Hal yang paling utama anda miliki pada saat akan melakukan optimasi SEO adalah konten. Kalau tidak ada konten, tentunya tidak ada yang perlu dioptimasi kan? Nah yang menjadi masalah adalah konten seperti apa yang perlu anda buat yang bisa memudahkan optimasi anda.

Konten yang memudahkan optimasi ini biasanya disebut sebagai konten yang SEO friendly. Anda akan sering melihat ada banyak orang yang berusaha mencari tahu bagaimana cara membuat konten yang bisa ranking di hasil pencarian Google….

artikel SEO Friendly

Untuk itu di sini saya mau membagikan tips bagaimana anda bisa membuat artikel yang SEO Friendly.

Yang paling pertama yang perlu anda ketahui adalah Google saat ini sudah berbeda dari Google yang 5 tahun lalu. Sekarang ini mereka menggunakan kecerdasan buatan yang disebut dengan nama Algoritma RankBrain.

Tentu masih banyak kecerdasan buatan lainnya dari Google. Tapi ini adalah salah satu yang paling berpengaruh. Rankbrain ini menilai tingkat kepuasan pengunjung di halaman website anda. Jadi Google bisa melakukan eksperimen dengan mengirim beberapa pengunjung ke halaman-halaman web yang belum ranking untuk melihat apakah halaman web itu menghasilkan sinyal kepuasan yang lebih baik.

Bagaimana cara mendapatkan sinyal kepuasan yang baik menurut rankbrain? Ya tentu anda harus memuaskan pengunjung halaman website anda.

Jadi artikel yang SEO friendly adalah artikel yang memuaskan pengunjung halaman website anda.

Kepadatan Kata Kunci Sudah Tidak Penting?

Rasanya kurang tepat untuk dikatakan kurang penting lagi, karena sebelumĀ  Google merekomendasikan halaman website anda dan menguji reaksi pengunjung, maka tentunya Google harus bisa mengenali apa yang menjadi pembahasan utama di website anda.

Dari pengalaman kami sangat jelas terlihat bahwa website yang mempunyai kepadatan kata kunci yang sangat rendah akan lebih sulit untuk ranking. Google akan sulit mengenali topik apa yang dibahas di dalam artikel tersebut. Bagaimana pun Google tetap saja serangkaian algoritma yang memerlukan input.

Jadi saya sering merekomendasikan agar penulis artikel memastikan kata kunci yang diinginkannya tidak kurang dari 1,5%. Setelah itu tinggal membuat artikelnya sealami dan sebaik mungkin memberikan solusi bagi pengunjung….

Sesuaikan Search Intent

Kalau anda mengincar suatu kata kunci tertentu, maka anda harus mempertimbangkan Search Intent atau tujuan pencarian dari orang yang mengetikkan kata kunci tersebut. Hal-hal apa saja yang ingin mereka lihat saat tiba di halaman anda. Jika anda tidak mempertimbangkan ini, maka anda akan sulit memenuhi harapan pengunjung.

search intent

Misalnya orang mencari kata kunci Gejala Sakit Diabetes; mereka mau mendapatkan halaman website yang memberikan penjelasan mendetil tentang diabetes, yang kalau bisa tentunya berasal dari seorang dokter. Dulu Google sering menghidangkan website yang menjual obat herbal, karena memang halamannya dioptimasi untuk kata kunci itu.

Namun setelah algoritma YMYL atau Your Money Your Life diterapkan, maka hanya website yang mempunyai otoritas yang jelas saja yang bisa ranking di bidang kesehatan, finansial, dan hal-hal lain yang menyangkut kebahagiaan dan keamanan pengguna Google.

Jadi jika konten anda mempunyai tujuan yang keliru, maka dari awal anda sudah akan sangat kesulitan untuk ranking.

Lengkap Tidak Bertele-tele

Anda harus mengetahui bahwa orang Indonesia bukanlah orang yang mempunyai budaya baca yang tinggi. Jika bukan masalah nyawa atau keuangan, mereka malas membaca yang panjang lebar. Jadi usahakan artikel anda memuat semua pembahasan yang diperlukan tanpa bertele-tele.

Yang dimaksud dengan lengkap di sini adalah semua topik pembahasan yang diperlukan atau semua informasi yang dibutuhkan oleh pembaca tersedia di dalamnya. Anda tidak perlu memaksa artikel yang hanya bisa 500 kata menjadi 2000 kata jika itu hanya mengulang-ulangi hal yang sama.

Untuk ini anda bisa mengamati pesaing lainnya dan melihat topik apa saja yang mereka bahas di dalam artikelnya. Jika anda bisa memberikan yang lebih lengkap, maka itu tentunya akan lebih baik lagi…. Jadi artikel SEO Friendly saat ini bukanlah artikel yang harus panjang, melainkan artikel yang menawarkan konten yang diperlukan oleh pembaca….

Nyaman Dibaca

Sebuah tulisan yang tidak nyaman dibaca juga akan membuat pembacanya pergi. Jadi anda harus membuat tampilan dari tulisan anda terlihat nyaman di mata. Misalnya anda menggunakan huruf yang cukup besar dan gambar untuk memberi jeda di dalam pikiran pembaca.

==============

Kalau anda sudah bisa melakukan 4 hal di atas, maka itu sudah akan cukup untuk membuat artikel anda menjadi SEO Friendly. Tentunya hanya karena artikel anda SEO friendly, bukan berarti anda langsung bisa ranking. Masih ada banyak faktor lain yang perlu anda kerjakan untuk mengoptimasi website anda. Terlebih lagi jika anda berada di kata kunci persaingan yang berat.

Ok, mudah-mudahan artikel ini bisa membantu anda untuk memahami apa yang dimaksud dengan artikel yang SEO friendly…. Semoga website anda bisa sukses….

 

Kategori: SEO

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *