Saat ini ada banyak sekali orang yang berusaha untuk bisa mendapatkan featured snippet di hasil pencarian Google, karena bukan saja ajan membuat website kita menjadi ranking pertama, namun juga akan membuat orang tertarik untuk mengklik website kita.

Featured snippet ini adalah bagian dari informasi yang berada di bagian teratas hasil pencarian. Fitur ini memberikan informasi kepada pengguna google dengan mengambil informasi yang paling relevan dari sebuah halaman yang mempunyai ranking di halaman pertama.

 

Mungkin ada yang merasa kuatir jika Google menayangkan langsung jawaban yang dibutuhkan oleh pengguna Google … Bagaimana kalau nanti pengguna Google sudah tidak lagi membuka website kita karena sudah menemukan jawaban yang mereka perlukan…?

Kita ambil contoh dari snippet berikut ini….

featured snippet di Google

Dari gambar di atas kita bisa melihat bahwa featured snippet memang memberikan informasi yang mendasar, namun tetap saja kurang begitu jelas. Jadi hal ini bisa membuat pengguna Google mengklik hasil pencarian ini untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap lagi.

Jadi mungkin ini saat yang paling tepat untuk melakukan optimasi featured snippet di website anda….

Mengenal Jenis Featured Snippet

Sangat penting untuk mengetahui jenis-jenis featured snippet yang tersedia untuk hasil pencarian yang anda inginkan. Saat ini ada beberapa bentuk featured snippet yang bisa kita temukan, yaitu:

Paragraf

snippet paragraf

Daftar

snippet poin

Tabel

snippet tabel

=====================

Sangat penting untuk mengetahui bahwa ada hasil pencarian lainnya yang terlihat seperti Snippet dan biasa disebut Knowledge Panel, Knowledge Card, dan juga Carousel…

knowledge panel

Bagaimana Cara Melakukan Optimasi Featured Snippet?

Google search console tidak memperlihatkan informasi apapun tentang featured snippet. Jadi kita tidak bisa mengambil data dan melihat halaman mana saja yang sudah mendapatkan featured snippet di hasil pencarian Google. Untuk itu kita harus melakukan pekerjaan manual untuk menemukan kata-kata kunci yang sudah memenangkan featured snippet.

Cari Kata Kunci Yang Ranking Di Posisi 1-5

Satu hal yang pasti adalah featured snippet diberikan hanya untuk website yang sudah ranking di halaman pertama. Jadi anda bisa membuka search console dan lihat daftar kata kunci yang sudah anda kuasai. Untuk melakukan ini anda tinggal mengurutkan kata kunci menurut peringkat tertinggi ke yang terendah.

Setelah itu anda bisa mencatat kata kunci yang ranking di posisi 1-5.

Jika anda sudah mendapatkan daftar kata kunci yang berada di posisi 1-5, maka sekarang waktunya melakukan pencarian kata kunci tersebut di Google untuk melihat mana yang menampilkan featured snippet dan mana yang tidak.

Pilih Kata Kunci Yang Berbentuk Pertanyaan

Biasanya kata kunci yang menampilkan featured snippet adalah kata kunci yang berbentuk pertanyaan. Jadi hal kedua yang perlu anda lakukan adalah mencari apakah ada kata kunci berbentu pertanyaan yang mengarah ke website anda. Jika hanya sedikit …. maka anda perlu mempertimbangkan beberapa pertanyaan-pertanyaan lainnya yang mungkin saja ditanyakan oleh pengguna Google.

Untuk melakukan ini anda cukup melakukan pencarian di Google dan lihat apakah ada kolom PEOPLE ALSO ASK yang ditampilkan di hasil pencarian itu. Jika ada, maka sebaiknya anda mencatat pertanyaan-pertanyaan apa saja yang ditanyakan oleh pengguna Google.

Setelah anda mendapatkan pertanyaan ini, maka anda bisa mencari apakah ada konten anda yang bisa digunakan untuk menjawab pertanyaan ini. Jika ada, maka kita bisa melakukan optimasi pada konten tersebut untuk mendapatkan featured snippet.

Tentunya kita juga perlu mempertimbangkan apakah pertanyaan itu mempunyai pencarian yang banyak atau tidak. Sangat direkomendasikan agar anda berfokus pada kata-kata kunci yang mempunyai banyak pencarian saja saat melakukan optimasi featured snippet ini.

Jika anda belum mempunyai artikelnya, maka tentunya anda harus membuat artikelnya terlebih dahulu.

Optimasi Agar Masuk Halaman Pertama Google

Jika saat ini anda sudah mempunyai artikelnya dan artikel tersebut sudah ada di halaman pertama Google, maka tentunya anda sudah separuh jalan dalam melakukan optimasi Featured Snippet ini. Namun jika artikel anda belum masuk ke halaman pertama Google, maka tentunya anda perlu melakukan optimasi SEO dasar untuk menyingkirkan banyak pesaing lainnya.

Usahakan anda membuat artikel yang memberikan jawaban yang lengkap. Kalau perlu anda berikan gambar yang mendetil sehingga artikel anda akan sangat mudah dipahami. Jika anda melakukan ini, maka biasanya artikel anda akan lebih mudah untuk masuk ke dalam halaman pertama Google.

Menulis Dalam Gaya Piramida Terbalik

Yang dimaksud dengan menulis dalam gaya piramida terbalik adalah dengan memberikan gambaran yang luas terlebih dahulu di awal artikel anda. Setelah itu baru anda masuk ke penjelasan yang lebih mendetil di bagian bawah artikel tersebut.

Biasanya artikel dengan Piramida terbalik ini akan diawali dengan berbagai pertanyaan yang bisa dikembangkan di dalam artikel. Untuk anda yang sudah terbiasa menulis dengan gaya jurnalis tentunya sudah mengetahui bagaimana gaya penulisan piramida terbalik ini. Namun jika anda belum tahu, maka anda bisa melihat skemanya dalam gambar di bawah ini….

skema artikel piramida terbalik

Gunakan Kata-Kata Yang Memicu Featured Snippet

Dalam usaha riset untuk featured snippet, beberapa praktisi SEO menemukan bahwa ada beberapa kata yang bisa memicu featured snippet untuk hasil pencarian anda.

Kata-kata ini ditampilkan dalam bahasa inggris di bawah ini. Jadi anda harus menerjemahkannya dalam bahasa Indonesia atau bahasa lainnya yang anda gunakan.

kata yang memicu featured snippet

Gunakan Format Yang Tepat

Sebelumnya kita sudah membahas bahwa ada beberapa jenis featured snippet. Anda harus melakukan optimasi menurut featured snippet yang anda inginkan. Setiap jenis featured snippet memerlukan format tertentu yang harus anda perhatikan….

Tentu saja jika anda mengejar tabel, maka anda harus mempunyai konten dalam bentuk tabel. Jika anda menargetkan snippet dalam bentuk poin-poin, maka anda harus menggunakan poin-poin atau beberapa heading.

Jika anda menargetkan untuk mendapatkan paragraf, maka tentunya anda perlu menulis jawaban yang lengkap namun singkat. Usahakan jawaban anda berada dalam kisaran 40 sampai 50 kata. Pastikan anda juga menggunakan gambar di dalam artikel, karena Google sering memasukkan gambar yang dianggap relevan ke dalam featured snippet paragraf.

=======================

Jadi inilah beberapa hal yang bisa anda perhatikan jika anda mau melakukan optimasi di website anda untuk mendapatkan featured snippet. Tentu saja tidak ada jaminan optimasi anda akan berhasil mendapatkan featured snippet, karena Google masih akan memilih dari Top 5 yang ada di hasil pencariannya.

Kategori: SEO

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *