Para pemilik website yang ingin mendapatkan ranking yang lebih tinggi di hasil pencarian Google mungkin pernah mendengar istilah Domain Authority ini. Istilah ini sering dikaitkan dengan kemampuan sebuah website untuk ranking di hasil pencarian Google.

Tapi apakah benar dengan menaikkan Domain Authority akan membuat website anda pasti mudah ranking? Sebenarnya tidak sesederhana itu. Ada banyak faktor yang terlibat di dalam proses optimasi SEO, jadi belum tentu kenaikan DA akan memberikan anda ranking yang anda harapkan.

Untuk itu kita perlu mengenal lebih dalam lagi istilah Domain Authority ini….

cara menaikkan domain authority

Apa Yang Dimaksud Dengan Domain Authority?

Domain authority adalah salah satu cara mengukur kekuatan dari backlink yang masuk ke website anda. Pada umumnya penyedia tools SEO yang terkenal menggunakan metrik ini. Hanya saja mereka memberikan penamaan yang berbeda satu sama lain.

Misalnya di moz.com digunakan nama domain authority, sedangkan di ahrefs.com digunakan istilah domain rating. Metrik ini pada umumnya memakai skala dari 0 sampai 100.

Yang perlu anda ketahui adalah skala dari domain rating atau domain authority ini bersifat logaritmik. Itu berarti jauh lebih sulit untuk naik dari domain authority 69 menuju 70 dibandingkan dari domain authority 9 menuju 10.

Bagaimana Cara Perhitungan Domain Authority?

Sebelum anda mencoba untuk menaikkan domain authority website anda, maka anda perlu mengetahui bagaimana cara domain authority ini dihitung.

Ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi kenaikan dari domain authority, yaitu:

  1. Jumlah website yang memberikan link menuju website anda
  2. Nilai domain authority dari link yang masuk ke website anda
  3. Jumlah link yang ada di setiap halaman yang memberikan backlink

Jumlah Website Yang Memberikan Backlink

Semakin banyak jumlah referal nama domain yang memberikan link menuju website anda, maka akan semakin tinggi juga nilai domain authority dari website anda tersebut. Hanya saja anda perlu mengetahui bahwa domain authority ini hanya menghitung link yang bersifat dofollow. Jadi walaupun anda mempunyai banyak sekali backlink; namun jika backlink anda ini dominan nofollow, maka hal itu tidak akan memberikan dorongan yang besar untuk nilai domain authority anda.

Selain itu memasang banyak backlink di halaman yang berbeda dalam satu nama domain tidak akan menaikkan domain authority lebih jauh lagi. Hal itu dikarenakan pada umumnya penyedia metrik domain authority ataupun domain rating ini hanya mempertimbangkan jumlah nama domain referral.

Nilai Domain Authority Pemberi Backlink

Siapa saja bisa mendapatkan banyak backlink dari website yang kualitasnya rendah, makanya website-website kualitas rendah tidak akan banyak membantu kenaikan peringkat anda. Oleh karena itu sangat penting untuk memastikan anda mendapatkan backlink dari website yang mempunyai domain authority atau domain rating yang tinggi.

Semakin tinggi nilai domain authority dari website yang memberikan anda backlink, maka akan semakin besar pula dorongannya pada peringkat domain authority website anda. Jadi jika nilai domain authority dari pemberi backlink ini terus bertambah, maka nilai domain authority anda juga akan ikut bertambah.

Untuk mendapatkan keuntungan yang seperti ini; anda sebaiknya melakukan riset terhadap website-website yang akan anda jadikan sumber backlink. Anda bisa menilai apakah website tersebut adalah website yang dirawat dengan serius atau tidak.

Untuk melakukan hal ini anda cukup mengamati pertambahan artikel di website tersebut. Jika website tersebut rutin melakukan penambahan artikel, maka biasanya nilai domain authority nya juga akan bertambah dari waktu ke waktu.

Jumlah Link Di Website Pemberi Backlink

Sekarang anggap saja anda mendapatkan backlink dari 2 buah website yang mempunyai domain authority yang sama. Apakah itu berarti website anda akan mendapatkan pertambahan domain authority yang sama dari kedua website ini?

Ternyata tidak. Nilai dominan authority yang diberikan oleh kedua website ini akan sangat terpengaruh oleh jumlah website yang mereka berikan backlink. Semakin banyak website yang mereka berikan backlink maka akan semakin kecil dorongan domain authority yang akan diberikan kepada website.

Jika website yang pertama memberikan backlink menuju 1000 website sedangkan website yang kedua memberikan backlink menuju 5000 website; maka website pertama akan memberikan dorongan domain authority yang lebih besar dibandingkan website yang kedua.

Tapi perlu dicatat kalau di sini kita hanya berbicara masalah dorongan domain authority saja. Belum tentu website kedua akan memberikan pengaruh yang lebih lemah dalam hal kenaikan peringkat dari kata kunci yang anda targetkan.

Bisa saja website kedua lebih relevan sehingga pengaruhnya terhadap peringkat anda jauh lebih kuat dari website pertama. Jadi pada saat anda melakukan optimasi SEO,… anda tidak bisa melihat faktor-faktor ini secara terpisah. Semua faktor saling bekerja sama dalam mempengaruhi peringkat website anda.

Bagaimana Cara Menaikkan Domain Authority?

Dapatkan Backlink Menuju Website Anda

Tidak ada cara lain untuk mendapatkan domain authority menuju website anda selain melalui backlink. Jadi langkah awalnya tentu saja anda harus bisa mendapatkan backlink yang menjadi momentum awal dari optimasi domain authority anda.

Anda bisa mendapatkan backlink dengan berbagai cara…. Cara yang paling umum dilakukan oleh blogger adalah dengan melakukan spam. Tentu cara ini kurang disukai oleh google sehingga anda harus berhati-hati dalam melakukan metode ini.

Cara lain adalah dengan melakukan promosi konten sambil berharap orang yang mengunjungi website anda tertarik untuk memberikan backlink menuju konten yang anda buat. Tentu ini adalah sesuatu yang akan sangat sulit dan mungkin berjalan lambat. Tapi untuk setiap backlink yang anda dapatkan akan mempunyai relevansi dan authority yang sangat tinggi.

Jika anda mempunyai budget ekstra dalam mengelola website anda, maka anda juga bisa menggunakan layanan jasa backlink untuk mendapatkan backlink-backlink yang bisa menaikkan authority website anda. Jasa backlink pada umumnya menawarkan beberapa paket yang bisa anda sesuaikan dengan budget optimasi yang anda miliki.

Buat Konten Utama Yang Berkualitas

Selanjutnya anda perlu membuat konten utama yang berkualitas tinggi. Konten utama adalah konten yang anda andalkan untuk menjadi sumber traffic di masa depan. Untuk membuat konten utama pastikan anda terlebih dahulu melakukan riset kata kunci untuk melihat potensi traffic dari konten tersebut.

Usahakan anda membuat konten tersebut menjadi konten paling berkualitas di dalam penilaian anda sendiri. Yang dimaksud dengan konten berkualitas ini bukan hanya isi artikelnya saja, tetapi juga dalam hal penyajian data ataupun gambar di dalam artikel tersebut.

Batasi Internal Link

Pada saat anda baru akan memulai optimasi website; usahakan di dalam setiap halaman tidak terlalu banyak penggunaan internal link. Hal ini dilakukan untuk memastikan halaman-halaman utama di dalam website anda mendapatkan aliran poin yang cukup besar. Semakin banyak internal link di dalam halaman website anda maka akan semakin kecil hasil pembagiannya.

Membatasi internal link ini akan membuat halaman halaman utama anda mendapatkan poin yang lebih besar, sehingga lebih mudah untuk rangking. Ini akan membantu anda untuk mendapatkan trafik awal dari mesin pencari seperti Google secara gratis. Semakin banyak kata kunci yang anda kuasai, maka akan semakin besar potensi trafik ini.

Kita berharap trafik organik ini akan semakin besar dari waktu ke waktu. Pertumbuhan trafik ini akan membantu anda mendapatkan backlink organik yang mempunyai authority yang tinggi.

============

Jadi inilah cara-cara yang bisa anda lakukan untuk menaikkan nilai Domain Authority dari website anda. Anda sebenarnya tidak perlu menargetkan Domain Authority yang sangat besar jika anda hanya menargetkan kata kunci yang persaingannya ringan. Tapi sangat disarankan agar rutin mengusahakan kenaikan Domain Authority ini dari waktu ke waktu; agar website pesaing tidak bisa menyalip peringkan anda.

Kategori: SEO

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *