Saat ini ada cukup banyak orang yang mau membuat website dalam dua bahasa. Biasanya itu bahasa Indonesia dan bahasa inggris. Jadi sering terjadi kebingungan apakah mereka mau menggabungkan saja kontennya atau mereka harus membuat website berbeda.website dua bahasaRekomendasi kami adalah memisahkan kedua website. Karena jika digabungkan, maka widget artikel dan kategori biasanya akan mencampurkan kedua bahasa di sidebar, maupun footer. Tautan atau link juga akan saling menghubungkan kedua halaman yang berbeda bahasa, dan ini bisa membuat pengunjung mendapatkan pengalaman yang kurang nyaman di website kita.

Jadi memisahkan kedua bahasa sangat direkomendasikan.

Nah, jika kedua bahasa di dalam website ini harus anda pisahkan, maka sekarang pilihannya adalah memakai subdomain atau memakai subdirectory?

Pilihannya antara https://en.namadomain.com atau https://www.namadomain.com/en/

Subdomain VS Subdirectory?

Dalam banyak kasus melakukan optimasi untuk sundirectory akan lebih cepat ranking. Selain itu memantau parameter website anda akan menjadi lebih mudah. Jadi untuk orang-orang yang mempunyai keterbatasan dana dan waktu untuk melakukan optimasi, biasanya subdirectory menjadi pilihan.

Anda bisa menginstal website lain di subdirectory dengan menggunakan CMS WordPress. Ini akan membuat kedua website terpisah satu sama lain, sehingga tidak akan menggabungkan widget artikel ataupun widget kategori. Tapi sebaiknya anda menambahkan link homepage website utama di header website subdirectory, dan demikian juga sebaliknya.

Ini akan secara otomatis menjadikan homepage website subdirectory menjadi salah satu halaman terpenting di website anda.

CDN (Content Delivery Network)

Jika anda membuat website dalam dua bahasa, maka kemungkinan besar anda menargetkan market global. Jika anda benar-benar mau melakukan itu, maka sebaiknya anda menggunakan CDN.

CDN adalah sistem yang akan menyimpan konten website anda di beberapa server yang tersebar di berbagai belahan dunia. Tujuannya adalah untuk mempercepat akses menuju konten website anda. Hal ini diperlukan, karena jarak antara server dan pengunjung website sangat mempengaruhi kecepatan akses website.

Bayangkan jika website anda di hosting di Jogja dan seseorang mengakses website anda di Inggris, maka website anda akan lama terbuka. Ini akan memberikan bad user experience yang bisa menurunkan ranking anda.

Jadi pastikan anda menggunakan CDN ….

Perlu anda catat bahwa persaingan kata kunci bahasa inggris pada umumnya jauh lebih berat dari kata kunci lokal. Jadi sebagai tambahan anda harus melakukan usaha ekstra, seperti frekuensi update yang lebih tinggi atau mendapatkan cukup banyak backlink untuk persaingan internasional.

Kategori: SEO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *