Pada saat anda melakukan riset kata kunci, hal yang sangat penting untuk anda lakukan adalah melakukan penentuan prioritas kata kunci. Tujuan dari penentuan prioritas kata kunci ini adalah untuk menentukan kata kunci mana yang harus anda kerjakan terlebih dahulu.

Utamakan Kata Kunci Dengan Pencarian Tinggi

Kata kunci yang paling diinginkan tentunya adalah kata kunci yang paling banyak persaingannya dan paling mudah dikuasai. Tapi pada umumnya tidak ada pasangan yang seperti ini.

prioritas kata kunci

Biasanya yang ada itu adalah kata kunci yang banyak pencariannya dan berat persaingannya.

Mau berat persaingannya atau ringan persaingannya … kata kunci yang banyak pencariannya yang harus anda kerjakan lebih dulu.

Kenapa?

Begini; jika ringan persaingannya itu berarti anda akan cepat melihat trafik. Jika berat persaingannya, maka anda perlu membuatnya secepat mungkin, karena butuh waktu lama untuk membuat halaman ini ranking. Semakin lama anda membuat halamannya, maka akan semakin lama optimasinya baru bisa berjalan. Itu berarti semakin lama anda baru bisa melihat trafik….

Utamakan Kata Kunci Ramai Yang Ringan Persaingannya

Nah kalau ada kata kunci yang banyak pencariannya, tapi ada yang ringan dan ada yang berat. Mana yang dikerjakan lebih dulu?

Jika ada kata kunci yang banyak pencariannya tapi ringan persaingannya, maka itu yang paling pertama anda kerjakan.

Jadi aturan untuk melakukan prioritas kata kunci ini sangat sederhana. Utamakan Yang Banyak Pencarian dan Ringan persaingannya (jika ada) …

Mungkin ada yang bertanya? Loh kenapa ngak yang susah dulu? Kan butuh waktu untuk mengoptimasi yang susah? Justru itu, kan tujuan utama SEO adalah untuk cepat mendapatkan trafik dalam jumlah besar …. jadi utamakan kata kunci yang banyak pencariannya tapi cukup mudah optimasinya…. Biar cepat lihat trafik maksud saya ….

Kata Kunci Utama VS Kata Kunci Turunan

Biasanya di dalam satu niche akan ada kata kunci utama dan kata kunci turunan. Sudah pasti kata kunci utama harus anda buat terlebih dahulu, karena biasanya kata kunci ini yang akan menempati halaman homepage. Setelah itu barulah anda membuat kata kunci turunan di halaman artikel.

Kecuali website anda merupakan website berita, maka biasanya tidak akan ada kata kunci utama. Website berita biasanya akan diutamakan yang mempunyai frekuensi update yang tinggi dan cepat. Jadi website berita memakai parameter yang berbeda.

Artikel-Artikel Pilar dan Artikel-Artikel Pembantu

Di dalam suatu niche bisa saja ada banyak kata kunci utama. Jadi selain homepage akan ada artikel-artikel pilar, dan artikel-artikel yang membantu artikel pilar tersebut. Sebagai contoh website SEO biasanya akan menargetkan kata kunci BELAJAR SEO, namun akan ada artikel-artikel utama seperti RISET KATA KUNCI, SEO ON-PAGE, SEO OFF-PAGE, dll.

Anda perlu menyelesaian semua artikel pilar ini sebelum memulai membuat artikel-artikel pembantunya.

Jadi di dalam membuat prioritas kata kunci, mulailah dari yang paling umum ke yang paling spesifik. Biasanya yang paling umum akan mempunyai banyak pencarian dan yang spesifik akan lebih sedikit atau bahkan nihil.

Walaupun pencariannya nihil; anda harus tetap menulis artikelnya. Kenapa? Karena biasanya yang mencari kata kunci yang umum akan memerlukan penjelasan yang lebih mendetil. Jadi artikel-artikel yang lebih spesifik ini digunakan untuk memperkecil bounce rate.

BUAT DATA EXCEL ANDA

Untuk memastikan anda tidak melupakan kata-kata kunci ini, dan bisa melakukan pengembangan website anda dengan terencana, maka sebaiknya anda membuat file excel dari prioritas kata kunci anda. Anda bisa menandai kata-kata kunci mana saja yang sudah anda kerjakan dan mana yang belum.

 

 

 

Kategori: SEO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *