Kalau anda sedang melakukan optimasi SEO, maka backlink adalah salah satu hal yang perlu anda pertimbangkan. Jika anda tidak memasang backlink, maka kemungkinan anda hanya bisa bersaing di kata kunci yang ringan saja. Inilah yang membuat ada banyak orang yang mengusahakan backlink buatan.

berapa banyak backlink yang amanTapi banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara melakukan penanaman backlink untuk website mereka ini. Jadi ada yang berpikir untuk menanam sebanyak mungkin backlink dari setiap website yang mereka temui…., namun ada juga yang berpikir untuk menanam 1 saja backlink untuk setiap nama domain yang mereka temui.

Jadi mana yang benar dari kedua pola pikir ini? Ataukah keduanya merupakan pola pikir yang kurang tepat?

Hasil Riset Ahrefs

Sebuah riset yang dilakukan oleh Ahrefs menjawab pertanyaan ini. Mereka melakukan riset untuk melihat berapa jumlah backlink yang wajar dari satu nama domain untuk sebuah website dan mereka menemukan hasil di bawah ini.

Ternyata ada 79,23% nama domain yang memberikan backlink lebih dari sekali ke website target. Jumlah backlink ini berada di kisaran 2 hingga 5 backlink per nama domain.

persentase website yang memberi backlink leih dari sekali

Ini merupakan hasil riset dari 39.494 nama domain yang ada di dalam index mereka. Jadi ini cukup menjadi jaminan bahwa jumlah pemasangan backlink per nama domain ini masih sangat aman.

Keuntungan Yang Bisa Didapatkan

Dari data ini kita bisa mendapatkan beberapa keuntungan di dalam optimasi website kita. Keuntungan-keuntungan ini antara lain adalah….

Optimasi Backlink Jadi Lebih Mudah

Dibandingkan hanya mendapatkan 1 backlink per nama domain, sekarang kita bisa mendapatkan hingga 5 backlink dan masih sangat aman. Bahkan jika anda menaikkan sampai 20 backlink per nama domain pun masih bisa dikatakan cukup aman.

Kami benar-benar tidak merekomendasikan jumlah yang lebih banyak dari ini, karena resikonya mulai besar dalam menyalakan alarm dari algoritma Google Penguin.

Nilai Domain Authority Lebih Besar

Di atas kami katakan anda masih aman jika memasang hingga 20 backlink per nama domain. Namun kami memberikan rekomendasi agar menargetkan ke 20 backlink ini menuju beberapa halaman yang berbeda di website anda. jadi anda tidak terfokus memasang backlink menuju 1 halaman saja.

Tentu hal ini akan membuat nilai page authority menjadi terbagi. Tapi ini adalah opsi yang lebih aman dan juga akan memberikan kenaikan domain authority yang sama saja besarnya. Jadi anda bisa dengan mudah menaikkan Domain Authority dengan memasang beberapa backlink di satu nama domain yang sama.

Mengangkat Lebih Banyak Kata Kunci

Sebagaimana sudah dituliskan di atas bahwa pemasangan ini sebaiknya tersebar di beberapa halaman, maka ini akan berpotensi menaikkan banyak kata kunci di website anda. Bahkan ini akan terlihat lebih alami dibandingkan anda hanya mengoptimasi 1 halaman saja.

Memang page authority akan terbagi, namun kenaikan Domain Authority akan menyumbang tambahan kenaikan peringkat pada masing-masing halaman. Terlebih lagi jika halaman yang anda optimasi adalah halaman-halaman terpenting di website anda yang linknya terpasang secara sitewide (diseluruh halaman website) pada bagian menu header dan sidebar.

Pemasangan backlink menuju halaman-halaman yang seperti ini akan membuat poin yang masuk berotasi dari 1 halaman penting ke halaman penting lainnya sehingga akan sangat memperkuat kenaikan peringkat dari setiap halaman. Usahakan agar halaman-halaman yang tidak terlalu penting tidak mendapatkan link sitewide.

Anda tidak perlu memasang link artikel terbaru di website anda. Artikel terbaru cukup terindeks dari halaman homepage atau halaman kategori saja. Anda juga bisa memberikan link menuju halaman-halaman penunjang ini dari dalam artikel yang anda buat. Pola seperti ini akan memudahkan Google melihat mana halaman yang menjadi prioritas utama anda.

 

Kategori: SEO

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *