Jika anda mau membuat website, maka langlah paling pertama yang perlu anda lakukan adalah membeli nama domain dan layanan web hosting. Nama domain adalah alamat dari website anda di internet, sedangkan web hosting adalah layanan yang akan menyimpan semua file website anda agar bisa diakses secara online.layanan web hostingAnda tidak bisa membuat website jika tidak mempunyai nama domain atau pun hosting ini. Tentu anda bisa menggunakan nama domain gratis ataupun hosting gratis, tapi biasanya itu akan sulit untuk anda optimasi di mesin pencari seperti Google karena rendahnya nilai TRUST dari produk gratisan seperti itu.

Anda bisa membeli nama domain dan web hosting ini dari penyedia layanan di internet. Untuk menemukan penyedia layanan ini anda bisa melakukan Googling “Web Hosting Indonesia”. Pada umumnya layanan web hosting juga menyediakan nama domain untuk anda beli.

Kalau anda mau membeli nama domain dengan harga yang cukup murah dan tidak repot menyediakan persyaratan apapun, maka anda bisa memakai TLD atau akhiran .com di nama domain anda. Hanya saja nama domain dengan TLD .id biasanya secara otomatis akan dikenali sebagai target lokasi Indonesia.

Jika anda memakai TLD .com, maka jangan lupa untuk melakukan pengaturan geo target location di Google Search Console dan pilih INDONESIA, jika anda menargetkan pengunjung dari dalam negeri.

Karena ada banyak sekali penyedia layanan Web Hosting, maka saya akan memilih salah satu di antaranya. Untuk artikel ini saya akan menggunakan Domainesia sebagai contoh kasus.

Membeli Nama Domain & Web Hosting

Silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membeli nama domain dan paket web hosting….

  • Silahkan kunjungi halaman domainesia di https://www.domainesia.com/hosting/
  • Pilih paket hosting yang anda inginkan dan klik PESAN

pesan web hosting

  • Setelah itu anda akan diarahkan ke halaman formulir, silahkan pilih server JAKARTA, ID jika anda menargetkan trafik dari Indonesia
  • Tentukan lama masa layanan yang ingin anda gunakan. Jika anda hanya ingin mencoba saja, maka anda bisa memilih periode paling singkat yaitu 1 tahun.
  • Pastikan Let’s Encrypt Free SSLĀ  terpilih untuk layanan https gratis
  • Masukkan nama domain, dan tunggu beberapa saat untuk pengecekan ketersediaan nama domain
  • Jika nama domain tersedia, maka anda harus memilih lama masa penggunaan nama domain ini. Sebagai awalan anda bisa memilih 1 tahun.
  • Centang DNS Zone Manager jika anda ingin bisa mengakses pengaturan DNS untuk nama domain anda.
  • Pastikan semua pilihan anda sudah benar dan setelah itu klik MASUKKAN TROLI

mengisi formulir pesan web hosting

  • Setelah anda masuk ke dalam halaman troli, anda akan diminta untuk memasukkan akun domainesia anda. Jika anda tidak mempunyai akun domainesia, maka anda harus mendaftar. Jangan kuatir karena akun ini gratis.

daftar web hosting

  • Masukkan data-data yang diminta di dalam formulir pembuatan akun seperti yang terlihat di bawah ini.

buat akun web hosting

  • Anda akan mendapatkan email berisi tagihan dan nomor rekening yang bisa anda pergunakan untuk melakukan pembayaran.
  • Anda bisa memasukkan Berita Transfer untuk aktifasi instan seperti yang ada di dalam contoh gambar di bawah ini (Kode berwarna merah). Masukkan angka-angka berwarna merah tersebut ke dalam berita transfer (angka anda pasti berbeda).

berita transfer

  • Setelah konfirmasi pembayaran dilakukan, maka anda akan mendapatkan data login ke cpanel anda. Data login inilah yang nantinya bisa anda pergunakan untuk mulai membuat website anda.

detail login cpanel

Jadi sampai di sini anda sudah berhasil membeli nama domain dan layanan hosting yang bisa anda pergunakan untuk mulai membuat website anda. Sekarang anda bisa lanjut mempelajari bagaimana cara membuat website. Jika anda adalah seorang pemula, maka saya merekomendasikan anda belajar cara membuat website memakai CMS WordPress.

 

Kategori: Blog

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *