Pada umumnya kita membuat website untuk mendapatkan kunjungan yang banyak di website kita. Namun setiap kata kunci itu mempunyai batasan potensinya masing-masing. Jadi tentunya anda mau mengetahui seberapa besar potensi kata kunci yang sedang anda targetkan saat ini….

trending di Google

Untuk itu Google memberikan kita 2 alat, yaitu:

  1. Google Keyword Planner untuk mengetahui volume trafik dari suatu kata kunci, dan
  2. Google Trends untuk mengetahui pergerakan popularitas dari kata kunci tersebut.

Karena kali ini kita akan membahas penggunaan Google Trends, maka tentunya anda perlu mengetahui apa saja fungsi dari Google Trends ini:

FUNGSI GOOGLE TRENDS

Google Trends bisa membantu anda untuk mengetahui 3 hal, yaitu:

  1. Popularitas kata kunci yang sedang anda targetkan. Jadi misalnya anda sedang mengejar kata kunci “Jasa Penulis Artikel”, anda akan bisa mengetahui apakah saat ini kata kunci itu sedang ada di puncak Popularitas, atau tidak.
  2. Topik yang sedang trend di pencarian Google, dan Youtube
  3. Sebaran wilayah dari trend yang sedang anda targetkan

3 hal ini adalah fungsi yang sangat vital dari penggunaan Google Trends, jadi mari kita membahas satu per satu fungsi ini….

CARA MENGGUNAKAN GOOGLE TRENDS

Mengetahui Trends Kata Kunci Yang Ditarget

Sangat penting untuk mengetahui popularitas atau trends dari kata kunci yang sedang kita targetkan. Kenapa? Karena mungkin anda akan melihat bahwa trafik anda berkurang, tapi ternyata peringkat anda tetap saja atau bahkan naik di Google.

Tentunya ini bisa membingungkan anda, kenapa ranking yang sudah maksimal tidak mendatangkan trafik yang maksimal? Jadi anda harus belajar cara menggunakan Google Trends untuk bisa mengetahui hal-hal yang seperti ini….

Untuk melakukan ini silahkan mengunjungi halaman Google Trends

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah menyesuaikan Google Trends dengan negara yang menjadi target anda. Dalam contoh kali ini saya akan menggunakan INDONESIA sebagai target wilayah pencarian.

Target Negara Indonesia di Google Trends

Target Negara Indonesia di Google Trends

Setelah anda menentukan negara target pengamatan Google Trends, maka anda bisa memasukkan kata kunci yang ingin anda amati trendnya. Karena saat ini kebetulan sedang trending masalah corona virus, maka saya akan menjadikan ini sebagai contoh kasus. Kita bisa mencari kata-kata kunci apa saja yang sedang trending dan sedang terpuruk di Google Trends saat ini.

Sampel Kata Kunci Trending

Jadi sebagai awalan saya akan memasukkan kata CORONA di kolom pencarian yang tersedia di halaman awal Google trends. Hasilnya adalah gambar di bawah ini…..

Trend kata kunci CORONA di Google Trends

Trend kata kunci CORONA di Google Trends

Anda bisa melihat bahwa grafik dari Google Trends itu selalu dalam skala 0 sampai 100. Ini bukan jumlah pengunjung¬† tapi semacam skala popularitas. Setiap kali kata kunci mencetak rekor popularitas, maka itu akan menjadi titik 100 dan rekor sebelumnya akan turun dari titik 100….

Untuk kata kunci CORONA kita bisa melihat bahwa trendnya mengalami kenaikan popularitas di awal Maret, saat negara kita mendapatkan kasus pertama dari COVID-19 ini. Tapi seperti yang bisa anda lihat, sekarang pencariannya sudah antiklimaks untuk saat ini….

Jadi kita bisa melihat bahwa sebagian masyarakat kita sudah jenuh dengan topik ini. Atau setidaknya separuh masyarakat kita berpikir sudah mengetahui apa yang perlu diketahui.

Kita juga bisa melihat bahwa kata kunci MASKER mengalami kenaikan yang signifikan dari grafik di bawah ini….

Kata Kunci Masker Mengalami Kenaikan Trend

Kata Kunci Masker Mengalami Kenaikan Trend dalam beberapa bulan terakhir

Sampel Kata Kunci Terpuruk

Sebenarnya saat ini ada banyak sekali bisnis yang sedang terpuruk. Tapi rasanya bisnis pariwisata mengalami pukulan yang sangat keras di antara yang lainnya. Jadi kita akan mengamati trends kata kunci dari SEWA MOBIL BALI dan SEWA MOBIL JOGJA. Dan grafik yang bisa kita temukan di Google trends adalah seperti ini….

Trend sewa mobil bali

Trend sewa mobil bali

Trend sewa mobil jogja

Trend sewa mobil jogja

Anda bisa melihat kalau kedua kata kunci di atas mengalami penurunan saat ini. Kata kunci SEWA MOBIL JOGJA mencetak rekor popularitas terendah yaitu 10/100 dari puncak popularitas. Sedangkan kata kunci SEWA MOBIL BALI mencetak rekor popularitas terendah yang lebih parah, yaitu hanya 3/100 dari puncak popularitas; padahal setahun lalu … bulan April ini mencetak popularitas 60/100.

Jadi dari Google Trends ini kita bisa melihat bahwa saat ini industri pariwisata Bali sedang dalam masalah. Akan ada banyak sopir rental yang kesulitan mendapatkan penghasilan dari profesi ini.

Jika saat ini anda sedang menjalankan sebuah bisnis, maka mungkin akan cukup menarik bagi anda untuk mengecek apakah bisnis anda mengalami trend positif, atau negatif, atau stabil di tengah-tengah pandemi Covid-19 saat ini.

Konversi Lebih Rendah Dari Trend

Mungkin beberapa dari anda melihat bahwa saat ini popularitas anda masih cukup baik di level 50%, namun ternyata penghasilan anda bulan ini hanya 20% dari biasanya. Kenapa konversi tidak sejalan dengan trending?

Hal seperti ini bisa saja terjadi karena daya beli masyarakat saat ini sedang turun. Jadi mereka mungkin saja masih mempunyai cukup ketertarikan, namun sebagian dari masyarakat kita saat ini harus berpikir berkali-kali untuk membeli produk atau jasa yang anda tawarkan. Kenapa? Karena keuangan mereka sedang terbatas, jadi mereka harus membuat prioritas.

Mungkin trend dan konversi ini akan kembali selaras, nanti saat kehidupan perekonomian sudah kembali normal. Coba bayangkan bisnis sewa mobil Bali dan Jogja yang sedang ada di trend popularitas 3% hingga 8% saat ini…. Jika konversinya lebih rendah dari trend ini, maka itu berarti saat ini ada banyak supir rental yang benar-benar kesulitan mencari penghasilan.

Mencari Kata Kunci Yang Lagi Trending

Hal ini biasanya dilakukan oleh website berita atau website niche tertentu yang berusaha melakukan update rutin di website mereka. Jadi mereka berusaha mencari tahu hal apa yang sedang banyak dicari orang saat ini.

Jadi dengan menggunakan Google Trends kita akan mencoba mencari kata kunci apa saja yang sedang banyak dicari saat ini. Karena tadi kita sudah menentukan wilayah target pengamatan di INDONESIA, maka tentunya semua trend berikut ini berlaku di Indonesia.

Untuk melakukan ini silahkan klik menu di kiri atas layar Google Trends

menu Google Trends

Akan muncul sidebar menu seperti di bawah ini. Silahkan klik PENELUSURAN TRENDING

Tampilan menu Google Trends

Tampilan menu Google Trends

Saat saya melakukan penelusuran trending HARIAN yang terjadi di tanggal 19 dan 20 April 2020 … saya menemukan data di bawah ini…

Penelusuran yang sedang trending di April 2020

Penelusuran yang sedang trending di 19 dan 20 April 2020

Jadi jika anda sedang mengelola website berita, pastinya sekarang anda sudah tahu artikel-artikel mana saja yang perlu anda tulis. Anda bisa melihat di setiap trend ada jumlah pencarian harian yang ditampilkan. Anda tidak perlu mengklik tab trend penelusuran realtime karena saat ini belum tersedia di Indonesia.

Kata Kunci Yang Trend di Niche Anda

Kali ini saya akan mengambil contoh dari dunia kuliner, karena saya rasa kuliner akan selalu cukup stabil dalam banyak kondisi. Hal itu dikarenakan semua orang selalu butuh makan dan minum setiap harinya. Jadi kali ini saya akan memasukkan topik RESEP, dan mencari tahu resep apa yang lagi trend saat ini.

Saya menentukan parameter wilayah di Indonesia, dalam 30 hari terakhir, semua kategori, dan Penelusuran Web…..

Penelusuran trending topik resep

Penelusuran trending topik resep

Sekarang Google trends, akan menampilkan hasilnya. Yang perlu saya lakukan hanya scroll layar hingga ke bawah dan temukan segmen KUERI TERKAIT…. Ternyata hasilnya adalah…

Trending Topik Resep 21 Maret - 20 April

Trending Topik Resep 20 Maret – 20 April

Saat ini lagi banyak orang yang membahas masalah Dalgona Coffee?

dalgona coffee

Dalgona Coffee

Jadi ini resep yang sedang trend saat ini?

Ok, sekarang saya masukkan topik DOWNLOAD GAME untuk pengaturan parameter yang sama. Kira-kira game apa yang sedang menanjak popularitasnya saat ini?

Trending Untuk Topik Download Game

Kita bisa melihat bahwa Google Trends menampilkan Game LOST LIFE sebagai game yang paling populer saat ini di pencarian. Kata orang ini adalah game Pedofil dan porno, tapi rasanya bukan hal yang aneh kalau game yang seperti itu trending di negara yang mengakui hal seperti ini sebagai pemersatu bangsa….

Karena berbau pedofil jadi saya tidak tampilkan gambarnya ya….

Tentunya anda bisa mencoba mencari trend di niche anda. Tapi tidak semuanya akan memperlihatkan data, karena setiap kata kunci punya potensi yang berbeda.  Jika ternyata potensinya tidak besar, maka tentunya data seperti itu tidak akan tercatat di Google trends, karena dianggap tidak cukup populer.

Mengetahui Fokus Wilayah Yang Trending

Untuk membantu anda memahami masalah yang ini saya akan kembali ke kata kunci MASKER tadi. Kalau saya beri rentang waktu 12 bulan, maka anda akan bisa melihat bahwa kata kunci ini dominan dicari di KALIMANTAN SELATAN….

Trend masker di Kalimantan Selatan

Trend masker di Kalimantan Selatan

Tapi kalau saya mengubah parameter wilayah dalam sebulan terakhir, maka wilayah yang paling banyak mencari masker adalah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jadi Google trends ini memberikan laporan perubahan wilayah yang paling banyak mencari sesuatu hal. Ini bisa anda pergunakan jika anda melakukan pemasangan iklan yang memerlukan penargetan wilayah yang spesifik.

Kenapa Data Google Trends Berbeda Dengan Keyword Planner

Jika anda saat ini mencari volume pencarian SEWA MOBIL BALI di Ubersuggest, maka anda akan melihat bahwa Ubersuggest memberikan data yang stabil berbeda dengan Google Trends. Kenapa bisa seperti itu? Padahal Ubersuggest mengaku data mereka didapatkan dari Keyword Planner….

Anda bisa lihat grafik di bawah ini.¬† Jika grafik di Google trends terlihat jatuh di 3% dan 8%, maka grafik di Ubersuggest akan terlihat stabil saja….

Sewa Mobil Bali ala Ubersuggest

Jadi mana data yang bisa anda percayai? Apakah Google Trends, ataukah Ubersuggest yang mengambil dari Keyword Planner Google Ads? Jika kita merujuk pada MOZ, maka mereka akan lebih merekomendasikan agar kita mengikuti Google Trends. Moz mengakui bahwa Google Trends memberikan data yang sangat akurat yang serupa dengan pemantauan mereka untuk beberapa kata kunci….

Anda bisa membaca artikel dari Moz berikut ini:

Why Google AdWords’ Keyword Volume Numbers Are Wildly Unreliable – Whiteboard Friday

Tidak jelas kenapa Google memberikan data yang berbeda. Tapi banyak orang yang mencurigai bahwa faktor utama penyebab perbedaan data ini adalah data dari Google Ads Keyword Planner cenderung bersifat luas. Jadi jika anda memasang iklan untuk “konveksi tas seminar”, maka iklan anda juga akan ditayangkan saat anda yang mencari kata kunci “harga pembuatan tas seminar deluxe”

Bahkan beberapa orang yang skeptis berpendapat bahwa Google menampilkan data yang cenderung stabil di Keywords Planner hanya untuk menjaga minat pemasang iklan. Hal itu dikarenakan grafik yang naik turun dengan cepat akan sangat menakutkan bagi pemasang iklan….

Dari sini kita bisa mengambil kesimpulan bahwa Google Trends adalah alat yang lebih tepat jika anda memerlukan data yang akurat untuk popularitas kata kunci anda.

 

Mencari Trend Youtube?

Jika saat ini anda sedang mencari apa yang sedang di Youtube; maka anda bisa juga menggunakan Google Trends untuk keperluan yang satu ini. Anda hanya perlu mengubah tujuan penelsuran dari PENELUSURAN WEB menjadi PENELUSURAN YOUTUBE.

trend youtube resep

Beralih ke Google Trends Penelusuran Youtube

Jika saya masukkan RESEP untuk PENELUSURAN YOUTUBE, maka saya akan menemukan trend resep di bawah ini….

trend youtube resep

Trend youtube resep

Ini sebenarnya tidak lazim terjadi, karena ternyata banyak orang yang mencari Resep Dalgona Coffee di penelusuran web, tapi hanya sedikit yang mencarinya di Youtube…..

Untuk mencari trending di Youtube secara umum (bukan per niche), maka anda bisa langsung pergi ke Youtube. Di Youtube tersedia menu TRENDING yang bisa anda buka untuk mencari apa saja yang lagi trend di Youtube….

Youtube akan menampilkan trend yang umum saat ini di Indonesia. Tapi Anda juga bisa memilih beberapa kategori yang sudah disiapkan Google seperti MUSIK, GAME, BERITA, dan FILM….

Trending Youtube

Trending Youtube

Jika saya mengklik Musik, maka ternyata yang trend saat ini adalah SABYAN – AISYAH ISTRI RASULULLAH

Sabyan - Aisyah istri Rasulullah

Sabyan – Aisyah istri Rasulullah

Mengamati Siklus Trend

Ini merupakan salah satu fungsi yang bisa anda dapatkan jika anda adalah seorang pebisnis. Jika bisnis anda adalah bisnis yang mempunyai siklus trend tahunan. Misalnya seragam sekolah, sewa mobil, produk hari raya, dan lain-lain; maka anda bisa menggunakan Google trend ini untuk membantu anda memutuskan kapan saja anda akan mengambil ancang-ancang untuk meningkatkan stok anda.

Tentunya besaran stok yang bisa anda persiapkan juga harus memperhitungkan volume pencarian yang bisa anda cek di Google Keyword Planner ataupun Ubersuggest.

Bagaimana seandainya anda tidak punya website atau punya website tapi tidak ranking di Google? Anda tetap masih bisa memanfaatkan data dari trends ini untuk menentukan kapan waktu beriklan yang tepat. Anda bisa beriklan di media sosial seperti instagram, ataupun di mesin pencari Google.

PENUTUP

Jadi Google Trends adalah tools yang bisa sangat berguna bagi anda yang ingin mengetahui peningkatan atau penurunan popularitas yang terjadi di suatu niche atau topik. Tools ini bisa membantu anda untuk melakukan persiapan dalam mengantisipasi kenaikan atau penurunan trend.

Google trends juga bisa sangat membantu bagi blogger dan youtuber yang ingin mempersiapkan konten dan memerlukan ide-ide untuk menargetkan topik yang sedang populer. Ini adalah tools yang sebenarnya lebih akurat dari Keyword Planner. Sayangnya masih banyak blogger atau youtuber yang kurang memanfaatkan tools yang satu ini….

Mudah-mudahan penjelasan kali ini bisa membantu anda memahami cara menggunakan Google Trends dan memanfatkannya sebagai pelengkap data untuk rencana optimasi website anda.

 

 

Kategori: SEO

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *