Seringkali pelaku SEO tidak menyadari bahwa kesalahan on-page adalah penyebab sulitnya mereka ranking. Kebanyakan orang beranggapan bahwa mereka sulit ranking karena backlink yang tidak berkualitas. Padahal kebanyakan kasus justru disebabkan oleh kondisi on-page dari website yang tidak maksimal.kesalahan SEO On-PageJadi di sini saya mau membuatkan daftar beberapa hal yang paling umum menjadi masalah di dalam optimasi on-page….

Frekuensi Update

Saat ini Google menerapkan sebuah sistem yang disebut YMYL atau Your Money Your Life. Sistem ini dibuat untuk mengkategorikan website-website yang dianggap bisa mempengaruhi keuangan, kesehatan dan kebahagiaan pengguna Google.

Untuk website-website yang masuk ke dalam golongan ini, maka akan dituntut E-A-T yang lebih tinggi. Ini adalah singkatan untuk EXPERTISE – AUTHORITY – TRUSTWORTHINESS atau KEAHLIAN – OTORITAS – TERPERCAYA. Jadi ada banyak parameter yang dituntut untuk menilai E-A-T yang lebih tinggi ini.

Salah satunya adalah frekuensi update. Biasanya website-website yang bergerak di kategori YMYL adalah website yang selalu rutin melakukan update, karena bidang-bidang ini adalah bidang yang dinamis dan selalu ada perkembangan dari waktu ke waktu. Jadi untuk meningkatkan bobot on-page dari SEO anda, maka anda perlu menjaga Frekuensi Update ini.

Jika niche anda dipenuhi oleh website-website yang rutin melakukan update, sedangkan website anda hanya update sebulan sekali, maka kemungkinan besar anda akan sulit untuk naik ke peringkat atas.

Apakah itu berarti jika website yang sudah ranking 1 kemudian melambat updatenya akan kehilangan ranking? Tidak seperti itu juga. SEO tidak pernah dilihat dari satu faktor saja. Walaupun mereka tidak melakukan update lagi, belum tentu peringkat akan otomatis turun….

Bisa saja semasa mereka masih aktif mereka mendapatkan banyak backlink yang natural dan berotoritas tinggi, dan pengunjung pun masih mendapatkan user experience yang baik … Hal ini akan membuat ranking bertahan cukup lama…. sampai kontennya menjadi ketinggalan zaman dan pengunjung mulai mendapatkan user experience yang buruk.

External Link Pada Header

Banyak orang yang memasang link sosial media dan link menuju website mereka yang lain pada bagian header. Ini adalah sesuatu yang akan membuat website kehilangan banyak poin authority. Jadi website akan jadi lebih sulit untuk ranking. Anda harus mendapatkan poin yang lebih besar agar website anda bisa memenuhi poin yang diperlukan untuk ranking.

Harap selalu membiasakan diri untuk menggunakan external link pada sidebar saja jika benar-benar diperlukan. Tapi jika tidak terlalu penting, maka sebaiknya tidak memasang external link tersebut.

Tidak Cukup Mobile Friendly

Seringkali orang beranggapan bahwa memakai tema yang responsive sudah akan cukup mobile friendly. Tapi mereka tidak memperhatikan bahwa pada saat mereka menulis artikel ada link atau tautan yang terlalu berdekatan sehingga membuat nilai mobile friendly menjadi berkurang.

Selain itu ada cukup banyak pemilik website yang memasang script iklan secara serampangan saja dan membuat iklan tersebut tidak ikut responsive dengan halaman. Hal-hal seperti ini akan menjatuhkan peringkat kita di hasil pencarian mobile.

Server Lambat

Kecepatan Server adalah salah satu faktor yang akan mempengaruhi user experience. Jadi jika Google merasa kecepatan website anda terlalu lambat, maka itu akan dianggap sebagai user experience yang buruk. Jika kecepatan respon server anda lebih dari 1 detik, maka itu bisa menjadi indikasi bahwa server anda lambat.

Ini akan berujung pada waktu muat yang sangat lama. Terlebih lagi jika di dalam halaman anda ada terlalu banyak file atau elemen yang harus dimuat. Hal sederhana seperti ini bisa membuat ranking anda diam di tempat atau turun perlahan. Jadi sebaiknya anda berkonsultasi dengan penyedia layanan hosting yang anda gunakan.

Minim Konten Paruh Atas

Yang dimaksud dengan konten paruh atas atau above the fold content adalah tampilan website anda sebelum di-scroll ke bawah. Jika tampilan awal atau tampilan paruh atas ini sangat minim konten, atau bahkan dipenuhi dengan iklan, maka anda bisa mendapatkan pengurangan poin oleh algoritma bobot halaman Google.

Jadi usahakan mendesain tampilan website yang bisa menampilkan topik utama halaman di bagian paruh atas.

Pop Up atau Tampilan Peralihan

Sejak Januari 2017 Google mempunyai penalti untuk iklan pop up dan tampilan peralihan yang tidak memenuhi kriteria yang mereka berikan. Jadi harap berhati-hati pada saat anda menggunakan teknik marketing ini di website anda. Beberapa hal yang perlu anda perhatikan:

  1. Pop up yang menutupi konten utama
  2. Tampilan peralihan yang harus ditutup sebelum menampilkan halaman utama
  3. Menggunakan tampilan di mana konten paruh atas terlihat seperti halaman peralihan sebelum di-scroll

Hal-hal seperti di atas bisa mengurangi bobot on-page dari website anda. Tapi sekali lagi harus diingat bahwa SEO bukan hanya satu faktor saja. Jadi hanya karena anda gagal di faktor-faktor di atas belum tentu anda akan gagal menjadi ranking 1. Tapi tentunya akan lebih baik bagi anda jika anda memaksimalkan hal-hal yang sudah dibahas dalam penjelasan di atas.

 

 

Kategori: SEO

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *