Google kembali meluncurkan algoritma terbaru di bulan Oktober ini. Kali ini algoritma dengan nama BERT diluncurkan untuk membantu Google mengenali pencarian yang menggunakan bahasa sehari-hari. Ini adalah kecerdasan buatan terbaru yang diluncurkan oleh Google setelah rankbrain. Google mengklaim bahwa satu dari 10 pencarian akan terpengaruh oleh algoritma ini.

BERT mulai berjalan sejak akhir bulan Oktober. Tetapi saat ini hanya mempengaruhi pencarian dengan kata kunci berbahasa Inggris. Penerapan untuk kata kunci bahasa lainnya akan diterapkan beberapa bulan kemudian.

algoritma BERT dari Google

Apa itu BERT?

Ini adalah sebuah teknik yang berfungsi layaknya jaringan saraf Google untuk memproses bahasa sehari-hari. BERT merupakan singkatan dari Bidirectional Encoder Representations from Transformers. Jadi tujuan dari pembuatan algoritma BERT ini adalah untuk membantu Google mengenali bahasa layaknya yang dilakukan oleh manusia.

Itu berarti algoritma BERT ini akan bermain di wilayah onpage dari setiap website.

Banyak orang yang mengkuatirkan masalah ini, tapi sebenarnya ini adalah berita bagus. Itu berarti kita bisa lebih bebas menggunakan kata-kata di dalam membuat artikel. Tidak ada lagi istilah artikel yang SEO dan yang natural, … karena yang natural akan cukup untuk SEO.

Kapan BERT mulai digunakan?

Google mengatakan bahwa BERT akan membantu untuk memahami nuansa atau konteks dari kata-kata yang dimasukkan ke dalam pencarian. Demikian sehingga algoritma bisa mendapatkan hasil pencarian yang lebih relevan. Selain mempengaruhi hasil pencarian; algoritma BERT ini juga akan mempengaruhi featured snippet dari hasil pencarian.

Jadi sekarang algoritma BERT Google akan bekerja sama dengan kecerdasan buatan RankBrain untuk lebih memahami konten dari setiap pencarian. BERT akan berfungsi sebagai tambahan pada sistem RankBrain.

Sampai saat ini belum banyak website dalam bahasa Inggris yang mengalami perubahan peringkat. Kecuali website-website berita. New York Times melaporkan bahwa banyak peringkat mereka yang jatuh di hasil pencarian. Hal itu berakibat pada berkurangnya pengunjung website mereka.

Hal yang terjadi pada New York times ini adalah sesuatu yang sangat logis. Karena website jurnalis biasanya menggunakan bahasa yang alami, maka biasanya Google akan merekomendasikan website seperti ini untuk pencarian yang memakai bahasa sehari-hari.

Namun sekarang Google sudah bisa mengenali maksud yang diinginkan dari kueri yang menggunakan bahasa alami ini, maka hasil pencarian juga sudah bisa menghidangkan halaman-halaman yang dioptimasi untuk kata-kata kunci tertentu.

Bagaimana cara melakukan optimasi SEO untuk algoritma BERT?

Google mengatakan tidak ada hal yang bisa kita lakukan untuk mengoptimasi website kita agar memenuhi standar BERT. Apa maksudnya itu? Kenapa tidak ada jalan?

Begini,… Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence adalah sebuah algoritma kompleks yang bisa belajar sendiri. Jadi berbeda dengan algoritma biasa yang nilainya diset oleh programmer; sebuah kecerdasan buatan tidak mempunyai nilai yang tetap. Nilai yang ada pada sistemnya berubah setiap saat sesuai dengan proses pembelajarannya.

Jadi yang dimaksud dengan tidak ada hal yang bisa dilakukan adalah tidak ada nilai-nilai tertentu yang menjadi patokan untuk optimasi. Satu-satunya parameter yang menjadi feedback hanyalah kepuasan pengguna Google. Jadi tidak lama lagi sudah bukan jamannya untuk mengatakan harus memakai judul ini, … artikel harus sepanjang ini, … harus menggunakan kepadatan kata kunci dalam kisaran ini, …. dan lain sebagainya….

Dalam beberapa tahun ke depan, website yang akan bisa bersaing adalah website yang menunjukkan otoritas terbaik dan kepuasan pengunjung tertinggi.

Jadi jika ada tips optimasi SEO yang bisa saya berikan untuk tahun 2020, maka saya akan menekankan pada beberapa poin di bawah ini:

  • Buat artikel yang bisa menjawab pertanyaan pengunjung anda
  • Sering lakukan update informasi terbaru yang ada di niche anda
  • Perhatikan desain website anda agar pengunjung anda merasa nyaman
  • Dapatkan backlink-backlink yang mempunyai relevansi yang tinggi
  • Jika anda bermain di niche berat, maka targetkan sebanyak mungkin kata kunci panjang (Jadi anda harus rajin menulis artikel)
  • Jangan terlalu pelit masalah budget optimasi, karena di niche-niche yang berat akan semakin sedikit tempat bagi pemilik website yang bermain amatir; … pikirkan untuk menjadi pro di bidang tersebut.

Ya, dalam beberapa tahun ke depan …. akan ada banyak trik-trik black hat yang tidak akan bisa lagi digunakan. Pemilik website yang berpikir bisa mendapatkan trafik besar tanpa kerja keras tidak akan punya tempat lagi saat AI dari Google ini sudah bisa meniru penilaian manusia. Mudah-mudahan kita semua sudah punya website yang berotoritas tinggi saat ini terjadi….

Kategori: SEO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *