Untuk melakukan SEO, maka anda harus memperhatikan bagaimana cara menggunakan kata kunci di dalam halaman anda. Jika anda tidak melakukan ini, maka bisa saja Google menganggap halaman-halaman anda tidak relevan.

cara riset kata kunci

Jika halaman web anda tidak relevan, maka akan ada dua hal yang terjadi:

  1. Anda akan sulit untuk ranking
  2. Halaman lain dari website anda yang akan ranking (bukan halaman yang anda inginkan)

Untuk menghindari ini, maka anda bisa melakukan hal-hal sederhana di bawah ini.

Usahakan Kata Kunci Di Bagian Depan Judul

Semakin di belakang posisi dari kata kunci anda, maka poin yang melekat pada kata kunci tersebut semakin kecil. Sebagai contoh, jika anda ingin menargetkan kata kunci JASA PEMBUATAN ARTIKEL, maka kata kunci JASA PEMBUATAN ARTIKEL MURAH BERKUALITAS akan lebih mudah untuk ranking dibandingkan judul INI DIA PAKET JASA PEMBUATAN ARTIKEL TERMURAH.

Perbedaan posisi kata kunci di dalam judul akan cukup mempengaruhi tingkat kesulitan optimasi artikel ini.

Letakkan Kata Kunci Di Dalam Paragraf Pertama

Ini akan membantu halaman anda untuk mengumpulkan repetisi kata kunci di 100 kata pertama di dalam halaman tersebut. Jadi ini akan mengirim pesan ke algoritma Google bahwa halaman tersebut memang fokus membahas apa yang ada di dalam kata kunci tersebut.

Kepadatan Kata Kunci antara 2% sampai 5%

Menurut saya tidak ada yang namanya kepadatan kata kunci yang ideal. Kenapa saya menetapkan batasan 2% sampai 5%, hanya untuk memastikan artikel anda tidak mengabaikan kata kunci utama yang anda targetkan.

Seringkali saat kami melakukan optimasi backlink kami menemukan website dengan kepadatan kata kunci di bawah 1%. Akibatnya ada beberapa kata yang lebih dominan dari kata kunci yang ditargetkan. Jika kondisinya seperti ini, maka Google akan beranggapan halaman tersebut tidak sedang membahas apa yang dioptimasi melalui backlink.

Hindari Terlalu Banyak Link Pada Menu

Kadang kala kami menemukan website yang menu headernya menampilkan lebih dari 50 link. Itu berarti akan ada sekitar 100 kata sampai 200 kata di dalam menu ini. Hal ini bisa mempengaruhi kepadatan kata kunci untuk 100 kata pertama di setiap halaman web anda.

200 kata pertama di setiap halaman anda bisa sama persis jika memasang link sebanyak ini di bagian menu header.

LINK SITEWIDE

Sedapat mungkin anda memasang link halaman yang sedang dioptimasi secara sitewide. Yang dimaksud dengan sitewide adalah link ditampilkan di semua halaman. Jadi anda bisa memasang link halaman ini di header ataupun di sidebar.

Usahakan memasang link ini menggunakan kata kunci yang anda targetkan untuk halaman tersebut. Hal ini akan memberikan informasi ke Google bahwa ini adalah salah satu halaman terpenting di dalam website anda, dan isinya sesuai dengan kata kunci…

=====================================

Kurang lebih inilah yang perlu anda perhatikan pada saat anda menyebarkan kata kunci di dalam artikel anda. Anda bisa menambahkan penyebaran kata kunci ini di dalam judul-judul subpoint pembahasan di dalam artikel tersebut untuk meningkatkan kepadatan kata kunci. Atau jika anda memasang gambar, maka anda bisa memasukkan kata kunci ke dalam ALT tag gambar tersebut.

Mudah-mudahan penjelasan ini bisa membantu anda menggunakan kata kunci secara tepat di dalam halaman-halaman website anda.

 

Kategori: SEO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *