Ada banyak sekali pemula yang bertanya … “berapa lama waktu yang diperlukan backlink untuk terindeks?”. Kebingungan ini wajar saja terjadi, karena kadang backlink bisa terindeks hanya dalam beberapa jam saja, namun tidak jarang juga backlink membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk terindeks.
Backlink terindeks saat dirayapi

Faktor Penentu Kecepatan Backlink Terindeks

Sebenarnya tidak ada jawaban yang pasti untuk menjawab pertanyaan ini. Namun ada beberapa fakyor yang membuat kita bisa memprediksikan lamanya waktu yang diperlukan oleh backlink untuk terindeks.

Adapun faktor-faktor yang sangat mempengaruhi kecepatan pengindeksan backlink antar lain adalah:

  • Frekuensi update konten di website tempat backlink kita terpasang
  • Apakah backlink terpasang di halaman yang masih baru atau terpasang di halaman yang sudah lama dibuat?
  • Periode deep crawling Google

Bagaimana ketiga hal ini mempengaruhi kecepatan pengindeksan backlink anda?

Frekuensi Update Konten

Jika anda memasang backlink di website yang rajin melakukan posting, atau sering mengupdate artikel; maka itu berarti frekuensi perayapan website tesebut cukup tinggi. Hal ini akan meningkatkan kemungkinan backlink anda dirayapi dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Sebaliknya, jika anda memasang backlink di website yang sudah tidak melakukan update selama  setahun lebih, maka besar kemungkinannya backlink anda baru akan dirayapi beberapa bulan ke depan.

Halaman Baru VS Halaman Lama

Ok, sekarang anggap saja anda sudah menemukan website yang rajin posting. Lalu anda mau memasang backlink dengan menggunakan metode blog comment. Kira-kira berapa lama backlink anda baru akan terindeks oleh Google?

Itu tergantung dari usia halaman yang anda komentari. Jika anda berkomentar di halaman yang masih baru, atau bahkan halaman yang belum diindeks oleh Google; maka kemungkinan backlink anda akan terindeks dalam 1-2 hari ke depan.

Hal ini dikarenakan halaman tempat backlink anda terpasang masih dirayapi oleh freshbot yang aktif mencari konten-konten baru.

Tapi jika anda berkomentar di halaman yang sudah berumur 5 tahun, dan halaman itu sudah 3 tahun tidak diupdate, maka kemungkinannya backlink anda baru akan terindeks dalam hitungan minggu atau bahkan bulan.

Periode Deepcrawling

Anda baru saja membaca bahwa pengindeksan halaman tua itu bisa terjadi dalam hitungan minggu bahkan bulan. Kenapa bisa selama itu?

Pengindeksan halaman-halaman tua ini sangat bergantung pada deep-crawling bot yang frekuensi perayapannya sebulan sekali. Jadi jika anda memasang backlink saat waktu perayapan sudah dekat, maka backlink anda akan lebih cepat terindeks. Tapi jika anda memasang backlink tepat setelah perayapaan terjadi, maka itu berarti anda harus menunggu perayapan berikutnya.

Yang menjadi masalah adalah jika Google mengalami gagal perayapan. Di bulan Juni, September, dan oktober ini; Google beberapa kali mengalami gagal perayapan. Kecepatan Googlebot tidak bisa diimbangi oleh robot bagian pengindeksan. Akibatnya ada banyak sekali halaman yang gagal masuk dalam indeks Google.

Bisakah Mempercepat Pengindeksan?

Saat ini ada banyak alat yang katanya bisa mempercepat backlink terindeks. Tapi ada banyak juga laporan yang mengatakan alat-alat ini tidak berfungsi seperti yang diharapkan.

Google sendiri sudah menentukan tingkat perayapan setiap website. Jadi anda cenderung akan membuang-buang waktu jika mengusahakan backlink anda terindeks lebih cepat.

Kami justru lebih merekomendasikan untuk membiarkan pengindeksan berjalan sesuai rate perayapan Google. Itu akan menghasilkan profil backlink yang lebih alami untuk website anda.

Hindari Halaman Berumur Tua?

Jika halaman berumur tua memerlukan waktu yang cukup lama untuk terindeks ulang; apa itu berarti kita tidak perlu memasang backlink dari halaman yang berumur tua?

Sebaiknya jangan lakukan itu. Biasanya halaman-halaman yang mempunyai nilai page authority yang tinggi adalah halaman-halaman yang sudah tua umurnya. Hal itu dikarenakan pengumpulan page authority memang memerlukan waktu yang cukup lama.

Jadi anda pasang saja backlink di halaman-halaman yang mempunyai page authority yang tinggi. Setelah itu biarkan saja backlink-backlink itu terindeks dengan sendirinya….

Kesimpulan

Jadi berapa lama backlink anda baru akan terindeks itu sangat tergantung dari sifat halaman atau website di mana backlink anda terpasang. Jika backlink anda terpasang di website yang mempunyai crawling rate yang tinggi, maka itu berarti backlink anda akan terindeks dalam waktu yang relatif cepat.

Sebaliknya jika anda memasang backlink di halaman yang sudah tua umurnya, maka kemungkinannya backlink tersebut membutuhkan waktu yang agak lama untuk terindeks.

 

Kategori: SEO

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *