Memilih layanan web hosting adalah salah satu tahapan yang sangat penting dalam pembuatan website. Jika anda salah memilih layanan web hosting, maka sangat mungkin anda akan menghadapi banyak kendala dalam mengembangkan website anda.

web hosting terbaik untuk website anda

Untuk itu kami membuat beberapa petunjuk yang bisa membantu anda dalam memilih layanan web hosting yang terbaik untuk anda.

5 Faktor Paling Penting Web Hosting

Ada 5 faktor yang perlu anda perhatikan saat akan memilih layanan web hosting, yaitu:

  • Performa/kecepatan
  • Harga
  • Keamanan
  • Customer Service
  • Pengembangan

Performa/Kecepatan

Ada beberapa hal yang sangat mempengaruhi kecepatan dan performa dari sebuah layanan web hosting. Beberapa di antaranya adalah:

Sumber Daya

Kapasitas Penyimpanan – Kapasitas penyimpanan sangat ditentukan dari ukuran website yang akan anda buat. Tidak perlu membeli kapasitas yang besar jika anda hanya mau membuat beberapa halaman web saja. Kalau halaman website anda tidak lebih dari 100 halaman, maka kapasitas 500 MB sudah sangat memadai untuk website anda.

Tipe Penyimpanan – Saat ini sudah banyak layanan web hosting yang menggunakan SSD atau Solid State Drive yang memberikan kecepatan yang sangat baik. Tapi masih ada beberapa di antaranya yang memakai teknologi hardisk lama. Jadi anda perlu menanyakan hal ini ke customer service jika tidak dijelaskan di spesifikasi paket yang mereka tawarkan.

Bandwidth – Pada umumnya layanan web hosting akan menuliskan bahwa bandwidth mereka unlimited. Tapi jangan salah memahami ini sebagai jumlah kunjungan yang tidak terbatas. Pada akhirnya kunjungan anda akan dibatasi oleh sumber daya server yang dialokasikan untuk website anda. Jika jumlah kunjungan terlalu besar, maka server akan melambat dengan sendirinya.

Layanan Berbagi Atau Tidak – Kalau anda hanya mau membuat website yang kecil, maka anda hanya memerlukan layanan web hosting berbagi atau shared hosting. Biasanya website dengan jumlah halaman yang sedikit tidak akan mendapatkan trafik dalam jumlah besar. Tapi jika website kecil anda ternyata mampu mendapatkan trafik yang sangat besar; itu berarti anda harus menyesuaikan kapasitas sumber daya website anda untuk mengimbangi trafik yang besar ini.

Teknologi Server – Sangat penting untuk mengetahui teknologi apa saja yang digunakan oleh layanan web hosting yang anda gunakan. Pastikan untuk memilih layanan web hosting yang selalu menggunakan teknologi hosting yang terbaru. Ini sangat penting untuk memastikan performa dan keamanan website yang terbaik.

Lokasi Server – Jika anda membuat website untuk mendapatkan pengunjung dari Indonesia, maka sebaiknya anda menggunakan server yang berlokasi di Indonesia. Ini akan memastikan performa kecepatan yang terbaik untuk pengunjung website anda; dan website anda juga akan mendapatkan prioritas untuk ranking di Indonesia.

CDN – Jika anda menargetkan pengunjung dari seluruh dunia, maka pastikan anda menggunakan layanan web hosting yang dilengkapi dengan CDN atau bisa digabungkan dengan layanan CDN berbayar.

Harga

Pada umumnya pemilik website pemula mencari layanan web hosting dengan harga yang sangat murah. Ini bisa saja menjadi kesalahan fatal di masa yang akan datang. Jika anda benar-benar serius ingin mengembangkan website dengan serius, maka sebaiknya anda mencari layanan web hosting yang sudah terkenal dan mempunyai reputasi yang baik.

Mungkin saja harganya tidak akan semurah yang anda harapkan, namun ini akan lebih aman untuk pengembangan website anda.

Ada banyak layanan web hosting yang sering mengadakan promo. Anda bisa mencari layanan web hosting terkenal yang memberikan promo harga yang terbaik untuk anda. Setidaknya anda bisa mendapatkan 1 tahun hosting dengan harga yang murah.

Siapa tahu di tahun kedua anda sudah mendapatkan penghasilan yang bisa anda gunakan untuk membayar layanan web hosting yang sudah tidak promo lagi.

Keamanan

Keamanan adalah masalah yang sangat serius, karena selalu saja ada orang dengan tujuan yang tidak baik yang mencari website yang bisa mereka ambil alih.  Tentu kita tidak ingin hal itu terjadi. Untuk mencegah hal ini terjadi, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan, yaitu:

  • Memasang Faktor Otentikasi 2 Langkah
  • Rutin Melakukan Backup
  • Memilih layanan web hosting yang menerapkan pengamanan yang memadai

Anda bisa bertanya ke customer service untuk mengetahui apa saja yang mereka lakukan untuk menjaga keamanan website klien mereka.

Biasanya anda akan mendapatkan jawaban seperti ini:

  • Rutin melakukan update software untuk menghindari munculnya celah keamanan
  • Memasang firewall untuk mencegah trafik berbahaya
  • Menyediakan perlindungan DDoS
  • Rutin melakukan scanning untuk mencegah dan menghapus malware dari sistem mereka
  • Beberapa penyedia layanan juga rutin membuat backup untuk website anda

Customer Service

Tentunya anda memerlukan layanan customer service yang handal untuk membantu mengatasi masalah yang muncul. Terkadang anda memerlukan bantuan dari CS, karena ada beberapa masalah yang tidak ada pahami atau di luar kendali anda.

Jika Customer Service anda kurang berpengalaman atau tidak memahami masalah-masalah teknis, maka itu bisa sangat membuat frustrasi.

Untuk itu sangat direkomendasikan untuk selalu memilih layanan web hosting yang ternama. Akan selalu ada CS yang berpengalaman dan bisa membantu anda mengatasi masalah yang muncul di website anda.

Pengembangan

Website anda mungkin akan berkembang cukup besar sehingga spesifikasi hosting yang anda ambil saat ini jadi tidak memadai. Hal ini akan menuntut anda untuk melakukan upgrade paket hosting.

Ada beberapa layanan web hosting yang menyediakan paket web hosting yang ukurannya kecil. Namun pada saat anda akan melakukan upgrade hanya tersedia ukuran yang sangat besar. Tentunya ini akan membuat anda membayar untuk sesuatu yang tidak anda perlukan.

Jadi sangat direkomendasikan untuk mencari tahu jenjang spesifikasi dari setiap paket web hosting yang tersedia. Ini akan sangat memudahkan anda ke depannya dalam melakukan upgrade.

 

Menilai Kecepatan Web Hosting

Kecepatan web hosting adalah sesuatu yang sangat penting untuk user experience di website anda. Jadi tentunya anda mau kecepatan website anda berada dalam kisaran yang bisa memuaskan pengunjung website.

Untuk itu anda harus melakukan pengujian kecepatan server dalam merespon permintaan dari pengunjung website. Untuk melakukan ini anda bisa menggunakan tools dari https://www.webpagetest.org/

Silahkan mengunjungi tautan di atas untuk menguji kecepatan website anda. Setelah itu masukkan URL yang akan anda uji ke kolom yang sudah disediakan. Setelah itu lakukan pengaturan beberapa parameter seperti yang ada di dalam gambar di bawah ini.

webpagetest parameter

Setelah melakukan pengaturan seperti di atas silahkan klik START TEST. Anda akan mendapatkan hasil seperti yang terlihat seperti di bawah ini….

ttfb atau time to first byte

Kolom yang perlu anda amati adalah kolom FIRST BYTE. Kolom ini memperlihatkan seberapa cepat server web hosting anda merespon permintaan. Google sebenarnya memberi batasan 0,6 detik, namun masih cukup normal jika server anda merespon dalam 1 detik.

Jika lebih dari 1 detik, maka itu berarti server anda cukup lambat dalam merespon permintaan. Anda sebaiknya mengambil beberapa sampel sebelum berkonsultasi dengan penyedia layanan web hosting anda.

Ambillah sampel-sampel ini pada waktu-waktu yang berbeda. Ada sampel pagi hari, siang hari, sore hari, malam hari, dan dini hari. Jika tidak satupun di antara sampel-sampel ini yang memberikan respon di bawah 1 detik, maka itu berarti server anda sangat berat.

Tapi kalau sampel anda lambat pada waktu-waktu tertentu saja itu berarti server tidak bisa menangani beban puncak atau jam-jam ramai kunjungan.

Biasanya hal-hal seperti ini cukup bisa diatasi oleh penyedia layanan web hosting besar. Sedangkan penyedia layanan web hosting kecil kemungkinan mempunyai batasan-batasan dalam mengatasi masalah ini.

=================

Ok, jadi sampai di sini anda sudah mengetahui bagaimana cara memilih layanan web hosting yang tepat. Dan anda juga sudah tahu bagaimana cara mengukur kecepatannya. Pastikan anda selalu menggunakan tools yang sama untuk mengamati kecepatan website anda.

Jangan menilai kecepatan website anda dari lama waktu muat di laptop anda, karena hal itu juga sangat dipengaruhi oleh kecepatan internet yang anda gunakan.

Kategori: SEO

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *