Tidak ada namanya trik ajaib untuk membuat website anda ranking 1 di hasil pencarian Google. Jika anda menginginkan hasil yang tahan lama dan sulit untuk digeser oleh pesaing anda, maka anda harus berkomitmen dalam melakukan optimasi website anda. Jadi seberapa hebat performa website anda itu tergantung dari seberapa hebat performa anda mengelola website tersebut.

checklist SEO

Untuk itu kami membuatkan daftar hal-hal yang perlu anda lakukan untuk SEO website anda di tahun 2020 yang akan datang. Jadi berikut ini adalah checklist SEO yang bisa anda pergunakan untuk memastikan performa website anda meningkat di hasil pencarian Google…

  1. Anda harus memastikan website anda bisa dirayapi oleh Google.
  2. Buat tampilan yang nyaman dan membantu pengunjung website anda, terutama dalam hal navigasi
  3. Pastikan semua media anda bisa dirayapi dan semua elemen bisa dikenali oleh Google
  4. Gunakan desain website yang responsive yang berfungsi baik di desktop dan perangkat mobile
  5. Jika anda adalah bisnis, maka usahakan melakukan optimasi untuk target lokal terlebih dahulu
  6. Selain itu sebuah website bisnis harus didaftarkan ke Google My Business
  7. Pasang tracker agar anda bisa memantau hasil optimasi anda (Search Console dan Analytics dari Google)
  8. Dalam optimasi SEO, jangan lupa menentukan Geotarget atau target lokasi optimasi, kecuali anda memakai nama domain untuk negara tertentu seperti .co.id, web.id, atau .id.
  9. Pastikan kata kunci ada di bagian awal Judul halaman
  10. Pastikan kata kunci anda bisa ditemukan di dalam konten utama di dalam halaman yang dioptimasi SEO.
  11. Hindari penumpukan kata kunci.
  12. Manfaatkan meta deskripsi untuk mendapatkan lebih banyak klik agar CTR anda di hasil pencarian Google bisa meningkat.
  13. Pastikan konten utama anda di dalam halaman tersebut berkualitas tinggi dan ditulis oleh orang yang benar-benar paham topik tersebut. (Usaha terbesar anda harus difokuskan di sini)
  14. Usahakan membut website yang satu niche, dan usahakan agar kata kunci utama di niche tersebut tersebar di semua halaman website anda.
  15. Tulislah artikel anda dengan sealami mungkin, tapi usahakan agar kepadatan kata kunci tidak kurang dari 1,5%. Terlebih jika artikel anda tergolong pendek, karena itu akan membuat Google ragu tentang topik utama yang anda bahas di dalam halaman tersebut.
  16. Buat tulisan yang terstruktur rapi dengan membaginya menjadi beberapa poin pembahasan. Gunakan heading h2 dan h3 untuk judul poin pembahasan.
  17. Gunakan juga poin dan penomoran pada catatan daftar, agar lebih nyaman dibaca
  18. Perhatikan user intent atau tujuan pencarian dari pengunjung yang datang ke website anda
  19. Pilih beberapa konten utama di dalam website anda dan cobalah untuk melakukan update setahun sekali (jangan membuat konten baru)
  20. Jika anda membuat website untuk tujuan afiliasi, maka usahakan hanya 10% saja konten afiliasi, sedangkan 90% konten lainnya adalah konten untuk hal-hal yang bersifat informasi umum. Kecuali website anda adalah sebuah toko online.
  21. Tampilkan tanggal modifikasi jika anda melakukan update
  22. Frekuensi update atau menambah postingan juga akan menambah Trust Google untuk website anda, tapi pastikan anda tidak mengorbankan kualitas tulisan hanya untuk mengebut pertambahan halaman
  23. Jangan menurunkan posisi konten utama di dalam halaman untuk menaruh iklan di bagian atas halaman
  24. Buat internal link memakai teks jangkar yang relevan
  25. Usahakan sistem navigasi di dalam halaman anda cukup sederhana dan tidak memusingkan pengguna
  26. Jangan membuat website yang masuk dalam kategori YMYL atau Your Money Your Life kecuali anda mempunyai otoritas di dalamnya. Jika tidak maka anda akan sulit bersaing.
  27. Dalam optimasi SEO website YMYL seperti website kesehatan dan finansial; Google akan memprioritaskan website yang dibuat oleh para ahli. Misalnya untuk kata kunci GEJALA SAKIT MAAG; Google akan memberikan prioritas pada website start up kesehatan dan bukan blog pribadi.
  28. Usahakan tidak ada pop up yang menghalangi konten utama, atau yang merusak user experiece
  29. Usahakan waktu muat halaman yang baik, karena pagespeed sudah menjadi faktor SEO untuk pencarian mobile di tahun 2018
  30. Perhatikan jumlah link di dalam halaman. Jika anda baru memulai, maka usahakan jumlah link tidak lebih dari 50 di dalam satu halaman. Usahakan jumlah link di menu header tidak lebih dari 10 link.
  31. Jangan gunakan eksternal link kecuali benar-benar relevan dan berkualitas
  32. Kata kunci di dalam URL akan memberikan sedikit tambahan poin untuk anda
  33. Usahakan untuk membangun popularitas website anda di sosial network
  34. Dapatkan backlink yang berkualitas dan aman untuk website anda
  35. Perhatikan masalah keamanan website anda, karena malware atau hack akan bisa merusak hasil optimasi dari website anda dengan begitu cepat.

Kurang lebih hal-hal inilah yang perlu anda perhatikan saat anda melakukan SEO. Anda mungkin akan memerlukan waktu 3 bulan sampai 6 bulan untuk melihat trafik yang anda harapkan. Ini sangat bergantung pada tingkat persaingan dari kata kunci yang anda harapkan.

Jadi sejak awal anda harus mempunyai niat untuk bekerja membangun website anda walaupun anda belum melihat hasil optimasi SEO website anda dalam waktu dekat. Semua pemilik website besar hari ini memulai dengan cara yang sulit sekitar 5-7 tahun yang lalu. Bahkan banyak yang menghabiskan biaya besar untuk menyewa penulis, layanan backlink, atau beriklan di sosial media dan adwords untuk memasarkan kontennya.

Mudah-mudahan tahun 2020 akan menjadi tahun yang baik untuk optimasi SEO website anda.

 

Kategori: SEO

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *