Seperti sudah dijelaskan berkali-kali di dalam berbagai tutorial di blog ini, kecepatan muat website bukanlah faktor SEO. Google tidak otomatis menurunkan ranking sebuah website hanya karena website tersebut memerlukan waktu yang lama untuk terbuka penuh.

waktu muat website

Yang menjadi masalah adalah saat lambatnya website tersebut mengakibatkan pengunjung anda kabur. Jika sampai pengunjung anda kabur, maka itu yang akan membuat Google menurunkan ranking anda. Jadi sekarang kita harus mencari tahu elemen mana dari website anda yang membuat website anda menjadi lambat.

Jadi cara terbaik menurut kepointernet untuk menilai kecepatan website anda adalah dengan menggunakan tools dari webpagetest.org. Jadi silahkan kunjungi website ini.

Cara penggunaannya sangat mudah…

tampiilan tools webpagetest

  1. Setelah anda sampai di halaman webpagetest.org ini, silahkan masukkan URL website anda
  2. Pilih lokasi target pengunjung yang menjadi sasaran trafik dari website anda
  3. Pilih browser pengunjung
  4. Pilih kecepatan koneksi yang digunakan pengunjung
  5. Setelah itu klik START TEST
  6. Tunggu sampai pengujian selesai

Anda akan melihat hasil seperti ini…

hasil tes webpagetest

Ada 3 bagian penting dari halaman hasil ini yang bisa anda pergunakan untuk menilai kecepatan dari website anda, yaitu:

  1. Paling atas ada SKOR UMUM untuk faktor-faktor kecepatan utama
  2. Di tengah ada tabel kecepatan menurut waktu
  3. Di bawah ada gambar waterfall pemuatan halaman

Saya akan jelaskan setiap bagian secara terpisah…

SKOR UMUM

Bagian ini mempunyai beberapa bagian:

  1. First Byte Time, ini adalah waktu respon dari server sampai browser anda menerima byte data pertama. Semakin lama faktor ini akan mengindikasikan buruknya sumber daya layanan hosting. Jika nilai ini terlalu rendah silahkan konsultasikan ke penyedia layanan hosting anda.
  2. Keep-alive, adalah fitur yang memberikan akses ke beberapa file sekaligus dalam satu koneksi. Ini bisa mempercepat waktu muat. Jika nilai ini terlalu rendah silahkan konsultasikan ke penyedia layanan hosting anda.
  3. Compress Transfer akan mengecilkan ukuran file sehingga lebih cepat saat ditransfer. Jika nilai ini terlalu rendah silahkan konsultasikan ke penyedia layanan hosting anda.
  4. Cache Static Content akan menyimpan konten-konten statis di sistem cache browser anda untuk mempercepat waktu muat untuk kunjungan berulang. Jika nilai ini terlalu rendah silahkan pasang plugin cache di website anda.
  5. Efective Use of CDN adalah penggunaan Content Delivery Network yang akan memberikan anda percepatan waktu muat, karena server CDN lebih handal dan bisa menyimpan versi statis dari halaman kita. Jadi walaupun server asalnya down; pengunjung tetap bisa membuka website kita. . Jika nilai ini terlalu rendah silahkan pasang CDN seperti Cloudflare. Jika tidak tersedia di cPanel anda silahkan konsultasikan ke penyedia layanan hosting anda.

Jadi semakin rendah nilai di salah satu faktor, maka anda sudah tahu bagian mana yang bermasalah dari kecepatan website anda.

 

TABEL KECEPATAN MENURUT WAKTU

Di tabel ini anda akan bisa melihat waktu muat dari halaman website anda, dan datanya akan diberikan dalam satuan detik. Kolom yang paling penting adalah FIRST TIME BYTE dan FULLY LOADED TIME. Jika rentang waktu antara kedua kolom ini lebih dari 3 detik, maka itu berarti ada terlalu banyak elemen di dalam website anda, atau server anda terlalu lambat, atau ada elemen yang menghambat waktu muat.

 

WATERFALL

Silahkan klik gambar kecil yang diberi lingkar merah dan anda akan dibawa ke dalam halaman waterfall. Halaman waterfall ini berisi uraian waktu muat dari setiap elemen. Silahkan cari elemen yang membuat garis terpanjang, karena itu menunjukkan elemen yang terlalu banyak memakan waktu.

waterfall

Apa yang bisa anda lakukan jika ada elemen yang waktu muatnya terlalu lama? Tentu saja anda harus mengganti elemen tersebut atau menghapusnya. Jika anda tidak tahu caranya, maka biasanya cara termudah adalah mengganti tema dengan tema yang lebih ringan. Tapi jika anda ngotot menggunakan tema yang ini, maka anda bisa mencari jasa edit tema. Biasanya ini akan memakan biaya sekitar Rp.200.000 sampai Rp.500.000.

Tapi bisa saja lebih mahal kalau ada terlalu banyak elemen yang menggangu waktu muat anda.

====

Jadi sampai di sini anda sudah bisa menilai kecepatan website anda. Tapi rekomendasi saya adalah melakukan pengujian kecepatan website anda ini di 3 waktu berbeda dalam sehari (pagi, sore, dan malam) untuk melihat apakah server anda cukup stabil menyediakan kecepatan website. Terutama di jam-jam yang sangat ramai pengunjung.

 

 

Kategori: SEO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *