Kali ini saya mau membantu teman-teman yang masih bingung tentang SEO. Jadi saya mau membuatkan checklist yang mungkin bisa membantu anda melakukan SEO dengan lebih terorganisir.

Checklist ini bisa membantu mengingatkan anda untuk melakukan hal-hal yang mendasar dari SEO. Jadi checklist ini adalah bentuk penyederhanaan dari materi Belajar SEO yang sudah kami siapkan sebelumnya.

Checklist SEO 2020

Checklist SEO 2020

Ok, jadi langsung saja kami berikan checklist SEO di bawah ini.

CHECKLIST PERSIAPAN SEO DASAR

Usahakan Membuat Website Yang Satu Niche

Saat ini ada banyak orang yang membuat website yang isinya campuran dari banyak niche. Jika anda melakukan ini, maka itu berarti nanti anda harus bersaing dengan website-website yang hanya mengoptimasi 1 niche saja.

Masalah dari membangun website yang membahas banyak niche adalah waktu anda akan tersita untuk membahas semua niche. Jadi saat website lain sudah menulis 100 artikel untuk satu niche, bisa jadi anda baru menulis 5 artikel saja. Itu akan membuat website anda sangat lemah di niche tersebut.

Belum lagi jika di halaman artikel niche A juga ditampilkan link menuju artikel-artikel niche B, C, D, dst. Itu akan sangat merusak relevansi dari halaman artikel anda.

Jadi memang akan sangat repot melakukan optimasi untuk website banyak niche. Anda harus mempunyai tim penulis yang cukup banyak sehingga setiap orang akan mengembangkan niche tertentu saja.

Pasang Plugin Yoast SEO atau plugin lainnya

SEO merupakan sesuatu yang cukup kompleks. Bagi anda yang belum terbiasa melakukan SEO maka mungkin anda akan melewatkan banyak hal dalam melakukan SEO. Jadi urutan kedua untuk checklist SEO yang kami berikan ini adalah memasang plugin SEO di website wordpress anda. Salah satu plugin yang kami rekomendasikan adalah Yoast SEO.

Yoast SEO plugin WordPress

Yoast SEO plugin WordPress

Kalau anda adalah pengguna blogspot, maka anda bisa melangkahi tahapan ini dan harus melakukan optimasi SEO di blogspot dengan sedikit kemampuan edit tema secara manual.

Kalau anda memakai CMS selain WordPress, maka anda mungkin mau mencoba googling “The best SEO plugin for (CMS yang anda gunakan)”…

Jika saat ini anda sudah menggunakan plugin Yoast SEO, maka mungkin anda perlu membaca artikel berikut….

Baca: Panduan Yoast SEO WordPress Untuk Pemula ini.

Buat Peta Situs

Setelah anda menginstal plugin Yoast SEO, maka sekarang anda bisa membuat peta situs untuk website anda. Peta situs ini bisa anda temukan di Menu SEO (Yoast) > General > lalu cari di tab FEATURES. Anda akan menemukan XML Sitemaps.

Silahkan klik tanda tanya di samping XML Sitemaps. Akan muncul tautan yang bisa anda klik dengan teks “See The XML sitemap”. Anda akan dibawa menuju halaman seperti yang ada di bawah ini.

peta situs Yoast

Peta situs Yoast

Pastikan anda mengambil URL pesta situs yang ada di address bar browser anda.

Buat Robots.TXT

Checklist selanjutnya adalah mengatur jika ada halaman yang tidak boleh dirayapi oleh mesin pencari atau robot lainnya. Anda bisa melakukan ini di robots.txt. Untuk mengedit robots.txt anda bisa menggunakan Yoast SEO. Masuk ke menu SEO > Tools > File Editor > dan klik Create Robots.txt file.

Anda bisa memasukkan URL mana saja dari website anda yang ingin anda blokir ke dalam robots txt…. Atau anda bisa masukkan pengaturan dasar di bawah ini.

User-Agent: *
Allow: /wp-content/uploads/
Disallow: /wp-content/plugins/
Disallow: /wp-admin/
Disallow: /readme.html
Disallow: /refer/

Sitemap: https://namadomainanda/post-sitemap.xml
Sitemap: https://namadomainanda/page-sitemap.xml

Jangan lupa mengganti nama domain anda dan klik SAVE CHANGE TO ROBOTS.TXT. Anda bisa melihat tampilan robots.txt anda di https://namadomainanda/robots.txt

Pasang Google Analytics

Google Analytics adalah alat yang bisa membantu anda dalam mengamati prilaku pengunjung di website anda. Dari sini anda akan bisa dengan mudah mengetahui halaman mana saja yang mendapatkan kunjungan, dan ke mana pengunjung anda berpindah selanjutnya.

Untuk melakukan ini anda bisa googling “Cara Mendaftar Google Analytics”.

Setelah mendaftar anda akan mendapatkan kode tracker yang bisa anda pasangkan di website anda. Jadi nanti semua aktifitas pengunjung akan terpantau dan anda bisa menjadikan itu sebagai pertimbangan dalam melakukan optimasi SEO ke depannya.

tampilan Google Analytics

Tampilan Google Analytics

Daftar Google Search Console

Anda bisa mendaftarkan website anda ke Google Search console. Ini masuk dalam checklist wajib untuk dilakukan jika anda benar-benar mau serius melakukan SEO di website anda. Anda bisa membaca panduan cara mendaftar Google Search Console di tautan ini.

Baca: Cara Mendaftar Google Search Console & Cara Menggunakannya

Dengan mendaftarkan website anda ke Google Search Console anda akan bisa mengamati performa website anda di berbagai kata kunci, anda juga bisa melihat jika anda mendapatkan penalti, atau anda juga bisa mengambil sampel untuk pertumbuhan backlink menuju website anda.

Baca: Cara Daftar Search Console Google

Tentukan Target Lokasi Pengunjung

Setelah anda mendaftar di Google Search Console, maka sebaiknya anda segera menentukan target lokasi utama pengunjung anda. Hal ini bertujuan untuk memberitahu Google daerah yang menjadi sumber trafik utama anda.

Ini sangat penting untuk anda lakukan terutama jika anda menggunakan server luar negeri, atau anda memakai CDN seperti Cloudflare. Jika anda lupa melakukan ini, maka anda bisa saja sangat kesulitan untuk ranking di target lokal seperti Indonesia.

International Targeting

International Targeting

Untuk melakukan ini; anda bisa membuka menu LEGACY TOOLS & REPORTS yang ada di Search Console anda. Pilih International Targeting. Pilih Tab Country dan pilih negara Indonesia

Website Bisnis? Daftar Google My Business

Jika anda saat ini sedang mengembangkan website bisnis, maka sebaiknya anda segera mendaftarkan website anda ke Google My Business. Dengan mendaftarkan website anda ke Google My Business, maka anda akan melakukan verifikasi alamat kantor atau toko offline anda.

Ini akan membuat website anda muncul di pencarian Google Map yang akan membantu pemasaran lokal bisnis anda. Selain itu Google akan lebih mempercayai bisnis yang sudah mendaftarkan alamat offlinenya sehingga website anda akan lebih mudah ranking untuk pencarian tingkat nasional.

google my business

google my business

Jika anda tidak melakukan ini dan ternyata ada 10 atau 20 pesaing anda yang melakukan ini, maka anda akan melihat bagaimana sulitnya website anda masuk di halaman pertama pencarian Google.

Jadi ini adalah checklist SEO yang wajib untuk sebuah website bisnis….

CHECKLIST RISET KATA KUNCI

Tentukan Kata Kunci Utama

Checklist riset kata kunci ini harus dimulai dengan menentukan kata kunci utama yang harus anda optimasi di niche anda. Yang dimaksud dengan kata kunci utama ini adalah kata kunci yang mempunyai pencarian terbesar. Anda bisa menjadikan kata-kata kunci utama yang pada umumnya short tail keyword ini sebagai target optimasi jangka panjang.

Untuk membantu anda melakukan riset kata kunci ini; silahkan membaca panduan riset kata kunci berikut ini….

Baca: Cara Melakukan Riset Kata Kunci

 

Tentukan Kata Kunci Panjang

Kata kunci panjang atau long tail keyword merupakan kata kunci yang cukup panjang dan spesifik. Biasanya jumlah pencarinya sedikit, tapi mudah untuk dimenangkan. Jadi kalau anda mau cepat melihat trafik di website anda, maka sebaiknya anda fokus melakukan optimasi untuk long tail keywords. Jadi ini juga merupakan checklist SEO yang wajib anda lakukan.

Jika anda bisa menguasai banyak kata kunci panjang, maka biasanya kata kunci pendek akan terangkat rankingnya secara otomatis. Untuk melakukan riset kata kunci panjang ini, anda bisa menggunakan Google Suggest atau auto complete pada saat anda melakukan pencarian.

google auto complete

google auto complete

Atau anda bisa juga menggunakan Ubersuggest untuk menemukan kata kunci terkait. Anda bisa menemukan ini di tab related setelah anda melakukan pencarian kata kunci di ubersuggest.

ubersuggest related keywords

ubersuggest related keywords

Pastikan Kata Kunci Yang Anda Targetkan Bisa Didapatkan

Pada saat anda membuat daftar kata kunci, maka pastikan anda memasukkan dalam daftar kata kunci tersebut tingkat kesulitan yang harus anda hadapi. Anda bisa melakukan ini dengan melihat tingkat kesulitan di ubersuggest.

Tingkat Kesulitan Optimasi SEO. Biasanya 20an sudah berat untuk pemula

Tingkat Kesulitan Optimasi SEO. Biasanya 20an sudah berat untuk pemula

Atau anda bisa melakukan sendiri riset anda dengan melihat siapa saja pesaing anda. Berapa jumlah backlink dan berapa jumlah artikel yang ada di dalam halaman mereka. Semakin banyak jumlah artikel dan backlink yang mereka miliki, maka akan semakin sulit untuk anda menyingkirkan mereka.

Pahami Tujuan Dari Setiap Kata Kunci

Setelah anda mengumpulkan semua kata kunci, maka checklist selanjutnya adalah menandai tujuan dari setiap kata kunci. Ada kata kunci transaksional, informasi, navigasi, dan investigasi komersil

Baca: Apa Itu Search Intent dan Bagaimana Penerapannya?

Jangan sampai anda salah dalam membuat artikel yang tidak memenuhi kebutuhan dari orang yang mencari kata kunci tersebut. Atau jangan sampai anda membuang-buang waktu mengembangkan artikel yang tidak sesuai dengan tujuan anda yang sebenarnya.

CHECKLIST SEO ON-PAGE

Gunakan URL Yang Pendek & Deskriptif

Ahrefs.com melakukan riset di tahun 2016 untuk 2 juta kata kunci dan mereka menemukan bahwa halaman-halaman dengan URL yang pendek mendapatkan ranking yang lebih baik.

URL pendek sering ranking

Website Yang Ranking Pada Umumnya Menggunakan URL yang lebih pendek.

Jadi usahakan anda bisa mendapatkan URL yang deskriptif dalam jumlah karakter sesedikit mungkin. Tapi… jangan sampai anda mengorbankan faktor deskriptif hanya untuk mendapatkan URL yang lebih pendek.

Misalnya artikel ini ada di URL https://www.kepointernet.com/checklist-seo/ walaupun judulnya sebenarnya cukup panjang.

Usahakan Kata Kunci Berada Di Awal Judul

Pada saat anda melakukan optimasi SEO, maka salah satu hal yang bisa membantu anda mendapatkan peringkat yang lebih baik adalah meletakkan kata kunci di awal judul.

Semakin di belakang letak dari kata kunci di dalam judul anda, maka biasanya akan semakin sulit bagi anda untuk memenangkan kata kunci tersebut. Sebagai contoh: Jika kata kunci utama yang anda incar adalah Dealer Mobil Honda, maka anda bisa menuliskan judul DEALER MOBIL HONDA DENGAN PROMO TERBAIK & CICILAN TERMURAH.

Jangan sampai anda memakai judul Promo Terbaik & Cicilan Termurah Dari Dealer Mobil Honda…. Ini akan membuat anda lebih sulit untuk memenangkan kata kunci yang anda inginkan.

Meta Description Memuat Kata Kunci Tambahan

Pada saat anda menargetkan kata kunci dengan varian yang cukup lebar, maka jangan judul yang dibuat menjadi panjang hingga puluhan kata. Anda bisa memasukkan kata-kata kunci yang lain ini ke dalam meta description.

Misalnya anda membuat artikel dengan judul dan meta description di bawah ini:

Judul: Jual Furniture/Mebel Jepara Berkualitas Harga Murah
Meta Description: Kami adalah pengrajin mebel furniture jepara mengerjakan mebel minimalis dan mewah dengan menggunakan bahan kayu terbaik. Hubungi 081234567890.

Jadi pemilik website di atas masih memasukkan kata kunci minimalis, mewah, dan terbaik ke dalam meta description.

Pastikan Hanya Ada 1 Heading H1

Ini adalah heading paling penting di dalam halaman dan sebaiknya berisi kata kunci utama yang anda targetkan di dalam halaman tersebut. Biasanya heading H1 ini akan berisikan judul dari halaman yang dioptimasi.

Perlu anda ketahui bahwa Google sendiri menekankan bahwa anda bisa memasukkan H1 sebanyak yang anda inginkan ke dalam suatu halaman. Begitu juga hasil riset beberapa praktisi memperlihatkan bahwa lebih dari 80% website yang ranking tidak menggunakan kata kunci di dalam judul mereka.

h1 sebanyak yang anda inginkan

Google mengatakan bisa menggunakan h1 sebanyak yang anda inginkan

Namun tetap direkomendasikan agar menggunakan satu H1 saja dan memasukkan kata kunci ke dalam H1 tersebut. Kenapa? Ada 2 alasannya, yaitu:

  1. Pembaca biasanya melihat judul yang ada di header untuk meyakinkan bahwa mereka di halaman yang tepat untuk informasi yang mereka inginkan.
  2. Jika ada yang memberi link ke anda, biasanya akan memakai teks jangkar dari judul yang terbesar di halaman anda. Jadi tentunya anda mau agar di dalam link tersebut ada kata kunci yang anda targetkan.

Gunakan Heading 2, Heading 3, dst

Anda perlu membuat artikel yang terstruktur rapi, jadi pastikan anda menggunakan Heading H2 atau H3 untuk membuat pokok-pokok pembahasan. Anda juga bisa menggunakan poin dan penomoran untuk membuat struktur di dalam artikel anda terlihat lebih rapi.

Pada umumnya artikel yang ranking di hasil pencarian Google adalah artikel yang mempunyai struktur heading dan poin penomoran yang rapi.

Gunakan Internal Link Yang Relevan

Anda bisa belajar penggunaan internal link yang relevan ini dari Wikipedia. Ada banyak sekali link internal yang bisa anda temukan di dalam satu artikel wikipedia. Ini adalah praktek SEO yang sangat baik yang perlu anda biasakan.

Bagaimana cara menemukan internal link yang tepat?

Begini, karena saya sedang membahas topik internal link, maka tentunya saya mau memasang link menuju halaman di website ini yang membahas masalah internal link. Jadi saya melakukan pencarian ini di Google dengan memakai kueri pencarian di bawah ini.

site:https://www.kepointernet.com/ “internal link”

Jadi saya menemukan artikel berikut ini yang bisa saya rekomendasikan untuk anda yang mau melakukan optimasi internal link di dalam website anda….
Optimasi Internal Link Untuk SEO Website Anda

Batasi Jumlah Internal Link

Saat ini ada banyak sekali website yang ranking yang memiliki sedikit saja link di dalam setiap halamannya. Biasanya halaman web dengan internal link yang sedikit lebih bisa menjaga poin halaman tetap di dalam halaman tersebut.

Jadi jika anda saat ini masih belum mampu mencari backlink dalam jumlah yang besar, maka sebaiknya anda membatasi jumlah internal link yang anda tampilkan di header, sidebar, ataupun footer.

Selain masalah aliran poin, internal link yang sitewide atau tampil di semua halaman juga bisa menambah secara signifikan jumlah kata di dalam setiap halaman. Coba bayangkan jika anda mempunyai 200 internal link, dan setiap internal link ini memakai teks jangkar 4 kata. Itu berarti akan ada tambahan 800 kata di dalam setiap halaman yang mengganggu fokus kata kunci setiap halaman.

Khusus untuk bagian menu header, … sebaiknya diusahakan agar internal link di bagian menu header ini tidak lebih dari 10 link; jika anda benar-benar baru mulai melakukan optimasi dan belum mempunyai banyak backlink….

Berikan Juga External Link Jika Perlu

Beberapa tahun lalu kita malas memberikan link keluar menuju website lain. Memang benar ini adalah sesuatu yang bisa mengalirkan poin dari website kita. Namun jika benar-benar diperlukan, dan memang anda tidak mempunyai pembahasan tersebut di dalam internal website anda, maka sebaiknya anda berikan eksternal link. Ini tidak akan menjadi masalah selama eksternal link tersebut memang mempunyai relevansi yang tinggi.

Yang perlu anda hindari adalah memberikan eksternal link yang memakai teks jangkar yang berisi kata kunci yang anda inginkan. Jangan sampai anda menginginkan kata kunci “konveksi tas seminar” tapi ada link menuju website lain yang memakai teks jangkar “konveksi tas seminar”. Itu sama saja anda memberikan otoritas kata kunci tersebut ke website lain tadi. Anda akan sulit ranking di kata kunci tersebut.

Gunakan Alt Tags Di Dalam Gambar Anda

Anda perlu tahu bahwa sekitar 70% halaman web yang ranking di halaman pertama itu tidak memasang kata kunci di dalam Alt tag mereka, dan bahkan 50% tidak menggunakan Alt tag.

Jadi apakah itu berarti Alt Tag sudah tidak penting? Bisa jadi seperti itu, namun jika anda ingin agar gambar anda bisa ranking di hasil pencarian Google Image, maka sangat direkomendasikan agar anda memakai Alt tag di dalam setiap gambar yang anda pasang.

alt tag penting untuk Google Image

Alt tag penting untuk Google Image

Sebar Long Tail Keywords Di Sepanjang Artikel

Pada saat anda sudah mendapatkan otoritas domain yang tinggi dan juga reputasi di niche anda, maka anda akan dengan mudah menguasai banyak varian kata kunci hanya dari satu halaman saja di website anda.

Anda bukan hanya akan ranking di kata kunci utama, namun juga di puluhan atau bahkan ratusan varian kata kunci panjang lainnya. Jadi walaupun setiap long tail keywords ini hanya mendatangkan 1 atau 2 pengunjung, namun karena variannya sangat banyak … tetap saja jumlah kunjungan totalnya bisa cukup besar.

Inilah alasannya kenapa suatu halaman bisa mendapatkan jumlah kunjungan yang berkali-kali lipat lebih besar dari potensi trafik kata kunci utamanya. Jadi bisa saja potensi trafik kata kunci utama cuma 8800 kunjungan per bulan, namun ternyata halaman tersebut mendapatkan 100.000 kunjungan per bulan….

Tambahkan Skema Markup Untuk Menaikkan CTR

Ada beberapa skema markup yang bisa anda gunakan untuk membuat tampilan hasil pencarian website anda di Google cukup menonjol. Ini akan menaikkan click yang anda dapatkan walaupun ranking anda belum maksimal.

Di bawah ini adalah contoh tampilan dari hasil pencarian yang menggunakan dan tidak menggunakan skema markup.

Tampilan hasil pencarian dengan dan tanpa markup

Tampilan hasil pencarian dengan dan tanpa markup

Anda bisa melihat bagaimana skema markup akan membuat tampilan website anda lebih menarik. Jika anda tidak tahu bagaimana cara membuat skema markup ini, maka anda bisa memakai tools Google Markup Helper.

Buat Tampilan Navigasi Yang Sederhana

Pada saat anda berkunjung ke sebuah website tentunya anda berharap bisa dengan mudah menemukan informasi yang anda inginkan. Begitu juga yang diinginkan pengunjung website anda.

Untuk melakukan ini anda bisa melakukan beberapa hal, yaitu:

  1. Sederhanakan sistem navigasi di halaman anda
  2. Sediakan sistem pencarian yang bisa memudahkan pengunjung anda

Ini adalah salah satu checklist yang perlu anda lakukan untuk menaikkan user experience pengunjung di website anda.

Gunakan Desain Yang Mobile Friendly

Saat ini adalah masanya Mobile First Index. Jadi Google akan cenderung menggunakan tampilan versi mobile dari website anda untuk menentukan peringkat.

Jika website anda tidak mobile friendly, maka Google akan menggunakan versi desktop anda untuk menentukan ranking. Hal ini bisa membuat ranking anda drop di pencarian mobile. Padahal saat ini justru pencarian mobile sudah lebih banyak dari pencarian desktop.

Untuk melakukan pengecekan ini anda bisa memakai tools Google Mobile Friendly Test. Cukup masukkan URL halaman dan jalankan pengujian.

Hasil Pemeriksaan Website Mobil Friendly

Hasil Pemeriksaan Website Mobil Friendly

Konten Berkualitas Dan Mendalam

Jika saat ini anda sedang menghadapi persaingan yang sangat berat di niche yang tergolong YMYL (Your Money Your Life) atau niche yang mempengaruhi kehidupan dan kebahagiaan orang lain, maka pastikan anda membuat artikel yang berkualitas.

Yang dimaksud dengan artikel berkualitas adalah artikel yang menyediakan pembahasan yang mendalam di bidang tersebut. Anda bisa mengumpulkan terlebih dahulu semua pertanyaan yang perlu anda jawab di dalam artikel tersebut.

Jika anda bisa membuat artikel yang memberikan pembahasan yang mendalam, maka itu akan membantu website anda mendapatkan reputasi bahwa anda adalah seorang expert atau ahli di bidang tersebut.

Kepadatan Kata Kunci

Saat ini ada banyak orang yang mengatakan tidak ada lagi kepadatan kata kunci. Tapi plugin SEO seperti Yoast masih merekomendasikan kepadatan kata kunci tertentu pada saat anda membuat artikel.

Dari pengalaman kami melakukan optimasi SEO di ribuan website, memang tidak ada yang namanya kepadatan kata kunci yang ideal. Hanya saja ada yang namanya kepadatan kata kunci yang tidak ideal…. Pada umumnya website yang ranking di halaman pertama Google itu akan mempunyai kepadatan kata kunci di atas 1,5% hingga 5%…. Jadi anda bisa mengusahakan agar kepadatan kata kunci anda berada di kisaran persentase ini….

Jauh lebih baik jika anda lebih dari 5% dibandingkan jika anda kurang dari 1,5%. Jika kepadatan kata kunci anda berada di bawah 1,5%, maka itu akan memberi kesan anda tidak sedang fokus membahas kata kunci tersebut.

Tentu ini adalah pengalaman pribadi, tetapi kami tetap masukkan ke dalam checklist SEO kami sebagai pertimbangan untuk anda.

Pilih Update Daripada Membuat Artikel Baru Sejenis

Seandainya anda sudah mempunyai artikel lama yang ranking di suatu kata kunci, dan ternyata ada perubahan yang terjadi sehingga artikel anda menjadi kurang relevan, maka lebih direkomendasikan agar anda melakukan revisi pada artikel yang lama dibandingkan anda membuat artikel yang baru.

Membuat revisi akan membuat Google melihat bahwa konten anda masih dikelola dengan baik, dan anda tetap bisa menggunakan semua backlink yang sudah masuk ke dalam halaman website anda yang lama. Ini akan lebih mudah untuk mempertahankan ranking dibandingkan anda membuat artikel yang baru.

Pastikan halaman website anda menampilkan tanggal update jika anda melakukan perubahan. Perubahan tanggal update dan konten akan memberitahu Google bahwa konten anda saat ini sudah “segar” atau “baru” dan relevan lagi.

Hindari Memasang Iklan Di Atas Konten Utama

Saat ini Google sangat mengutamakan konten Above The Fold. Jadi jika konten anda tidak terlihat karena disingkirkan oleh Iklan, maka itu akan mengurangi poin on-page anda.

Tentu ini bukan masalah jika website anda ada di persaingan ringan atau menengah. Namun jika website anda ada di persaingan yang berat atau bahkan sangat berat, maka sebaiknya anda memaksimalkan semua faktor optimasi untuk SEO website anda.

Frekuensi Update

Saat ini frekuensi update menjadi salah satu indikasi bahwa sebuah website masih aktif dikelola, dan bahwa suatu website masih memberikan informasi yang segar. Website yang mempunyai frekuensi update yang rutin biasanya akan sangat sulit untuk disingkirkan dari posisi puncak di hasil pencarian.

Tapi coba perhatikan seandainya website tersebut berhenti melakukan update dalam 3 bulan atau lebih, maka akan banyak pesaing baru yang muncul dan menyingkirkan website mereka secara perlahan.

Tentu SEO itu bukan hanya menghitung satu faktor saja. Seandainya website yang sudah tidak melakukan update tersebut mempunyai banyak backlink dari website yang reputasinya sangat tinggi, maka tetap saja website itu susah disingkirkan hingga 1 tahun sejak tidak melakukan update lagi.

Hal lain yang membuat anda perlu melakukan update adalah jika pesaing anda rutin melakukan update. Sangat sulit bagi anda menyingkirkan pesaing yang rutin update setiap hari jika anda hanya melakukan update sekali saja seminggu.

Hindari Kata Kunci YMYL Jika Anda Tidak Berotoritas

Sebaiknya anda hindari membuat website kesehatan jika anda tidak mempunyai otoritas apapun di niche tersebut. Hindari juga membuat konten masalah keuangan, hukum ataupun perpajakan jika anda tidak mempunyai background yang memadai. Anda akan menghadapi persaingan yang benar-benar sulit untuk anda menangkan.

Ini bukan untuk mematahkan semangat anda, tetapi untuk mengarahkan anda ke sesuatu yang lebih berpotensi untuk anda. Jangan sampai anda membuang begitu banyak waktu dan tenaga untuk sesuatu yang potensinya sangat kecil.

Dulu ada banyak sekali website herbal yang menguasai semua kata kunci tentang kesehatan. Tapi coba lihat sekarang ini? Semuanya dikuasai oleh website startup kesehatan yang dikelola oleh dokter-dokter.

Banyaknya website startup kesehatan menyingkirkan website herbal dari halaman pertama Google

Banyaknya website startup kesehatan menyingkirkan website herbal dari halaman pertama Google

Google akan benar-benar membuat sulit website yang tidak bisa membuktikan bahwa diri mereka memang mempunyai background pendidikan atau pekerjaan yang memadai untuk berbicara di topik YMYL.

Hindari Pop Up

Google kurang menyukai website yang menampilkan pop up yang menghalangi konten utama. Google beranggapan bahwa hal-hal seperti itu bisa merusak user experience. Tapi tentu saja itu bukan hal yang mutlak berlaku. Jika pesaing anda pada umumnya melakukannya, maka anda juga bisa saja memasang pop up.

Biasanya website yang bersaing di niche berita masih bisa memasang pop up, karena saat ini masih ada banyak website berita yang menggunakan pop up. Tapi jika anda bisa menghindari pop up ini, maka sebaiknya hilangkan saja.

Saat ini ada banyak niche yang sudah dikuasai oleh website-website dengan tampilan yang bersih dan rapi. Di niche yang dominan seperti ini sebaiknya anda benar-benar menghindari penggunaan pop up yang menghalangi konten utama.

Kecepatan Muat

Pagespeed sudah menjadi faktor SEO untuk pencarian mobile di tahun 2018. Google sepertinya memasukkan faktor ini karena saat ini jumlah pencarian mobile sudah dominan dan biasanya pengguna mobile menuntut waktu muat yang cepat.

Anda bisa meninjau menu SPEED yang ada di Search Console anda untuk melihat hasil penilaian Google terhadap website anda. Jika dominan website anda menunjukkan kecepatan yang slow, maka itu bisa menjadi masalah untuk website anda.

Tentu anda perlu membicarakan masalah kecepatan muat ini dengan pengelola layanan web hosting anda. Atau anda bisa mencoba menginstal website yang sederhana dan melihat apakah waktu muatnya cepat. Jika ternyata website dengan tampilan sederhana mempunyai waktu muat yang cepat di layanan hosting yang sama, maka mungkin tema yang anda gunakan di website utama anda saat ini menjadi biang kerok dari lambatnya waktu muat website anda.

Anda harus mencari tema yang lebih ringan dari tema anda saat ini.

Untuk menilai kecepatan website anda juga bisa menggunakan tools dari webpage test. Cukup masukkan URL dan tentukan Test Location dari Jakarta. Anda juga bisa menentukan kecepatan koneksi LTE di kolom Connection lalu klik START TEST….

Pengaturan Webpagetest

Pengaturan Webpagetest

Hasil Tes Webpagetest

Hasil Tes Webpagetest

Anda akan mendapatkan hasil penilaian seperti di bawah ini… Anda tidak perlu menggunakan CDN. Cukup pastikan kecepatan website anda mendapatkan nilai A, dan First Byte anda di bawah 0,7 detik.

CHECK LIST OFF-PAGE

Usahakan Popularitas Di Media Sosial

Saat ini sinyal media sosial merupakan salah satu sinyal yang cukup kuat mempengaruhi penilaian dari Google. Jadi ada banyak sekali pelaku SEO website yang memasukkan agenda media sosial di dalam optimasi website mereka. Anda bisa melihat ada banyak sekali website besar yang berusaha mengumpulkan like dan share dari media sosial seperti facebook.

Bantu orang untuk membagikan dan like konten anda di sosial media

Bantu orang untuk membagikan dan like konten anda di sosial media

Media Sosial seperti facebook, instagram dan youtube bukan hanya menghasilkan sinyal sosmed saja tapi juga membangun popularitas dan branding untuk website anda. Jadi pada akhirnya website anda akan menjadi brand yang selalu disebut di niche yang anda kembangkan, dan juga mulai mendapatkan backlink yang alami.

Anda bisa membuat konten yang berkualitas dan masuk ke forum-forum atau status-status yang membahas hal terkait dan melampirkan website anda sebagai referensi yang bisa dibaca. Atau anda bahkan bisa membangun sebuah facebook page untuk mengumpulkan orang-orang yang menyukai pembahasan di niche anda, dan anda bisa mempromosikan konten anda dengan bebas di facebook page tersebut.

Dapatkan Backlink Berkualitas

Saat ini ada banyak sekali orang yang mencari backlink untuk website mereka. Namun backlink bukanlah hal yang mudah untuk didapatkan oleh sebuah website baru yang tidak terkenal.

Hal inilah yang membuat anda banyak pemilik website yang mengandalkan uang untuk mendapatkan backlink berkualitas atau backlink dalam jumlah yang besar. Langkah yang umum dilakukan adalah membeli review atau paid review, membangun PBN, menyewa jasa backlink, atau menjalankan promosi konten besar-besaran dengan harapan konten yang populer bisa menuai beberapa backlink yang alami.

Metode yang tergolong cukup kuat adalah paid review di website yang sudah populer. Namun tentunya ini adalah sesuatu yang cukup mahal bagi kebanyakan orang. Mungkin anda akan perlu membayar antara Rp.500.000 hingga Rp.1.000.000 untuk bisa mendapatkan link di website yang popularitasnya sudah sangat tinggi di suatu niche.

Tapi jika anda tidak punya dana untuk melakukan ini, maka anda bisa mencoba belajar cara mencari backlink dengan menggunakan footprint. Tentu kualitas backlink yang anda dapatkan tidak akan sebaik paid review. Namun ini bisa anda imbangi dengan melakukan update konten dalam frekuensi yang cukup tinggi.

Keamanan Website

Anda sudah melakukan semua optimasi On-page, dan juga optimasi backlink. Tapi keamanan website anda tidak anda perhatikan, tetap saja itu bisa menjadi penghalang di dalam optimasi website anda.

Google tidak akan merekomendasikan website anda jika mereka mengetahui website anda mempunyai malware yang bisa membahayakan pengguna Google.

mengamankan website anda

Anda juga perlu terus memantau website anda, dan melakukan backup secara rutin. Jangan sampai ada orang yang melakukan hack di website anda dan membuat konten anda hilang. Jika konten anda tidak bisa diakses, maka tentunya anda akan kehilangan ranking yang sudah anda dapatkan dalam waktu yang cepat.

PENUTUP

Jadi semua hal di atas ini akan sangat membantu website anda untuk bisa memenangkan persaingan di dalam optimasi SEO. Sebagai orang yang melakukan optimasi SEO, kami jelas paham bahwa action yang sebenarnya tidak semudah menulis artikel ini.

Jika anda hanya mengejar kata kunci yang ringan, maka anda mungkin hanya perlu waktu seminggu saja. Tapi jika anda mengejar niche yang menghasilkan uang dalam jumlah besar, maka mungkin anda harus menginvestasikan waktu anda hingga lebih dari 1 tahun ke depan untuk bekerja keras.

Rahasia utama sukses di dunia SEO itu bukan semua checklist di atas, tetapi kemampuan anda untuk bisa bekerja keras walaupun belum melihat hasil sama sekali. Inilah yang menjadi pembeda antara mereka yang berhasil di SEO dan yang gagal di tengah jalan….

Mudah-mudahan checklist di atas bisa membantu anda.

Kategori: SEO

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *