Keyword mapping adalah salah satu yang banyak diabaikan pemula saat melakukan optimasi website. Tujuan dari keyword mapping adalah mengefisienkan pekerjaan kita di dalam optimasi SEO. Jangan sampai kita mengoptimasi terlalu banyak kata kunci di halaman yang sama, atau sebaliknya … mengoptimasi satu kata kunci di banyak halaman yang berbeda.keyword mappingJika kita mengoptimasi terlalu banyak kata kunci di dalam satu halaman yang sama, maka setiap kata kunci akan kurang signifikan, sehingga Google bisa salah menentukan fokus utama dari halaman tersebut. Sebaliknya, mengoptimasi satu kata kunci di banyak halaman yang berbeda, bisa memecahkan otoritas kata kunci ke banyak halaman. Ini akan merendahkan otoritas dari masing-masing halaman, sehingga rankingnya tidak akan optimal.

DARI LINGKARAN KECIL KE LINGKARAN BESAR

Pada saat anda melakukan pembuatan artikel, sangat direkomendasikan anda melakukannya dari lingkaran kecil ke lingkaran yang lebih besar.

Misalnya anda membuat website yang membahas banyak niche, maka sangat direkomendasikan anda menguatkan 1 niche terlebih dahulu sebelum anda mulai membahas niche yang lainnya. Jika anda membangun semua niche secara bersama-sama, maka anda akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mendapatkan trafik ke website anda.

Begitu juga dengan kata kunci, anda harus menentukan beberapa kata kunci utama, dan beberapa kata kunci turunannya. Setelah itu anda membuat artikel untuk satu kata kunci utama terlebih dahulu, dan setelah itu anda membuat artikel-artikel pendukung dari kata kunci utama ini.

Jika anda sudah menyelesaikan 1 kata kunci utama dan pendukungnya, barulah anda mulai mengembangkan artikel yang lainnya. Orang yang baru mulai belajar SEO biasanya akan membuat artikel-artikelnya secara serampangan.

CARA MELAKUKAN KEYWORD MAPPING

Sebelum bisa melakukan keyword mapping tentu anda harus melakukan riset kata kunci. Hal itu dikarenakan penentuan keyword berdasarkan potensi dari kata kunci tersebut.

Beberapa dari anda akan menemukan bahwa kata kunci yang anda incar ternyata tidak banyak pencarinya. jadi anda harus menghitung lagi, apakah kata kunci tersebut masih ada gunanya untuk anda optimasi.

Tidak ada yang bisa membantu anda melakukan riset kata kunci yang terbaik selain anda sendiri, karena anda yang sangat paham bisnis anda, atau bidang apapun yang anda tulis. Jadi anda harus menguasai riset kata kunci ini.

Untuk mempelajari riset kata kunci ini silahkan membaca artikel:

CARA RISET KATA KUNCI GRATIS TERBAIK

Setelah anda melakukan riset ini, anda akan menemukan keyword-keyword yang bisa anda pilih. Sangat direkomendasikan anda membuat tabel excel untuk menyimpan data kata-kata kunci ini. Susun kata-kata kunci ini menurut kedekatan relevansi dan turunannya. Setelah itu anda susun lagi menurut jumlah pencariannya.

Tandai artikel-artikel utama di website anda, karena artikel-artikel ini akan menjadi sasaran target kata kunci setiap kali frasa kata kuncinya muncul di suatu artikel.

Jangan sampai anda memberikan link dengan teks jangkar yang sama menuju 2 atau lebih halaman yang berbeda. Ini akan membuat optimasi website anda tidak berjalan efisien.

Kategori: SEO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *