Saat ini algoritma Google semakin selektif untuk website bisnis. Hal itu dikarenakan website jual beli masuk dalam kategori YMYL ( Your Money Your Life). Google tidak akan merekomendasikan website yang tidak jelas keberadaannya. Google berperan aktif untuk mencegah penggunanya mengalami penipuan online.

Cara Daftar Google My Business

Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan kepercayaan Google dan memudahkan optimasi SEO website anda adalah dengan mendaftar Google My Business. Jika website anda terdaftar di Google My Business, maka website anda harus melakukan verifikasi alamat riil dari usaha anda.

Verifikasi inilah yang membuat website anda lebih mudah mendapatkan kepercayaan Google. Setidaknya jika terjadi penipuan; pengguna Google bisa melacak alamat riil bisnis anda.

Kepercayaan atau trust inilah yang membuat optimasi SEO website anda jadi lebih mudah. Oleh karena itu ada baiknya anda mempelajari bagaimana cara mendaftarkan website anda di Google My Business.

CARA DAFTAR GOOGLE MY BUSINESS

Untuk mendaftar Google My Business … silahkan mengunjungi halaman resmi dari Google My Business di tautan berikut: https://www.google.com/intl/id_id/business/

Setelah anda sampai di halaman ini silahkan klik KELOLA SEKARANG

daftar Google My Business

Di halaman selanjutnya klik TAMBAHKAN BISNIS ANDA KE GOOGLE

Tambahkan Bisnis Anda Ke Google

Masukkan nama bisnis anda di halaman baru yang terbuka. Yang dimaksud dengan nama bisnis di sini adalah brand usaha anda dan bukan kata kunci yang anda targetkan. Setelah anda memasukkan nama bisnis anda; silahkan klik BERIKUTNYA.

Masukkan Nama Bisnis Anda

Di halaman berikutnya anda bisa memilih kategori bisnis anda dan klik BERIKUTNYA

Google My Business tambah kategori

Setelah itu tambahkan lokasi bisnis offline anda dengan mengklik YA di halaman penambahan lokasi bisnis dan klik BERIKUTNYA . Lokasi bisnis ini akan memunculkan usaha anda di Google Maps dan akan memberikan fitur verifikasi alamat bisnis yang anda perlukan.

Tambahkan Lokasi Bisnis Anda

Masukkan alamat anda di kolom-kolom yang disediakan, setelah itu klik BERIKUTNYA

masukkan alamat bisnis anda

Masukkan lokasi anda di PETA dan klik BERIKUTNYA

Lokasi di Peta Google Map

Setelah itu informasikan juga apakah bisnis anda melayani pembelian di luar wilayah anda. Setelah itu klik BERIKUTNYA.

melayani pelanggan di luar wilayah anda

Anda bisa menambahkan wilayah layanan anda secara spesifik jika anda menginginkan. Tapi ini tidak wajib jadi anda bisa mengosongkan saja. Setelah itu klik BERIKUTNYA.

Tambahkan Wilayah Layanan Bisnis Anda

Setelah itu masukkan nomor kontak bisnis anda dan website resmi usaha anda. Jangan lupa untuk memasukkan alamat website yang akan dioptimasi dan klik BERIKUTNYA.

masukkan nomor kontak dan lokasi bisnis anda

Selanjutnya anda bisa memilih apakah anda bersedia mendapatkan INFO dan REKOMENDASI BISNIS dari Google. Sebaiknya anda pilih YA, karena ini bisa memberikan masukkan dan mengingatkan anda untuk melakukan hal-hal penting untuk meningkatkan performa Google My Business. Setelah anda memilih YA, silahkan klik BERIKUTNYA.

informasi bisnis Google

Selanjutnya anda cukup mengklik SELESAI untuk menyelesaikan pendaftaran akun Google My Business ini.

Anda akan diminta memilih metode verifikasi. Sebaiknya anda memilih metode verifikasi melalui kartu pos atau surat. Kode verifikasi akan dikirimkan ke alamat yang anda masukkan. Jadi pastikan anda memasukkan alamat yang benar saat melakukan pendaftaran ini.

verifikasi akun Google My Business

Anda tinggal menunggu surat berisi kode verifikasi sampai di alamat anda. Kode verifikasi ini bisa anda masukkan di halaman verifikasi yang tersedia di tampilan dasbor halaman Google My Business anda. Ada banyak fitur Google My Business yang tidak bisa anda manfaatkan jika anda belum melakukan verifikasi alamat ini.

Keuntungan Mendaftar Google My Business

Pada saat anda mendaftar Google My Business; bukan hanya optimasi SEO saja yang akan jadi lebih mudah. Tapi bisnis anda akan ditampilkan di rekomendasi bisnis untuk setiap pencarian Google yang ada di dalam lokasi bisnis anda.

Anda bisa mendapatkan pemesanan lokal walaupun website anda belum ranking di hasil pencarian Google. Jadi sangat direkomendasikan agar anda mendaftarkan bisnis anda di Google My Business walaupun anda belum mempunyai website saat ini.

Memaksimalkan Listing Business Anda

Setelah anda mendaftar Google My Business, biasanya bisnis anda akan muncul di pencarian bisnis lokal seperti gambar di bawah ini.

listing business

Posisi anda di hasil pencarian akan dipengaruhi oleh waktu tempuh. Sedangkan waktu tempuh akan dipengaruhi oleh jarak dan kemacetan…. Selain itu faktor lain yang bisa mempengaruhi posisi ini adalah review dari pengguna.

Jadi sebaiknya anda tidak bosan-bosannya meminta review positif dari pengguna layanan anda untuk menaikkan posisi business listing anda di hasil pencarian Google.

 

 

 

 

Kategori: SEO

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *