Ada banyak sekali pemula yang memulai optimasi websitenya dengan cara yang tidak tepat. Salah satu kesalahan yang sangat umum dilakukan oleh pemula adalah menggunakan tema yang justru akan merugikan optimasi websitenya.

tema website seo ready

Jadi ada beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan pada saat anda memilih tema untuk website baru anda. Dengan melakukan hal ini; optimasi website anda akan jadi lebih mudah.

Cara Memilih Tema Website Terbaik

Perhatikan Search Intent

Search Intent atau tujuan pencarian adalah sesuatu yang sangat penting untuk anda perhatikan. Jika anda sedang menargetkan suatu kata kunci, maka pastikan anda memperhatikan search intent dari kata kunci tersebut.

Search intent yang berbeda bisa saja menuntut tema website yang berbeda pula. Jadi anda bisa melakukan riset dengan melihat 10 website yang ada di halaman pertama kata kunci tersebut. Anda bisa menilai apakah mereka memakai tema artikel blog, atau toko online, atau majalah, atau wallpaper, dll.

Untuk kata kunci dengan search intent informasi; biasanya Google akan menampilkan website dengan tema artikel blog dan bukannya website dengan tema toko online. Jadi menggunakan tema toko online bisa membuat website anda sangat sulit untuk ranking.

Tapi anda bisa mengatasi ini dengan membuat segment di website anda. Website anda bisa mempunyai segment toko dan blog pada saat bersamaan.

Pilih Tema Sederhana

Ada banyak sekali pemula yang mengalami euforia saat baru pertama kali membuat website. Mereka mau menunjukkan ke teman-temannya bahwa mereka bisa membuat website yang keren. Jadi mereka berusaha memasukkan banyak fitur ke temanya.

Mereka memasang slider, musik, filter, background bergerak, animasi dll. Sebagai akibatnya tema tersebut menjadi berat dan tidak nyaman untuk pengunjung. Jika anda melakukan ini anda justru menunjukkan bahwa anda seorang pemula.

Website yang dibuat oleh seorang pro biasanya terlihat sederhana, namun tetap elegan dan bisa memenuhi kebutuhan pengunjung.

Batasi Plugin

Bagi anda pengguna WordPress biasanya akan menggunakan plugin untuk mendapatkan fungsi-fungsi atau tampilan-tampilan yang anda inginkan. Sangat direkomendasikan agar anda membatasi plugin yang terpasang di website anda pada saat anda baru mulai mengembangkan website.

Plugin bisa membuat website anda jadi lebih lambat dari seharusnya, atau juga bisa membuat website anda mengalami masalah karena plugin yang konflik dengan plugin lainnya.

Batasi Internal Link Sitewide

Ada banyak sekali pemula yang memasang banyak sekali link sitewide di websitenya. Link sitewide adalah link yang ditampilkan di semua halaman, karena link ini terpasang di menu header, sidebar, ataupun footer. Semakin banyak link sitewide ini, maka semakin banyak juga teks yang duplikat di semua halaman.

Ini akan membuat signifikansi kata kunci di setiap halaman jadi berkurang. Semakin banyak link sitewide, maka akan semakin besar poin yang anda perlukan dari backlink, karena ini seperti anda berusaha mengangkat banyak halaman secara bersamaan.

Wajib Mobile Friendly

Sekarang ini sudah era gadget mobile. Lebih dari setengah trafik akan datang dari perangkat mobile. Jika website anda tidak menggunakan tema yang mobile friendly, maka website anda akan sangat sulit untuk ranking di pencarian mobile.

Beberapa hal yang membuat tema anda tergolong mobile friendly, adalah sbb:

  1. Menyesuaikan lebar halaman website dengan lebar gadget mobile
  2. Jarak link yang bisa diklik tidak terlalu berdekatan satu sama lain
  3. Teks cukup besar dan nyaman dibaca dari perangkat mobile

Jangan Pasang Iklan

Salah satu hal yang menjadi impian dari banyak pemula adalah mendapatkan penghasilan dari websitenya. Jadi banyak pemilik website pemula yang langsung memasang iklan di websitenya padahal jumlah artikelnya belum seberapa.

Apa gunanya memasang iklan jika trafik menuju website anda masih sangat sedikit? Belum lagi iklan yang dipasang itu sering menghalangi konten dan merusak user experience. Iklan seperti ini justru akan menghalangi perkembangan website anda.

Lebih baik anda fokus membuat artikel yang berkualitas selama setahun pertama. Ini akan memastikan website anda berkembang dengan lebih baik. Anda bisa memasang iklan kapan saja saat website anda sudah besar.

Tidak usah bermimpi mendapatkan uang dalam setahun atau dua tahun pertama jika website anda adalah website individu yang hanya anda sendiri pengelolanya. Anda tidak akan mendapatkan uang dari iklan dalam waktu secepat itu.

Jika anda berniat mendapatkan uang dalam waktu yang relatif singkat, maka cobalah membuat website untuk berjualan produk atau jasa. Biasanya website seperti ini bisa menghasilkan uang dalam waktu yang sangat cepat.

==================

Kurang lebih inilah hal-hal yang perlu anda perhatikan dari tema yang anda gunakan. Memang website anda akan terlihat biasa saja, tapi perkembangannya akan lebih cepat jika anda melakukan hal-hal yang dituliskan di atas.

 

 


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *