Sebenarnya SEO saat ini semakin sederhana. Masalahnya adalah banyak orang yang membuatnya rumit, dan pemula juga ngak banyak yang percaya dengan tips SEO yang terlalu simple. Jadi di sini saya mau membagikan tips Cara Optimasi SEO untuk website WordPress yang paling mudah.

Ok, yang dimaksud di sini adalah CMS WordPress ya…. bukan wordpress.com yang gratisan. Jadi tentunya pembahasan ini juga akan mencakup masalah hosting.

Optimasi Hosting Untuk SEO WordPress

Jika anda adalah blogger pemula, maka sebenarnya anda tidak memerlukan paket hosting yang terlalu besar. Biasanya hosting 500 MB dan 1 GB sudah bisa menjadi awalan untuk anda memulai aktifitas blogging anda. Yang menjadi masalah adalah shared hosting seperti ini biasanya mempunyai kecepatan yang lambat, karena sumber daya digunakan oleh banyak website secara bersama-sama.

Jika ini yang menjadi masalah bagi anda, maka sebaiknya anda menggunakan plugin cache WordPress dan juga CDN gratis seperti cloudflare. Itu berarti anda harus mencari layanan hosting yang menyediakan cloudflare. Kenapa ini bisa membantu anda? Karena setiap halaman di dalam website anda akan disimpan sebagai halaman statis di sistem cloudflare, sehingga akses ke halaman anda akan lebih cepat.

Optimasi Tema WordPress

Saat ini tema juga sangat mempengaruhi hasil optimasi SEO website anda. Ada dua hal yang perlu anda perhatikan pada saat anda memilih tema wordpress anda. Pertama, pastikan tema anda bisa dimuat dengan cepat. Kedua, pastikan tema anda sudah mobile friendly.

cara melakukan SEO di WordPress

Kadangkala server kita sudah kencang, tapi ternyata website kita tetap lama dimuat, hal itu dikarenakan tema kita memakai script atau sumberdaya apapun yang dimuat di server lain. Jadi jika server eksternal ini drop, maka kecepatan website kita juga drop. Jadi setelah memasang tema anda, coba akses menggunakan tools dari https://www.webpagetest.org/ dan lihat apakat website anda bisa mendapatkan poin penuh.

Penjelasan lengkapnya bisa anda baca di artikel CARA MENILAI KECEPATAN WEBSITE.

Jika kecepatan website anda sudah baik, maka selanjutnya adalah memastikan tema anda mobile friendly. Silahkan masukkan URL anda di https://search.google.com/test/mobile-friendly . Jika tema anda sudah mobile friendly, maka website anda tidak akan mengalami masalah di pencarian mobile.

Setelah itu pastikan anda memasang semua link dari halaman terpenting di dalam website anda pada menu header. Hal ini akan memastikan semua halaman terpenting di website anda akan mendapatkan poin terbesar.

Terakhir, … pastikan tidak ada ekstenal link di bagian header dari tema anda. Bahkan jika itu adalah link menuju sosial media anda, sebaiknya dihilangkan saja. Link seperti ini akan membuat website anda sulit sekali menaikkan nilai Domain Authority, karena sebagian link juice akan mengalir ke sosial media anda.

Tidak tahu mengedit tema? Cari saja tema yang tidak memasang links social media di header. Itu akan lebih mudah untuk anda.

Plugin

Jika anda bukan orang yang mampu mengedit website untuk membuat struktur yang SEO ready, maka jangan kuatir, karena saat ini ada banyak sekali plugin yang bisa membantu anda melakukan optimasi SEO.

Adapun plugin SEO yang akan saya rekomendasikan di sini adalah YOAST SEO. Tentunya plugin seperti ini harus anda pelajari cara penggunaannya. Jadi anda bisa membaca artikel cara melakukan setelan plugin Yoast SEO.

Pasang Pelacak Performa Website

Bagi anda yang serius mau melakukan optimasi atau bersaing di kata kunci yang berat, maka sangat penting bagi anda untuk memasang pelacak performa website anda. Saat ini ada dua alat yang perlu anda pasang, yaitu Google Analytics dan juga Google Search Console. Anda akan sangat kesulitan untuk melakukan optimasi SEO jika anda tidak memasang kedua alat pemantau ini.

Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Anda tidak perlu harus selalu membuat artikel yang panjang. Yang diinginkan oleh Google adalah artikel yang membahas secara lengkap. Namun artikel yang lengkap tidak selalu berarti artikel yang panjang. Ada banyak sekali orang yang justru jadi bertele-tele dan memberikan user experience yang buruk, karena berusaha membat artikel yang panjang di topik yang sangat sederhana.

Mengenai kepadatan kata kunci tidak ada aturan yang baku. Pastikan saja anda membuat artikel yang kepadatan kata kuncinya tidak kurang dari 2% dan tidak lebih dari 7%. Setidaknya dengan begini artikel anda akan berada pada kisaran kepadatan kata kunci yang normal.

Selain kedua hal di atas, sangat direkomendasikan anda mengikut sertakan beberapa gambar atau bahkan video di dalam artikel anda. Hal-hal seperti ini bisa meyakinkan Google bahwa website anda memberikan informasi yang lengkap untuk para pembaca.

Update Yang Rutin

Ini adalah masalah yang terbesar dari kebanyakan pemilik website. Bahkan kami juga mengalami masalah ini. Seringkali kita sulit melakukan update yang rutin karena kesibukan yang sangat padat. Tapi anda harus tahu bahwa frekuensi update yang rutin atau bahkan sangat sering update bisa sangat membantu website anda untuk cepat naik peringkat.

Tips ini sebenarnya bukan tips SEO untuk WordPress saja, tapi berlaku untuk semua platform. Google sangat menyukai website yang selalu berusaha memberikan informasi yang terbaru. Jadi sebaiknya anda berusaha sebaik mungkin untuk selalu rutin memberikan update di website anda.

===============

Tentunya saya tidak membahas masalah backlink di sini, karena pada dasarnya backlink sudah menjadi kebutuhan wajib untuk optimasi website yang menargetkan kata kunci persaingan menengah hingga berat. Jika anda tidak mau mencari backlink, maka biasanya anda harus mempunyai onpage yang sangat luar biasa berbobot untuk bisa menang di level persaingan ini.

Jadi ini adalah hal-hal dasar yang perlu anda ketahui jika anda mau mengembangkan SEO untuk website dengan platform wordpress anda.

Kategori: SEO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *