Ada banyak cara untuk membuat website. Jadi langkah pertama yang perlu anda lakukan untuk membuat website adalah menentukan cara pembuatan website tersebut.

platform blogspot atau wordpress

Ada 2 cara yang sangat disukai blogger saat ini … yaitu menggunakan blogspot atau wordpress. Hal ini yang membuat banyak orang berdebat tentang platform blog mana yang terbaik untuk mereka.

Untuk itu saya akan memberikan beberapa pertimbangan yang bisa membantu anda memilih platform yang terbaik untuk website anda. Langsung saja kita mulai….

Kelebihan WordPress

Lebih Mudah Untuk SEO On-Page

Pada umumnya orang-orang yang membuat website berharap websitenya bisa ranking di hasil pencarian Google. Tentu saja ini memerlukan beberapa pengaturan pada kondisi on-page website tersebut untuk memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh Google.

Pada umumnya mengedit SEO on-page itu lebih mudah dilakukan di WordPress, karena ada banyak sekali plugin yang bisa membantu kita melakukan ini tanpa perlu mengedit kode website. Kita bisa mengatur bagaimana cara judul, meta, dan heading di tampilkan di setiap halaman.

Selain itu setiap gambar yang ditampilkan di website anda akan dihosting dalam satu nama domain dengan website anda. Hal ini akan membantu anda menjaga agar otoritas dari website anda tidak mengalir menuju website lain.

Kita juga bisa mengatur struktur permalink dari setiap postingan yang kita buat, mengatur kualitas gambar secara Sitewide, dan masih banyak lagi.

Bisa Memilih Lokasi Server

Jika anda menargetkan lokasi pengunjung dari Indonesia, maka sangat direkomendasikan untuk menggunakan server yang berlokasi di Indonesia. Google sangat mengutamakan website yang dihosting di Indonesia untuk melayani permintaan dari Indonesia.

Trust Tinggi

Trust adalah salah satu faktor Off-Page yang sangat penting untuk SEO…. Anda bisa mendapatkan TRUST yang lebih tinggi jika anda menggunakan CMS WordPress. Hal ini dikarenakan penggunaan CMS WordPress mewajibkan anda menggunakan layanan web hosting berbayar.

Anda juga bisa membayar nama domain untuk jangka waktu yang panjang dan mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk menaikkan Trust Google. Semakin besar biaya yang anda keluarkan untuk membuat website anda, maka Trust Google akan semakin tinggi.

Kewenangan Anda Lebih Besar

Anda bisa memposting apapun yang anda inginkan tanpa perlu memikirkan aturan-aturan dari Google. Anda hanya perlu menaati aturan yang ditentukan web hosting. Biasanya aturan Google ini jauh lebih ketat, sehingga anda bisa saja kehilangan blog anda tanpa pemberitahuan apapun sebelumnya.

Kekurangan WordPress

Lebih Mahal

Tentunya penggunaan CMS WordPress akan mewajibkan anda membayar untuk layanan web hosting dan nama domain. Biaya ini sebenarnya tidak terlalu besar. Anda mungkin hanya perlu membayar Rp.300.000 hingga Rp.500.000 per tahun untuk mendapatkan keuntungan-keuntungan yang ada di atas.

Jadi jika target anda adalah untuk ranking di hasil pencarian Google, kami tetap merekomendasikan untuk menggunakan CMS WordPress untuk membuat website anda.

Ruang dan Speed Terbatas

Tentu saja ruang dan kecepatan yang ditawarkan oleh layanan web hosting sangat dibatasi oleh paket pilihan anda. Jadi anda harus berhitung penggunaan ruangan dan juga trafik yang anda harapkan. Jika suatu saat website anda bisa mendapatkan puluhan ribu pengunjung, maka tentu saja anda harus membayar lebih mahal untuk memastikan kecepatan website anda tetap memuaskan pengunjung website anda.

Kelebihan Blogspot

Lebih Murah

Blogspot jelas tidak mengharuskan anda membeli layanan web hosting, karena anda bisa menghosting gambar dan tulisan anda secara gratis di sistem blogspot. Tapi kami tetap merekomendasikan agar anda membeli nama domain sendiri dan tidak memakai subdomain dari blogspot.

Tentu anda bisa saja memakai subdomain gratis dari blogspot, jika tujuan dari pembuatan blog anda tidak komersil; dan anda mengharapkan trafik dari sumber selain mesin pencari seperti Google. Anda bisa mempromosikan blog gratisan anda ini di media sosial.

Penyimpanan Sangat Besar

Dengan menggunakan blogspot; anda tidak perlu kuatir untuk memposting banyak gambar, karena kapasitas penyimpanan yang tersedia untuk akun anda sangat besar. Anda bisa posting sepuasnya tanpa merasa kuatir akan kehabisan penyimpanan.

Namun tetap saja kami rekomendasikan agar anda memperkecil ukuran file gambar yang diupload untuk mempercepat waktu pemuatan dari blog anda. Jangan sampai anda mengupload gambar yang ukurannya lebih dari 200 kb sehingga memperberat pemuatan halaman.

Kekurangan Blogspot

Sulit Mengatur SEO On-page

Untuk bisa melakukan perubahan-perubahan elemen di blogspot; anda harus menguasai cara mengedit kode-kode yang ada di blogspot. Blogspot mempunyai beberapa perintah khusus untuk memanggil data-data yang kita inginkan. Jadi anda harus mengetahui apa saja perintah-perintah khusus yang ada di blogspot ini.

Jika anda tidak mau repot, maka sebaiknya anda gunakan saja tema yang memang sudah diakui oleh komunitas blogger sebagai tema yang SEO ready.

Server Di Luar Negeri

Pada umumnya file blogger itu akan disimpan di server yang ada di luar negeri.Ini bisa jadi masalah jika anda menargetkan trafik kunjungan dari dalam negeri. Untuk memastikan Google mengetahui target lokasi pengunjung yang anda inginkan, maka sangat direkomendasikan untuk mengatur geo targeting yang ada di search console.

Trust Rendah

Jika anda mencoba membuat website menggunakan CMS WordPress dan Blogspot, lalu anda menargetkan kata kunci yang sama, maka biasanya WordPress akan mendapatkan ranking yang lebih tinggi.

Hal ini dikarenakan blogspot cukup banyak digunakan untuk penipuan sehingga trust Google untuk produk blognya ini cukup rendah.

Tentu saja blogspot bisa ranking di Google, tapi itu akan memerlukan usaha yang lebih banyak dan juga waktu yang lebih lama. Hanya ada 2 tipe blogspot yang masuk ke halaman pertama Google. Entah itu yang sudah berusia di atas 2 tahun, atau sudah mempunyai jumlah postingan yang sangat banyak.

Sulit sekali berharap blogspot yang baru dibuat bisa masuk halaman pertama Google hanya dengan memasang banyak backlink. Berbeda dengan WordPress; cukup banyak wordpress baru yang bisa naik ke halaman pertama di kata kunci persaingan menengah, hanya dalam 3 bulan optimasi.

Di Bawah Kendali Google

Jika konten website anda melanggar TOS dari Google, maka blog anda bisa tiba-tiba hilang begitu saja. Jadi anda harus menghindari jenis konten yang tidak diizinkan Google dan juga konten yang melanggar hak cipta.

Jika anda tetap mau memakai blogspot, maka usahakan agar anda selalu melakukan backup pada konen website anda.

Kesimpulan

Jika anda benar-benar ingin membangun website yang ranking di hasil pencarian Google, maka kami lebih merekomendasikan anda untuk menggunakan platform CMS WordPress. Tapi jika anda Cuma mau mempromosikan blog anda di media sosial, maka blogspot tentu lebih praktis untuk anda.

Mudah-mudahan artikel ini bisa membantu anda memilih platform yang paling sesuai untuk kebutuhan anda. Biaya yang anda keluarkan untuk hosting CMS WordPress tidak seberapa dibandingkan kemudahan optimasi yang akan anda dapatkan.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

sample