Kecepatan website adalah sesuatu yang sangat penting karena akan sangat mempengaruhi kepuasan dari pengunjung website anda. Jika website anda lambat, maka tentunya itu akan membuat pengunjung website merasa tidak nyaman menggunakan website anda.

cara mempercepat wordpress

Jadi anda harus mengetahui bagaimana cara mempercepat website anda tersebut. Kali ini kami akan memberikan beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mempercepat website yang dibuat memakai CMS WordPress.

Tapi sebelumnya anda harus mengukur terlebih dahulu kecepatan website anda saat ini.

Cara Mengukur Kecepatan Website

Salah satu alat yang paling sering digunakan oleh pemilik website untuk mengukur kecepatan websitenya adalah PAGESPEED dari Google. Anda bisa mengakses alat ini dari tautan berikut: https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/?hl=id

Anda tinggal memasukkan nama domain anda ke kolom yang disediakan untuk memulai pengecekan kecepatan website anda.

cara mengukur kecepatan website

Anda akan melihat hasil kecepatan website seperti di bawah ini…

hasil pagespeed

Secara teori, karena kecepatannya belum maksimal, maka masih terbuka ruang untuk perbaikan kecepatan ini. Untungnya pagespeed memberikan kita beberapa rekomendasi perbaikan yang bisa dilakukan untuk menambah kecepatan website ini.

peluang memperbaiki kecepatan website anda

Dari gambar di atas terlihat ada 3 masalah yang harus diperbaiki, yaitu:

  1. Menghilangkan elemen yang menghalangi render website
  2. Mempercepat waktu respon server
  3. Menghapus Javascript yang tidak digunakan

Bisakah Kecepatannya Jadi 100?

Secara teori itu bisa-bisa saja, namun tidak segampang itu. Kalau website anda hanya halaman putih dengan teks hitam sederhana yang tidak lebih dari 2000 kata, maka itu sangat mudah dilakukan.

Namun jika website anda mempunyai banyak sekali script dan gambar, dan tidak satupun yang anda mau hilangkan dari halaman website anda, maka itu akan sangat sulit untuk dilakukan.

Jangankan website amatir. Website internasional yang mempunyai jumlah kunjungan yang sangat tinggi dan dikelola oleh para profesional pun sering harus mengeluarkan biaya yang sangat besar untuk optimasi kecepatan. Mereka harus menggunakan jasa ahli yang bisa memperbaiki kode-kode di dalam website mereka.

Dan bahkan setelah melakukan itu tetap saja mereka hanya bisa sampai di kecepatan 70an poin saja. Jadi terkadang anda harus mengambil keputusan apakah memprioritaskan kecepatan, atau memprioritaskan tampilan dan fitur di dalam website anda.

========

Ok, tidak semua orang bisa memperbaiki sendiri kode-kode di websitenya, dan tidak semua orang bisa menyewa jasa ahli untuk melakukan perbaikan kecepatan ini.

Jadi kami akan memberikan beberapa langkah perbaikan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kecepatan website ini. Anda tinggal memilih langkah-langkah mana saja yang bisa dilakukan di website anda.

Cara Memperbaiki Kecepatan Website Anda

Perkecil ukuran file gambar

Ini adalah langkah pertama yang harus anda coba. Hampir semua website yang kecepatannya lambat melakukan kesalahan yang satu ini. Mereka tidak memperhatikan melakukan kompresi pada ukuran gambar sehingga satu gambar saja bisa berukuran di atas 500 kb.

kompresi gambar

Pada umumnya gambar mengambil bagian besar dari total ukuran halaman website. Biasanya gambar akan mengambil porsi antara 50% hingga 90% dari ukuran halaman. Jadi jika kita bisa memperkecil ukuran gambar ini, maka itu akan sangat meringankan pemuatan halaman website kita

Cara paling mudah untuk mengurangi ukuran gambar adalah dengan memasang plugin WP SMUSH…

plugin wp smush

Plugin ini akan secara otomatis mengecilkan semua ukuran gambar yang terlalu besar. Anda tidak perlu kuatir karena plugin ini masih akan menjaga kualitas dari gambar sehingga gambar tetap terlihat tajam.

Bersihkan Dan Kompresi Kode Website

Biasanya untuk melakukan ini anda harus merapikan kode-kode CSS, JS, HTML, dan kode lainnya yang ada di dalam website anda. Untuk bisa melakukan ini anda harus mempunyai pengetahuan akan kode-kode itu sendiri.

Tapi jika anda tidak mempunyai pengetahuan akan kode-kode tersebut, maka anda hanya bisa melakukan “minify” untuk membuat CSS, JS, dan HTML di dalam website anda menjadi lebih ramping dari sebelumnya.

Untuk melakukan ini anda bisa memasang plugin WP Fastest Cache, atau plugin-plugin lainnya yang bisa membantu anda merampingkan semua kode-kode ini.

Atau kalau anda mau lebih ringan lagi, maka pertimbangkan untuk menggunakan tema yang sederhana saja. Tema yang sederhana akan bisa dimuat dengan lebih cepat, karena ukurannya lebih kecil dan jumlah requestnya lebih sedikit.

Cek Kondisi Hosting Website Anda

Salah satu penyebab lambatnya website yang jarang dipikirkan oleh mereka yang baru belajar SEO adalah kualitas layanan web hosting. Namun belum tentu ini adalah kesalahan dari penyedia layanan web hosting.

Jika anda saat ini menggunakan paket layanan shared hosting, maka itu berarti website anda harus berbagai sumber daya yang sama dengan banyak website yang lain.

Jika website lainnya bukanlah website yang besar dan trafiknya juga sedikit, maka itu tidak akan menjadi masalah. Namun jika ada beberapa website yang mempunyai trafik yang cukup besar, maka itu bisa membuat website kita menjadi lambat.

Anda bisa memilih untuk melakukan upgrade layanan web hosting jika trafik website anda cukup besar. Anda bisa mencoba paket VPS, atau paket lainnya yang menyediakan sumberdaya yang lebih besar.

jenis layanan hosting

Namun jika trafik dari website anda tidak seberapa dan upgrade paket terasa seperti membuang uang anda, maka anda bisa meminta ke penyedia layanan untuk memindahkan website anda ke server yang tidak terlalu sibuk.

Jika opsi ini tidak tersedia, maka anda bisa mencoba untuk memindahkan website anda ke layanan web hosting yang lain. Anda mungkin mau mencoba layanan yang belum terlalu besar, namun sudah cukup dikenal.

Gunakan Cache

Jika anda adalah pengguna CMS WordPress, maka cara paling mudah untuk melakukan ini adalah dengan menggunakan plugin cache. Anda bisa mencoba plugin w3 total cache atau plugin WP fastest cache.

plugin cache terbaik

Dengan menggunakan plugin ini, pengunjung yang datang untuk kedua kalinya akan mendapatkan kecepatan yang lebih baik. Websitenya akan lebih cepat terbuka, karena beberapa file sudah tersimpan di perangkatnya.

Ini juga akan mengurangi jumlah request dan bandwidth dari setiap orang yang berkunjung untuk ke sekian kalinya. Jadi sumber daya dari server anda bisa dipakai untuk memberikan kecepatan yang lebih baik untuk pengunjung yang datang untuk pertama kalinya.

Tapi jika website anda berisi data yang dinamis yang berubah dari waktu ke waktu, maka sebaiknya anda tidak menggunakan plugin cache. Penggunaan plugin cache bisa mengakibatkan data yang ditampilkan ke pengunjung tidak diperbarui dari waktu ke waktu.

Gunakan CDN

Jika anda melayani trafik dari banyak negara, maka sangat direkomendasikan agar anda menggunakan CDN. Penggunaan CDN ini akan membantu pengunjung anda mendapatkan data dari server yang terdekat dengan mereka.

Ini bisa mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mengirimkan data website anda ke pengunjung.

Tapi jika anda hanya melayani pengunjung dari dalam negeri, dan kecepatan server lokal anda cukup baik, maka sebaiknya anda tidak menggunakan CDN. Kenapa? Karena bisa saja terjadi masalah yang tidak perlu seperti tidak selarasnya pengiriman data antara server lokal anda dan server CDN, sehingga terjadi error.

Mungkin masalah seperti ini tidak ditemui dalam penggunaan CDN premium. Namun pada umumnya pemilik website di Indonesia hanya mau menggunakan CDN gratisan seperti Cloudflare yang cukup sering mengalami masalah ini.

Di sisi lain, rasanya terlalu berlebihan untuk menggunakan CDN premium jika anda hanya menargetkan pengunjung dari Indonesia. Lebih baik uang yang anda siapkan untuk CDN premium ini digunakan untuk mencari layanan web hosting yang berkualitas tinggi.

========

Inilah hal-hal yang bisa anda lakukan untuk mempercepat website anda. Mudah-mudahan kecepatan website anda bisa lebih baik lagi setelah melakukan beberapa hal yang kami rekomendasikan ini.

Kategori: SEO

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *