Di bulan Maret dan April 2020 ada banyak orang yang melaporkan rankingnya naik turun dengan cepat. Hal ini umumnya kita sebut sebagai Google Dance. Tentunya ini bisa membuat kesal blogger yang rankingnya sudah di atas namun tiba-tiba turun ke halaman kedua, atau bahkan lebih.

Fluktuasi Google Dance

Jadi di sini kami mau menjelasan apa itu Google Dance. Kenapa itu bisa terjadi, dan bagaimana cara menghadapinya. Mudah-mudahan ini bisa membantu teman-teman yang sedang mengalami Google Dance ini….

Apa Itu Google Dance?

Sederhananya bisa dikatakan bahwa Google Dance adalah naik turunnya peringkat anda di Google dengan sangat cepat. Bisa saja hari ini anda ranking 7, tapi besoknya anda ranking 11 dan seminggu kemudian ranking 22, dan 2 minggu kemudian ranking 4 …. dan seterusnya sampai stabil di suatu peringkat tertentu.

Google Dance adalah proses di mana Google mencari peringkat mana yang paling tepat untuk halaman anda. Tentunya ini bisa menjadi masa yang membuat stress pemilik website yang tidak tahu harus melakukan apa.

Maret-April 2020 Google Dance Menggila

Ada beberapa niche yang mengalami guncangan hebat selama bulan Maret dan April ini. Beberapa praktisi SEO di luar negeri mengatakan bahwa ini adalah efek dari pandemi COVID-19. Munculnya Pandemi Covid-19 dan kebijakan beberapa negara yang memberlakukan work from home membuat perilaku user berubah di mesin pencari Google.

Perubahan trafik dan posisi di SERP ini di bahas oleh beberapa website… Fluktuasi ranking saat ini dianggap sebagai yang paling aneh dalam sejarah mesin pencari Google. Seroundtable dan Stanventures melaporkan bahwa flutuasi saat ini paling cepat dan dianggap sebagai sesuatu yang belum pernah terjadi.

seroundtable melaporkan fluktuasi ranking

========

stanventures melaporkan fluktuasi ranking

=========

Fluktuasi Google Dance ini terpantau di banyak SERP Tracker

Fluktuasi Google Dance di SERP Tracker

Fluktuasi dari SERP yang biasa disebut sebagai Google Dance ini dianggap sebagai efek COVID-19, karena ada banyak kata kunci yang trend-nya berubah saat ini. Perubahan trend ini berarti pencariannya berkurang drastis atau malah bertambah dengan signifikan.

Sebagai contoh, kata-kata kunci komersil pada umumnya mengalami trend negatif, karena perekonomian melambat dan ada banyak orang yang menahan pengeluaran mereka. Selain konsumen yang menahan pengeluaran mereka…, saat ini juga ada banyak bisnis yang tutup sementara karena masalah social distancing.

Perubahan-perubahan seperti ini jelas akan mempengaruhi algoritma Google yang saat ini menggunakan sistem rankbrain. Seperti yang sudah disebutkan di atas; …. Saat ini ada banyak bisnis yang mengalami penurunan pencarian, tapi konversinya turun lebih parah lagi. Kenapa bisa konversi turun lebih parah lagi?

Begini, walaupun keuangan anda sedang dalam masalah, tapi bukan berarti anda tidak mau membeli sesuatu kan? Jadi mungkin anda sudah tidak mencari barang sesering dulu, tapi bukan berarti anda berhenti sama sekali mencari barang. Jadi anda mulai mencari barang dan begitu anda melihat harganya mahal (sebenarnya tidak mahal tapi uang anda lagi pas-pasan) … anda langsung pergi….

Hal-hal seperti di atas membangkitkan sinyal bahwa ada perubahan selera di pasar, atau konten anda sudah tidak bisa memenuhi selera pasar saat ini. Sebagai akibatnya Google akan mengacak hasil pencariannya untuk menemukan penawaran-penawaran yang mungkin lebih bisa diterima oleh pengguna Google…. Fenomena inilah yang diduga kuat menjadi penyebab menggilanya Google Dance saat ini.

Penyebab Umum Google Dance

Google dance terjadi karena Google berusaha memberikan kesempatan kepada halaman-halaman baru untuk mendapatkan pengunjung. Hal ini dilakukan untuk menilai user experience terhadap sebuah website baru. Biasanya Google akan melakukan Google Dance ini berkali-kali sampai mendapatkan data yang cukup untuk memutuskan peringkat yang stabil.

Ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi Google Dance ini:

Usia Website Anda; Semakin muda usia website anda, maka akan semakin sering anda mengalami Google Dance.

Persaingan Kata Kunci; Jika anda menghadapi persaingan kata kunci yang berat, maka Google Dance akan semakin sering terjadi. Hal itu logis saja, karena pesaing di kata kunci berat sangat banyak. Jadi Google harus lebih sering melakukan pencarian data user experience.

Pengeditan; Jika anda melakukan pengeditan di konten anda atau restrukturisasi internal link, maka itu jelas bisa membuat ranking anda mengalami dance.

Peringkat Website Anda; Semakin tinggi peringkat anda, maka akan semakin jarang Google Dance terjadi. Dengan kata lain, jika website anda masih di halaman 2 atau 3, jatuh ke halaman 5 atau 7 itu biasa saja. Sebaliknya, naik dari halaman 7 ke halaman 3 juga bisa saja terjadi.

Menerbitkan artikel baru; Pada saat anda aktif menebitkan artikel baru tentunya itu bisa mempengaruhi bobot website anda secara keseluruhan. Jika artikel-artikel baru anda kurang relevan, maka itu bisa memperkuat Google Dance yang terjadi.

Mencari Backlink; Jika website anda mendapat banyak backlink dalam waktu cepat, maka akan terjadi dance. Semakin banyak dan semakin berotoritas backlink yang didapatkan, maka ayunan dari Google Dance juga bisa semakin besar. Tapi tentunya hasil akhirnya bisa lebih tinggi dari peringkat sebelumnya.

Trend Naik; Jika trend dari niche anda mengalami kenaikan popularitas, maka hal itu akan memicu pertambahan pesaing. Naiknya popularitas niche juga akan menimbulkan Google Dance di dalam niche yang kita kembangkan.

Adakah Cara Menghindari Google Dance?

Sayangnya tidak ada cara untuk menghindari Google Dance, karena ini adalah bagian dari sistem penilaian Google itu sendiri. Tapi kalau website anda masih baru dan mengalami Google Dance, maka itu adalah sinyal yang baik. Itu artinya Google memperhatikan website anda dan mau memberi kesempatan kepada website anda untuk bersaing….

Bagaimana Cara Menghadapi Google Dance?

Biasanya pemula akan panik saat menghadapi Google Dance, karena saat websitenya naik ke halaman kedua atau bahkan ke halaman pertama; mereka berasumsi bahwa mereka memang sehebat itu. Jadi begitu Google kembali menurunkan peringkat websitenya …. mereka menjadi panik.

Google Dance atau pergerakan ranking itu adalah sesuatu yang biasa saja. Jadi jangan sampai euforia saat peringkat naik sangat cepat, dan jangan juga panik saat peringkat turun dengan sangat cepat. Jika anda panik, maka mungkin saja anda akan melakukan optimasi secara berlebihan sehingga tidak terlihat alami.

Kondisi ini seperti berenang…. jika anda panik malah akan semakin tenggelam.

===============

Jadi apa yang bisa kita lakukan untuk menghadapi kondisi saat ini?

Jika saat ini website anda mengalami penurunan peringkat karena perubahan perilaku user Google, maka ada dua opsi yang bisa anda pilih:

  • Opsi pertama adalah tidak melakukan perubahan apa-apa dan berharap kondisi bisa cepat kembali normal, sehingga perilaku user Google kembali seperti semula dan ranking anda juga kembali seperti sebelum wabah COVID-19 terjadi.
  • Opsi kedua adalah melakukan perubahan pada paket jasa atau produk anda sehingga lebih bisa diterima oleh konsumen yang mempunyai keuangan yang terbatas. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki user experience saat berkunjung ke website anda.

Tentunya jika anda melakukan perubahan paket dan harga, maka anda harus melakukan pengeditan pada halaman website anda, dan ini bisa memicu sedikit Google Dance. Peringkat anda mungkin akan berayun naik dan turun…. Itu adalah konsekuensi dari pengeditan halaman. Tapi jika pengeditan yang anda lakukan tidak mengubah banyak hal, maka biasanya ayunan yang terjadi juga kecil.

=============

Jadi itu saja yang bisa anda lakukan saat Google Dance terjadi…. Tapi sekali lagi perlu kami ingatkan untuk tidak panik, karena kepanikan bisa membuat peringkat anda semakin tenggelam di hasil pencarian Google.

 

Kategori: SEO

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *