Bagi anda yang baru belajar SEO, mungkin anda akan bingung membaca judul di atas. Istilah-istilah di atas cenderung terasa asing bagi para pemula. Jadi sebelum kami membahas masalah ini; kami perlu menjelaskan sedikit masalah YMYL ini.

cara melakukan SEO YMYL dan E-A-T

Apa itu YMYL?

YMYL adalah sebuah kategori yang ditetapkan Google untuk niche yang bisa mempengaruhi kesehatan, keuangan, dan kebahagiaan pengguna Google. Biasanya kata kunci yang ada di dalam kategori YMYL ini adalah kata kunci yang mempunyai potensi komersil yang tinggi.

Jadi jika anda adalah seorang pemula di dunia SEO dan berharap bisa kaya dengan mudah dari SEO; maka ini adalah kabar buruk untuk anda …. ANDA SUDAH TERLAMBAT…. Anda tidak akan bisa memenangkan kata kunci mahal dengan usaha asal-asalan dan amatiran.

Google menerapkan standar yang sangat tinggi bagi website yang berharap bisa masuk ke dalam kategori YMYL ini.

Tapi bagi anda yang sudah membulatkan tekad untuk bersaing di niche YMYL ini; maka tentunya anda mau mengetahui hal-hal apa saja yang perlu anda lakukan untuk menaikkan Expertise, Authority, Dan Trustworthy Untuk SEO website anda.

Kami akan mencoba menjabarkan hal ini sesederhana mungkin untuk anda.

Expertise/Keahlian

Expertise adalah faktor keahlian di dalam website anda. Yang menjadi masalah adalah bagaimana Google bisa mengenali sebuah artikel itu ditulis oleh orang yang ahli atau tidak? Apakah Google sudah bisa memahami isi dari sebuah artikel?

Begini …. website yang akan anda buat bukanlah website pertama di niche anda. Sudah ada milyaran website di dunia ini, dan ada banyak yang bersaing di niche yang sama dengan anda. Jadi jika anda menargetkan niche YMYL; anda harus siap menghadapi persaingan yang sangat keras.

Google sudah mempunyai database website-website yang mempunyai otoritas yang tinggi. Google menjadikan sekumpulan besar database ini sebagai pembanding dengan tulisan anda.

Bagaimana cara Google membandingkan tulisan-tulisan ini?

Google bisa mengelompokkan kata-kata yang ada di dalam sebuah artikel sehingga Google bisa mengetahui kata-kata apa saja yang harus muncul di dalam sebuah pembahasan.

Jika Google sudah bisa menemukan semua kata ini di dalam artikel anda, maka Google akan beranggapan bahwa pembahasan anda cukup lengkap dan mendalam.

Hal itu akan memberikan nilai ekstra untuk tulisan anda. Apalagi jika anda bisa menyajikan informasi yang tidak bisa ditemukan Google di website lainnya.

Google tidak hanya memeriksa kelengkapan informasi yang ada di dalam website anda. Google juga akan memeriksa apakah tulisan tersebut unik.

Jika tulisan tersebut tidak unik, maka percuma saja kelengkapan informasi yang tersedia di website anda. Google akan melihat artikel itu sebagai sesuatu yang tidak berasal dari otak anda…. Itu berarti anda hanya seorang penyalin dan bukan seorang ahli di bidang tersebut.

Selain it,…. menulis satu artikel saja tidak akan membuat anda menjadi seorang AHLI. Untuk memperlihatkan bahwa anda benar-benar ahli; anda harus membuat artikel-artikel yang lain. Semakin luas pembahasan yang anda tulis seputar niche tersebut, maka semakin ahli anda di dalam niche tersebut.

Anda bisa menulis artikel-artikel yang panjang; atau membaginya dalam banyak artikel yang menargetkan kata kunci yang lebih spesifik. Google tidak akan bermasalah dalam menilai hal ini, karena Google juga melakukan penilaian secara sitewide (keseluruhan website).

Authority/Otoritas

Walaupun anda mempunyai konten yang unik dan lengkap; … belum tentu Google akan mempercayai konten anda begitu saja.

Walaupun semua kata bisa ditemukan di dalam halaman-halaman website anda, bukan berarti kata-kata itu disajikan dengan benar. Bisa saja informasi yang ada di dalamnya menyesatkan pembacanya.

Jadi Google juga menggunakan sinyal otoritas.

Yang dimaksud dengan otoritas di dalam dunia SEO adalah banyak orang yang mengakui keahlian anda. Biasanya pengakuan ini datang dalam bentuk backlink menuju website anda.

Backlink ini menjadi indikasi bahwa ada banyak orang yang merekomendasikan website anda. Makanya backlink sudah lama menjadi faktor penting di dalam penentuan peringkat.

Tentu saja “nilai” dari setiap backlink ini tidak sama. Ada backlink yang akan mendorong peringkat anda dengan sangat kuat; namun ada juga yang tidak memberikan pengaruh sama sekali…

Berikut ini adalah faktor-faktor penting dari sebuah backlink:

  1. Relevansi, yaitu kesesuaian isi konten halaman yang memberi backlink dengan halaman anda
  2. Otoritas nama domain, yaitu penilaian tentang seberapa populer website yang memberikan backlink untuk website anda.
  3. Otoritas halaman, yaitu penilaian untuk melihat apakah halaman yang memberi backlink adalah halaman yang penting di dalam website tersebut atau tidak.
  4. Jumlah link di dalam halaman. Semakin sedikit link di dalam halaman tersebut, maka semakin spesial juga link anda di dalamnya.
  5. Posisi backlink di dalam halaman juga akan berpengaruh terhadap besar poin yang dialirkan. Semakin di atas posisi linknya, maka akan semakin besar poin yang anda dapatkan.

========

Dulu faktor otoritas ini dikenal sebagai pagerank. Tapi sekarang Google mengatakan bahwa pagerank bukanlah satu-satunya faktor yang digunakan dalam penghitungan otoritas. Sayangnya Google tidak membocorkan sedikit pun petunjuk tentang faktor-faktor lainnya.

Banyak praktisi SEO yang menyakini bahwa faktor lainnya adalah sinyal sosial media. Jadi website yang populer dan sering disebutkan di sosial media akan mendapatkan poin otoritas tambahan di nichenya.

Trust/Kepercayaan

Ini adalah faktor yang sulit di dalam SEO, karena bukan hal yang mudah untuk mendapatkan kepercayaan di internet. Biasanya website anda harus besar dan terkenal sebelum Trust ini bisa anda dapatkan.

Biasanya untuk mendapatkan TRUST ada 3 hal yang harus anda penuhi, yaitu:

  1. Menghindari ciri khas website spam
  2. Mempunyai alamat jelas yang terverifikasi di Google My Business
  3. Mempunyai reputasi yang baik

=================

Menghindari Ciri Khas Website Spam

Untuk menghindari ciri khas website spam ada serangkaian list spam score yang bisa anda coba. Spam score ini dirilis oleh moz.com yang memang memfokuskan pembahasan mereka di seputar Search Engine Optimization (SEO).

Ada 27 Faktor yang bisa anda temukan di dalam daftar spam score ini. Tapi yang perlu anda perhatikan adalah:

  1. Jumlah halaman yang banyak, berkualitas, dan unik.
  2. Registrasi nama domain untuk 3 tahun atau lebih
  3. Tampilan website yang rapi dan minim kesalahan penulisan
  4. Tidak memakai nama domain gratisan
  5. Jumlah link di dalam halaman yang tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit
  6. Memasang nomor telepon, alamat email, dan alamat yang riil. Kontak ini harus konsisten digunakan dalam waktu yang lama.

Keenam faktor ini sudah cukup memadai jika faktor expertise, dan authority yang sebelumnya sudah dijelaskan bisa anda penuhi.

Verifikasi Alamat Google My Business

Anda akan mendapatkan poin trust yang sangat besar jika anda melakukan verifikasi alamat riil dari bisnis anda. Verifikasi ini akan memberi kepastian kepada Google bahwa setiap pembeli produk atau jasa anda bisa menemukan alamat riil anda.

Bagi anda yang menjalankan bisnis online dan tidak mau melakukan verifikasi alamat riil anda, tentunya itu akan mempersulit optimasi SEO website anda. Apalagi jika halaman pertama Google sudah dipenuhi website yang melakukan verifikasi alamat riil.

Jadi pastikan anda melakukan pendaftaran Google My Business jika anda mau bisnis anda berkembang di hasil pencarian Google.

Mempunyai Reputasi Yang Baik

Ini adalah level selanjutnya. Biasanya website yang ada di level ini sudah melakukan aktfitas branding sehingga brandnya sangat dikenal masyarakat.

Biasanya website yang sudah melakukan aktifitas branding seperti ini akan mempunyai kata kunci atas nama brandnya sendiri…. Misalnya ada orang yang mencari Smart TV Sharp. Bisa saja orang ini memasukkan kata kunci SMART TV SHARP LAZADA.

Jika Google menilai orang-orang dengan sengaja mencari brand anda saat membutuhkan produk, jasa atau pengetahuan tertentu; maka itu akan menjadi sinyal yang sangat kuat bagi Google untuk mempercayai website anda.

========

Kurang lebih seperti inilah proses yang perlu anda lakukan jika ingin bersaing di niche YMYL. Jika anda bukan pekerja keras atau orang yang mampu menginvestasikan uang dan waktu yang cukup besar, maka sebaiknya anda menghindari niche YMYL ini.

Ini bukan untuk mematahkan semangat anda. Kami hanya ingin memberikan pemahaman yang realistis tentang kerasnya persaingan di kategori YMYL.

Kategori: SEO

2 Komentar

Drajad · 16 Desember 2020 pada 8:35 pm

Jika kita memiliki beberapa website usaha, untuk verifikasi gogle bisnis hanya bisa 1 website saja, bagaimana

    kepoin · 22 Desember 2020 pada 10:58 am

    Maksudnya bisnisnya cuma 1 tapi punya banyak website? Kalau usahanya cuma 1 ya cuma bisa satu akun Google My Business saja mas. Jadi websitenya juga cuma satu. Tidak bisa semuanya dijadikan webste resmi. Harus ada yang diutamakan sedangkan yang lainnya dijadikan dummy untuk mengangkat website utama tadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *