Ini adalah salah satu masalah yang tidak banyak diangkat oleh blogger di dalam negeri. Tapi sudah ada beberapa orang yang menyuarakan ini di luar sana. Mereka menganggap bahwa menggunakan Cloudflare bisa saja membuat ranking di Google drop. Jadi benarkah Cloudflare bisa membuat ranking drop? Dari mana pemahaman ini berasal?

cloudflare dan SEO

Ada beberapa kasus di mana agensi SEO di luar negeri mencatat kejatuhan peringkat setelah penggunaan Cloudflare, dan peringkat kembali naik setelah cloudflare kembali dinonaktifkan. Ini menjadi sinyal positif yang semakin banyak diterima oleh para pelaku SEO di luar sana bahwa Cloudflare bisa merusak ranking website kita.

Jadi apakah data ini akurat dan apakah kita bisa mengkambinghitamkan Cloudflare untuk peringkat-peringkat yang drop? Menurut kami jawabannya adalah YA dan TIDAK….

Kami menjawab YA dikarenakan Cloudflare memang mungkin saja bisa membuat ranking website drop. Tapi kami juga menjawab TIDAK, karena Cloudflare hanyalah alat yang bisa merugikan jika penggunanya tidak tahu bagaimana cara memakai Cloudflare ini….

Perlu dicatat bahwa dalam banyak kasus. Pemakaian Cloudflare ini tidak memperlihatkan pengaruh apapun ke peringkat SEO. Namun sudah ada beberapa kasus di luar sana yang menunjukkan bahwa pemakaian Cloudflare membuat ranking drop dengan signifikan. Bahkan kasus ini muncul dari pengguna paket bisnis dan bukan paket gratisan seperti yang kebanyakan digunakan oleh blogger Indonesia.

Jadi di mana salahnya? Kenapa sampai ada yang mengalami peringkat drop secara signifikan? Untuk itu ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebabnya… Beberapa di antaranya adalah:

Berbagi IP Address Dengan Bad Neighbours

Ini adalah masalah yang mendominasi kejatuhan peringkat saat menggunakan cloudflare. Ternyata mereka menggunakan IP address yang juga digunakan oleh orang-orang yang mempunyai niat buruk dalam pembuatan website mereka.

Bahkan pengguna paket bisnis saja mengalami masalah ini. Tapi tentunya ada pilihan untuk memakai IP address yang dikhususkan untuk website anda saja. Hanya saja ini tentunya berbayar dan tidak semua blogger gratisan mau melakukan ini.

Error Server

Pengguna Cloudflare kadang melihat kalau website mereka itu error server, atau melakukan loop tidak terbatas. Hal ini bisa terjadi karena ketidaksinkronan antara cloudflare dan server asal. Jika pemilik website tidak menyadari ini dan terjadi pada saat Google melakukan perayapan, maka tentunya Google bisa gagal melakukan perayapan.

Jadi jika anda adalah pengguna Cloudflare, maka sangat direkomendasikan agar rutin memantau tampilan dari website anda. Jangan membiarkan website anda error dalam waktu yang lama.

Lokasi Server

Sudah bukan rahasia lagi kalau Google sangat memperhitungkan lokasi server dari pengguna yang mengakses Google. Dengan kata lain, jika server kita berada di Amerika, maka kita akan sangat sulit untuk ranking di Indonesia.

CDN seperti Cloudflare ini mempunyai beberapa titik server di seluruh dunia. Di antara semua titik server itu … ada satu yang berlokasi di Jakarta. Jadi untuk pengunjung website yang mengakses website kita dari Indonesia kemungkinannya akan dilayani oleh server di Jakarta atau Singapura.

Yang menjadi masalah adalah jika Google yang mengunjungi website kita, maka mereka akan mendapatkan lokasi server yang berbeda. Jika anda tidak mengatur preferensi lokasi target anda di cloudflare, maka itu bisa saja membuat Google berpikir bahwa target market anda adalah Global, sehingga anda akan kurang diprioritaskan untuk target lokal Indonesia.

Rasanya yang paling ideal untuk mereka yang menargetkan pengunjung lokal dari Indonesia adalah mencari server lokal yang kecepatannya OK sehingga tidak memerlukan CDN.

=============

Jadi menggunakan Cloudflare memang bisa membantu mengatasi masalah kecepatan, dan juga downtime dari server selama admin yang mengelola websitenya memang aktif menjaga website tersebut. Tapi jika anda tidak punya waktu untuk selalu memantau website anda dan target market anda hanya lokal dalam negeri saja, maka lebih direkomendasikan untuk mencari layanan web hosting lokal yang handal.

Kecuali anda memang menargetkan market global, maka penggunaan CDN sudah tidak bisa ditawar lagi…

Kategori: SEO

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *