Jika anda sudah cukup lama melakukan optimasi, maka anda mungkin sudah beberapa kali menemukan ada halaman yang kosong atau isinya sangat minim tapi bisa ranking di Google. Anda jadi bingung apakah benar Google mementingkan konten berkualitas atau tidak?

kenapa bisa ranking?

Begini, kalau kalian sudah cukup lama bermain di dunia SEO, misalnya sejak tahun 2008 … Anda akan menemukan bahwa dulu ada banyak teknik SEO onpage yang tergolong sebagai black hat. Salah satunya adalah memakai iframe agar pengunjung website anda melihat halaman lain yang banyak teksnya, sedangkan halaman yang minim teksnya hanya dilihat oleh Google.

Hanya saja teknik seperti ini sekarang sudah mati karena algoritma Google sudah sangat canggih. Tapi dari sini kita bisa melihat halaman yang minim konten justru punya peluang yang sangat besar untuk ranking, karena persentase kata kunci di dalamnya sangat tinggi.

Jadi apakah sekarang anda melakukan SEO dengan membuat halaman kosong saja? Wah, saya tidak bisa merekomendasikan itu. Kalau kata kunci yang anda target tidak banyak pencarinya … ya silahkan saja. Tapi kalau kata kunci itu banyak pencarinya, maka anda tidak akan pernah ranking.

Kenapa tidak bisa ranking kalau banyak pencarinya?

Karena pencarinya akan sampai di halaman kosong dan mereka akan langsung pergi. Itu akan memberitahu Google bahwa halaman anda tidak berkualitas. Beda jika kata kunci yang anda targetkan itu tidak banyak pencarinya, atau bahkan tidak ada yang cari …. Tidak akan ada yang mengirimkan sinyal ke Google bahwa halaman anda tidak berkualitas.

Jadi dari sini anda bisa paham kenapa ada halaman yang isinya sampah bisa ranking di Google.

Kadang algoritma Google melakukan kesalahan dengan memasang halaman sampah di kata kunci persaingan menengah hingga berat. Ini adalah sesuatu yang wajar, dan tidak perlu dibesarkan … karena fluks ini akan diperbaiki oleh sistem Google yang terus menganalisa perilaku pengunjung. Jadi website yang salah ranking ini akan turun secara bertahap.

 

Kategori: SEO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *