Ini adalah penalti yang ppaling ditakuti oleh para pemilik website. Jika seseorang terkena penalti manual, maka akan sangat sulit keluar dari penalti ini. Kenapa bisa seperti itu? Karena namanya juga penalti manual itu berarti yang memberikan penalti ini adalah manusia dan bukannya robot Google.

Jauh lebih mudah untuk memalsukan sinyal ke robot Google dibandingkan membohongi tim spam Google yang adalah manusia. Jelas sekali mereka akan bisa mengetahui apakah anda membohongi mereka atau tidak. Mereka bisa mengetahui bahwa backlink yang terpasang adalah hasil perbuatan anda sendiri secara sengaja.

penalti manual Google

Bahkan mereka bisa melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mengetahui teknik black hat apa saja yang anda pergunakan untuk mengoptimasi website anda. Jika mereka mendapati anda lebih banyak teknik black hat yang anda lakukan maka tidak akan ada harapan lagi website anda bisa keluar dari penalti ini.

Apa yang bisa anda lakukan jika anda terkena penalti manual?

Penalti Manual Parsial

Ada yang namanya penalti manual parsial. Ini berarti hanya halaman tertentu saja yang terkena penalti sehingga halaman yang lain tidak terpengaruh sama sekali. Jika ini yang terjadi pada website anda, maka sebaiknya lupakan saja untuk meyakinkan tim spam Google bahwa website anda itu baik-baik saja.

Jauh lebih berguna untuk anda jika anda cepat-cepat menghapus halaman yang terkena penalti tadi. Setelah menghapus halaman yang tadi maka segeralah membuat halaman yang lainnya. Jangan melakukan redirect dari halaman yang lama, karena itu akan memindahkan penaltinya.

Jauh lebih mudah mengoptimasi halaman yang baru ini dibandingkan anda harus meyakinkan pengawas dari Google. Biasanya dalam hitungan beberapa minggu saja anda sudah akan mendapatkan kembali peringkat anda sebelumnya.

Penalti Manual Penuh

Jika anda mendapatkan penalti manual di seluruh website anda, maka rasanya tidak akan ada cara untuk mengembalikan website anda. Anda bisa meminta banding, namun jika profil backlink anda tidak diperbaiki, maka hasilnya tetap saja sama. Ada banyak sekali orang yang menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk memperbaiki websitenya dan tidak melihat hasil.

Mereka justru memuang lebih banyak waktu dengan alasan blog yang terkena penalti adalah hasil pekerjaan mereka bertahun-tahun.

Jika anda terkena penalti manual, maka masalah terbesarnya selalu sama, yaitu anda akan sangat sulit membohongi tim penilai dari Google. Akan jauh lebih cepat untuk anda jika anda tutup saja website yang terkena penalti dan segera buat website baru.

Tapi jangan lupa sebelum anda menutup website yang lama … terlebih dahulu anda harus mendownload semua konten dan gambar yang anda gunakan di website anda ini.

Selanjutnya anda bisa mengupload semua konten dan gambar ini ke website yang baru. Website yang mempunyai laju update yang tinggi akan cepat naik reputasinya di Google. Hal ini bisa terjadi karena postingan anda selama bertahun-tahun bisa dikebut postingannya hanya dalam sebulan saja.

Setelah itu anda bisa mencari backlink untuk membantu website anda naik lebih cepat lagi. Jika sebelumnya anda melakukan pemasangan backlink sendiri sampai terkena penalti manual, maka sebaiknya anda menggunakan jasa backlink untuk pemasangan kali ini.

Jika pemasangan sebelumnya sudah memakai jasa backlink dan ternyata tetap terkena penalti manual, maka jangan memakai lagi jasa backlink yang sama karena kemungkinan anda akan terkena lagi penalti manual sangat tinggi.

======================

Biasanya dengan melakukan ini website anda akan mulai pulih setelah 2 hingga 3 bulan. Ini jauh lebih baik dibandingkan anda berusaha menghidupkan website yang kedapatan bermasalah tadi.

Mungkin saat anda membaca judul di atas anda berharap ada cara untuk menghidupkan lagi website lama anda. Tapi itu benar-benar hanya akan membuang banyak waktu. Kami sudah melihat banyak orang yang melakukan itu selama 8 tahun terakhir ini, dan sangat sedikit yang berhasil melakukannya… Jadi cara terbaik yang bisa anda lakukan adalah move on ke website berikutnya dan angkut semua konten lama anda….

Kategori: SEO

2 Komentar

Sahilluqman · 28 Maret 2020 pada 9:23 am

Mas, apakah yg mas maksud dgn penalti adalah penghapusan, atau bagaimana? Karena beberapa waktu lalu, akun blogspot saya dihapus. Padahal saya yakin TDK melakukan kesalahan atas konten yg saya miliki… Trus saya mengalihkan kembali url pada custom blofg dgn email berbeda. Apakah itu juga termasuk sia¬≤?

    kepoin · 28 Maret 2020 pada 10:10 am

    Blogspot dihapus itu tidak ada kaitannya dengan SEO menurut saya. Blog dihapus hanya jika konten dianggap tidak memenuhi aturan, misalnya judi, porno, kekerasan, melanggar hak cipta, dll.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *