Ternyata sampai saat ini masih banyak orang yang memakai blogspot, jadi kali ini saya mau membuat tulisan tentang bagaimana cara memaksimalkan blogspot untuk sebuah website bisnis. Hal ini dikarenakan blogspot mempunyai beberapa kelemahan yang bisa menjadi masalah dalam SEO….

blogspot banyak kelemahan untuk SEO

Kelemahan-kelemahan blogspot antara lain adalah:

  • Trust rendah, karena platform gratisan ini sering dipakai penipu. Jadi mereka yang menggunakan blogspot untuk niche keuangan, kesehatan, dan niche YMYL lainnya akan sangat sulit untuk ranking di kata kunci persaingan menengah ke atas.
  • Ada banyak eksternal link di blogspot, sehingga link juice bisa mengalir menuju nama domain lain
  • Server blogspot berada di Amerika, tidak sesuai untuk target market dalam negeri.

Tentunya blogspot juga mempunyai beberapa kelebihan yang membuat pemula banyak menyukai produk Google ini sebagai tempat memulai aktifitas blogging. Adapun keunggulan blogspot antara lain adalah:

  1. Gratis
  2. Cepat dan Handal
  3. Relatif jauh lebih aman

Kalau dilihat dari faktor-faktor ini saja, jelas blogspot sangat menarik untuk digunakan. Banyak pemula yang kesulitan menggunakan wordpress, karena semuanya harus dikelola sendiri. Di blogspot kita tidak perlu pusing tentang kecepatan server, dan juga keamanan website … karena itu akan menjadi bagian dari kerjaan Google.

Tapi semua keunggulan ini akan terasa sia-sia jika website anda ternyata sangat sulit untuk ranking. Jadi di sini ada beberapa tips yang bisa anda ikuti untuk membantu anda mengatasi kelemahan blogspot di atas.

Mengatasi Trust Rendah

Jika integritas atau trust dari website anda rendah, maka anda akan sulit untuk masuk ke dalam niche YMYL yang penuh dengan website yang dikelola dengan profesional. Apalagi jika anda memakai platform blogspot yang saat ini sudah sedikit sekali mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.

Ada banyak orang yang saat ini sudah tidak mempercayai informasi yang berasal dari blogspot. Oleh karena itu dipersaingan berat semakin sulit menemukan blog dengan platform blogger ini bertengger di halaman pertama. Biasanya blog yang sudah cukup tua dan mempunyai banyak konten saja yang bisa bertahan saat ini.

Jadi di bawah ini adalah hal-hal yang bisa anda lakukan untuk menambah nilai Trust untuk website anda:

  • Gunakan nama domain sendiri (biarkan data whois nama domain bersifat publik dan bukan private)
  • Buat halaman Tentang Kami atau Hubungi Kami dengan menggunakan nomor HP dan email yang ada di data Whois
  • Daftarkan bisnis anda di Google My Business, dan jadikan nama domain anda tadi sebagai website resmi usaha anda di Google My Business
  • Usahakan anda bisa membuat website atau blog yang mempunyai materi yang lengkap. Jadi frekuensi update anda sebaiknya lebih tinggi dari website pesaing lainnya.

Mengatasi Banyaknya External Link

External link yang ada pada blogspot biasanya bersumber dari pemasangan gambar, karena gambar akan disimpan pada nama domain yang berbeda. Jadi untuk mengatasi masalah ini sebaiknya anda membatasi pemakaian gambar di dalam artikel. Jangan juga menampilkan gambar pada thumbnail artikel yang muncul di gadget blog.

Kalau memang harus memasang gambar di blog, maka sebaiknya dihapus saja <a href=”URL”></a> yang mengapit kode img gambar. Anda bisa menghapus kode ini di tampilan HTML artikel.

Server Blogspot Di Amerika

Ini adalah masalah yang sering diabaikan oleh pengguna blogspot. Masih banyak yang beranggapan bahwa lokasi server itu tidak terlalu masalah. Padahal sudah ada banyak kasus di mana website yang menargetkan market dalam negeri kehilangan pengunjung karena berpindah server ke luar negeri.

lokasi server blogspot

Oleh karena pengguna blogspot itu menumpang pada sistem blogger, jadi mau tidak mau mereka harus ikut saja di lokasi server yang ditentukan oleh blogger. Untungnya kecepatan akses server blogger ini sangat handal di mana saja.

Untuk mengatasi masalah lokasi server ini, maka pastikan anda tidak lupa mengatur target pengunjung dari Indonesia di Search Console dari blog anda. Ini akan membantu Google untuk memprioritaskan trafik dari Indonesia untuk website anda.

==========================

Tentunya ada batasan-batasan optimasi yang tidak bisa anda lakukan jika anda menggunakan blogspot, namun seharusnya perbaikan-perbaikan di atas sudah bisa memperbaiki performa dari blogspot anda di hasil pencarian Google.

Kategori: SEO

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *