Ini adalah salah satu pertanyaan yang banyak diajukan oleh pemula dalam melakukan SEO. Tentunya ini karena mereka berharap bisa memperkirakan jumlah pekerjaan yang perlu mereka lakukan. Sayangnya tidak akan ada yang bisa menjawab berapa banyak backlink yang anda butuhkan untuk menjadi ranking 1 secara pasti….

jackie chan bingung

Jadi jawaban dari pertanyaan ini tidak akan lebih dari perkiraan atau prediksi. Kenapa bisa seperti itu? Ada dua hal yang membuat mustahil bisa menghitung jumlah backlink yang dibutuhkan, yaitu:

  • Kondisi setiap website yang dioptimasi itu berbeda, dan
  • Kondisi setiap halaman sumber backlink itu berbeda.

Penjelasan lebih lengkapnya adalah seperti ini…

Kondisi Website Yang Dioptimasi

Kualitas Konten

Setiap website  mempunyai kualitas konten yang berbeda. Ada yang unik, dan ada yang tidak. Ada yang lengkap dan ada yang tidak. Ada yang menarik untuk dibaca dan ada yang tidak. Ada yang nyaman untuk mata dan ada yang tidak. Jika konten anda dianggap tidak berkualitas oleh Google atau tidak nyaman dibaca oleh Google, maka poin on-page dari website anda akan rendah.

Semakin rendah poin on-page anda, maka akan semakin banyak backlink yang anda butuhkan….

Jumlah Halaman Terindeks

Jumlah halaman terindeks sering menjadi indikasi bahwa suatu website rajin melakukan update atau tidak. Hal ini bisa menjadi penentu apakah pengelolaan sebuah website itu profesional atau asal-asalan. Jika website pesaing anda rutin melakukan update, sedangkan anda tidak melakukannya, maka itu bisa menjadi indikator bahwa anda tidak serius mengelola website anda.

Hal ini akan bisa mempengaruhi nilai authority dan trust anda pada niche tersebut. Anda harus bisa memberikan pembahasan yang menyeluruh dan terkini tentang suatu bidang jika ingin mendapatkan reputasi di bidang tersebut.

Semakin rendah reputasi yang anda kumpulkan dari on-page, maka semakin banyak reputasi yang anda perlu dapatkan dari backlink. Sebaliknya, jika anda rutin update sehingga website anda mempunyai 10.000 halaman unik, sedangkan pesaing anda tidak ada yang sampai 500, maka anda tidak akan memerlukan banyak backlink untuk ranking.

Optimasi Struktur On-page

Struktur on-page seperti tata letak halaman dan navigasi link di dalam halaman, akan sangat menentukan apakah website anda bisa memaksimalkan poin yang anda peroleh dari backlink. Jika struktur website anda terlalu banyak link yang sitewide (muncul di semua halaman), maka semua link ini akan membagi poin yang masuk dari backlink.

Jika demikian, maka poin yang ada di setiap halaman mungkin akan lebih kecil dari yang anda perlukan. Jadi jika anda tidak tahu caranya mencari backlink, maka sebaiknya membatasi sitewide link. Usahakan sitewide link hanya menuju halaman kategori dan laman-laman penting saja dari website anda.

Kondisi Server

Apakah server anda berlokasi di negara yang sama dengan target optimasi anda? Jika tidak, maka website anda akan sangat sulit untuk ranking di negara tersebut. Jadi anggap saja sudah memenuhi semua hal di atas dengan cukup baik, tapi server anda berada di London, Inggris … ini akan membuat anda sulit untuk ranking 1 di Indonesia.

Walaupun anda sudah menargetkan di search console lokasi negara Indonesia, tetap saja hasilnya tidak akan sebaik website yang dihosting di Indonesia (jika kondisi optimasi sama).

Kondisi Halaman Yang Dipasangkan Backlink

Relevansi

Ada pemasangan backlink yang dilakukan di halaman dengan relevansi yang tinggi dan ada juga yang tidak. Yang dimaksud dengan halaman yang relevansinya tinggi itu adalah halaman yang title dan konten halamannya juga memuat kata kunci dengan persentase yang cukup signifikan.

Jangan tanya berapa persen ya …. karena tidak ada yang namanya persentase pasti di SEO. Apalagi setelah algoritma rankbrain masuk dan secara bebas mengubah persentase dari semua faktor yang ada di dalam algoritma Google.

Authority

Setelah masalah relevansi, masih ada lagi masalah authority. Jadi bahkan setelah anda mendapatkan backlink dari halaman yang relevan, kita masih harus menilai authority dari setiap halaman.

Kenapa authority ini penting? Karena jelas poin backlink yang bersumber dari website yang sudah cukup berumur, dan sering dijadikan bahan rujukan di bidang tersebut akan mempunyai poin yang sangat besar. Beda dengan website yang baru jadi kemarin sore, dan baru berisikan 5 halaman…. Walaupun relevan, tetap saja authoritynya nihil.

Satu backlink yang bersumber dari halaman yang relevan di website yang mempunyai authority yang tinggi, bisa saja lebih berharga dari 100 atau bahkan 1000 backlink yang bersumber dari blog yang tidak populer.

Inilah alasan kenapa jika anda mau melakukan content placement di website yang mempunyai trafik puluhan ribu atau bahkan ratusan ribu per hari, biayanya bisa berkisar antara 500 ribu sampai 2 juta rupiah. Harga yang mahal ini adalah sangat pantas, karena bukan pekerjaan mudah untuk membuat website yang mempunyai otoritas sebesar itu.

Seandainya anda mempunyai website kesehatan, dan seandainya juga alodokter.com mengizinkan content placement di website mereka, maka 2 juta itu masih harga yang sangat murah….

Tempat Pemasangan Backlink

Sekarang anda sudah mendapatkan backlink dari website berotoritas, dan di halaman yang relevan … poinnya ternyata berbeda jika link itu ada di dalam artikel atau berada di dalam kolom komentar. Atau jika link itu berada di sidebar, atau di footer….

Link yang berada di header atau di dalam artikel adalah link yang mempunyai poin yang sangat besar nilainya. Sedangkan sidebar atau footer … apalagi kolom komentar … mempunyai nilai poin yang lebih kecil.

Kondisi Link Dalam Halaman

Ok, jadi sampai di sini anda sudah mendapatkan backlink dari halaman yang relevan, authority tinggi dan berada di dalam artikel, tapi jika di dalam halaman tersebut ada banyak link yang lain, maka poinnya juga akan terbagi lebih banyak. Inilah pentingnya mencari backlink dari halaman yang mempunyai page authority tinggi, karena dengan seperti ini poin yang dialirkan akan cukup besar.

Kenapa bisa besar? Karena untuk setiap kenaikan nilai page authority akan dibutuhkan poin yang jauh lebih besar dari kenaikan sebelumnya. Jadi halaman dengan page authority yang besar pasti mempunyai poin halaman yang sangat besar.

===============================

KESIMPULAN

Mudah-mudahan setelah anda membaca artikel ini anda bisa paham bagaimana sulitnya menghitung dengan akurat berapa banyak backlink yang dibutuhkan. Setidaknya ada 10 pesaing di halaman pertama dan ada begitu banyak faktor hanya untuk menentukan kualitas onpage saja.

Bahkan pegawai Google saja tidak akan bisa menjawab ini. Yang jelas kalau anda melakukan riset, anda akan melihat ada website yang mempunyai 500 backlink dari 20 nama domain bisa mengalahkan website yang mempunyai 20.000 backlink dari 400 nama domain.

 

Kategori: SEO

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *