Di bulan Juli 2018, Google sudah menjadikan kecepatan halaman sebagai salah satu faktor penentu ranking untuk mobile. Hal ini dikarenakan kecepatan muat halaman akan sangat mempengaruhi pengalaman pengguna Google di perangkat mobile.

Jadi sebagai salah satu langkah yang dilakukan Google untuk menyediakan pengalaman terbaik untuk pengguna mesin pencari mereka adalah dengan memberikan laporan SPEED di search console.

Adapun laporan SPEED ini bisa anda temukan di bawah ENHANCEMENTS. Bentuk dari laporan SPEED adalah seperti di bawah ini:

speed search console

Google membagi kecepatan halaman menjadi 3 bagian, yaitu SLOW, MODERATE, dan FAST…. Yang menjadi indikator dari kecepatan halaman ini adalah FCP atau FIRST CONTENTFUL PAINT. Adapun yang dimaksud dengan FIRST CONTENTFUL PAINT ini adalah tampilan gambar atau teks pertama yang bisa dimengerti oleh pengunjung halaman web.

Jika FCP ini lebih lambat dari 3 detik, maka akan masuk kategori lambat. Jika FCP berada antara 1 detik dan 3 detik, maka akan masuk kategori moderat, dan jika lebih cepat dari 1 detik, maka akan masuk kategori cepat. Jadi ini bisa menjadi alat pantau bagi anda untuk melihat apakah server website anda bisa melayani pengunjung dengan baik atau tidak.

Jika kecepatan website anda berada di batasan moderate, rasanya anda tidak perlu kuatir, namun jika berada di batasan slow, maka anda sebaiknya melakukan konsultasi dengan layanan web hosting anda. Website yang lambat akan sangat mempengaruhi pengalaman pengguna. Dan jika website anda dibuat untuk tujuan yang komersil, maka ini juga bisa berdampak pada konversi trafik yang masuk.

lambat 1 detik

Ada banyak sekali pemilik website yang bolak-balik mencari di mana kesalahan websitenya sampai begitu sulit untuk ranking. Tapi jarang sekali yang sadar jika masalahnya ada pada kecepatan halaman website. Mungkin inilah alasan Google mengeluarkan laporan SPEED ini untuk para pemilik website … supaya masalah kecepatan muat halaman ini lebih cepat ditemukan oleh para pemilik website.

 

Kategori: SEO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *