Menilai persaingan kata kunci adalah sesuatu yang wajib bagi mereka yang mau melakukan optimasi website. Anda belum belajar SEO sama sekali jika anda tidak tahu bagaimana cara menilai persaingan kata kunci.persaingan kata kunciKenapa menilai persaingan kata kunci itu penting? Supaya anda bisa realistis menilai apa saja yang anda perlukan untuk memenangkan kata kunci tersebut. Semakin berat persaingan, maka akan semakin berat, lama, dan mahal optimasi tersebut.

OPTIMASI SEMAKIN BERAT?

Jika persaingan kata kunci semakin berat, maka akan semakin banyak usaha yang anda perlukan untuk memenangkan kata kunci tersebut. Untuk onpage sendiri anda harus mengetik artikel yang lebih lengkap, dan harus lebih sering melakukan update.

Jelas lebih berat kalau anda harus menulis 2000 kata dibandingkan 500 kata. Dan jelas lebih berat juga kalau anda harus update setiap hari dibandingkan sekali seminggu kan?

Begitu juga dengan backlink, jelas lebih berat jika harus mendapatkan ribuan backlink daripada ratusan backlink. Jadi ini adalah perbedaan antara persaingan berat dan ringan.

OPTIMASI SEMAKIN LAMA?

Jelas akan semakin lama jika anda harus membuat banyak artikel, dan harus memenangkan lebih banyak long tail keywords untuk membuktikan anda berotoritas di niche tersebut.

Tapi jelas parameter waktu itu adalah variabel yang tidak statis, kita bisa mempercepat waktu yang diperlukan dengan menambah frekuensi kerja kita. Atau membayar jasa penulis artikel atau jasa backlink untuk mempercepat proses ini.

OPTIMASI SEMAKIN MAHAL

Seperti yang anda lihat di atas, ada banyak orang yang memakai jasa untuk memudahkan pekerjaan optimasi mereka. Jika anda bersaing untuk kata kunci yang persaingannya berat, maka jelas anda harus membayar jasa penulis untuk artikel yang lebih banyak dan jasa backlink untuk backlink yang lebih banyak atau lebih berkualitas.

Jelas ini akan menaikkan angka budget optimasi anda. Tapi anda bisa memilih, mau membayar untuk mempercepat prosesnya atau mau melakukannya sendiri.

REALISTIS

Saat ini banyak pemula yang tidak bisa realistis karena tidak mempunyai kemampuan untuk mengukur persaingan kata kunci. Mereka menargetkan kata kunci berat walaupun websitenya tidak mempunyai banyak artikel dan tahu dirinya malas menulis artikel.

Jika suatu kata kunci sudah dipenuhi website yang memenuhi kriteria utama SEO dengan sangat baik, maka bisa dipastikan kita tidak akan bisa memenangkan kata kunci tersebut dengan website ala kadarnya.

Hati-hati jika anda masuk ke dalam forum-forum blogger di mana ada banyak orang yang masih kurang pengalamannya tapi tidak sabar mau disebut mastah. Mereka menyebarkan banyak informasi yang tidak didasarkan pada penelitian yang memadai.

Mereka mengatakan tidak melakukan SEO, tapi pada dasarnya mereka melakukannya hanya saja mereka tidak sadar. Mereka mengatakan mereka hanya rajin menulis saja… padahal rajin menulis adalah salah satu faktor SEO yang terkuat.

FAKTOR SEO TERKUAT

Untuk menilai persaingan kata kunci yang akan anda hadapi, maka cara yang terbaik adalah menilai faktor-faktor SEO terkuat yang dimiliki oleh website pesaing anda. Jika anda sudah membaca artikel-artikel belajar SEO kami sebelumnya, maka anda pasti sudah tahu bahwa faktor SEO terkuat adalah:

  1. On-page
  2. Backlink
  3. User Experience

Bagaimana ini mempengaruhi persaingan anda?

Menilai SEO On-page

SEO On-page sekarang mempunyai pengaruh yang sangat besar. Beberapa hal di bawah ini bisa menjadi faktor yang akan sangat menyusahkan anda jika dimiliki oleh pesaing-pesaing anda.

  • Konten unik yang lengkap
  • Judul yang memuat kata kunci
  • Frekuensi update yang tinggi (terlihat dari jumlah halaman terindeks)

Kenapa hanya 3 ini saja yang masuk dalam daftar? Karena hanya 3 ini saja yang sangat berpengaruh. Faktor-faktor yang lain bisa menjadi penunjang, tapi jika suatu website unggul jauh di 3 hal ini, maka biasanya mereka tidak akan bisa disingkirkan dengan mudah.

Jika anda mau belajar cara melakukan SEO on-page ini silahkan membaca artikel:

CARA MELAKUKAN SEO ON-PAGE

Menilai Backlink

Jika pesaing anda mempunyai banyak backlink, maka anda harus menilai kualitas backlinknya. Jika anda melihat backlinknya banyak berasal dari dalam artikel di suatu website yang berbeda nama domain, maka itu berarti persaingan anda akan sangat berat. Ini yang menjadikan metode backlink PBN dan paid review menjadi sangat dimintai saat ini.

Menilai USER EXPERIENCE

Untuk melakukan ini tidak diperlukan tools apapun, karena anda sendiri adalah seorang user. Jadi anda bisa mengunjungi website pesaing anda dan lihat apakah websitenya cepat, desainnya menarik dan nyaman di mata, materi kontennya berkualitas, dan navigasinya mudah digunakan.

Jika menurut anda pesaing anda memenuhi semua syarat ini, maka kemungkinan besarnya pesaing anda memang mengumpulkan poin user experience yang besar di dalam penilaian Google. Tentunya untuk bisa mengalahkan ini anda juga harus melakukan optimasi user experience untuk website anda.

===================

Semua hal di atas bisa memberikan gambaran untuk anda seberapa berat persaingan yang akan anda hadapi. Semakin banyak faktor-faktor di atas dimiliki pesaing anda, maka itu berarti anda akan semakin sulit untuk memenangkan persaingan kata kunci tersebut.

Kategori: SEO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *