Saat ini keunikan konten adalah sesuatu yang sangat penting untuk penentuan peringkat di Google. Jika artikel anda tidak unik, maka tentunya akan sangat sulit meyakinkan Google bahwa website anda mempunyai konten berkualitas. Google tidak begitu menyukai konten yang tidak menawarkan sesuatu hal yang baru….

Masalahnya; terkadang kita sudah menghabiskan banyak waktu untuk menulis artikel yang unik, namun akhirnya konten kita dicuri orang. Akibatnya konten kita pun kembali menjadi tidak unik. Kejadian seperti ini banyak membuat kesal blogger pemula dan mereka kuatir akan efek dari pencurian konten tersebut untuk optimasi website mereka.

pencuri konten

Jika ini terjadi pada website anda, maka ada beberapa hal yang bisa terjadi. Untuk itu kami akan mencoba menjelaskan secara lebih mendetil apa saja yang bisa terjadi dan bagaimana caranya anda bisa mengetahui jika konten anda dicuri oleh orang lain….

Konten Curian VS Konten Duplikat

Sebenarnya konten duplikat biasanya terjadi di dalam satu website yang sama, jika ada beberapa halaman yang mempunyai isi yang sama. Biasanya persamaan ini terjadi karena di dalam website tersebut ada versi tampilan web, PDF, dan print.

Atau bisa juga karena anda memberikan beberapa label ganda ke artikel-artikel yang sama, jadi tampilan masing-masing halaman kategori akan sangat mirip sehingga bisa dikategorikan sebagai halaman yang duplikat.

Hal yang sedikit berbeda terjadi pada artikel curian, karena biasanya konten curian akan diterbitkan di website yang mempunyai tampilan header, sidebar, dan footer yang berbeda. Jadi secara keseluruhan … isi halaman itu hanya sebagian saja yang benar-benar persis sama dengan artikel kita. Jadi kami lebih suka menyebut konten curian ini sebagai konten nyaris duplikat.

Apa Pengaruh Konten Yang Dicuri Untuk SEO?

Konten yang dicuri jelas akan merusak keunikan konten kita. Jika konten kita tidak unik, maka Google akan beranggapan bahwa tidak ada gunanya menghidangkan halaman dari website kita, karena sudah ada di website lain. Google berusaha memberikan hasil yang beragam di hasil pencarian untuk memastikan pengguna mereka bisa mendapatkan berbagai masukan.

Dari sini anda bisa menyimpulkan bahwa jika konten anda serupa atau mirip dengan konten website lain yang sudah lebih dulu terindeks, maka anda akan sangat sulit untuk masuk ke halaman pertama.

Tentunya ini tidak masalah jika website kita terindeks lebih dulu, namun bagaimana jika website kita tidak bisa terindeks lebih dulu? Itu berarti si pencuri konten yang akan menjadi konten yang original dan kita yang menjadi peniru atau pencuri konten.

Satu hal yang bisa memperparah masalah ini adalah laju update dari website pencuri konten biasanya sangat tinggi. Jadi pada umumnya frekuensi perayapan freshbot menjadi lebih baik di website ini. Jadi besar peluangnya website ini akan terindeks lebih dulu dari website-website yang mereka curi kontennya.

Jika selama ini artikel anda terindeks lebih dari sehari, maka ini bisa menjadi masalah besar bagi anda, jika website pencuri konten ini mencuri artikel-artikel anda. Apalagi website pencuri konten ini biasanya memang mencari website-website yang lambat pengindeksannya.

Jadi jika mereka mengincar artikel-artikel evergreen dan menghilangkan penanggalan dari dalam template website anda, maka anda akan mengalami masalah yang sangat serius. Sangat direkomendasikan anda melakukan langkah-langkah pencegahan untuk membuat website anda lebih tahan terhadap efek pencurian konten ini.

Meminimalkan Efek Pencurian Konten

Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk meminimalkan efek dari pencurian konten yang terjadi di website anda….

Gunakan Feed Pendek Atau Tidak Pakai Feed Sama Sekali

Feed yang ada di blog seringkali menjadi alat bagi para pencuri konten ini untuk menyadap artikel-artikel anda. Jadi anda harus menampilan versi pendek saja dari feed blog anda, atau tidak perlu memakai feed sama sekali.

Jika anda adalah pengguna blogspot, maka anda bisa cek Feed blog anda di SETELAN > LAINNYA. Lihat di bagian FEED SITUS, dan ubah nilai dari IZINKAN FEED BLOG menjadi PENDEK atau TIDAK ADA.

Sedangkan untuk pengguna WordPress bisa melihat pengaturan Feed di SETELAN > MEMBACA.  Pastikan nilai dari kolom “Untuk setiap pos dalam feed, sertakan” adalah RINGKASAN….

Ini bisa membuat konten website anda lebih sulit untuk dicuri secara otomatis….

Buat Artikel Anda Terindeks Lebih Dulu

Sangat penting bagi anda untuk bisa membuat artikel-artikel yang anda ketik bisa terindeks lebih cepat. Untuk melakukan ini, maka yang bisa anda lakukan adalah melakukan submit URL di URL inspection yang ada di Google Search Console. Biasanya Google akan mengindeks artikel kurang dari sejam jika artikel anda benar-benar unik, dan juga mempunyai panjang yang cukup signifikan….

Anda juga bisa membuat website anda mempunyai laju pengindeksan yang tinggi dengan menaikkan frekuensi update dari blog anda. Seperti yang sudah kami tuliskan di atas; website pencuri konten biasanya mempunyai laju pengindeksan yang tinggi karena frekuensi updatenya juga tinggi….

Pasang Link Tersembunyi

Jika anda mau mengambil keuntungan dari pencurian konten, maka anda bisa memasukkan link di dalam artikel anda. Tapi sebaiknya anda menggunakan tag span untuk memberikan warna hitam, yang menjadi warna yang cukup umum untuk teks. Beberapa orang memasang link ini pada gambar, sehingga mereka akan mendapatkan backlink image dari website lainnya.

Tentunya ini tidak selalu berhasil, namun bisa menambahkan beberapa backlink dari dalam artikel website lain akan cukup membantu optimasi website anda.

Cara Mengetahui Konten Blog Anda Dicuri

Cara paling mudah yang bisa anda gunakan untuk mengetahui konten blog yang dicuri adalah dengan memakai alat dari https://smallseotools.com/plagiarism-checker/

Anda cukup copy paste artikel anda ke dalam kolom yang disediakan dan alat ini yang akan mencari jika ada kalimat atau paragraf yang duplikat di website lain. Tapi alat ini dibatasi untuk 1000 kata. Jadi jika panjang artikel anda lebih dari 1000 kata, maka tentunya anda harus melakukan pengecekan beberapa kali.

Jika ada kalimat atau paragraf yang duplikat, maka akan ditampilkan dalam kolom yang merah. Sedangkan untuk artikel yang unik akan ditampilan dalam kolom yang hijau…. Anda bisa melihat website-website mana saja yang mencuri konten dari website anda dengan mengklik tautan COMPARE yang tersedia di setiap kolom merah.

plagiarism checker

Apa Yang Harus Anda Lakukan Jika Konten Anda Dicuri?

Jika konten anda dicuri, maka hal pertama yang perlu anda lakukan adalah melihat apakah Google lebih mengunggulkan website anda dibandingkan website si pencuri konten. Untuk melakukan ini anda cukup meng-copy satu kalimat dari artikel anda dan masukkan ke dalam pencarian Google yang diapit oleh tanda kutip….

Lihat hasil pencarian yang ditampilkan Google. Jika Google meletakkan artikel anda lebih di atas dari pesaing anda, maka itu adalah sinyal bahwa Google lebih mengakui website anda sebagai pemilik asli dibandingkan si pencuri konten. Kalau kejadiannya seperti ini … ya lebih baik didiamkan saja….

Tetapi jika website anda justru diletakkan di bawah dari website pencuri, maka itu bisa menjadi indikasi bahwa website anda akan kalah dari website pencuri konten ini di pencarian kata kunci lainnya….

Kesal?

Normalnya sih anda pasti kesal. Apalagi kalau si maling konten ditegur … paling sering mereka jawab “Kalau ngak mau dicopas… ya jangan diposting”. Kalau mereka jawab begitu … ya berarti memang tidak ada niat baik untuk menghentikan pencurian konten yang mereka lakukan.

Biasanya mereka itu ngak pernah merasakan mengetik lebih dari 10 jam hanya untuk dicuri begitu saja…. Jadi berikut ini adalah 2 hal yang bisa anda lakukan….

Laporkan ke Aduan Hak Cipta Google

Dulu kami sering mengalami masalah pencurian konten ini, jadi website pencuri kontennya kami laporkan ke aduan hak cipta Google. Hasilnya banyak konten mereka yang dihilangkan dari pencarian Google, karena saya tidak hanya melaporkan konten saya saja, tapi semua konten lainnya….

Jika anda mau melaporkan pencuri konten anda ke Google, maka anda bisa membuka halaman laporan berikut ini: Laporan Pelanggaran Hak Cipta Konten Google

Anda cukup memasukkan data-data anda, dan jangan lupa lampirkan URL dari artikel-artikel anda yang dicuri beserta URL dari artikel yang ada di website pencuri konten tersebut. Biasanya respon dari Google tidak akan lebih dari 2 minggu….

Jika pencuri konten anda memakai platform blogger, maka mereka beresiko dihapus dari layanan blogger tersebut.

Lalu bagaimana jika mereka tidak memakai blogspot? Bagaimana jika mereka memakai CMS WP atau CMS lainnya di layanan web hosting?

Laporkan Ke Layanan Web Hosting

Jika website mereka ada di layanan web hosting, maka itu lebih mudah lagi. Anda perlu tahu bahwa hampir semua layanan web hosting membuka jalur aduan untuk pelanggaran hak cipta atau pencurian konten. Jika anda membuat aduan dan bisa meyakinkan layanan hosting bahwa anda benar-benar pemilik konten yang diadukan, maka layanan web hosting akan menghapus atau menonaktifkan layanan dari website pencuri konten….

Salah satu contoh dari syarat layanan ini bisa anda baca di Niagahoster…. Tapi sebelum anda melaporkan si pencuri konten setidaknya tunjukkan bahwa anda sudah berusaha meminta si pencuri mencabut artikel-artikel anda.

==========

lapor hosting si pencuri konten

==========

Apakah layanan web hosting akan merespon anda?

Pada umumnya layanan web hosting tidak akan mau terjebak di antara pertengkaran dua pihak yang berpotensi akan munculnya saling serang ke website yang di hosting. Jadi mereka akan menertibkan website yang melanggar peraturan mereka….

Jika anda berpikir untuk menempuh jalan ini, maka anda bisa mengatakan ke layanan web hosting bahwa anda sudah menghubungi si pencuri konten tapi responnya tidak baik. Jadi anda berpikir mau menyerang websitenya, tapi itu akan merugikan website-website lain yang dihosting bersama website si pencuri.

Tunjukkan bahwa anda berharap layanan web hosting bisa menjadi penengah agar hal-hal yang buruk tidak perlu terjadi…. Biasanya layanan web hosting akan merespon laporan seperti ini dengan cepat untuk anda.

=====

Jadi setidaknya kedua hal ini bisa anda tempuh sebagai cara untuk mengatasi konten website anda yang dicuri. Mudah-mudahan ini bisa membantu anda….

Kategori: Blog

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *