusus masalah konten sudah sangat sulit melakukan black hat.

      Serlyana · 7 Mei 2019 pada 7:41 am

      Nah itu yang menjadi masalah mas, sulit sekali untuk membuat website yang berkualitas itu, karena pesaingnya sekarang banyakan website berita. Bagaimana yang seperti kita ini bisa bersaing dengan website berita dalam hal update konten. Yang terpikir oleh saya cuma copas sebanyak-banyaknya. Ngak sangguplah mengetik 50 atau 100 artikel per hari.

        kepoin · 7 Mei 2019 pada 8:04 am

        Itu juga bagian dari hasil kalau mbak belajar SEO. Mbak jadi punya kesadaran kalau itu adalah hal yang sulit dan tidak semudah mimpi para newbie di luar sana.
        Tentu mbak tidak perlu menjadikan media besar sebagai pesaing utama, karena jelas mbak tidak akan bisa menyaingi frekuensi update mereka. Mbak juga tidak mungkin mimpi mendapatkan penghasilan yang sama dengan media besar hanya dengan bermain sebagai single fighter kan?

        Jadi mbak harus fokus membuat website yang benar-benar fokus di satu niche atau bahkan sub niche. Ini akan lebih mudah mbak menangkan daripada bermain luas seperti website berita. Kalau mbak sudah memenangkan satu niche, ya silahkan buka niche yang lainnya lagi. Jadi mbak harus bermain bertahap. Kalau satu niche sudah menghasilkan itu akan menghidupi rencana mbak membangun niche yang lainnya. Jadi penghasilan mbak nantinya akan semakin besar.

        Ini juga ada di dalam materi belajar SEO di atas mbak. Coba dibaca lebih perlahan supaya tidak banyak poin yang terlewatkan 🙂

Baskara Surya · 7 Mei 2019 pada 7:44 am

Membuat website yang kuat itu apa saja syaratnya mas. Ada tips ngak untuk mempunyai website yang sangat ramai dalam 6 bulan ke depan

    kepoin · 7 Mei 2019 pada 7:59 am

    Kalau mas membaca semua isi artikel belajar SEO di atas mas sudah dapat jawabannya….
    Tapi mungkin perlu dibantu untuk lebih jelasnya:

    • Websitenya harus nyaman untuk pembaca, baik dari segi kecepatan maupun tampilan
    • Artikel harus unik dan bermanfaat
    • Isi artikel harus cukup signifikan panjangnya
    • Frekuensi update yang lebih rutin dari pesaing
    • Backlink yang rutin bertambah setiap saat walaupun tidak terlalu banyak

    Kira-kira ini yang harus mas lakukan kalau mau mempunyai website yang ramai dalam 6 bulan ke depan. Kalau mas mau tipsnya ya mas bisa membayar orang untuk memudah proses ini atau mas bisa membentuk team work sebagai usaha bersama.

Dion Ambari · 11 Mei 2019 pada 10:41 am

Terima kasih mas buat materi belajar SEO di kepointernet ini. Saya mau bicara masalah yang mungkin belum dibahas. Kira-kira berapa biaya yang diperlukan, atau berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan website yang mempunyai trafik 20.000-an ke atas?

    kepoin · 11 Mei 2019 pada 4:11 pm

    Itu tergantung mas, kalau mas belajar SEO dengan benar pasti mas bisa tahu kalau jumlah pengunjung itu tergantung kata kunci apa saja yang mas menangkan. Kalau mas tidak memenangkan kata kunci yang pencariannya banyak, maka mas tidak akan pernah mendapatkan banyak pengunjung dari Google, kecuali mas melakukan strategi lain untuk mendatangkan pengunjung selain SEO.

    Tapi kalau mas sudah menargetkan kata kunci dengan persaingan yang besar, maka langkah selanjutnya adalah seberapa banyak anda bisa melakukan update rutin dan mendapatkan backlink. Semakin cepat anda melakukan update, maka trafik biasanya akan lebih cepat naik. Begitu juga dengan semakin besar pertambahan backlink setiap saat maka peluang pertambahan trafik juga semakin besar. Jadi mas bisa memilih apakah mas mau memakai cara update rutin atau suntik backlink rutin atau keseimbangan dari keduanya.

Sultan Tajir · 11 Mei 2019 pada 10:43 am

kalau saya mau membuat website gado-gado itu bisa sukses gak ya mas. Soalnya saya baru belajar SEO sebulan ini, dan belum bisa menemukan minat atau jenis website yang bagus untuk dikembangkan. Terima kasih mas buat jawabannya.

    kepoin · 11 Mei 2019 pada 4:14 pm

    Mas akan sangat menyiksa diri jika sebagai pemula mas memulai dengan website gado-gado. Rekomendasi saya adalah mas fokus di satu niche. Kalau mas tidak tahu mau menulis niche apa, maka mas bisa memulai dari niche yang bisa membuat mas antusias menulis. Masalah utama dari mengembangkan blog adalah antusiasme. Jadi jangan mempersulit diri dengan membangun blog yang tidak mas kuasai atau tidak mas sukai. Mas akan rontok di tengah jalan sebelum blognya sukses. Setidaknya kalau mas membuat blog yang mas sukai, mas akan lebih bisa menikmati hal itu. Mas melakukan blogging untuk menunjukkan bagaimana pahamnya mas terhadap niche itu atau sekedar untuk membantu orang lain. Kalau 1 website sudah populer, mas bisa mempertimbangkan membuat website lainnya. Siapa tahu dalam perjalanan tadi mas jadi menyukai sesuatu yang baru.

Bernard · 17 Mei 2019 pada 11:44 pm

Untuk belajar SEO di sini apakah sama jika saya mengikuti kursus SEO-nya? Apakah ada materi yang dirahasiakan hanya untuk peserta kursus SEO saja mas?

    kepoin · 18 Mei 2019 pada 12:16 am

    Tidak ada yang dirahasiakan mas. Awalnya kepointernet.com adalah trikmudahseo.blogspot.com yang dibuat untuk mengatasi mastah penghisap darah newbie. Jadi tidak mungkin kami sendiri merahasiakan sesuatu di materi Belajar SEO ini. Perbedaan utama antara belajar SEO dan kursus SEO adalah bantuan intensif tahap demi tahap yang benar-benar sesuai dengan kondisi masing-masing website. Jadi kondisi di materi Belajar SEO cenderung bersifat umum. Sedangkan kondisi yang terjadi di kursus SEO bersifat kasus per kasus, di mana saya mengamati langsung kondisi dari website dan memberi masukan….

Fardhana Ahmad · 17 Mei 2019 pada 11:45 pm

senang sekali mas ada materi belajar SEO dari kepointernet. Ini materinya lebih mudah untuk saya pahami, karena saya sering bingung kenapa gaya optimasi saya tidak bisa diterapkan di semua website. Ternyata ketemu jawabannya di materi yang mas buat

    kepoin · 18 Mei 2019 pada 12:12 am

    Iya mas, kalau mas mau belajar SEO memang tidak bisa hantam rata semuanya. Setiap website mempunyai persaingan berbeda, jadi berbeda juga penanganannya. Tapi dasarnya selalu sama, yaitu melihat siapa yang menjadi pesaing utama kita di kata kunci itu dan kita coba identifikasi apa saja kelebihannya dibandingkan website kita. Nanti kalau websitenya sudah bisa kita identifikasi apa saja yang menjadi kelebihannya barulah kita bisa mulai meniru atau bahkan berusaha melakukan yang lebih baik dari pesaing tersebut.

Ridwan Baharuddin · 20 Mei 2019 pada 8:13 pm

Mas apakah ada website luar negeri yang bisa mas rekomendasikan jika saya mau belajar SEO?

    kepoin · 20 Mei 2019 pada 8:42 pm

    Banyak mas, kalau mas mau belajar dari website luar negeri pada umumnya cenderung menampilkan info perkembangan SEO terbaru seperti Moz, Search Engine Land, Search Engine Journal, dan Seroundtable. Tapi ada di website-website ini kalau mas cari di menunya mas bisa menemukan tutorial how to yang mengajarkan bagaimana cara melakukan SEO. Jadi mas bisa membaca tutorial-tutorial ini kalau mau belajar SEO.

Suryadi · 20 Mei 2019 pada 8:14 pm

Terakhir saya belajar SEO itu tahun 2017 mas, dan saya lihat sekarang sepertinya ada beberapa perkembangan terbaru. Menurut mas apakah SEO itu tambah rumit mas?

    kepoin · 20 Mei 2019 pada 8:46 pm

    Saya belajar SEO dari tahun ke tahun mas dan menurut saya SEO itu semakin sederhana, karena semakin banyak trik black hat yang bisa dikenali oleh Google. Jadi semakin lama SEO bisa dikatakan semakin sederhana tapi tidak mudah. Cukup hilangkan saja hal-hal yang bersifat black hat. Misalnya, dulu kita bisa memposting banyak artikel copas untuk mendapatkan banyak trafik, tapi sekarang ini artikel copas semakin tidak tahan lama dan semakin sulit untuk ranking. Jadi belajar SEO sekarang ini cenderung ke bagaimana cara kita untuk memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan oleh Google.

Aziz M · 28 Mei 2019 pada 12:46 pm

Terima kasih ilmunya guru. Sangat bermanfaat bagi saya untuk pembelajaran. Semoga tetap lancar dan sehat terus supaya tetap update ilmu-ilmu terbaru.
Iauto bookmark

    kepoin · 25 Juni 2019 pada 6:30 pm

    Terima kasih sudah mampir mas. Mudah-mudahan materi belajar SEO di website ini bisa dipahami. 🙂

Rizki · 12 Desember 2019 pada 10:57 pm

Sangat bermanfaat mas, apa ada grup whatsup untuk agar bisa tanya mengenai belajar seomya
Trimakasij

    kepoin · 19 Desember 2019 pada 8:20 am

    Terima kasih juga sudah mampir mas Rizki. Saat ini belum ada grup WA untuk belajar SEO, karena kesibukan yang sangat padat 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *