Ini adalah hal yang hal yang harus diketahui oleh mereka yang baru pertama kali belajar SEO. Karena biasanya ini akan menjadi kesalahan fatal pertama yang dibuat oleh pemula saat menekuni SEO.pilih long tail keywordSangat banyak pemula yang melakukan kesalahan fatal saat melakukan SEO. Mereka tidak bersedia bekerja keras, tapi bermimpi menjadi yang terbesar di dunia SEO. Banyak yang berpikir mau menaklukkan situs besar hanya mengandalkan satu halaman yang panjang dan berkualitas.

Ya, itu bisa saja berlaku di kata kunci persaingan ringan. Tapi di persaingan menengah ke atas anda harus bekerja lebih keras, karena pesaing yang dihadapi juga lebih serius. Saat anda baru belajar SEO anda harus memahami ini, bahwa setiap kata kunci mempunyai persaingan berbeda.

Semakin berat persaingannya maka akan semakin lama, berat, dan mahal optimasi kata kunci tersebut.

Inti dari SEO adalah berusaha mendapatkan trafik dari mesin pencari seperti Google. Percuma saja ranking di suatu kata kunci jika kata kunci itu tidak mendatangkan trafik. Setuju?

Kalau target utama kita adalah trafik, maka pemilihan short tail keyword dan long tail keyword akan sangat mempengaruhi proses website kita dalam mendapatkan trafik.

UTAMAKAN LONG TAIL KEYWORD

Mungkin ada yang mengatakan “tapi trafiknya kecil?” Ya trafiknya kecil tapi mudah dimenangkan. Itu artinya website anda akan lebih cepat mendapatkan trafik. Kalau anda merasa trafiknya terlalu kecil, maka yang perlu anda lakukan adalah membuat artikel long tail keyword berbeda yang banyak.

Semakin banyak long tail keyword akan semakin banyak trafiknya. Sampai di sini pahamkan maksudnya?

Kalau anda mengejar short tail keyword terlebih dahulu, maka kemungkinan anda akan menghadapi persaingan yang berat, dan tidak akan melihat trafik dalam waktu yang sangat lama. Bahkan mungkin tidak akan pernah….

Kenapa? Karena mereka yang mengejar kata kunci pendek biasanya malas membuat banyak artikel, dan saat ini Google sangat jarang memilih website yang jumlah halamannya hanya secuil saja.

Jadi membuat long tail keyword akan memberikan anda beberapa manfaat:

  1. Cepat mendapatkan trafik
  2. Melatih kebiasaan menulis, dan
  3. Memudahkan anda memenangkan kata kunci pendek jadi lebih mudah

Ya, dengan memenangkan banyak long tail keyword yang berada di sekitaran short tail keyword, maka anda akan lebih mudah memenangkan short tail keyword itu sendiri. Jadi memang prosesnya seperti ini. Jika anda tidak bisa menikmati proses menulis banyak artikel ini, maka mungkin dunia blogging bukan tempat yang sesuai.

Setiap niche mempunyai tingkat persaingan yang berbeda. Jika persaingannya ringan, maka biasanya anda bisa memenangkan kata kunci pendek hanya dengan 10 artikel di website anda. Jika anda menghadapi persaingan berat, maka biasanya anda membutuhkan setidaknya 100 artikel unik di website anda sebelum anda mulai melihat kata kunci short tail mulai ranking di hasil pencarian.

Kategori: SEO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *