Kalau kita berbicara masalah cara mendapatkan backlink, maka ada dua gaya dalam mencari backlink ini. Yang pertama adalah dengan cara white hat yang sesuai dengan panduan kualitas mesin pencari seperti Google. Sedangkan yang kedua adalah dengan metode black hat yang lebih mengutamakan kemudahan. Teknik kedua ini tergolong sebagai web spam.

cara mendapatkan backlink berkualitasSalah satu bentuk web spam dari cara mendapatkan backlink adalah penggunaan JASA BACKLINK. Jadi kalau ada jasa backlink yang mengklaim bahwa backlink mereka sesuai dengan panduan Google, maka itu jelas klaim yang keliru. Jasa backlink jelas merupakan jasa berbayar, dan tidak ada backlink berbayar yang sesuai dengan panduan kualitas Google.

Kenapa banyak yang menggunakan jasa backlink? Alasan paling utama dari penggunaan jasa backlink adalah ketidaktahuan akan teknik-teknik dasar dalam mendapatkan backlink. Ada juga yang menggunakan jasa backlink karena tidak punya waktu untuk mencari backlink sendiri…. Dua hal inilah yang menjadi alasan utama banyak orang menyerah mencari backlink sendiri.

Backlink yang white hat jelas mempunyai power yang sangat kuat. Tapi untuk mendapatkannya akan memakan banyak waktu dan uang. Belum lagi anda harus membuat konten yang sangat berkualitas, jika tidak maka kecil peluangnya anda bisa mendapatkan backlink dengan cara yang alami.

Pondasi utama dari teknik mencari backlink secara alami adalah PROMOSI dan REPUTASI. Semakin besar promosi anda, maka akan semakin besar peluang anda mendapatkan backlink. Sedangkan reputasi akan sangat mendorong orang-orang menjadikan website anda sebagai rujukan.

Supaya tidak terlalu berputar-putar, langsung saja kita bahas cara mendapatkan backlink untuk website anda.

CARA YANG ALAMI (WHITE HAT)

Untuk bisa melakukan pencarian backlink secara alami ini, maka setidaknya anda harus mempunyai KONTEN YANG BERKUALITAS. Jika anda tidak mempunyai konten yang berkualitas, maka lupakan saja untuk mendapatkan backlink berkualitas melalui cara yang alami.

Ok, jadi anggap saja anda mempunyai konten yang sangat baik, dan anda mau mendapatkan backlink untuk halaman web tersebut. Yang perlu anda lakukan adalah memperkenalkan konten anda itu ke sebanyak mungkin calon pengunjung.

INGAT! Dalam teknik yang alami; orang baru akan bisa memberi backlink ke konten anda, jika mereka tahu konten itu ada. Tugas anda untuk memberitahu keberadaan konten anda ke banyak orang. Dan ada banyak cara untuk memberitahu orang bahwa konten anda yang berbobot itu tersedia untuk dibaca.

Beberapa cara yang bisa anda tempuh adalah:

1. Promosi Di Sosial Media

Langkah awal pada saat anda belum mempunyai cukup reputasi untuk website anda, adalah dengan melakukan promosi di sosial media. Ini akan membantu memperkenalkan website anda ke komunitas yang tepat.

Salah satu sisi positif dari beriklan di sosial media seperti facebook adalah biaya yang semakin murah jika anda menjangkau market yang tepat. Luar biasa kan? Jika anda mempunyai toko online dan ternyata iklan anda bisa menarget market yang tepat, maka potensi penghasilan akan sangat besar, sedangkan biaya iklan malah jadi semakin murah.

Ini akan membantu anda memperkenalkan website anda; dan jika website anda berhasil membangun brand, atau mempunyai konten yang viral di sosial media, maka backlink yang berkualitas akan mulai berdatangan ke website anda.

Tapi ini adalah metode yang tentunya mendorong anda untuk mengeluarkan uang yang cukup banyak terlebih dahulu sebelum anda bisa sampai ke tujuan tadi.

#TIPS untuk anda agar anda bisa berhemat di biaya iklan adalah dengan membuat target iklan yang sangat spesifik. Yang dimaksud dengan target iklan yang spesifik adalah jumlah orang yang ditarget sangat terbatas, yaitu di kisaran ribuan dan puluhan ribu. Jadi kalau anda mau menargetkan banyak orang, ya anda bisa membuat ad set yang sangat banyak, dengan pengaturan yang lebih sesuai untuk masing-masing target yang berbeda tadi….

Memang ini akan sangat merepotkan, tapi ini akan bisa membantu anda mendapatkan harga iklan yang lebih murah.

Semakin murah biaya iklan anda, maka akan semakin banyak orang yang anda jangkau, sehingga popularitas bisa semakin bertambah; dan tentunya diharapkan beberapa backlink akan mulai berdatangan secara alami.

Contoh dari iklan yang tayang di sosial media seperti facebook adalah seperti di bawah ini:

iklan di sosial media

2. Beriklan di Google Ads

Jika anda menggunakan Google Ads untuk memperkenalkan konten anda, maka anda menargetkan orang-orang yang memang membutuhkan konten tersebut. Google ads adalah salah satu metode yang sangat baik untuk menjangkau orang-orang yang memang mempunyai interest yang tinggi dengan konten kita.

Dari pengalaman selama ini, pengunjung yang berasal dari Google Ads mempunyai tingkat konversi yang lebih baik. Hal itu karena sifatnya yang memang sedang mencari apa yang kita tawarkan. Jadi anda perlu mempertimbangkan Google ads pada saat anda baru memulai website anda dan belum mempunyai cukup reputasi untuk mendapatkan backlink berkualitas secara alami.

Coba lihat gambar di bawah ini. Jangankan yang belum punya nama. Mereka yang sudah sangat terkenal di bidangnya saja masih memakai Google Ads.

Google ads untuk website anda

Cara-cara berbayar seperti ini, masih termasuk dalam metode optimasi SEO yang white hat. Jadi kalau ada yang mengatakan “jago SEO kok pakai iklan”; itu berarti mereka tidak paham kalau di SEO ada banyak sekali strategi.

3. BROKEN LINK

Ini adalah salah satu cara yang bisa membantu anda mendapatkan link dari pemilik website yang satu niche dengan anda. Cara ini akan cukup memakan waktu, tapi jika anda bersabar anda akan bisa mendapatkan backlink yang sangat berkualitas dan bisa mendorong peringkat anda dengan sangat kuat.

Untuk mendapatkan link melalui pencarian broken link, kita akan menggunakan tools dari https://www.brokenlinkcheck.com/. Tools ini sangat mudah digunakan, tapi kalau anda butuh panduan cara penggunaannya, anda bisa googling terlebih dahulu.

broken link cek untuk backlink

Yang perlu anda lakukan sekarang adalah mencari website-website yang satu niche dengan website anda. Ini mudah saja; anda tinggal masukkan saja kata kunci yang anda targetkan ke dalam pencarian Google, maka semua halaman website ini akan muncul.

Setelah itu mulai lakukan pengecekan broken link pada masing-masing website menggunakan alat di atas. Jika anda bisa menemukan broken link pada website-website ini, maka yang perlu anda lakukan selanjutnya adalah memberitahu pemilik website bahwa ada broken link di halaman webnya dan itu tidak akan baik untuk peringkat.

Jika anda tidak percaya diri untuk blak-blakan merekomendasikan website anda, maka anda bisa menyamar menjadi pembaca biasa yang merekomendasikan website yang berkualitas yang pernah anda baca. Misalnya seperti ini….

“Mas, tadi aku baca artikelnya, pas aku butuh penjelasan masalah mesin hidroliknya, ternyata link yang mas berikan itu sudah ngak ada, jadi linknya broken link. Tapi tadi aku sudah ketemu kok website yang pembahasannya keren di halaman http://www.teknisihebat.id/apa-itu-mesin-hidrolik/. Jadi sudah paham sekarang. Barangkali saja mas mau pakai halaman di atas buat ganti yang broken tadi. Recommended banget…”

Ya segitu saja. Kalau yang punya web ternyata suka dengan penjelasan di halaman web yang kita rekomendasikan, maka kita akan mendapatkan backlink yang sangat berkualitas.

4. TESTIMONI KLIEN

Untuk beberapa jasa yang melayani konsumen dengan tatap muka langsung bisa melakukan teknik ini. Jadi sambil memperkenalkan barang, kita bisa membahas bahwa kita ini juga jualan online punya website. Kalau konsumen kita sewaktu-waktu butuh untuk melihat produk-produk kita bisa mampir di alamat web kita.

Setelah itu kita bisa mencoba menanyakan apakah pengguna jasa kita itu juga punya website. Kalau benar mereka punya website, bolehlah kita minta tolong direview di websitenya.

Biasanya yang melakukan teknik ini adalah jasa tour guide wisata yang dalam beberapa waktu saja sudah akrab dengan kliennya, atau jasa rental mobil dengan pendekatan supir yang ramah ke pelanggan bisa menghasilkan backlink….

mendapatkan backlink dari testimoni klien di website mereka

Jika anda bisa akrab dengan klien anda, minta tolong hal-hal seperti ini sih mudah saja… Jadi kita harus akrab dulu ya dengan klien… jangan langsung ditodong minta review….

Hanya saja banyak yang menggunakan teknik ini dengan mix black hat; karena mereka menawarkan diskon atau bonus yang menarik kalau pengguna jasa mereka mau mereview jasa mereka di website. Tapi ya namanya juga usaha … 😀


Sebenarnya ada banyak sekali metode yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan backlink secara alami, jika anda memang kreatif dalam melakukan ini. Tapi aturan dasarnya tetap sama, yaitu anda harus memberitahu ke sebanyak mungkin orang bahwa anda punya website yang menawarkan hal-hal menarik untuk mereka.


Tapi di dunia internet ini penuh dengan orang yang tidak sabaran mau melihat hasil. Jadi bermunculan teknik-teknik black hat yang jelas tidak alami. Ini adalah teknik yang menggunakan cara-cara apa saja untuk mendapatkan backlink secara cepat.

CARA YANG TIDAK ALAMI (BLACK HAT)

Sebelum anda membaca lebih lanjut materi black hat ini; anda harus tahu bahwa Google tidak menyukai metode ini, dan Google menghabiskan banyak sekali waktu, dana, dan tenaga untuk membangun sistem yang bisa mengantisipasi teknik black hat yang tidak alami ini.

Jadi bagi anda yang melakukan teknik-teknik black hat ini resiko ditanggung sendiri ya….

1. BERKOMENTAR DI WEBSITE LAIN

Kalau tujuan anda dalam mencari backlink adalah mengumpulkan poin otoritas yang besar (PA dan DA) secara gratis, maka tidak ada cara lain untuk melakukannya dalam waktu yang singkat selain berkomentar di website lain. Kenapa seperti itu?

Anda hanya bisa menaikkan PA dan DA dengan cepat jika backlink anda berasal dari halaman yang mempunyai PA dan DA yang tinggi. Sayangnya tidak semua halaman website itu mempunyai PA dan DA yang tinggi. Rata-rata halaman yang mempunyai PA dan DA yang tinggi adalah halaman yang sudah sangat “tua”. Hal itu dikarenakan memerlukan waktu yang sangat lama untuk mengumpulkan banyak poin.

Jadi anda tidak bisa mendapatkan DA dan PA dalam waktu yang cepat kalau anda hanya membuat halaman baru seperti halaman profil, atau halaman forum. Ini yang menjadi alasan dari banyak orang melakukan spam dan berkomentar di website orang lain.

komentar di website lain

Untuk meningkatkan kualitas dan keamanan, maka sebaiknya backlink anda diapit di antara narasi yang relevan dan unik. Jadi anda harus sedikit berkerja keras untuk membuat narasi yang relevan dan unik ini dan meletakkan backlink anda di tengah-tengahnya saat berkomentar. Lebih lengkap tentang definisi backlink yang berkualitas bisa anda baca dengan membaca artikel: APA ITU BACKLINK BERKUALITAS?

Mungkin anda bertanya-tanya bagaimana cara untuk menemukan website dofollow yang bisa dikomentari? Jawabannya adalah dengan menggunakan footprint backlink. Ada banyak sekali website yang menyediakan materi footprint ini, jadi anda bisa mencoba googling kata kunci footprint Backlink.

Setelah anda mendapatkan footprint, maka langkah selanjutnya adalah memasukkan footprint tersebut di pencarian Google. Usahakan anda menggunakan browser yang sudah terinstal dengan addons dari MOZ. Addons ini akan menampilkan nilai PA dan DA dari setiap halaman di hasil pencarian Google. Jadi anda lebih mudah menargetkan halaman yang mempunyai poin otoritas tinggi.

Tampilan mozbar pada hasil pencarian terlihat seperti di bawah ini:

mozbar pada browser pencarian

Perlu anda catat, bahwa tidak semua hasil footprint bisa dikomentari. Tidak semua yang bisa dikomentari itu dofollow. Dan beberapa memerlukan pendaftaran/login atau bahkan moderasi. Jadi kemungkinan anda mendapatkan backlink itu cukup kecil.

Apa yang perlu anda lakukan jika kemungkinannya cukup kecil? Sederhana saja, cari halaman web sebanyak-banyaknya. Pasti anda saja yang bisa anda komentari.

Susah? Ya! Saya kan tidak pernah bilang ini akan mudah. Mencari backlink berkualitas itu memang butuh waktu dan kesabaran.

Walaupun susah; sebaiknya anda tidak tergoda untuk memakai software untuk mencari backlink, karena sangat tidak aman mencari backlink menggunakan software backlink. Bulan April 2018 lalu, Google melakukan update yang dikenal sebagai update brackets (Tanda Kurung) yang banyak menarget spin konten. Memang saat ini algoritma baru ini belum diterapkan dalam pendeteksian backlink. Tapi, jika algoritma ini masuk ke dalam algoritma inti, maka backlink anda akan mudah dikenali.

2. REVIEW BERBAYAR

Ada banyak sekali orang yang menyukai metode ini, di mana mereka menghubungi website yang sudah terkenal, dan meminta link mereka terpasang di salah satu halaman web yang sudah populer. Biasanya mereka menawarkan uang senilai 50 ribu sampai ratusan ribu rupiah, jika pemilik website bersedia memasang link di artikelnya.

review berbayar untuk backlink

Di blog saya sebelumnya, trikmudahseo sering mendapatkan tawaran bernilai jutaan hanya untuk menyisipkan link. Hanya saja saya tidak pernah berminat menjadi blog saya sebagai sponsor dari produk orang lain, jadi saya tolak.

Walaupun mengeluarkan uang, tapi bentuk backlink seperti ini adalah yang terkuat karena berada di tengah-tengah artikel dari website yang sudah berotoritas.

Jadi anda bisa menghubungi pemilik website via email, facebook, nomor HP, dll untuk memberikan penawaran. Tapi sejak awal saya beritahukan ke anda bahwa ada beberapa yang benar-benar tidak berminat dengan uang yang anda tawarkan berapapun jumlahnya. Tapi untungnya di teknik ini kebanyakan orang akan berminat jika harganya tepat.

Jika anda salah memberi harga, maka kemungkinan anda akan dianggap menghina kualitas website atau blog orang tersebut. Jadi buat pertimbangan yang matang ya….

3. PBN (Private Blog Network)

Kalau anda kesulitan untuk menemukan website satu niche yang mau memberikan backlink untuk website anda, maka jalan lainnya adalah membuat website satu niche tersebut. Ini adalah cara mendapatkan backlink yang sangat praktis namun berbayar.

Biaya apa saja yang perlu anda keluarkan saat membuat PBN? Untuk membuat PBN anda setidaknya harus mengeluarkan biaya untuk hosting dan nama domain. Anda bisa membeli paket hosting yang paling murah saja, karena biasanya konten dari PBN tidak terlalu banyak…. Selain itu anda mungkin perlu mengeluarkan biaya untuk jasa penulis konten, jika anda tidak punya  waktu untuk mengisi sendiri PBN anda.

backlink dari PBN

Yang perlu anda perhatikan saat membuat PBN:

  1. Jika memungkinkan sebaiknya anda mencari aged domain yang masih satu niche dengan website yang dioptimasi
  2. Isi PBN dengan setidaknya 20 artikel unik dan panjang masing-masing artikel tidak kurang dari 500 kata.
  3. Jika anda tidak menemukan aged domain yang satu niche, mungkin anda masih perlu mengeluarkan biaya untuk jasa backlink yang akan menyuntik fresh domain anda dengan backlink poin tinggi
  4. Setidaknya buat 10 PBN (paling kurang) di beberapa jasa web hosting yang berbeda
  5. PBN itu jangan set and forget, kalau PBN anda tidak terurus, maka nilainya juga akan semakin habis

Mahal? Ya untuk kebanyakan orang ini adalah metode yang cukup mahal.

4. FORUM

Keuntungan dari memasang backlink di forum yang satu niche adalah anda tidak hanya mendapatkan backlink tapi juga mendapatkan pengunjung dari komunitas dengan minat yang sama. Semakin lama anda mempromosikan website anda di forum, maka brand anda juga akan terbagun dan secara perlahan anda akan bisa mendapatkan backlink yang alami.

cari backlink melalui forum

Anda bisa mencari forum secara googling dengan menggunakan pencarian: forum “kata kunci” ; misalnya: forum  SEO Indonesia. Tapi tidak semua forum menyediakan link dofollow, dan tidak semua forummengizinkan member baru untuk melakukan posting link. Jadi yang sabar saja kalau cari backlink melalui forum.


Jadi 8 cara mendapatkan backlink berkualitas di atas bisa anda praktekkan dan sesuaikan dengan kemampuan dan kondisi anda. Hanya saja memang mencari backlink itu akan memerlukan banyak waktu dan tenaga. Jika anda merasa waktu anda akan lebih produktif jika digunakan mengurus bisnis yang lainnya, maka anda bisa mempertimbangkan penggunaan jasa backlink murah yang saat ini sudah banyak di Internet.

Mudah-mudahan artikel cara mendapatkan backlink berkualitas ini bisa membantu anda.

Kategori: SEO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *