Apa yang dimaksud dengan website SEO Friendly? Website SEO Friendly adalah website yang didesain sedemikian rupa sehingga akan lebih memudahkan proses optimasi SEO untuk memenangkan peringkat di kata kunci tertentu.

seo friendly website

Ada beberapa hal yang sangat perlu anda lakukan untuk membuat website anda menjadi SEO Friendly. Jika anda gagal melakukan ini, maka bisa jadi usaha dan kerja keras anda untuk mendapatkan ranking tidak akan pernah berhasil.

Oleh karena itu kami akan merangkumkan beberapa hal penting yang perlu anda perhatikan pada saat anda membuat sebuah website…. Mudah-mudahan tulisan ini bisa membantu anda….

Optimasi Website 1 Niche

Website yang SEO Friendly adalah website yang satu niche. Kenapa website satu niche menjadi faktor SEO Friendly yang paling tinggi? Hal itu dikarenakan website 1 niche akan mempunyai halaman-halaman yang saling relevan satu sama lain.

Website yang membahas banyak niche, akan merusak relevansi di dalam setiap halaman. Misalnya saja di halaman yang membahas masalah kesehatan paru-paru, akan ada link menuju halaman lain yang membahas cara membuat rendang padang. Kondisi seperti ini akan sangat mengganggu kualitas halaman di dalam penilaian Google.

Dulu website niche campuran ini masih cukup mudah untuk ranking. Sekarang website campuran atau website gado-gado seperti ini sudah sangat sulit untuk ranking; dan ke depannya akan jadi lebih sulit lagi, karena semakin banyak website yang melakukan spesialisasi di niche-niche tertentu.

Tertarik untuk membahas banyak niche?

Anda bisa melakukan ini jika anda sudah bisa membuat 1 niche menjadi sangat kuat di website anda. Anda bisa membuka subdomain atau subdirektori baru untuk anda install website baru yang akan membahas niche yang lain. Kurang lebih beginilah cara membuat website anda lebih SEO Friendly di dalam penilaian Google.

Judul Yang Mengedepankan Kata Kunci

Pada saat anda membuat website untuk optimasi SEO, maka usahakan kata kuncu berada di bagian depan judul. Ini tidak sama dengan membuat website untuk berita yang anda promosikan di sosial media. Website yang akan dipromosikan di sosial media tidak perlu mengedepankan kata kunci di judulnya, karena judul yang provokatif akan lebih mendatangkan pengunjung.

Tetapi website yang dibuat untuk optimasi SEO sangat perlu mengedepankan judul. Semakin di belakang posisi kata kunci di dalam judul, maka akan semakin dianggap tidak penting oleh mesin pencari. Anda bisa melihat di hasil pencarian bahwa kata kunci pada umumnya berada di awal judul halaman.

kata kunci di depan judul

URL Singkat Dengan Kata Kunci

Saat ini Google memperlihatkan trend bahwa halaman web yang ranking di hasil pencarian adalah halaman web yang menggunakan URL yang pendek. Jadi misalnya judul anda adalah Resep Rendang Sapi Padang Lezat, maka akhir dari URL anda bisa saja /rendang-sapi/ atau /rendang-sapi-padang/ ….

Belum ada studi yang mempelajari seberapa besar pengaruh dari URL yang pendek ini untuk menjadikan website anda SEO Friendly, namun tidak ada salahnya mengikuti trend yang dilakukan oleh website-website yang berhasil mendapatkan peringkat tinggi di kata kunci persaingan yang berat.

Menurut hasil survey, rata-rata ranking 1 di kata kunci yang berat mempunyai URL yang tidak lebih dari 50 karakter. Jumlah rata-rata karakter ini terus naik seiring turunnya peringkat di hasil pencarian.

Batasi Jumlah Link Di dalam Setiap Halaman

Kesulitan terbesar pada saat anda melakukan optimasi SEO adalah mendapatkan poin dari backlink. Jika anda kesulitan untuk mendapatkan poin dari Backlink, maka sangat direkomendasikan bagi anda untuk membatasi jumlah link di dalam setiap halaman anda.

Itu berarti anda harus membatasi jumlah link di menu header dan di sidebar. Usahakan di menu header tidak lebih dari 10 link, dan di sidebar tidak lebih dari 20 link. Jadi total link yang sitewide atau muncul di semua halaman itu ada dalam kisaran 30 hingga 40 link (jika memperhitungkan link di footer).

Pastikan anda memasukkan link-link dari halaman terpenting di website anda saja… Anda tidak bisa mengangkat semua halaman pada saat bersamaan. Beberapa halaman hanya akan berfungsi sebagai penambah otoritas dan penunjang artikel utama saja.

Jika anda menaruh terlalu banyak link di dalam halaman anda, sedangkan poin yang masuk hanya sedikit, maka hasil pembangian dari produk tersebut akan sangat kecil untuk setiap halaman. Ini akan membuat website anda sulit bersaing di pencarian kata kunci yang anda inginkan….

Mengatur jumlah link di setiap halaman adalah salah satu faktor penting penentu website yang SEO Friendly.

Hindari External Link Yang Tidak Benar-Benar Perlu

Anda akan sangat kesulitan melakukan optimasi SEO jika ada banyak external link di website anda. Setiap external link akan mengalirkan poin anda keluar dari website. Walaupun anda memasang tag nofollow, tetap saja poinnya akan mengalir keluar … walaupun poinnya dihanguskan.

Jadi jika anda baru mau melakukan optimasi, maka usahakan tidak ada satupun external link di website anda. Bahkan link menuju sosial media anda pun harus dihilangkan untuk memaksimalkan poin yang beredar di website anda. Anda bisa memasukkan sosial media ini saat website anda sudah cukup ramai.

Wajib Mobile Friendly

Website yang SEO Friendly pastilah website yang mobile friendly. Hal ini dikarenakan mesin pencari seperti Google sudah mengutamakan tampilan mobile sebuah website. Google sendiri sudah menggunakan pengindeksan mobile first index. Jadi penentuan peringkat biasanya akan ditentukan oleh versi mobile terlebih dahulu.

Sangat direkomendasikan agar anda menggunakan tema yang responsif tapi sederhana. Jadi struktur website tidak berbeda antara tampilan mobile dan desktop, namun tetap ringan. Usahakan juga agar tulisan di website anda menggunakan font dan ukuran font yang nyaman untuk mata.

Gunakan Gambar Dan Media Lainnya Di Dalam Artikel-Artikel Anda.

Google menyukai website yang memberikan informasi yang lengkap. Jadi Google akan berusaha mengedepankan website yang memberikan informasi dalam media yang beragam. Jadi informasi anda jangan hanya dalam bentuk teks saja, tapi jika perlu tambahkan gambar atau bahkan video.

Jika anda mempunyai data atau informasi yang unik, yang hanya dimiliki oleh anda, maka itu akan menjadi keuntungan yang luar biasa. Google berusaha menghidangkan hal-hal yang belum ada di website lain, jadi ini akan mempermudah anda menembus halaman pertama.

Lakukan Update Berkala Pada Konten Utama Anda

Website yang SEO Friendly adalah website yang memberikan informasi yang paling muktahir dan relevan. Jadi jika anda merasa ada informasi di halaman website anda yang sudah tidak relevan, maka sebaiknya anda mengedit halaman itu. Atau, anda bisa mengembangkan artikel anda terus menerus sehingga suatu saat artikel itu bisa menjadi sangat panjang.

Ada banyak website yang membuktikan bahwa artikel-artikel yang rutin diperbarui akan lebih mudah untuk ranking. Kalau anda mempunyai artikel yang sudah berumur 1 tahun atau lebih; dan saat ini rankingnya sudah mulai merosot, maka sebaiknya anda melakukan update pada konten tersebut.

=============

Inilah beberapa hal yang bisa anda lakukan jika mau membuat website yang SEO friendly. Hal-hal yang sudah kami jabarkan di atas akan memberikan pengaruh langsung pada kenaikan peringkat anda. Tentunya ini masih harus memperhartikan kondisi persaingan yang anda hadapi.

 

Kategori: SEO

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *